Pentingnya Cuci Tangan

Pada suatu hari, saya pergi ke sebuah mall di Jakarta untuk berbuka puasa. Lalu ketika hasrat ingin buang air kecil datang, maka pergilah saya ke toilet.

Toilet cukup ramai dan saya harus mengantri. Sambil mengantri, saya mengamati orang-orang di toilet. Ada yang habis dari toilet kemudian cuci tangan, namun ada juga yang setelah keluar dari bilik toilet langsung pergi keluar tanpa cuci tangan. Duuuh, cakep-cakep tapi gak cuci tangan abis dari toilet. Kok jorok sih?

Saya sendiri tipikal yang menjaga kebersihan banget. Walau kamar saya berantakan karena kebanyakan barang namun kamar saya bersih karena rutin dibersihkan. Saya memiliki alergi debu sehingga wajib menjaga diri dari debu-debu yang bandel. Selain alergi debu, saya juga alergi terhadap beberapa makanan (udang dan kambing) dan alergi terhadap manusia pembohong (oke yang terakhir ini lebay).

Kembali ke cerita soal cuci tangan, ternyata banyak sekali lho orang-orang yang gak cuci tangan setelah dari toilet. Entah habis itu apakah mereka akan makan atau melakukan suatu hal, namun bagi saya habis dari toilet lalu gak cuci tangan adalah hal yang sangat jorok.

Apalagi kalau gak cuci tangan terus megang hape, jadi kebayang kan betapa joroknya itu hape yang dipegang tiap hari. Kuman-kuman berkumpul dan tanpa disadari ikut masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dipegang, atau udara yang kita hirup.

Anak-anak kecil yang dipegang oleh mereka-mereka yang gak cuci tangan setelah dari toilet juga berpotensi kena penyakit hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau lebih dikenal dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut. Penyakit ini lebih sering terkena pada anak bayi hingga balita. Bahaya-bahaya seperti ini yang sering terlewatkan oleh orang-orang.

Supaya tidak terjangkit penyakit ini, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit tangan, kaki, dan mulut ini sebagai berikut:

  • Hindari berdekatan atau kontak fisik seperti mencium atau berpelukan dengan orang yang terinfeksi HFMD.
  • Jangan berbagi makanan ataupun peralatan makan dengan orang lain yang diduga terinfeksi.
  • Jika anak sakit, tetaplah berada di rumah. Jangan dibawa jalan-jalan karena dapat menular kepada anak-anak lainnya.
  • Rajinlah cuci tangan dengan sabun antibacterial seperti Betadine Sabun Cair, yang sudah terbukti 99.99% membunuh virus penyebab utama HFMD.
  • Perbanyak makan buah, sayur, kacang, dan biji-bijian untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pas bulan Ramadan kemarin, saya sempat gatal-gatal dan bentol-bentol. Awalnya saya pikir karena saya alergi debu, namun setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya karena stress dan kebanyakan begadang. :)))

Merah-merah ruam ini namanya kaligata

Memang sih saat itu saya sedang tengah mengerjakan sesuatu yang bikin saya harus begadang dan menguras otak. Ternyata hal tersebut bikin saya stress sehingga menyebabkan kaligata selama dua hari berturut-turut.

Untung di rumah selalu ada Betadine Sabun Cair yang saya pakai untuk cuci tangan atau untuk hal-hal urgensi seperti alergi. Emang kalau bentol-bentol gini sebaiknya pakai sabun antiseptik supaya gatalnya cepat hilang dan jangan lupa mandi dengan air hangat.

Betadine Sabun Cair ini mengandung povidone-iodine yang merupakan zat anti mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri, virus dan jamur. Betadine Sabun Cair sebaiknya dibawa dan digunakan pada saat-saat berikut ini:

  • Traveling ke luar negeri.
  • Setelah berkunjung ke lingkungan yang diperkirakan banyak kuman dan  penyakit seperti negara atau daerah yang sedang ada wabah penyakit menular.
  • Setelah berkunjung ke rumah sakit.
  • Saat dan setelah mengunjungi negara di Timur Tengah (misalnya seperti saat Umroh/Naik Haji) karena saat ini di negara Timur Tengah sedang mewabah virus MERS dan SARS.

Lebih baik mencegah daripada jatuh sakit, oleh karena itu tindakan preventif memang sagat diperlukan bagi kita semua yang ingin hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh. Cuci tangan dengan sabun cair antiseptik merupakan salah satu tindakan untuk mencegah penyakit yang disebutkan di atas.

Balik lagi soal cuci tangan, bagi saya cuci tangan ini sangatlah penting. Biasakan cuci tangan setelah melakukan kegiatan yang melibatkan kotoran atau habis dari toilet. Bahkan habis pegang-pegang kucing, saya pasti cuci tangan dengan Betadine Sabun Cair.

Kalau kamu, apakah kamu termasuk orang yang cuci tangan habis dari toilet, atau yang langsung melenggang pergi gak pake cuci tangan?

25 thoughts on “Pentingnya Cuci Tangan

    • cK berkata:

      Aku pun baru kali ini mengalami ini. Biasanya bentol-bentol ini karena alergi. *hidupnya damai banget, jarang stress dan begadang*

  1. gea berkata:

    aku namainnya “biduren” setiap abis kemah di alam terbuka, pasti kena, jadi sering gak sampe selesai, udah pamit pulang… pernah juga waktu nunggu dosen di selasar di lantai 4, yang emang terbuka, tiba-tiba ada angin, pulang-pulang leher sampe belakang telinga merah-merah gatel :(, terus diobatin Cetirizine, (buat penderita alergi, dia teman setia)

  2. Adiitoo berkata:

    Aku cuci tangan kok. sumpah. karena biasanya, jadwal aku pipis itu kalau nggak sebelum makan, sebelum salat. jadi nggak pernah lupa buat cuci tangan.

    di kantorku banyak kujumpai karyawan2 yang mayan cakeplah, tapi jorok ewwwww…

  3. kiwilliam berkata:

    Cuci tangan sih wajib banget, apa lagi abis dari toilet. Bahkan kalau bisa cuci tangan itu harus dijadikan hobi. Lumayan kan jadi ada sesuatu yang bisa dibanggakan kalau ketemu bokapnya gebetan.

    Calon Mertua: “Hobi kamu apa? Apa yang biasa kamu lakukan di waktu senggang?”
    Mantu Idaman: “Saya setiap kali merasa bosan akan cuci tangan om”
    Calon Mertua: *terdiam 7 detik* “Tanggal berapa kamu mau ngelamar anak om?”

Tinggalkan Balasan

