Soal Satir dan Kopdar

Postingan kemaren soal blogger itu penipu, ternyata mengundang tanda tanya bagi beberapa orang. Ada yang mengira semua yang saya katakan adalah benar. Ada juga yang mengira saya mencoba menipu. Hmm…jujur, saya ngakak membaca beberapa komen. Ternyata tulisan itu bisa menghasilkan komen yang menghibur.:mrgreen:

Saya tidak akan memperjelas isi dari postingan kemarin itu. Saya yakin para blogger mampu menangkap isi dari postingan tersebut, terlepas dari isinya yang terlihat kurang meyakinkan. 8)

Sekedar info saja, tulisan kemarin saya buat dengan bahasa satir. Mungkin masih ada beberapa orang yang tidak tahu apa itu satir. Oleh karena itu saya akan memperjelas sedikit saja.

Saya mendapatkan definisi satir yang lengkap dari sini. Berikut adalah definisinya.

Satir adalah humor yang disampaikan secara cerdas. Dan tentu saja memerlukan target yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi. Humor yang mendekati gaya satir yang bisa kita ambil contoh adalah Republik Mimpi di acara News dot Com nya Metro TV. Disana mereka mocking (meniru dengan gaya menyindir/mengejek) pejabat-pejabat pemerintahan negeri ini.

Dapat sesuatu dari definisi diatas?๐Ÿ˜‰

Ada lagi nih, masih dari blog yang sama.

Tentu saja humor ala satir ini sangat menyerempet bahaya, mengingat tingkat pendidikan rakyat di negeri ini. Orang yang kurang arif dan bijaksana akan marah karena tidak mampu menyikapi satir ini sebagai sebuah humor.

Yup. Bagi yang salah tanggap, akan menyangka postingan satir adalah postingan penghinaan atau sebagainya, padahal satir itu lebih ke menyindir yang bisa berupa humor. Tapi postingan kemarin tidak perlu berotak cerdas untuk mengerti maksud dari postingan, yang penting jangan fast reading. Banyak icon-icon lucu seperti ini๐Ÿ˜† , ini:mrgreen: dan ini๐Ÿ™„ yang mendukung bahwa postingan tersebut berbau humor.

Pada intinya, berhati-hatilah dalam membaca. Salah-salah maka bukan pengertian yang didapat, melainkan hujatan kepada si penulis. Ada cara lain untuk melihat apakah tulisan tersebut tergolong satir atau tidak.

Coba dilihat dari kategori postingan. Kadang penulis blog mengkategorikan tulisan satir agar pembacanya tidak salah tanggap. Kalau pada blog saya, kategori postingan terdapat dibawah tulisan.

Tuuh…saya sudah beri petunjuk bahwa postingan saya kemarin berbau satir supaya tidak ada yang terjebak. Adapun beberapa yang terjebak, mungkin karena belum terbiasa dengan bahasa satir-menyatir. Dan kemungkinan terbesar lainnya adalah karena saya memang tidak pandai membuat satir. Oleh karena itu masih banyak yang tidak menangkap isi postingan tersebut.๐Ÿ˜

—————————————————————————

Pengumuman!

Ah iya, sekedar informasi, blogger manis asal Makassar yang tak lain dan tak bukan si tukang OOT Ina akan berkunjung ke Jakarta untuk menemui saya selama 5 hari. Oleh karena itu saya memberitahu bagi yang ingin bertemu dengan Ina bisa mampir ke Senayan City hari Senin jam 7 malam di foodcourt lantai 5. Acara ini bisa dibilang kopdar karena ada saya hohoho๐Ÿ˜† . Yang pasti jangan lupa bawa duit, karena tidak ada sponsor untuk kopdar nanti.:mrgreen:

Dan satu lagi. Hari ini saya tambah tua. Selamat tinggal 22. Selamat datang 23. Hiks…๐Ÿ˜ฅ

Jangan minta traktiran karena saya lagi kere!

