Ada Apa Dengan Cinta 2 di Yogyakarta

aadc 2Sudah nonton film AADC2? Yang sudah nonton pastinya tahu dong salah satu tempat setting filmnya adalah di Yogyakarta alias Jogja. Di film Ada Apa Dengan Cinta? 2 akan ada cerita di mana Cinta dan teman-temannya mengunjungi Jogja untuk liburan.

Bagi yang belum pernah atau akan ke Yogyakarta, mungkin ingin tahu dengan lengkap di mana saja tempat-tempat yang dijadikan shooting AADC2. Siapa tahu next trip ke Jogja bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Sebelum saya ulas lebih detail tempat-tempat shooting AADC2, bisa dilihat dulu trailer filmnya di bawah ini.

Sudah lihat trailernya? Karena saya punya contekan tempat-tempat lokasi shooting AADC2, tidak ada salahnya saya bagikan di blog ini, semoga berguna.😀

1. Punthuk Setumbu

Kabarnya Bukit Punthuk Setumbu ini merupakan salah satu tempat rahasia yang hanya diketahui para fotografer yang ingin mendapatkan angle foto Candi Borobudur yang cantik.

Repost @natgeoindonesia & hasil jepretan @dwioblo #EzRepost @natgeoindonesia with @ezrepostapp Lembayung memayungi langit di kejauhan kala kabut pagi menyelimuti hamparan hutan dan perbukitan yang mengelilingi Candi Borobudur dilihat dari Punthuk Setumbu. Foto yang diambil oleh @dwioblo tujuh tahun lalu dalam penugasan untuk National Geographic Indonesia dan UNESCO menegaskan bahwa pesona Borobudur tak pernah pudar. Candi Buddha terbesar di Dunia dibangun pada abad ke-9 selama kekuasaan dinasti Syailendra. Pada tahun 1991, Komplek Candi Borobudur ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Saat ini, Borobudur menjadi salah satu destinasi unggulan Indonesia untuk dikunjungi dalam program Destinasi Tunggal ASEAN. Kisah borobudur juga bisa dibaca lengkap di majalah National Geographic Indonesia edisi Maret 2010 dan Juni 2012 via arsip di http://www.nationalgeographic.co.id #punthuksetumbu #natgeoindonesia #natgeo #borobudur

A photo posted by punthuksetumbu (@punthuksetumbu) on

Namun setelah film AADC2, kini bukan rahasia lagi. Disarankan untuk memulai hiking pada pagi buta sehingga bisa sampai di atas bukit tepat saat matahari terbit dan menikmati sunset yang seolah-olah mengintip dari balik Candi Borobudur.

2. Rumah Doa Bukit Rhema

Setelah melihat sunset yang cantik, mampirlah ke Rumah Doa Bukit Rhema yang sering disebut dengan gereja ayam (karena bentuknya bangunannya yang seperti kepala ayam). Letak tempat ini persis di bukit Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Punthuk Setumbu. Gak jauh kok~

Di film AADC2 ada adegan di mana Cinta dan Rangga melihat pemandangan dari atas bangunan ini. Walau bentuk bangunan ini seperti ayam, namun dari kejauhan bentuknya lebih mirip merpati lho. Pasca film AADC2 pasti tempat ini akan semakin ramai dikunjungi.🙄

3. Istana Ratu Boko

Selain Borobudur, Istana Ratu Boko ini sering sekali menjadi tempat tujuan untuk foto-foto. Bekas kompleks istana yang sangat luas ini dibangun pada abad ke-8 dan terdiri dari beberapa bagian bangunan.

istana ratu boko

Gambar diambil dari sini

Dari sini bisa terlihat pemandangan kota Jogja dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Coba foto-foto di sini pas sunset, pasti cantik banget!

4. Pantai ParangKusumo

Berjarak sekitar 45 menit dari kota Jogja, Pantai ParangKusumo berlokasi persis berdampingan dengan Parangtritis. Pantai ini disukai pengunjung yang ingin menyepi dari hiruk pikuk kota. Pas bagi yang ingin mencari inspirasi atau menyendiri.

Pantai ParangKusumo

Cinta and the gank

Konon waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat sore hari, ketika udara tidak terlalu panas, langit berwarna jingga, dan muncul sunset. Pantai ini memiliki pasir hitam dengan angin dan ombak yang kuat.

