Tips Umroh ala Chika

kabahBulan Desember kemarin saya pergi umroh bersama keluarga. Beruntung ketika berangkat ke sana, cuaca di Arab cukup bersahabat dan suhu udaranya pun tidak panas. Alhamdulillah ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Sempat sedikit pilek sih karena kebanyakan makan es krim.🙄 Sebelum pergi umroh, saya sudah tanya sana sini kira-kira apa saja yang harus dibawa. Setelah melewati 9 hari umroh, saya menyimpulkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan pergi umroh. Berikut tips yang perlu diperhatikan ketika akan pergi umroh.

  • Bawa pakaian secukupnya. Gak usah banyak-banyak. Saya aja cuma bawa 5 lembar dan 2 baju tidur. Nantinya bisa beli di mall terdekat atau pagi-pagi suka ada penjual baju keliling. Harga baju mulai dari 50 ribu ke atas.
  • Bawa tas sepatu atau plastik untuk menyimpan sepatu. Jangan meninggalkan sepatu atau sendal di depan atau di dalam masjid, ending-nya suka gak bagus.
  • Bawa hairdryer biar gak rebutan sama teman sekamar. Apalagi kalau yang sekamar isi 4 orang.
  • Bikin meeting point, jadi kalau hilang bisa tahu harus ketemuan di mana. Misalnya di masjid pintu A atau depan hotel B.
  • Bawa handuk sendiri. Biar gak tertukar sih.:mrgreen:
  • Bawa colokan universal. Colokannya sama sih sama Indonesia, cuma kadang ada yang beda gitu.
  • Tawaf pada pagi hari karena lebih sepi. Nah ini untuk yang mau beribadah di Masjidil Haram. Awal datang ke Mekah saya tawaf pada siang hari dan ramainya minta ampun. Namun pas tawaf jam 3 pagi, suasananya lebih sepi daripada siang hari.
  • Sediakan snack di tas. Ya kali lapar, bisa ngemil pas lagi jalan-jalan (bukan pas ibadah ya).
  • Bawa botol kosong untuk diisi dengan air zamzam. Selain lebih berkah, gak perlu beli air botolan. Hemat khan! Air zamzam di sini melimpah banget. Bahkan banyak yang wudlu pakai air zamzam.
  • Datang 1 jam sebelum sholat dimulai. Supaya dapat shaft yang enak sih. Nah, di sini tuh adzan subuh sekitar jam 4:30, tapi baru mulai sholatnya sekitar jam 5:30.
  • Bawa hand cream. Udara di sana bisa bikin kulit kering banget.
  • Beli barang yang gak ada di Indonesia, jadi bisa dijual lagi. Ini buat yang otak bisnis sih. Kalau saya sih beli makanan lucu-lucu yang gak ada di Indonesia.😛
  • Pakai mukena aja. Khusus untuk perempuan nih. Daripada repot-repot mikir mau pakai baju apa hari ini, jalan-jalan pakai mukena adalah hal biasa di sana. Mama saya aja beberapa kali pergi ke masjid pakai mukena, tapi di dalamnya pakai daster.:mrgreen:

Ada yang mau nambahin?

19 thoughts on “Tips Umroh ala Chika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s