Selamat Hari Nyepi bagi yang merayakannya..๐Ÿ˜€

127 thoughts on “Soal Satir dan Kopdar

  1. Pyrrho berkata:

    Yaelah, masih 23 tahun. Met Ultah dulu ya…. semoga lancar semuanya, termasuk jodoh…:mrgreen:

    Kayaknya saya perlu nulis komentar Om Amed di postingan saya tentang satir nih…๐Ÿ˜‰ Tapi…..

    Well, well, akhirnya Chika nulis satir juga. Selamat ya…:mrgreen:

  2. cK berkata:

    @ pyrrho
    makasih bang..:mrgreen:

    Kayaknya saya perlu nulis komentar Om Amed di postingan saya tentang satir nihโ€ฆ๐Ÿ˜‰ Tapiโ€ฆ..

    jangan, nanti pada salah tangkep lho..:mrgreen:

    Well, well, akhirnya Chika nulis satir juga. Selamat yaโ€ฆ:mrgreen:

    masih kurang satir dibandingkan dengan postingan-postingan bang fertob..๐Ÿ˜€

    @ ridu
    makasih ridu.. ^^
    iya, satir sama satire itu sama kok..๐Ÿ˜€

    @ fajar
    iya tuh. ina sengaja ke jakarta buat ikut acara batagor di bandung lho.. ^^

    @ payjo
    apah? apaaaaahh??๐Ÿ˜ˆ

    *nyalain korek api*

  3. Sawali Tuhusetya berkata:

    ttg satir, ada juga yang menulisnya dengan ejaan “satire”, mbak chika, hehehehehe๐Ÿ˜† kalau menurut KBBI itu artinya (1) gaya bahasa yg dipakai dl kesusastraan untuk menyatakan sindiran thd suatu keadaan atau seseorang; (2) sindiran atau ejekan. Menurut tesaurus bhs. indonesia susunan eko endarmoko, satir/satire= karikatur, parodi, pasemon, sindiran, travesti. nah, postingan mbak chika yang kemarin itu bisa juga digolongkan ke dalam gaya tulisan satire, kok, hehehehe๐Ÿ˜† kan bermaksud menyindir para bloger yang memang seringkali merasa enjoy kalau tidak menunjukkan identitas yang sesungguhnya di dunia maya toh, halah. *maaf kalo salah*

  4. niez-nya adit berkata:

    niez: asiiiiiiiiiiiiiiiikk…selamad ulang taun, mba…makan2 sinih, mba…
    ck: duh, makan2nya di jakarta, niez…kamu kesini ajah…
    niez: waduh, lagi ga ada duit, mba…
    ck: gpp, ntar saya yang sponsori tiketnya…kamu tinggal bawa diri ajah…
    niez: wah, asiiiiiiiiiiiikk…makasie, mba…

    —๐Ÿ˜†

  5. cK berkata:

    @ sawali tuhutsetya
    saya sih menyindir si om itu…yang ngasih statement blogger itu penipuโ„ข.:mrgreen:

    *ternyata memang satir yang kemaren gagal*๐Ÿ˜†

    @ nieznya-adit
    aarrrgghhh!!! percakapan apa itu? hoax! hoax!!๐Ÿ‘ฟ

  6. chrisibiastika berkata:

    yah gapapa nulis satir chik.. bagus kok. asal abis itu jangan pundung trus nutup blog aja. hehehe..

    met ultah. kirimkanlah makan2nya ke negri kumpeni sini donk chik…

    hari ini saya pulang kerja telat jd ga bs sepuluh besar.. huhuhuw..

  7. restlessangel (ga login) berkata:

    hooooooooi, dikau ultah ya…………

    hepi belsdei tu yu 2x
    u were born in de zu
    wit de lion en de tiger
    en de manki is yuuuuuuuuuuu

    *cium2 chika*
    *confetti*
    yipeeeeeeeee…..

