Pelor

Tahukah kamu apa itu pelor? Menurut Wikipedia, Pelor is the god of the Sun, Light, Strength, and Healing. Sayangnya bukan pelor itu ingin saya bahas. Pelor yang saya maksud adalah nemPEL langsung molOR. Pelor ini sering menyerang orang-orang yang menderita narkolepsi, kurang tidur, sering ngantukan, menderita insomnia akut, sampai pecinta begadang.

Saya sendiri bisa dibilang pengidap penyakit pelor. Bayangkan, saya bisa dengan mudahnya tertidur tanpa kompromi. Saya sering tertidur di kantor, busway, angkot, taksi, bahkan bajaj yang notabene termasuk kategori dugem (duduk gemetaran). Bahkan saya sering tertidur ketika sedang mengajar!

Parah!

Saat ini cara penyembuhannya adalah dengan memperbanyak waktu tidur untuk mengurasi rasa ngantuk dan tidur secara teratur dipercaya dapat mengurangi pelor. Saya pribadi belum bisa menyembuhkan penyakit pelor ini. Saya sering tertidur di kondisi-kondisi yang ajaib.

Menurut saya jalan satu-satunya adalah dengan mengikuti keinginan mata. Di kala mata ingin terpejam, lebih baik saya turuti saja daripada nanti berakibat buruk pada kesehatan saya. Tapi kadang ini mengganggu kinerja saya atau malah membahayakan (Apalagi kalau tertidur di taksi sendiri! Syukur kalau supir taksinya orang baik. Kalau nakal, bisa-bisa saya diculik dan dibawa kemana gituh… 🙄 ).

Alternatif lainnya adalah dengan minum kopi atau mengunyah permen. Sayangnya saya punya penyakit maag sehingga tidak boleh terlalu sering meminum kopi *hiks* sehingga yang saya lakukan adalah bertahan untuk melek atau bablas tidur sekalian saja.

Apakah kalian ada yang mengidap pelor? Setahu saya Siwi dan Gun punya penyakit yang sama… 🙄 *kalem*

115 respons untuk ‘Pelor

  1. aGoonG berkata:

    Kalau nggak pengen tidur bener, ngePLURK ajah
    Survei membuktikan Plurk bisa menyebabkan kurang tidur, dan gangguan kejiwaan (sering ketawa sendiri baca postingan)

    Tak ada coffee, PLURK pun jadi.
    *NgePLURK lagi*

    ¤ cK ¤
    iya nih. sejak ngeplurk jadi kurang tidur… 😦 *nyalahin plurk*

  2. Yeni Setiawan berkata:

    Golongan darahmu B ga Chik?
    Siwi dan Gunawan positip bergolongan darah B, makanya ngantukan 😀

    ¤ cK ¤
    woogggh!! seriyus?!?! eh golongan darah saya B soalnya jiakakakakakk… 😆

  3. -=«GoenRock®»=- berkata:

    Mengajar bisa tertidur? Wah parah kamu! Tapi kamu bisa ndak tidur ditempat berisik, di dalem studio pas lagi dipake buat latihan band atau di konser gitu misalnya? Aku dulu sering hihihi…

    ¤ cK ¤
    bisa! pernah soalnya ahahahahaah… 😆

  4. Koen berkata:

    Kopi + Mylanta, haha. Terpaksa deh, biar melex x x x z z z z z z (gagal –red)

    ¤ cK ¤
    buset, mylanta… 😆
    saya gak boleh sering-sering minum obat maag. gak baik juga takut malah ketergantungan… 😐

  5. GiE berkata:

    Kalo saya malah susah pelor, chik… :s

    Mm…
    Kayaknya cK jarang rehat di waktu yang tepat. Makanya sering pelor dimana-mana, sebagai ganti waktu istirahat yang seharusnya dimanfaatin pada waktu dan tempat yang tepat.

    ¤ cK ¤
    iya nih. khan gak pernah tidur siang. *yaiyalaaah*

    tapi kadang sekali ketiduran, bisa bablas 8 jam huakakakak… 😆

  6. ova berkata:

    beeuuhh… kebalikan chik..
    gw malah pgn bisa pelor kayak gitu. Soalnya gw slalu susah tidur. Bahasa jawa-nya sih insomnia..