5. Kota Gede

Tempat ini merupakan area berbelanja di Jogja. Deretan toko-toko pengrajin perak menjadi ciri khas daerah ini. Di sini serasa mengarungi mesin waktu dan kembali ke masa lalu karena pemandangan tempo doeloe yang disajikan. Apabila pergi ke sini, enaknya berjalan kaki, naik sepeda, atau naik becak. Akan terasa suasana nostalgia akan zaman dahulu.

kotagede

Gambar diambil dari sini

Jangan lupa mampir ke Pasar Legi untuk mencicipi aneka jajanan dan merasakan kehangatan khas Jogja. Jajanan di sini murah-murah lho~

6. Greenhost Boutique Hotel

Hotel butik ini menggabungkan konsep eco-friendly dan art. Ciri khas hotel ini adalah pagar pipa yang berisi aneka tanaman dan sayuran, membuat interior hotel tampak alami.

greenhost swimming pool

Gambar diambil dari sini

Selain tempat untuk menginap, Greenhost Boutique Hotel juga menyediakan galeri untuk mengangkat hasil karya seni lokal. Yang udah nonton AADC2 pasti mengerti. Duh pengen nginep di sini~

Website | Twitter | Facebook
Jl. Prawirotaman 2 No.629, Yogyakarta
Telp: (0274) 3899777

7. DGTMB Shop

Eko Nugroho menjadi sorotan saat karyanya yang berjudul “Republik Tropis” dipilih oleh brand fashion ternama Louis Vuitton menjadi salah satu koleksi musim gugurnya pada tahun 2013.

Selain itu ia juga menjadi inisiator komik Daging Tumbuh yang mengkombinasikan street art, komik underground dan pop art. DGTMB Shop menjual berbagai produk kreasi Eko Nugroho mulai dari komik, tas, t-shirt sampai dengan mainan. Produk-produknya bisa ditemukan di website DGTMB.

Website | Twitter | Instagram | Facebook
Plurugan 11/10, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, 55181
Telp: 085729847421

8. Oxen Free

Di film AADC2 ada adegan di mana Cinta dan teman-temannya sedang hang out di sebuah pub yang ramai dan menyaksikan pertunjukan Kill The DJ.

oxen free

Foto dari dokumen Miles Film

Bagi yang ingin menikmati live music dengan lokasi yang strategis, Oxen Free dapat menjadi pilihan. Pub & bistro yang memiliki konsep beer garden ini menjadi daya tarik pengunjung lokal maupun wisatawan.

Website | Twitter | Instagram | Facebook
Jl. Sosrowijayan No.2, Sosromenduran
Telp: (0274) 555492

9. Papermoon Puppet Theatre

Teater boneka yang digawangi oleh sepasang suami istri, Ria dan Iwan Effendi, menggelar pertunjukan tidak hanya di gedung-gedung pertunjukan, namun juga di kereta api, pasar tradisional, sampai di tepi jalan.

papermoon puppet

Gambar dari sini

Tema cerita yang diangkat dalam pertunjukan boneka ini merupakan hal-hal yang dekat dengan kehidupan manusia dan dikemas secara imajinatif. Saya suka sekali adegan pertunjukan teater boneka ini di film AADC2.

Website | Twitter | Facebook
Papermoon Puppet Theatre
Jl. Langensuryo KT II No.176, Yogyakarta 55133

10. Lokal Resto

Restoran yang berlokasi tempat di depan Hotel Lokal ini memiliki desain interior yang minimalis namun berbalut warna-warni yang segar. Pencahayaannya yang terang membuat tempat ini sungguh instagramable.

lokal resto

Tegel motif kawung dan mural “Yogyakarta” menjadi ciri khas tempat ini. Bahan makanan hingga perlengkapan makanan yang digunakan memakai produksi lokal, persis seperti nama resto ini.

Website | Twitter | Instagram
Jl. Jembatan Merah No.104C, Yogyakarta 55283
Telp: (0274) 524334

11. Villa Sunset

Villa ini merupakan salah satu penginapan Airbnb terbaik di Jogja. Terdiri dari 2 kamar tidur, dapur, dan kolam renang. Interior villa didominasi dengna kayu-kayuan. Villa Sunset mempunyai fasilitas dengan standar tinggi bagi yang ingin suasana private dan nyaman.

Villa Sunset

Gambar diambil dari sini

Selain itu Villa Sunset bekerja sama dengan restoran-restoran sekitar yang dapat dipesan dan diantarkan langsung ke Villa tersebut, sehingga tidak perlu repot-repot memasak atau mencari makanan.

Villa Sunset
Dusun Sambikerep RT 04, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55184

12. Klinik Kopi

Kedai kopi ini dikelola oleh Pepeng, member Cah Andong yang sering menjadi sasaran gojeg di milis. Saya masih ingat bagaimana antusias Pepeng menjelaskan mengenai kopi ketika saya hadir di salah satu workshopnya di The Goods Dept, Pacific Place. Pepeng menjelaskan keunggulan dari tiap biji kopi yang ia bawa.

