Terbang Ke Rusia dengan Thai Airways

Bulan Juli kemarin saya traveling ke Rusia dengan menggunakan maskapai Thai Airways yang semuanya diurus oleh KartuPos. Sebenarnya kalau pesan sendiri di website juga bisa, namun saya ingin mencoba pelayanan KartuPos yang dikelola oleh teman saya, Kenny Santana.

Maka beberapa hari setelah Lebaran, saya dan Mama berangkat ke Rusia dengan transit di Bangkok sekitar setengah hari. Sebagai first-timer naik Thai Airways, saya ingin mereview maskapai penerbangan milik Thailand.

Buat yang pengen ke Rusia, maskapai ini bisa jadi pilihan~

Iklan

Nyaris Kecopetan di St. Petersburg

Pada suatu hari yang cerah di St. Petersburg, setelah mengikuti Hermitage Tour, mampir ke Church of the Savior on Spilled Blood, dan berakhir ke Singer House (dulu kantor Telegram ada di sini), saya dan Mama pulang naik bus karena tidak mendapatkan taksi.

Ketika sudah memasuki bus, saya ingin membayar tiketnya karena sistem naik bus di sini adalah membayar 55 rubel, yang kemudian akan mendapatkan kartu yang kemudian ditap ke mesin dan setelah itu barulah bisa melewati palang. Namun ternyata bus kali ini berbeda. Awalnya saya tidak mengerti harus membayar di mana, dan ternyata bayar ke kondekturnya yang saat itu berada di belakang. Tampaknya sedang mengumpulkan uang dari penumpang yang masuk terlebih dahulu.

Cerita soal ketemu copet di Rusia…

Nonton Coldplay di Jepang

“Suatu hari, saya ingin nonton konser di Tokyo Dome,” itu adalah salah satu mimpi saya yang saya taruh di dalam bucketlist. Entah kenapa keinginan tersebut seakan-akan bersambut. Kebetulan saya tahun ini ada rencana ke Jepang dan Korea. Lalu pas banget pada saat itu diselenggarakan konser Coldplay di Tokyo.

Karena ingin nonton Coldplay sekaligus merasakan suasana nonton konser di Jepang, maka dengan nekat saya membeli tiket konser melalui teman mbak Sofi. Alhamdulillah segala macam pembelian tiket lancar jaya. Karena sudah memiliki tiket Coldplay, maka saya memutuskan sekalian liburan ke Jepang.

Pengalaman nonton konser Coldplay di Jepang. Yay!

Ingatan Yang Tertinggal Tentang Paris

Pertama kali menginjakkan kaki di Paris, entah kenapa saya merasa déjàvu. Saya merasa saya sudah pernah ke Paris. Saya merasa jauh sebelumnya saya pernah ada di sini, padahal ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kota cinta. Cuaca yang sejuk di bulan September membuat saya harus memakai coat dan menutup leher dengan syal. Memang tidak terlalu dingin, tapi demi tampil kece saat difoto, kenapa tidak?

Saat memasuki kota Paris, saya merasa seperti ingatan terdalam saya terkuak. Rasa rindu membuncah seakan-akan potongan demi potongan ingatan menyeruak dari memori. Seperti video flashback yang terus berulang memenuhi kepala.

Apa sih pengalaman yang ada di Paris?

Toko Buku Mungil di Seoul

Tahun ini saya melakukan perjalanan ke Jepang dan Korea. Keduanya adalah negara yang sudah pernah saya kunjungi, namun saya memutuskan untuk kembali datang ke sini karena banyak tempat yang belum saya explore. Di postingan ini, saya ingin sedikit membahas mengenai apa yang saya temukan di Korea Selatan saat traveling selama 6 hari.

Ketika mendatangi Gyeongbokgung Palace di Seoul, tak sengaja lewat depan rumahmu saya menemukan palang yang bertuliskan “Traveler’s Bookshop“. Melihat keunikannya, saya pun tertarik untuk berkunjung.

Membahas sedikit soal di Korea nih…

Cara Bikin Visa Korea Selatan

Semenjak suka solo traveling, hal ini membuat saya mau gak mau mengurus semuanya sendirian, mulai dari pembelian tiket, pemesanan hotel atau airbnb, sampai dengan mengurus pembuatan visa. Kalau dulu jalan-jalan biasanya keperluannya diurusin orang lain, sekarang lebih suka mengurus semuanya sendirian, walau perginya kadang gak sendirian. Kalau dulu jalan-jalan biasanya ke negara yang gak perlu visa, sekarang lebih banyak ke negara-negara yang membutuhkan visa.

Beruntung saya punya visa Jepang yang berlaku selama 3 tahun, hal inilah yang menjadi alasan kenapa saya rajin mengunjungi Jepang. Namun demi variasi traveling ke negara yang berbeda, dalam kunjungan trip ke Jepang kali ini diwarnai dengan trip ke Korea Selatan.

Yang mau bikin visa Korea, semoga tulisan ini bisa membantu. 😀

Tips Memilih Pakaian Saat Traveling

Traveling alias jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang paling saya sukai selain makan. Menurut saya, traveling bisa menjadi penyeimbang dari rutinitas yang saya lakukan sehari-hari. Dengan traveling, saya merasa hidup saja menjadi lebih hidup dan berwarna.

Ketika traveling, hal-hal yang biasa saya siapkan antara lain itinerary dan tempat-tempat yang ingin didatangi, perhitungan budget, sampai dengan list pakaian yang akan dibawa. Saya belajar hal ini dari Popon yang selalu menginspirasi. Biasanya saya membuat google sheet berisi itinerary yang dilengkapi dengan tab khusus list pakaian. Kenapa soal pakaian untuk traveling penting, ini jawabannya menurut saya.

Ini nih tips memilih pakaian saat traveling~