    Enak kali ya kalo di kendaraan2 bisa tidur angkler. Jadi gk berasa..
    Kalo gw, dibikin senyaman apapun tetep susah bisa tidurr.. boringbgt.com

    Jadi bersyukurlah, Neng, dianugerahi pelor…
    Mari..

    ¤ cK ¤
    tapi kadang serem juga. soalnya sering banget ketiduran. sempet kelewatan waktu naik busway, akhirnya balik lagi deh huehehehe… 😛

  7. mimi berkata:

    Aku malah susah pelor. Insiomnisa iyaaa. Tp g minat liat bantal, g minat tidur.

    ¤ cK ¤
    lhaaa, saya tidur gak pake bantal lho. molor aja langsung… :mrgreen:

  8. TamaGO berkata:

    Hmm, saya sendiri pernah tidur sambil berdiri dalam truk yg sedang jalan.
    Dalam keadaan terjaga benernya sih cukup kuat nahan kantuk walau dengan pandangan 5 watt, tapi klo kepala ini sudah menyentuh yg empuk2 (minimal bidang datar) pasti bawaannya pengen merem. Dan klo udah merem bakal susah bangun sampai kebutuhan tidur ini terpuaskan
    (woks panjang juga komengnya)

    ¤ cK ¤
    hihihi…saya masih termasuk gampang bangun. tapi bisa tidur dimana saja… 😛

  9. wi3nd berkata:

    jadi iinget mba’ii yang suka pelor hehe, bisa tidur dlm posisi apapun, termasuk ketika sedang berdiri di dlm bus…klu sayah biasa tertidur di bus ketika berangkat kerja soalnya jauu, pun ketika pulang termasuk pelorkah heheh..

    ¤ cK ¤
    itu termasuk! hehehehe… 😆

  10. orangndut berkata:

    Yup saya juga udah mengidap gejala2 pelor itu. Sering begadang dan efeknya waktu kuliah jadi ngantuk berat….untung dosennya baek2…hehehe

    ¤ cK ¤
    wah…untung saja…coba kalau galak hehehehe… :mrgreen:

  11. dondanang berkata:

    mau bobok koq repot? bacain dongeng sini. Pelor tu bukannya peluru yah? menjebak judul postingannya. hehehe

    ¤ cK ¤
    kalau dibacain dongeng malah gak tidur… 🙄 hihihi…pelor itu istilah saya… 😛

  12. draguscn berkata:

    katanya ahli tidur .. fase REM (rapid eye movement) itu kalo dilewati nagihnya 4-5 kali jadwal semestinya ..
    kamu kebanyakan “ngutangnya” kali chik ..

    ¤ cK ¤
    saya ahli tidur kalau siang hari. malamnya begadang… :mrgreen:

  13. Mr. Fortynine berkata:

    Saya juga mengidap keterbalikan jam tidur. Bahkan seiring datangnya bulan ramadhan kemungkinan besar saya bakalan tak tidur semalaman dimana tidurnya diganti siang.

    Di kantor saya memilih untuk tidur di tempat yang aman yaitu ruangan kosong. Meskipun pada kenyataannya masih sering terganggu.

    Oh iya, kadang kadang kopi juga tidak bisa berpengaruh untuk membuat orang tetap terjaga. Sehabis menyeruput secangkir kopi saya bisa langsung tidur. Atau tanpa minum kopi juga kadang kadang saya dekat adzan subuh baru tidur.

    Tapi untuk urusan kesiagaan, Hmmmmmm. Sampai sekarang saya masih bisa bangga dengan kesiagaan saya untuk tidak tertidur pada saat yang salah. Kecuali kalau lagi total ga tidur semalaman, bagaimanapun biasanya pagi atau siangnya atau sorenya bisa K.O.

    ¤ cK ¤
    kalau kamu mah gak heran. jadwal tidurnya udah kebalik gitu… 😛 dan sekarang saya juga sedang mengalami itu, tetapi lebih tepatnya kurang tidur! ini sekarang sedang proses penyembuhan, tapi sulit! 😐

  14. bakulsapi berkata:

    orang jaman sekarang insomnia nya mang pada akut koq.. jam 1 malem pada belum tidur, ntar siangnya tiduurr mulu..kyk drakula..

