Yang Sering Terjadi Saat Menstruasi

Menstruasi atau haid adalah siklus alami yang dialami setiap perempuan setiap bulan. Tentunya saya tidak perlu menjelaskan secara detail apa saja yang dialami perempuan saat menstruasi. Coba googling aja ya, bisa coba pake OK Google.

Saat menstruasi, ada beberapa efek samping yang dirasakan banyak perempuan yang tentunya sering mengganggu aktivitas. Mulai dari merasakan sakit-sakit di beberapa bagian tubuh, hingga adanya perubahan-perubahan dalam diri. Karena itulah penyakit bulanan ini memang butuh perhatian.

Bahkan ada peraturan yang tertulis dalam Undang-undang Tenaga Kerja No. 13 tahun 2003 yang bertuliskan seperti ini:

Hal ini membuktikan bahwa menstruasi tidak boleh dipandang sebelah mata. Banyak sekali efek-efek yang dirasakan saat menstruasi. Selain mengeluarkan darah yang disertai efek sampingnya antara lain pusing, mood yang tak menentu, sampai mules-mules di perut. Apa aja sih yang biasa dihadapi para perempuan saat menstruasi?

Perubahan Mood

Biasanya kalau mau menstruasi, berasa ada perubahan mood bagi perempuan kebanyakan. Saya sendiri sih kadang sadar kalau lagi PMS (pre-menstrual syndrom), yaitu sindrom marah-marah melulu hahahahahaha!

Muka bete kena macet

Kalau lagi PMS, bawaannya kayak pengen nelen orang. Rasanya pengen jungkir balik aja karena mood swing. Untung saya anaknya gampang seneng, kalau lagi bete, lari ke bioskop atau makan. Main game di game center gitu juga bisa jadi penghilang mood swing.

Muka Jerawatan

Ini salah satu problem yang sering dihadapi kalau sedang atau akan menstruasi: MUKA JADI JERAWATAN! Duluuuu, kalau menjelang menstruasi, muka berasa kayak mau ada jerawat tumbuh. Benar-benar gak ada obatnya. Namun setelah rutin 10 step skincare ala-ala Korea, muka saya jadi bisa lebih diatur. Dulu kalau lupa cuci muka, besoknya langsung jerawat. Kalau sekarang, mungkin dua hari kemudian baru jerawat.

Pas menstruasi pun biasanya akan ada jerawat kecil atau di salah satu spot muka berasa ngilu kayak mau numbuh jerawat. Kalau udah kayak gitu, harus cepat-cepat dikasih obat jerawat sebelum makin subur. Kebanyakan sih cukup ngaruh di muka ya, tapi kalau emang lagi bandel, ya udah deh itu jerawat tumbuh membesar. Hiks.

Waspada Bau

Pernah suatu hari saat saya masih bekerja sebagai reporter, saat itu sedang liputan dan datang seorang reporter pria umur paruh baya, sebut saja Mas Gitu. Kita sedang duduk lesehan dengan kaki bersila. Di tengah-tengah asyiknya ngobrol, tiba-tiba hidung Mas Gitu terlihat mengendus-ngendus dan bertanya dengan frontal, โ€œSiapa yang lagi haid? Kecium nih baunya.โ€

Ajegileeeeee, padahal waktu itu saya pakai celana jeans dan sumpah celananya gak bolong. Tentu saja saya gak mau ngaku karena malu. Ketahuan lagi menstruasi aja rasanya sungkan, ini lagi kecium baunya. Tengsin parah.

Gara-gara hal itu saya jadi lebih waspada kalau lagi menstruasi. Supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi, saya mencoba memakai pembalut wangi seperti Charm Fragrance. Dari luar bungkusnya aja sudah tercium wangi bunga mawar, jadi memakai ini saat menstruasi akan bebas khawatir bau. Benar-benar pembalut terbaik!

Charm Fragrance ini solusi buat yang khawatir akan bau saat menstruasi. Sejak pakai Charm Fragrance saya jadi lebih pede. Saya rekomendasikan banget ini produk karena benar-benar pembalut wanita yang sangat dibutuhkan.

Badan jadi cepat lelah

Entah saya aja atau yang lain juga begitu? Kalau sedang menstruasi, rasanya kayak males ngapa-ngapain. Apalagi kalau pinggul ke bawah udah pegeeeeel banget, rasanya pengen tiduran aja.

Lemes tak berdaya kayak gini

Makanya saya gak heran kalau ada yang sakit saat menstruasi, karena tahu banget rasanya walau sebenarnya saya jarang banget sampai sakit melilit.

Kalau kalian, problem apa sih yang paling sering dihadapi saat menstruasi?

Iklan

21 thoughts on “Yang Sering Terjadi Saat Menstruasi

  1. Fiberti berkata:

    Mau nambahin aja mba pernah baca kalau di Amerika kejahatan spt pembunuhan kekerasan bila dilakukan wanita dlm keadaan mens ada pertimbangannya juga..

  2. Alid Abdul berkata:

    Terus aku mau komen apa di postingan ini hahaha. Yang jelas aku tau klo cewek lagi menstruasi mending jauh-jauh daripada kena semprot hahaha. Kan lagi sensian ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s