Klinik Kopi melakukan proses pengolahan kopinya sendiri, mulai dari sourcing biji kopi lokal, roasting, penggilingan, sampai akhirnya menjadi kopi bubuk yang siap diolah menjadi aneka minuman kopi. Dengan biji kopi pilihan Pepeng maka akan tercipta kopi yang enak.

Pepeng dan klinikkopi

Pepeng koncoku… #akubangga

Setelah film AADC2 dirilis, Klinik Kopi semakin ramai dikunjungi. Ini pasti karena AADC2 effect! Gak heran setelah itu Pepeng menikah. Terima kasih AADC2! *lho*

Website | Twitter | Instagram | Facebook
Jl. Kaliurang KM 7.8, Gang Bima, Sinduharjo, Sleman
Telp: 081392784240
Jam buka: 4pm-12am
Hari Minggu tutup

13. Sate Klathak Pak Bari

Kalau ke Jogja wajib mampir ke sini. Sate Klathak Pak Bari merupakan warung sate kambing yang tersohor di Jogja. Yang unik dari Sate Klathak ini adalah tusuk sate yang digunakan berasal dari jeruji besi sepeda. Konon tusuk sate inilah yang membuat rasa sate kambingnya makin maknyus, karena panas api menyebar merata ke seluruh bagian daging dengan sempurna walau sate ini hanya dilumuri dengan bumbu garam.

Setelah muncul di AADC2, bakal makin rame nih pengunjung yang datang ke Sate Klathak Pak Bari. Siap-siap makin antre kalau makan di sana.

Jl. Kedaton, Pleret, Bantul, Yogyakarta
Telp: 081328800165
Jam buka: 6:30pm-1am

14. Warung Bu Ageng

Di sini pengunjung bisa merasakan masakan dari resep turun temurun keluarga seniman Butet Kertaradjasa. Beragam sajian masakan rumahan bisa dinikmati bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga.

Dureeeeeeeeen~

Oh iya, Butet sendiri sering hadir di sana untuk berinteraksi dengan para tamu. Konon bubur durian di sini enak banget. Duh, jadi pengen…

Twitter | Instagram
Jl. Tirtodipuran No.13, Mantrijeron, Yogyakarta
Telp: (0274) 387191
Jam buka: 11am-11pm
Hari Senin tutup

15. Via Via Restaurant & Bakery

Tempat ini sering sekali didatangin anak-anak Cah Andong untuk sekadar nongkong atau bekerja. Desainnya yang apik membuat orang betah untuk duduk di sini berlama-lama. Keunggulan restoran ini adalah makanan yang disajikan berasal dari bahan-bahan organik dan bebas MSG.

Today Special : Veggie koorma served with rice, veg pickles, pappadam , mint yogurt dressing

A photo posted by ViaVia Jogja (@viaviajogja) on

Tampak enak~

Jangan lupa mampir ke Via Via Artisan Bakery dan mencicipi signature bread mereka. Dijamin pada suka!

Website | Twitter | Instagram
Jl. Prawirotaman 30, Yogyakarta
Telp: (0274) 386557
Jam buka: 9am-9pm

16. Sellie Coffee

Kalian masih ingat adegan Cinta dan Rangga yang ini?

aadc

Ramai jadi meme nih…

Adegan itu bertempatkan di Sellie Coffee, kafe mungil yang sering memberikan kejutan pada pengunjungnya dengan interoir yang selalu berganti tiap beberapa bulan sekali. Selain kopi yang dijual di sini nikmat, suasana homey dan tenang memang pas bagi orang-orang yang ingin menyelesaikan masa lalu seperti yang dilakukan Cinta kepada Rangga.

Twitter | Instagram | Facebook
Jl. Gerilya NG 3/822, Prawirotaman 2, Yogyakarta
(0274) 384916
Jam buka: 1pm – 12am
Hari Senin tutup

***

Demikian tempat-tempat yang menjadi lokasi shooting Ada Apa Dengan Cinta 2. Bagi yang ingin napak tilas AADC2, bisa memasukan tempat-tempat ini ke itinerary kamu ketika berkunjung ke Jogja.

Selesai menulis ini, saya jadi ingin pergi ke Jogja. Langsung deh cek harga tiket pesawat di Wego.co.id dan cari tanggal yang cocok. Kayaknya Agustus atau September ke Jogja oke nih. Untuk cari hotel di Yogyakarta juga bisa melalui Wego.

Yuk ajak orang-orang tersayang untuk napas tilak AADC2 di Yogyakarta!

23 thoughts on “Ada Apa Dengan Cinta 2 di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s