  8. Andrew Anandhika Wijaya berkata:

    duh postinganku telat… udah basbang degh….

    met ultah sis… jadi mati cepet nggak menurut mitos…???

    tentang satir…. lho…??? itu satir to…??? aku kira kok cuman humor biasa ya…??? bukan humor satir…. soalnya, imo, nggak jelas target yang disatir siapa…

    eh keknya gw perlu bikin kategori satir ya…???

    *ngelirik postingan yang kategorinya tidak terkategori semua*

  9. pengki berkata:

    komen standar
    waaaaa.. selamat ya. makan – makannn!!
    /komen standar

    Jangan lupa update halaman ‘about’ nya..๐Ÿ˜€

  10. p4ndu_454kura berkata:

    Saya udah tau inti post kemaren, kok. Kita sebagai blogger kan juga butuh refreshing. Lagian kemaren kayaknya nggak ada target khusus untuk disatir.๐Ÿ˜‰

    BTW, met ultah tanteh. Moga panjang umur dan bisa jadi sponsor kopdarnya.:mrgreen:

  11. cK berkata:

    @ arul
    khan tuaan sampeyan, rul… 8)
    saya baru 23.. 8)

    @ chrisibiastika
    enggak kok. saya khan cukup tahan banting.:mrgreen:

    met ultah. kirimkanlah makan2nya ke negri kumpeni sini donk chikโ€ฆ

    ntar saya kirim teman saya yang tinggal disana deh..๐Ÿ˜†

    @ arul

    jangan lupa saudara saya besok ultah loh๐Ÿ˜›

    maksudnya kamu, rul?:mrgreen:

    @ restlessangel (ga login)
    yay! lagunya ga baguuusss!!๐Ÿ˜ˆ

    makasih mbak.. ^^

    @ andrew anandhika wijaya
    hihihi…saya nggak percaya mitos. cuma temen saya banyak yang ngucapin kecepetan.. T_T

    tentang satirโ€ฆ. lhoโ€ฆ??? itu satir toโ€ฆ??? aku kira kok cuman humor biasa yaโ€ฆ??? bukan humor satirโ€ฆ. soalnya, imo, nggak jelas target yang disatir siapaโ€ฆ

    targetnya si om oy..:mrgreen:

    tapi itu nggak satir-satir amat sih..๐Ÿ™„

    eh keknya gw perlu bikin kategori satir yaโ€ฆ???

    tamfaknya ferlu..๐Ÿ˜†

    @ pengki
    gyakakaka! komennya ntuh..๐Ÿ˜†

    halaman about udah saya update.:mrgreen:

    @ yeni setiawan
    halah…ini di pikirannya makan doank..๐Ÿ˜ˆ

    *ngasih sandal goreng*

    @ jendral bayutโ„ข
    halah…doain yang bagus-bagus donk de..๐Ÿ˜›

    @ hanggadamai
    nanti saya kasih skrinsut makanan aja deh.:mrgreen:

    @ p4ndu_454kura

    Saya udah tau inti post kemaren, kok. Kita sebagai blogger kan juga butuh refreshing. Lagian kemaren kayaknya nggak ada target khusus untuk disatir.๐Ÿ˜‰

    intinya sih saya menyindir statement mengenai blogger itu penipu.:mrgreen:
    memang nggak ada target khusus, karena untuk lucu-lucuan aja. ^^

    makasih pandu..๐Ÿ˜‰

  12. rumahkayubekas berkata:

    He..setelah baca diulang- ulang, dari awal sampe akhir,
    Semoga saya ngga salah tafsir,
    Beneran nih umur 22nya berakhir?
    Kalo ada sukuran, saya mao deh mampir,

    selamat ulang- tahun, sehat2, bahagia dan.. he…semoga juga mendapat rizki yang terus mengalir,

  13. deteksi berkata:

    *ngintip adit-niez lagi tidur di blog cK*

    duh, tangan si adit tuh pegang2 apa sih?! aduw bahaya, blog cK jadi penginapan mesum :))

