Tips Berbelanja Online Ala Chika

belanja onlineSaya tuh anaknya gampang belanja. Bukannya boros, tapi impulsif gitu. Kadang kalau lagi bosan atau sedih, saya mengatasi hal tersebut dengan berbelanja. Yah, walaupun kadang malah jadi stress mengingat jumlah uang yang dikeluarkan.

Biasanya saya berbelanja di mall atau di departemen store. Untuk bisa berbelanja ke mall maka harus mandi dulu, pilih baju, lalu naik kendaraan, dan akhirnya bisa berbelanja. Terus terang saya tidak keberatan melakukan hal tersebut karena saya menikmati setiap proses berbelanja. Namun di era macet Jakarta yang semakin mengganas dan waktu yang sering terbuang karena lama di jalan, mau gak mau perlahan-lahan saya beralih ke berbelanja via internet alias belanja online.

Belanja online ini bisa melalui website e-commerce, Instagram (dan pemesanan melalui Whatsapp, BlackBerry Messenger, atau LINE), atau mobile application. Saya termasuk yang mudah berbelanja melalui online, apalagi sejak punya e-banking yang memudahkan saya melakukan transaksi secara online. Saya bahkan bisa berbelanja sepatu hanya dalam 10 menit saja, dari rumah. Praktis banget khan! Walaupun begitu saya gak sembarangan berbelanja online karena harus waspada terhadap penipuan.

Berikut adalah tips berbelanja online ala Chika.

  1. Apabila ada barang yang diincar, survey harganya terlebih dahulu, baik di toko biasa maupun di toko online. Bandingkan mana yang lebih murah. Sejauh ini sih saya lebih sering menemukan toko online yang menjual barang lebih murah ketimbang toko biasa.
  2. Waspada penipuan. Pastikan berbelanja online di tempat yang jelas, seperti website e-commerce, toko-toko fisik yang mempunyai toko versi online, sampai dengan mobile e-commerce. Kalau beli barang di Instagram atau aplikasi chatting, pastikan kamu mengenal penjualnya atau rekomendasi dari teman.
  3. Punya rekening bank. Ini penting banget karena sekarang pembayaran belanja via online menggunakan rekening bank dengan cara transfer via ATM atau e-banking. Ada juga fitur pembayaran tertentu seperti KlikBCA hingga Mandiri e-cash.
  4. Memiliki kartu kredit. Ini sebenarnya gak wajib sih, tapi kalau punya kartu kredit maka memudahkan kamu berbelanja hingga ke situs luar negeri. Dengan memiliki kartu kredit kamu juga bisa membuat akun paypal.
  5. Pastikan jumlah ongkos kirim dengan harga barang tidak jomplang. Ada lho yang harga barangnya murah, tapi ongkos kirimnya mahal. *pengalaman pribadi*
  6. Belilah barang-barang yang kamu inginkan, bukan karena lagi diskon atau lapar mata. *self reminder*
  7. Jangan mudah tergoda dengan barang diskon apalagi yang diskonnya gede-gedean, karena seringkali harga tersebut telah dinaikan, kemudian didiskon. Waspadalah~

Kalau dulu berbelanja online biasanya saya melalui laptop, sekarang saya bisa berbelanja dengan mudah menggunakan aplikasi di smartphone. Banyak website e-commerce yang memiliki aplikasi untuk berbelanja melalui smartphone, namun untuk Shopee, mereka lebih berkonsentrasi pada mobile e-commerce.

Pengalaman saya berbelanja di Shopee, saya puas karena berhasil membeli isi polaroid dengan harga murah. Berhubung di mall harga isi polaroid lumayan mahal, maka saya coba mencari di toko-toko online. Beruntung ketika saya membeli isi polaroid di Shopee saya mendapatkan potongan harga 50.000. Saya hanya perlu membayar 112.000 untuk isi polaroid berjumlah 20 lembar. Sedangkan isi polaroid di pasaran biasanya berkisar 170.000-180.000.

isi polaroid

Lumayaaan, dapat diskon 50.000!

Tak hanya itu saja, saya juga menemukan toko furniture favorit saya yaitu Ifurnholic di Shopee. Kebetulan pula saat saya ngecek harga baki putih ini Rp 290.000 sedangkan harga di Instagramnya sudah naik. Maka saya buru-buru memesan baki tersebut di Shopee mumpung harganya belum naik. Mana belanja di Shopee bebas ongkos kirim. SO. MUCH. WIN. *nari-nari bahagia*

baki

Sebelum harga naik

harga baki sekarang

Setelah harga naik

Selain berbelanja online, saya juga bisa membuka toko di Shopee. Cara upload info barang yang ingin dijual juga mudah. Upload foto yang ada di handphone, tambahkan info detail barang hingga harga yang diinginkan. Jadi deh! Coba tengok toko saya di Shopee, siapa tahu berminat. Aplikasi Shopee mobile bisa di download di sini.

Saat ini Shopee sedang bagi-bagi voucher potongan harga sebesar 50.000 untuk pelanggan baru atau yang belum pernah berbelanja di Shopee, caranya dengan memasukan promo code berikut ini:

BUZZSURPRISE

Tunggu apalagi! Buruan download Shopee dan belanja di sana. Info lengkap mengenai Surprise Voucher dari Shopee bisa dibaca di sini.

surprise voucher

Mau coba belanja dengan mudah menggunakan smartphone? Atau ingin menjual barang-barang tidak terpakai yang masih bagus? Jual di Shopee aja!

 

15 thoughts on “Tips Berbelanja Online Ala Chika

  1. puputs berkata:

    wew.. makin banyak aja online shop.. window shoping gak perlu ke mall lagi nie.. tapi dompet harus ada yg jagain.. btw bakinya kayak mainan anak kecil, #BakiBisaDibuatTatakanLaptop

  2. Adiitoo berkata:

    Aku tuh bukan nggak mau belanja online. Kayak baju atau celana yang lucu-lucu, selalu takut ada nggak ukuran gw. Kalau kekecilan, gimana nukarnya. Pun lain-lainnya macam baki lipat yang keren itu, kayaknya belum afdol kalau belum melihat langsung sebelum memboyongnya ke rumah.

    *nasib*

  3. Tuxlin berkata:

    Belilah barang-barang yang kamu inginkan, bukan karena lagi diskon atau lapar mata. *self reminder*

    Wahahaha ini… Walaupun saya laki2, suka lapar mata kalau ada diskonan gadget😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s