Budget & Itinerary #jalan2jenius ala Chika ke Rusia

Tipe traveler apakah kamu? Apakah kamu yang suka membuat itinerary dan mengatur budgeting sebelum berangkat? Atau kamu tipe gak pakai itinerary dan lebih suka spontan uhuy saat traveling?

Saya bisa dibilang yang suka membuat itinerary dan budgeting sebelum berangkat. Tipe orang yang well-planned kalau mau berpergian karena buat saya, trinstaveling itu tidak hanya jalan-jalan saja, namun juga melatih management waktu dan keuangan. Oleh karena itu setiap akan melakukan traveling, saya membuat detail perjalanan agar memudahkan saya saat jalan-jalan.

Yuhuuu yang mau tahu itinerary ke Rusia, dibaca sampai habis ya~

Iklan

Tips Membawa Koper Banyak Saat Traveling di Jepang

Berapa banyak koper yang kamu bawa saat traveling? Biasanya jawaban saya tergantung traveling ke mana. Kalau traveling ke Eropa beberapa tahum silam, saya hanya membawa 1 koper besar. Namun entah kenapa setiap pergi ke Jepang, koper saya pasti selalu beranak. Selalu.

Hal itu tidak hanya terjadi satu dua kali saja, namun empat kali! Ke Jepang terakhir ini aja saya sampai beli tas tambahan (bukan koper sih) untuk menaruh oleh-oleh yang saya beli. Jangan heran kalau koper di rumah saya jadi banyak karena saya kerap membeli koper baru ketika berkunjung ke Jepang. Nah, gimana cara saya bisa membawa koper segitu banyak saat pulang? Silakan disimak ya cerita sekaligus tipsnya.

Ada sedikit tips buat yang pengen bawa koper banyak…

PIlihan Gadget Untuk Kado Para Pria

Ketika ada teman perempuan yang ulang tahun, entah kenapa saya tidak terlalu pusing mencarinya. Banyak sekali pilihan kado untuk kaum hawa. Sebut saja baju, tas, topi, aksesoris, jam tangan, buku, kosmetik, parfum, dompet, syal, peralatan masak, hal-hal berbau hobi, dan masih banyak lagi.

Namun saat harus memilih hadiah ulang tahun untuk pria, saya rasanya harus memutar otak dua kali. Bukan karena pilihannya tidak banyak, namun kaum pria cenderung lebih suka hadiah yang benar-benar bisa digunakan, bukan sekadar dipajang saja. Kalau saya senang dengan kado jam meja Totoro, kamu pria lebih suka diberikan gadget atau kaset PS terbaru. Kalau gak suka main game? Nah, harus mikir lagi apalagi yang harus diberikan.

Yang mau ngasih kado ke pria, coba baca ini yaaaa~

Lupa Nama Orang Bukan Berarti Sombong

Pernahkah kamu dibilang sombong ketika melupakan nama teman? Inilah hal yang sering terjadi kepada saya ketika saya melupakan nama teman. Bukannya bermaksud sombong, namun memori di kepala ini kan cukup terbatas. Jangankan lupa nama orang yang cuma ketemu sekali, yang ketemu berkali-kali aja saya suka lupa hahahaha~ *dikasih cerebrovit*

Padahal saya sendiri tipe yang jarang lupa nama orang, tapi namanya manusia ya, lupa adalah hal yang lumrah. Namun saya tidak habis pikir, kenapa apabila lupa nama orang, kebanyakan reaksi mereka adalah, “Ih sombong ya kagak inget,” bukannya membantu mengingatkan kembali namanya. Coba deh kalau kamu berada di posisi yang lupa dengan nama orang terus disebut sombong. Enak gak?

Ngomongin apa sih ini?

Yang Sering Terjadi Saat Menstruasi

Menstruasi atau haid adalah siklus alami yang dialami setiap perempuan setiap bulan. Tentunya saya tidak perlu menjelaskan secara detail apa saja yang dialami perempuan saat menstruasi. Coba googling aja ya, bisa coba pake OK Google.

Saat menstruasi, ada beberapa efek samping yang dirasakan banyak perempuan yang tentunya sering mengganggu aktivitas. Mulai dari merasakan sakit-sakit di beberapa bagian tubuh, hingga adanya perubahan-perubahan dalam diri. Karena itulah penyakit bulanan ini memang butuh perhatian.

Penyakit bulanan perempuan nih…

Tips Memilih Pakaian Saat Traveling

Traveling alias jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang paling saya sukai selain makan. Menurut saya, traveling bisa menjadi penyeimbang dari rutinitas yang saya lakukan sehari-hari. Dengan traveling, saya merasa hidup saja menjadi lebih hidup dan berwarna.

Ketika traveling, hal-hal yang biasa saya siapkan antara lain itinerary dan tempat-tempat yang ingin didatangi, perhitungan budget, sampai dengan list pakaian yang akan dibawa. Saya belajar hal ini dari Popon yang selalu menginspirasi. Biasanya saya membuat google sheet berisi itinerary yang dilengkapi dengan tab khusus list pakaian. Kenapa soal pakaian untuk traveling penting, ini jawabannya menurut saya.

Ini nih tips memilih pakaian saat traveling~

Tips & Trik Traveling ke Rusia

Akhirnya tercapai juga cita-cita saya untuk bisa menginjak Rusia. Cita-cita untuk bisa jalan-jalan ke Rusia sudah ada sejak lama. Namun ketika mendengar sulitnya mengajukan visa Rusia membuat saya harus mengubur dalam-dalam keinginan ini.

Namun seiring waktu, peraturan mengenai pembuatan visa berubah, dan kini bisa siapa saja mengajukan visa Rusia. Oleh karena itu saya ingin berbagi sedikit tips berdasarkan apa yang saya hadapi dan alami selama di Rusia. Namun bisa dibilang tips ini sebenarnya hanya berlaku di Moscow dan St. Petersburg, karena saya hanya mengunjungi kedua kota ini.

Yang berencana ke Rusia, wajib baca ini!