    *nyerahin kado ke cK*

    selamat ulang tahun ya non cK.. 23 ini umur asli apa yang di-flip vertikal? :”> kalo ina jadi ke Jkt tolong dibawain tali biar tidak menjadi buas ketika melihat monas, ya…

  14. dobelden berkata:

    met ultah….๐Ÿ˜€

    saya pesen jus satire satu yaks

    ini klarifikasi posting plus pengumuman Kopdar yaks๐Ÿ˜†

    ah sayang saya nun jauh disini๐Ÿ˜ฆ

  15. cK berkata:

    @ rumahkayubekas
    amiiin. makasih doanya kang.. ^^

    @ arya
    kepslookk!!!๐Ÿ˜ˆ

    *lemparin arya pake makanan kucing*

    @ quelopi๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    @ array
    makasih..๐Ÿ˜€
    kok jadi inget wadehel? karena satir ya?:mrgreen:

    @ deteksi
    *terima kado*

    tau nih mereka berdua jadi mesyum begitu..:mrgreen:

    *ditimpuk duet maut adit-niez*

    umur saya aseli 23 kok. masih muda ya? 8)
    ntar ina saya vaksin dulu sebelum dibebaskan di jakarta. tenang aja. 8)

    @ dobelden
    makasih.. ^^

    yup yup…ini ada klarifikasi plus pengumuman. sekalian aja, males mosting banyak-banyak..๐Ÿ˜†

  16. mathematicse berkata:

    Untung saya ga termasuk bloger yang di-satir-kan.๐Ÿ˜€ Karena susah kan?๐Ÿ˜€

    Ya udah, selamat menempuh hidup di usia tua baru-mu.๐Ÿ˜€ Semoga lebih hebat nulis satire-nya.๐Ÿ˜€

  17. mathematicse berkata:

    Lho, kok aneh jadinya komen sayah? Harusnya ginih:

    Untung saya ga termasuk bloger yang di-satir-kan.๐Ÿ˜€ Karena susah kan?๐Ÿ˜€

    Ya udah, selamat menempuh hidup di usia tua baru-mu.๐Ÿ˜€ Semoga lebih hebat nulis satire-nya.๐Ÿ˜€

    Mudah-mudahan ga salah lagih..๐Ÿ˜€

  18. Sawali Tuhusetya berkata:

    komen sebelumnya terfokus pada istilah satire, hiks, jadi lupa kalao mbak chika ultah ke-23. ok, deh, mbak chika, selamat ulang tahun, yak, semoga panjang umur, sehat walafiat, tambah seger-buger, tambah cantik, tambah cerdas, banyak ilmunya, mengalir rezekinya, dan segera dapat jodoh *eh, udah apa belum, sih* yang tepat, amiin.

  19. erander berkata:

    Happy b’day to you .. happy b’day to you .. happy b’day, happy b’day .. happy b’day to you .. plok plok plok …

    Met ultah ya cK manis .. semoga makin manis, makin ayu, makin greng .. tetep ya .. kopdar mulu hahahaha ..๐Ÿ˜†

  20. Andrew Anandhika Wijaya berkata:

    met ultah ya mbak cK.. T___T nambah tua nambah bijaksana

    *gak ikutan topik*
    *digaplok*

    eh buduk… ke warnet saiyah nggak dibangunin…. padahal kan saiyah tidurnya disebalhnya yang ngasi komen itu…๐Ÿ‘ฟ

    *bakar ban bekas*

    *baca komen dari atas*

    *ngasi selamat ke adit-niez yang nambahin keyword ke blogg ini*

  21. tukangkopi berkata:

    baru bilang sekarang kalo ULTAH. kan jadi gak bisa nyiapin kado..:mrgreen:
    MET ULTAH CHIKA!! Semoga cepet dapet apa yang ditunggu-tunggu..๐Ÿ˜†
    ternyata kamu PISCES ya? 5 hari lagi “cewe itu” juga ultah chik..๐Ÿ™„