    ¤ cK ¤
    huhuhu…mungkin akibat internet… 🙄

  15. nuggix berkata:

    Wah…klu aq sih gak kenak pelor, tapi kenak dulor alias duduk molor 😀 . Pa lagi pas dikelas trus jam2 trakhir waduw penyakitnya pasti kumat tu… 😀 .

    ¤ cK ¤
    saya waktu jaman kuliah tidurnya masih teratur… 😛

  16. Rindu berkata:

    cK beruntung masih bisa pelor … saya kena penyakit sulit tidur selama setahun ini sudah, ah semoga bisa sembuh dan bisa tidur normal lagi….

    cK bentar lagi puasa, saya mohon maaf jika ada kata dan kelakuan saya yang tidak menyenangkan bahkan menyesatkan, saya manusia biasa..

    Met puasa yah … eh puasa kan cK?

    ¤ cK ¤
    sama-sama mbak, maaf-maaf ya kalau chika ada salah… ^^

  17. restlessangel berkata:

    lho…..ada yg kontradiktip di sini.

    […Pelor yang saya maksud adalah nemPEL langsung molOR. Pelor ini sering menyerang orang-orang yang menderita narkolepsi, kurang tidur, sering ngantukan, menderita insomnia akut, sampai pecinta begadang…] –> bukannya insomnia itu adl gangguan tidur dimana penderita malah justru susah tidur ?? kok pelor ???

    ¤ cK ¤
    pelornya di siang hari, mbak… :mrgreen: , kalau malam hari malah melek…

    chik, gangguan jam tidurmu itu kayakna krn jam tidurmu yg ga teratur. jd jam biologismu triak2 minta perhtian begitu kamu kelamaan begadang di waktu yg harusnya jd jam tidurmu.

    disiplin, itu obatnya. moga2 ga jd pelor lg ye…bisa susah itu, lg nge-date malah molor… :mrgreen:

    ¤ cK ¤
    untungnya kalau nge-date gak pernah molor… 😛

  18. dobelden berkata:

    mbak memet

    disiplin, itu obatnya. moga2 ga jd pelor lg ye…bisa susah itu, lg nge-date malah molor

    betul nih mbak… masa ratu kopdar pas ngedate malah molor 😆

    ¤ cK ¤
    oh, kalau itu enggak donk… 8)

  19. yellashakti berkata:

    ini toh yang disebut-sebut mbak RATU KOPDAR
    hehe
    ketemu juga blognya?
    orang bogor juga ya?
    kmrn ga ikut kopdar ?

    ¤ cK ¤
    saya orang jakarta kok. waktu itu kebetulan main ke bogor… 😀

  20. yellashakti berkata:

    sebenere pelor 10 menit tuk menghilangkan kantuk jauh lebih baik daripada ditahan jeng, gw jg gitu, asal jangan kebabalasan aja :mrgreen:

    ¤ cK ¤
    iya, makanya saya kadang suka merem dimanapun… 😛

  21. ndop berkata:

    lha ini jam berapa chik?? saya lo belom tidur, malah ngenet aja di warnet
    maklum saya lebih suka hidup di malam ari, warnet murah, suwasana sepi adem tentrem gemah ripah loh jinawi.. lha besoknya tinggal balas dendam saja…

    hehe.. pokoknya tidur delapan jam sehari terpenuhi… hehhehe…

    ¤ cK ¤
    saya jarang bisa tidur 8 jam gitu… 😦

  22. ai berkata:

    terus terang yah,,,kalau udah bersentuhan ama bantal pasti langsung tewas 😀

    ¤ cK ¤
    tergantung juga. kalau malam saya malah sering gak tidur… 😛

  23. Novi berkata:

    gw malah ga bisa tidur chick….pa lagi kl di deket gw ada suara lagu2…biar ngantuk tetep aja gw malah nyanyi hahaha….

