Merayakan Ulang Tahun di Jepang

bday cakeUlang tahun biasanya menjadi hari yang spesial untuk banyak orang. Bahkan seringkali ada yang dengan senang hati mengumumkan hari ulang tahunnya.

Buat saya sendiri, hari ulang tahun merupakan hari bertambah umur yang entah kenapa makin ke depannya saya malah biasa saja dalam menyambut ulang tahun mungkin karena tambah tua. Namun dalam tradisi di keluarga saya, biasanya selalu ada acara potong kue di pagi hari.

Kalau tahun kemarin saya merayakan ulang tahun bersama teman-teman kantor yang mengikuti workshop, ulang tahun kali ini dirayakan dengan cara yang berbeda, yaitu dirayakan di Jepang.

Enggak, saya gak khusus pergi ke Jepang untuk merayakan ulang tahun kok. Kebetulan aja lagi ada hal yang harus dilakukan di Jepang sehingga saya melewatkan ulang tahun di sini. Jauh dari keluarga, jauh dari teman-teman, namun saya tidak sendirian karena ditemani oleh Clara Devi alias Epoy.

chika dan epoy

Chika dan Epoy❤

Di Jepang saya menginap dengan menggunakan Airbnb, yaitu website yang menjembatani pemilik rumah/apartemen/guest house untuk menyewakan ruang kosong tersebut. Yang membuat Airbnb berbeda adalah karena yang disewakan mulai dari kamar, guest house, sampai apartemen. Dengan Airbnb ini, bagi yang memiliki ruang kosong di tempat tinggal mereka bisa berlatih bagaimana menjadi pemilik penginapan karena mau gak mau harus bisa melayani tamu yang menyewa tempat mereka.

Kebetulan saat berulang tahun, saya sedang berada di Ajina, Hiroshima. Yuka-san, host Airbnb di Ajina mengajak kami membuat Chirasi Sushi. Sedangkan anaknya, Sora-kun, yang baru berusia 5 tahun membuatkan saya gambar sebagai hadiah ulang tahun. Sungguh indah sekali menerima kehangatan ini dari orang yang baru dikenal. :’)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain itu host kedua saya yaitu Toyo-san dan Taso-san sungguh baik sekali. Mereka membelikan saya strawberry shortcake yang enak banget. Rasanya sungguh terharu ketika menerima kejutan dari mereka.

With Toyo and Taso

Taso-san and Toyo-san

Saat sedang packing untuk pindah ke rumah host Airbnb berikutnya, tiba-tiba Toyo-san memanggil. Saya pikir ada apaan gitu, tahu-tahunya mereka menyiapkan kejutan kecil. Hal ini mungkin tidak akan saya rasakan apabila saya menginap di hotel.

Senang sekali merayakan ulang tahun di Jepang dan mendapatkan kejutan-kejutan manis tak terduga. Saya tak menyangka orang-orang Jepang sangat ramah dan hangat. Saya beruntung bertemu dan kenal dengan mereka.

Kalau kalian, pernah ada kejutan manis apa saat ulang tahun?🙂

25 thoughts on “Merayakan Ulang Tahun di Jepang

  1. ndop berkata:

    Berati komunikasinya pakai bahasa inggris atau bahasa jepang ya di sana?

    Gak bisa mbayangin kalau aku ada di jepang, pasti udah sibuk ngegambar di buku sketsa apa apa yg aku inginkan soalnya gak bisa blas bahasa jepang hahahha..

Tinggalkan Balasan