  22. aRuL berkata:

    *ngakak liat fast reading :D*
    tapi kadang saya fast reading juga loh.. tergantung mood sih๐Ÿ˜€
    btw gimana hari ultahnya bahagia2 ngak?๐Ÿ˜€

  23. deKing berkata:

    *Nongol sebentar … *

    Fijne Verjaardag

    *…lalu menghilang lagi … *

    ingat Chik … sudah semakin tua gitu. Papa-mama sudah pengen nimang cucu tuch

  24. wennyaulia berkata:

    eh ultah to, mbak…
    met ultah ya….
    semoga lancar rejeki, lancar urusan, lancar jodoh…
    *amiiinnnn……(ngamini untuk diri sendiri)๐Ÿ˜€

    brarti yang bisa nyatir tu orang yg pinter ya?

  25. Nazieb berkata:

    Jadi Satirer juga akhirnya?๐Ÿ˜† (nyari istilah yang pas tapi ndak nemu-nemu)


    Wuahhh…. Senen jam 7 ada pesta ultahnya mbak chika??
    Mau mau!!!
    ๐Ÿ˜ˆ

  26. mbelgedez berkata:

    1. Mangkanya pasang Banner kayak sayah ajah Chik, mbaca doloo baru komentar

    2. Selamat ulang taon ya Chik. Kalok sayah sempat ketemu Chika senen besok, ya sayah kasi Gimmick deh….

  27. eMina berkata:

    wah, ck ultah ya..
    met ultah ya…doh telat ya baca postingannya nih๐Ÿ˜ฆ

    kasih hadiahnya doa aja ya, semoga selalu sehat dan menjadi lebih baik di masa depan.

    di tunggu di bandung klo mo ke bandung:mrgreen:

  28. siapaindra berkata:

    koq isi posting banyak amat?๐Ÿ˜€

    tentang komentar posting kemarin…atau ngomongin satir…atau mau kopdar (koq ga ngajak saya *ngarep mode on*)…atau mo ngucapin selamat ulang tahun ke diri sendiri (ih, narsis…) atau mo ngucapain selamat hari raya nyepi…

    hihihi…. ^_^

    all in one ya… bu chika…

  29. serdadu95 berkata:

    “…selamat ulang tahun, kami ucapkan
    selamat panjang umur kita kan doakan
    selamat sejahtera sehat sentosa
    selamat panjang umur dan bahagia…..”
    (*birama 4/4, ketukan pertama dimulai*)

  30. stey berkata:

    Ehhh.chika ultah?selamat..selamat..anuuu..akhir maret ini aja ya makan2nya..soalnya saya pas di jakarta..hehehe*ada yang peduli gitu..*

  31. eko99 berkata:

    ini posting soal ulang tahun apa soal satir ?
    Apa mensatirkan ulang tahun dan makan2 dengan kopdar?
    he he
    baydeway happy b’day buat chika,

  32. cempluk berkata:

    Selamat Ulang Tahun

    Lntro: A

    A C#M
    Hari Ini, Hari Yang Kau Tunggu
    D
    Bertambah Satu Tahun Usiamu
    E
    Bahagialah Kamu
    A C#m
    Yang Kuberi, Bukan Jam Dan Cincin
    D
    Bukan Seikat Bunga Atau Puisi
    E
    Juga Kalung Hati
    D
    Maaf, Bukannya Pelit
    A
    Atau Ga’mau Ngemodal Dikit
    D
    Yang Ingin Aku Beri Padamu
    E
    Do’a Setulus Hati

    Reff:
    D Dm A
    Semoga Tuhan Melindungi Kamu
    D A
    Serta Tercapai Semua Angan Dan Cita-citamu
    D Dm A F#
    Mudah-mudahan Di Beri Umur Panjang
    Bm E A
    Sehat Selama-lamanya … Amin

    Lnt: A
    Kembali Ke: Reff
    Int: A D A D

  33. reedler berkata:

