Tips Umroh ala Chika

kabahBulan Desember kemarin saya pergi umroh bersama keluarga. Beruntung ketika berangkat ke sana, cuaca di Arab cukup bersahabat dan suhu udaranya pun tidak panas. Alhamdulillah ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Sempat sedikit pilek sih karena kebanyakan makan es krim. :roll: Sebelum pergi umroh, saya sudah tanya sana sini kira-kira apa saja yang harus dibawa. Setelah melewati 9 hari umroh, saya menyimpulkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan pergi umroh. Berikut tips yang perlu diperhatikan ketika Umroh…

Merayakan Ulang Tahun di Jepang

bday cakeUlang tahun biasanya menjadi hari yang spesial untuk banyak orang. Bahkan seringkali ada yang dengan senang hati mengumumkan hari ulang tahunnya.

Buat saya sendiri, hari ulang tahun merupakan hari bertambah umur yang entah kenapa makin ke depannya saya malah biasa saja dalam menyambut ulang tahun mungkin karena tambah tua. Namun dalam tradisi di keluarga saya, biasanya selalu ada acara potong kue di pagi hari.

Kalau tahun kemarin saya merayakan ulang tahun bersama teman-teman kantor yang mengikuti workshop, ulang tahun kali ini dirayakan dengan cara yang berbeda, yaitu dirayakan di Jepang.

Cerita dikit yaaaa~

Bikin Visa Jepang Dengan e-Paspor

PassportSiapa yang sudah punya e-paspor? Tahukah kamu kalau punya e-paspor berarti bisa mendapatkan visa Jepang dengan gratis?

Jadi saya berencana melewatkan ulang tahun ke Jepang karena ada suatu urusan. Berhubung saya sudah memiliki e-paspor, berarti saya bisa mendapatkan visa Jepang dengan gratis! Horeeeee!

Untuk bikin visa waiver (bebas visa) Jepang dengan modal e-paspor, ternyata cuma membutuhkan 2 hari dan gak bayar sama sekali! Keterangan lengkapnya bisa dibaca di sini. Berikut adalah ketentuan membuat visa waiver Jepang.

Gimana cara bikin visa waiver? Yuk lanjut baca!

Tips Jalan-jalan dan Dapat Hotel Murah

hotelSiapa yang suka jalan-jalan? Pastinya saat jalan-jalan pengennya menginap di hotel dong. Tapi gimana caranya untuk mendapatkan hotel murah?

Dua minggu yang lalu saya diundang untuk hadir ke acara launching website berbau travel, yaitu Travelio. Travelio ini merupakan website untuk memesan hotel dengan harga murah dan bisa nawar! Iya, nawar harga hotel. Jadi kayak pasar ya! :lol:

Sambil disajikan makanan dan snack enak yaitu berupa tiramisu dan red velvet yang terkenal enak milik Convivium, saya terhibur dengan presentasi yang diberikan oleh Kenny Santana, the man behind Twitter @kartupos. Kenny menerangkan hal-hal yang perlu diperhatikan apabila mau travelling alias jalan-jalan.

Apa aja tipsnya?

Makan Es Krim Di Arab

ArabSaudi Arabia dikenal sebagai negara yang berada di daerah tropis dengan suhu yang cukup tinggi. Alhamdulillah pada bulan Desember kemarin saya akhirnya dapat mengunjungi rumah Tuhan di Mekah. Dengan lama perjalanan di pesawat selama 9 jam plus 2 jam perjalanan darat, akhirnya tiba juga di Mekah.

Dalam perjalanan kali ini yang bertujuan untuk ibadah, saya memiliki banyak sekali cerita, salah satunya mengenai es krim yang saya konsumsi selama Umroh. Kenapa bercerita tentang es krim? Karena saya suka es krim dan sering mereview rasa-rasa es krim. Bahkan saya punya postingan soal mencicipi es krim di Eropa!

Jadi ada berapa banyak es krim yang saya konsumsi selama di Mekah? Hayooo tebak! :P

Menghadiri Upacara Rambu Solo di Toraja

TorajaTripTahun Baru 2015 kemarin saya lewatkan di Toraja. Bisa dibilang ini pertama kalinya saya merayakan tahun baru di luar Jakarta. Dalam perjalanan #TorajaTrip ini saya tidak pergi sendirian, karena saya pergi bersama Popon, Fanny, Icha, mbak Renny, Ojan, Adit, Shiera, dan tentunya Yohan yang mengundang kami untuk hadir ke upacara kematian neneknya.

Upacara Rambu Solo adalah upacara pemakaman adat Toraja. Di Toraja sendiri orang yang meninggal belum dianggap meninggal kalau belum dimakamkan. Biasanya orang yang meninggal tersebut masih tinggal di rumah dan diperlakukan seperti layaknya orang hidup yaitu diberi makan dan diajak ngobrol.

Bagaimana kelanjutannya? Yuk dibaca! :D