Tips Umroh ala Chika

kabahBulan Desember kemarin saya pergi umroh bersama keluarga. Beruntung ketika berangkat ke sana, cuaca di Arab cukup bersahabat dan suhu udaranya pun tidak panas. Alhamdulillah ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Sempat sedikit pilek sih karena kebanyakan makan es krim.🙄 Sebelum pergi umroh, saya sudah tanya sana sini kira-kira apa saja yang harus dibawa. Setelah melewati 9 hari umroh, saya menyimpulkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan pergi umroh. Berikut tips yang perlu diperhatikan ketika akan pergi umroh.

  • Bawa pakaian secukupnya. Gak usah banyak-banyak. Saya aja cuma bawa 5 lembar dan 2 baju tidur. Nantinya bisa beli di mall terdekat atau pagi-pagi suka ada penjual baju keliling. Harga baju mulai dari 50 ribu ke atas.
  • Bawa tas sepatu atau plastik untuk menyimpan sepatu. Jangan meninggalkan sepatu atau sendal di depan atau di dalam masjid, ending-nya suka gak bagus.
  • Bawa hairdryer biar gak rebutan sama teman sekamar. Apalagi kalau yang sekamar isi 4 orang.
  • Bikin meeting point, jadi kalau hilang bisa tahu harus ketemuan di mana. Misalnya di masjid pintu A atau depan hotel B.
  • Bawa handuk sendiri. Biar gak tertukar sih.:mrgreen:
  • Bawa colokan universal. Colokannya sama sih sama Indonesia, cuma kadang ada yang beda gitu.
  • Tawaf pada pagi hari karena lebih sepi. Nah ini untuk yang mau beribadah di Masjidil Haram. Awal datang ke Mekah saya tawaf pada siang hari dan ramainya minta ampun. Namun pas tawaf jam 3 pagi, suasananya lebih sepi daripada siang hari.
  • Sediakan snack di tas. Ya kali lapar, bisa ngemil pas lagi jalan-jalan (bukan pas ibadah ya).
  • Bawa botol kosong untuk diisi dengan air zamzam. Selain lebih berkah, gak perlu beli air botolan. Hemat khan! Air zamzam di sini melimpah banget. Bahkan banyak yang wudlu pakai air zamzam.
  • Datang 1 jam sebelum sholat dimulai. Supaya dapat shaft yang enak sih. Nah, di sini tuh adzan subuh sekitar jam 4:30, tapi baru mulai sholatnya sekitar jam 5:30.
  • Bawa hand cream. Udara di sana bisa bikin kulit kering banget.
  • Beli barang yang gak ada di Indonesia, jadi bisa dijual lagi. Ini buat yang otak bisnis sih. Kalau saya sih beli makanan lucu-lucu yang gak ada di Indonesia.😛
  • Pakai mukena aja. Khusus untuk perempuan nih. Daripada repot-repot mikir mau pakai baju apa hari ini, jalan-jalan pakai mukena adalah hal biasa di sana. Mama saya aja beberapa kali pergi ke masjid pakai mukena, tapi di dalamnya pakai daster.:mrgreen:

Ada yang mau nambahin?

21 thoughts on “Tips Umroh ala Chika

  1. gea berkata:

    Aku umrohnya kemarin ini. 21 April-30 April. Pas di Mekkah emang lumayan panas sih. Tapi pas tawaf sama sekali ga kerasa. Justru mulai pilek-batuk pas pindah ke Maddinah. hehee.

    Nambahin tips:
    1. jangan lupa suntik vaksi meningitis – influenza, soalnya ketemu banyak orang dari seluruh dunia, kan kita ga tau mereka bawa virus apa. bude ku pas umroh lupa suntik, pulang-pulang dia batuk sebulan ga sembuh. kena flu arab katanya.
    2. buat daya tahan, bawa madu atau vitamin C. aku bawa sampe se dus. hahaaa.
    3. bawa kaca mata item, soalnya kalo pas mau ke masjid siang hari, silau….
    4. bawa payung. dipake kalo lagi ziarah atau jalan-jalan. (ternyata disana jual payung kepala, jadi cuma sebesar kepala doang) lumayan berguna tuh.
    5. bawa stok kaos kaki yang banyak, soalnya kalo di masjikd kan ga mungkin pake sepatu/sendal. jadi lumayan buat gantian.

    Kalo ngeliat Mekkah-Maddinah, jadi kangen pengen kesana lagi :”). Perjalanan spiritual 9 yang luar biasa! Dan itu jadi pengalaman pertama kali keluar negeri, Hahahaaa, dan gimana rempotnya ngurus paspor padahal waktu udah mepet.

    Semoga suatu saat nanti bisa diperkenankan balik kesana lagi yaa🙂.

    • cK berkata:

      Waaaaah makasih tips tambahannyaaa! Suntik vaksin meningitis itu udah kewajiban banget sih sebelum berangkat. Kalau madu beli di sana aja, lebih muraaaah. Vitamin C aku pasti bawa juga.

      Dan kacamata hitam, demi bergaya saat difoto gak silau ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s