    Hah 23 tahun ? salah donk panggil mbak?
    ternyata seangkatan toh…

    Met juga (walo telat yang penting niat)

    ** nodong makan2 **

  34. cK berkata:

    @ ocha
    makasih ocha..๐Ÿ˜€

    @ alief
    makasih.. ^^

    @ abeeayangโ„ข
    makasih abee..๐Ÿ˜€

    *abee salah peluk, yang dipeluk adalah bayut*

    @ sawali tuhusetya
    hehehehe…makasih doanya om.๐Ÿ˜€
    semoga semuanya terkabul, amin! ^^

    @ deethalsya
    makasih deet. duh..iya nih tambah tua..๐Ÿ˜ฅ

    @ miakis
    iya miaaaa…makasih..๐Ÿ˜€

    @ chiw
    udah..๐Ÿ˜†

    @ erander
    hyakakakak…makasih bang. iya nih kopdar. soalnya ada Inaaaa!!

    @ andrew anandhika wijaya
    *bakar celo pake mentega*

    @ chatoer
    emang umurnya berapa?๐Ÿ˜•
    makasih ucapannya..๐Ÿ˜€

    @ mihael ellinsworth
    saya kerjaaaa!!!๐Ÿ˜ฅ
    tapi kerjaan yang enak..:mrgreen:

    @ hariadhi
    makanya jangan panggil tante!๐Ÿ˜ˆ

    @ tukangkopi

    baru bilang sekarang kalo ULTAH. kan jadi gak bisa nyiapin kado..:mrgreen:

    masih ada satu hari menuju hari senin. 8)

    MET ULTAH CHIKA!! Semoga cepet dapet apa yang ditunggu-tunggu..๐Ÿ˜†

    amin!:mrgreen:

    ternyata kamu PISCES ya? 5 hari lagi โ€œcewe ituโ€ juga ultah chik..๐Ÿ™„

    memang kalau pisces kenapa? hah? Hah?๐Ÿ˜ˆ

    @ nofie iman
    betul. anggap aja beliau penghibur..:mrgreen:

    @ amed
    kok bisa ya?๐Ÿ˜•
    berarti nanti nadira bisa jadi anak yang manis dan lucu seperti saya. 8)

    *senyum jumawa*

    @ qzink666
    doanya jelek!๐Ÿ˜ˆ
    makasih qzink.. ^^

    @ arul
    sangat bahagia! pas ultah saya dikasih hadiah java jazz festival…๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    @ deking
    makasih baaang…๐Ÿ˜€
    aih…belum pengen kok. minimal pengen anaknya nguduh mantu dulu..๐Ÿ˜†

    @ wennyaulia
    yay makasih..๐Ÿ˜€

    brarti yang bisa nyatir tu orang yg pinter ya?

    enggak juga sih. saya nggak pinter, tapi lagi belajar nyatir..:mrgreen:

    @ adis
    cuih!๐Ÿ˜›

    @ goes

    Asikโ€ฆ.. Bsok kopdaran dibayarin Mba cKโ€ฆ.

    pitenah! saya lagi kere…๐Ÿ˜ˆ

    *nangis*

    @ diki
    gapapa dik. kasih saya hadiah chickenstrip donk..๐Ÿ˜›

    *ngarep*

    @ almascatie
    makasih almas..๐Ÿ˜€

    @ dobelden
    emang maria eva ulang taun ya?