    ¤ cK ¤
    saya kalau dengerin lagu malah bisa bobok… 😛

  24. Mi Chan berkata:

    G papa mbak. Cuma, hmm….mbak chika kalo tidur g ngorok ama ngiler kan? Pose nya bagus g? G pake mangap?

    Kan kasian yg nge liatin mbak.

    :mrgreen:

    ¤ cK ¤
    saya kalau tidur mingkem kok. 8) *pernah ada yang motret*

  25. g2-557dc92f3b031b108a889bee7f797643 berkata:

    wah..saya justru kebalikan nih..susah tidur..kalau belom jam 1 pagi..blom bisa merem..ugh 😦

    enak kali yah bisa pelor..asal body letih aja langsung bisa tidur dimanapun berada..

    ¤ cK ¤
    saya karena begadang jadinya pelor. kalau tidur cukup, insya Allah gak pelor… 🙂

  26. sigit berkata:

    udah pernah tidur sambil naek motor
    kemudian tersadar, tahu-tahu sudah melewati lampu lalu lintas
    hahaha….
    i’ve done that but just once
    gak mo lagi, gila boww dangerous banget

    ¤ cK ¤
    edan!! 😈

  27. sigit berkata:

    belon lagi klo naek kereta ekonomi yg notabene orang2 takut buat naek kereta super murah itu
    lahhh…dari 11 jam perjalanan, hanya 1 jam gak tidur, hahahaha

    ¤ cK ¤
    ahahaha…pengalaman pribadi?? 😆

  28. :3 berkata:

    ngunyah permen karet biasanya sih…

    tapi saya tipe orang yang bergigi rapuh… jadi jarang mengunyah manis manis gitu…

    cara lainnya adalah makan benwit.

    *setau saya yang bisa ilang ngantuknya kalo udah makan benwit gini itu saya dan tika*

    ¤ cK ¤
    saya kadang tertidur di depan kompi… 😐 *dan menyala semaleman…
    = =!

  29. hmmm .. berkata:

    @TYO GAPTEK

    ehm, aku narkolepsi juga,

    tapi aku ndak pekerja keras.

    malah, ini gejalanya orang kena narkoba.

    aku masukin mall,

    aku diliatin di mana-mana, dikira aku ini orang malas.

    ¤ cK ¤
    wah…kamu coba ke dokter deh. narkolepsi itu berbahaya lho… 😦

  30. meishien berkata:

    Salam kenal yah mba cK 😀

    Saya tidak punya penyakit pelor, tapi jadi ingat sama teman saya yg pernah ketiduran di depan setir mobil disaat sedang belajar menyetir. Sampe bikin pengajar nya geleng2 pala xD

    ¤ cK ¤
    serem amat. 😯 coba diperiksa ke dokter. takutnya ada kelainan… 😐

  31. ma2nn_smile berkata:

    wah….obatnya yaitu:
    -wudhu kalo ngerasa ngatuk
    -trus dilanjutin smile biar tambah semangat

    udah deh……..
    keep smile…aja deh…

    ¤ cK ¤
    hihihi makasih sarannya… 😉

  32. nairasmile berkata:

    chika bukannya sempet insomnia…kok tiba2 jadi keeboo..upss… hahahah… ga ding… aku juga pelor…. kl kena bantal udah deh… sempet juga pas gawe saking ngantuknya tidur…untung ga da bos gyahahaha….

  33. missglasses berkata:

    berarti aku juga pelor…kalo hari2 sekolah sih waktu tidur normal, atau bahkan kurang. tapi kalau lagi liburan, jadi tidur ayam, alias tidur bales dendam, bisa sampe 13-15 jam sehari.

    guru di sekolahku juga ada ko yang narkolepsi. tapi unik, dia punya kebiasaan tidur pas lagi ngendarain motor… bisa banget ya? hahaha

  34. Dharma berkata:

    Wah itu kebanyakan zat besi, terutama di sekitar mata.
    Sebab kalau kebanyakan zat besi mata jadi tambah berat.
    Coba periksa ke dokter dan tanyakan berapa kandungan zat besi di sekitar matanya.
    Kalau udah sampai 500 gram berarti over tuh…
    Ganti aja dengan emas kan lebih untung…

Tinggalkan komentar