PMS dan Mood

PMSSiapa yang belum tahu PMS? PMS adalah pre-menstrual syndrome, yaitu sindrom yang biasa dialami wanita ketika akan tiba waktunya menstruasi. PMS ini perlu diperhatikan karena biasanya dapat mengganggu aktivitas karena perubahan emosi atau mood yang naik turun.

Biasanya perempuan kalau marah seringkali menyalahkan hormon dan memberi alasan “kayaknya PMS nih”, walaupun kadang belum tentu juga emosi tersebut disebabkan oleh PMS. Namun menjelang menstruasi, emosi dan temperamen dapat meningkat tajam. Para pria tentunya harus berhati-hati saat menghadapi wanita yang sedang PMS, karena terkadang lebih menyeramkan daripada zombie.

efek PMS

Efek PMS, cewek bisa jadi kayak gini…

Berdasarkan artikel dari sini, inilah cara untuk menghadapi perempuan yang sedang PMS. Para pria, harap perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Menghafal kapan waktu PMS tiba. Cobalah tanyakan siklus menstruasi pasangan (atau teman perempuan) dan mencatat menghafalkan tanggal-tanggal tertentu . Biasanya menstruasi dialami perempuan setiap 21-27 hari setelah siklus menstruasi terakhir. Nah, PMS ini biasanya menyerang sekitar 1 minggu sebelumnya. Jadi kalau mendapati perempuan yang tiba-tiba emosian atau sering menangis tanpa sebab, cek jadwal terakhir dia menstruasi. Siapa tahu itu disebabkan oleh PMS.
  2. Sabar. Kenyataannya yang dibutuhkan saat menghadapi perempuan yang PMS adalah kesabaran tinggi. Jangan sekali-sekali melawan mereka yang sedang PMS karena kondisi mereka saat ini labil layaknya abegeh.
  3. Menjaga perasaan. Ketika mengetahui perempuan sedang PMS, cobalah berusaha untuk tidak menyakiti hatinya karena saat itu perasaan mereka sedang sensitif.
  4. Jangan dimasukan ke dalam hati. Ingat, perempuan yang sedang PMS biasanya emosian dan temperamen. Apa yang diucapkan itu seringkali tajam namun sebenarnya mereka tidak bermaksud serius saat mengatakannya. Hormon yang membuat mereka berbicara seperti itu. Setelah masa PMS selesai, biasanya perempuan akan kembali jinak seperti merpati. *halah*
  5. Coba bayangkan saat berada di posisi perempuan PMS. Pernah gak ngerasa sakit perut berkepanjangan yang gak ada obatnya? Atau tiba-tiba ingin menangis tanpa sebab dan hal ini terus berulang setiap bulan? Gak bisa bayangin? Sini saya sepak dulu perutnya *eh* Hal seperti inilah yang dihadapi perempuan setiap bulan. Bayangkan seandainya para pria kudu disunat tiap bulan, mau gak? Ya kira-kira seperti itulah. Jadi kalau kaum pria heran dengan perempuan yang PMS, coba bayangkan hal di atas tadi.🙄

Gimana? Apakah tips di atas cukup ampuh? Kalau enggak silakan protes ke website yang menulisnya ke tembok. Percayalah, melawan perempuan yang tengah menghadapi PMS tidak ada gunanya. Mendingan bobok atau main game.

Seminggu setelah PMS, barulah biasanya perempuan mengalami hal yang namanya menstruasi. Kayaknya kalau soal ini gak usah pada diajarin ya. Sudah pada belajar biologi khan? Pasti sudah tahu dong apa itu menstruasi.

Selain PMS, perempuan juga memiliki masalah ketika menstruasi, yakni memilih pembalut yang kira-kira nyaman dipakai, aman buat kulit dan tak mudah tembus ke kiri dan ke kanan (kayak joged poco-poco). Kemarin pas belanja gitu saya nemu produk baru pembalut Charm, namanya Charm Extra Dry.

charm

Dibawa pas mau ke Bangkok

Ukuran Charm Extra Dry ini cukup panjang. Untuk Charm Extra Dry #BebasLembab Night Wing panjangnya 29 cm sedangkan Charm Extra Dry #BebasLembab Day Wing 23 cm. Pas banget untuk saya yang banyak gerak. Ukuran Charm Extra Dry yang panjang membuat yang memakainya lebih praktis sehingga gak perlu deh pake dobel pembalut dan pastinya gak perlu takut tembus. Gak percaya, ini buktinya: http://www.charm.co.id/extradry/

Nah, kebetulan Charm Extra Dry ini lagi ada kontes berhadiah. Coba cek website Charm Extra Dry #BebasLembab dan Registrasi untuk mendapatkan Free Sampling dari Charm Extra Dry. Mudah khan?! Lumayan lho dapat supply pembalut gratis. Yang pasti kalau pembalut enak dipakai, dijamin gak bakal risih.

Balik lagi nih ke permasalahan PMS. Kalau para perempuan, gimana sih cara kalian mengatasi PMS agar tidak mengganggu orang lain? Sedangkan para pria, bagaimana cara kalian menghadapi perempuan yang sedang PMS? Ada saran lain?😀

.

Gambar paling atas adalah meme Derpina. 

22 thoughts on “PMS dan Mood

  1. ummu umar berkata:

    Udah 1 tahun lebih gak mengalami PMS sih, jadi lupa rasanya. Yg lebih dahsyat dari pre-menstrual syndrome kayaknya PMS yg ini deh » Past Maternal Syndrome alias sindrom waktu hamil, gejolak hormonnya lebih luar biasa labil dan lebay.😆

  2. fairyteeth berkata:

    kalo Nath efeknya horny, kalo aku efeknya nangis mulu… mata ini udah kayak keran bocor rasanya… ngapain dikit mewek, denger lagu apa gitu mewek.. ngobrol sama orang mewek.. apalagi ngobrol sama mantan… #curcol

  3. yusrizal berkata:

    wanita yg PMS, udah bisa dilihat dari tatapan matanya, seakan bilang dengan kalimat berdarah dingin, “Awas, senggol bacok!”.
    *kabur

  4. ndop berkata:

    ooh, jadi ini to kenapa kemarin2 saya pernah ngobrol sama cewek di facebook, entah mengapa dianya jadi super duper sensitive dan gobloknya saya langsung ngejaj kalo perempuan ini nggak beres. Beberapa hari berikutnya ternyata perempuan ini beneran kinak2 merpati dan bisa diajak guyon..

    Semacam owalah gitu deh setelah membaca postingan ini.. makasih chika… #halah #berasaTongFang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s