    @ funkshit
    hooo~ kamu lebih tua hohoho..
    mau peluk-peluk? kalau peluk bayut gimana?๐Ÿ˜€

    *nyediain stok bayut untuk dipeluk*

    @ nazieb
    gossiiip!!๐Ÿ˜ˆ

    @ mbelgedez

    1. Mangkanya pasang Banner kayak sayah ajah Chik, mbaca doloo baru komentar

    banner saya udah kebanyakan..๐Ÿ˜†

    2. Selamat ulang taon ya Chik. Kalok sayah sempat ketemu Chika senen besok, ya sayah kasi Gimmick dehโ€ฆ.

    *harap harap cemas*

    @ bdsnowie
    makasih..๐Ÿ˜€

    @ emina
    makasih mbak minaa!! maap smsnya udah salah, pake nanya pula ini dari siapa, soale di nomor yang atu lagi saya belum nyimpen nomor mbak mina hehehe..

    mbak mina emang baek deh..๐Ÿ˜€

    *cium cium mbak mina biar ga ngambek*

    @ siapaindra
    biar irit postingan. soalnya saya 3 hari ini bakal jarang nyentuh blogosphere…

    makasih ucapannya.. ^^

    @ ardho
    makasih..๐Ÿ˜€

    # realylife
    setuju…๐Ÿ˜€

    @ serdadu95
    *dengerin dengan khusyuk*
    makasih udah dinyanyiin..๐Ÿ˜€

    @ stey
    dateng aja.. ^^
    makasih ucapannya mbak..๐Ÿ˜€

    @ eko99
    hehehehe…ini cuma postingan campuran. biar irit..:mrgreen:
    makasih ucapannya..๐Ÿ˜€

    @ cempluk
    makasih cempluuuukkk… ^^

    *salaman*

    @ reedler
    saya nggak setua yang kamu bayangkan, khan..๐Ÿ˜†
    makasih..๐Ÿ˜‰

  35. rie berkata:

    chik, makasih ya traktirannya…!!
    hanamasanya enak!
    taon depan ditraktir lagi jg ngga keberatan kok!๐Ÿ˜›

    ….

    *mencoba menyebar hoax๐Ÿ˜†

  36. suandana berkata:

    Selamat ulang tahun…๐Ÿ˜€
    Sebuah kebahagiaan itu, akan selalu menular kepada orang-orang yang ada di sekitar orang yang mengalaminya…

    Bahagia kan?
    ๐Ÿ™„
    *saya ini nulis apa ya? jadi bingung sendiri๐Ÿ˜• *

  37. Ping-balik: Tepar « cK stuff
  38. pemalas berkata:

    eh, kakaaaaaaaakkk ….

    kakaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk ….

    kakaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk ….

    aku juga 23 kok, hampir, tiga bulan lagi 8)

    aku minta kadonya donk buwat ultahku besok ๐Ÿ˜†

  39. cK berkata:

    @ takochan
    ke bandung, tapi ga sempet ketemuan..๐Ÿ˜ฆ

    @ abahoryza
    bukan, tapi milad..:mrgreen:

    @ zam
    makasih zam..๐Ÿ˜€

    @ arul
    ntar dulu.. 8)

    @ -=ยซgoenrockยฎยป=-
    makasih goen. ^^

    @ abeeayangโ„ข
    *melewatkan komen abee*๐Ÿ™„

    @ raden mas angki
    makasihโ„ข. 8)

    @ rie
    ngibul banget.๐Ÿ˜

    *timpuk rie*๐Ÿ˜ˆ

    @ suandana
    saya berusaha selalu bahagia.. 8)

    @ balibul
    eerr…enggak juga sih..:mrgreen:

    @ cy
    apa itu maksudnya??๐Ÿ˜›

    @ chic
    makasih chic..๐Ÿ˜€

    @ itikkecil
    makasih pempeknya, mbak..:mrgreen:

    @ moerz
    *elus-elus moerz*:mrgreen:

    @ maxbreaker
    makasih..๐Ÿ˜€

    @ emyou
    coba aja intip.:mrgreen:

    @ biho
    makasih abang ganteng.. 8)

    *eneg*

    @ rd limosin
    kagak kok..๐Ÿ˜†

    @ si air minum
    hush! jangan bahas tua!๐Ÿ‘ฟ

    @ biyung nana
    hohoho~ traktirannya postingan..๐Ÿ˜†

    @ pemalas
    hooo…tanggal berapa?๐Ÿ˜•
    btw link blognya mana?๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s