Apa arti Sahabat

Sahabat. Apa sih arti dari sebuah persahabatan?? Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau kemana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat saya bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas dimana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.

Terkadang saya dengan enteng menyebut, dia itu sahabat saya. Tapi ketika ditanya ini itu tentang sahabat saya yang berhubungan dengan keluarga, pendidikan dan lain-lain, saya bingung jawabnya. Dari situ saya mikir, apa saya ini sahabat yang baik? Apa saya pantas disebut sahabat? Karena saya menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu saya memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy ke sahabat-sahabat saya. Saya lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabat saya. Bukannya saya orang yang nggak peduli dan nggak mau tau, tapi menurut saya persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tau tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut. Saya sudah ngerasain pahitnya persahabatan ketika saya bilang dia sahabat saya, ternyata dia hanya memanfaatkan apa yang saya punya dan lain-lain. Ketika saya sedang jatuh, dia malah meninggalkan karena merasa ga ada yang bisa diberikan oleh saya.

Cuma segitu arti persahabatan ??

Suatu hari saya menyatakan A adalah sahabat saya. Ketika A ditanyakan, siapa sahabat kamu, A menjawab B, C, D, namun tidak menyebutkan nama saya. Dari sini saya mencoba memikir ulang. Apakah saya bukan termasuk sahabatnya? Apa saya bukan sahabat yang baik? Hal ini sering terbesit dalam pikiran saya Teman saya banyak. Saya pergi dengan teman-teman yang berbeda. Namun apakah mereka adalah sahabat saya? Karena terkadang teman untuk hang out berbeda dengan sahabat.

Ada seorang sahabat saya mengirim sms pernyataan, “Saya nggak berharap untuk jadi orang yang terpenting dalam hidup kamu, itu permintaan yang terlalu besar. Saya cuma berharap suatu hari nanti kalo dengar nama saya, kamu bakal tersenyum dan bilang, dia sahabat saya.” Damn! Itu benar-benar merasuk ke hati saya. Itulah kata-kata yang saya cari. Saya tidak butuh pernyataan apa-apa. Tapi ketika ada orang menyebutkan nama saya, ia akan bilang “Chika adalah sahabat saya”. Saya nggak perlu menyebutkan siapa-siapa aja sahabat saya, because you know who you are. Buat saya, sahabat adalah orang yang menganggap saya sebagai sahabat. Kita tidak perlu nyebutin sahabat saya adalah A, B, C, D, E. Karena 1 nama saja terlupakan, orang itu pasti akan sedih. Begitupun sebaliknya. Kalo sahabat kamu menyebutkan nama-nama sahabatnya namun lupa untuk menyebutkan nama kamu, kamu pasti sedih. Karena itu saya cuma bisa dibilang orang-orang yang merupakan sahabat saya adalah orang-orang yang menganggap saya sebagai sahabat.

Berikut adalah kutipan pernyataan dari seorang sahabat:

Seorang teman tetap memberi ruang gerak pribadi, privacy sebagai seorang manusia. Dan kita akan berasa deket dengan dia walaupun ga ketemu dan ga kontak dalam waktu yang lama. Karena pertemanan itu pada dasarnya dari ikatan hati. Ga bakal ilang walaupun dimensi jarak memisahakan kita. Kita harus mengkui bagaimanapun juga kita ga bisa menghilangkan dia dari hati kita. Dan tanpa teman, kita ga akan seperti sekarang ini.

Chika says:

“Manusia selalu hidup berkelompok. Tiada manusia yang dapat hidup dalam kesendirian. Apabila ada, maka manusia tersebut benar-benar mahluk yang malang dan hidupnya tentu tidak berwarna.”

671 respons untuk ‘Apa arti Sahabat

  1. wadehel berkata:

    Gag kesebut itu mungkin karena terlalu deket, udah kayak sodara, atau malah kayak bagian tubuh sendiri. Udah ga perlu disebut! Meski suka ga inget nyebut, sama orang2 dekat ini kita malah ikut menderita kalo mereka sakit atau kenapa2. Dan kalo kita kenapa2, larinya juga ke mereka 😀

    Btw, bawaan berkelompok itu sisa-sisa dari evolusi sebelumnya, binatang juga kebanyakan suka berkelompok kan? 😛

  2. Fourtynine berkata:

    Sahabat saya adalah

    1. Orang paling merepotkan
    2. Orang yang harus bisa menjadi tempat curhat
    3. Orang yang rumahnya harus bisa jadi tempat numpang nginap dan numpang makan

      • minar bsa berkata:

        y btl tu,,,,,,,
        Q jga punya shbt,,,,
        v mnrt Q d saat dia ada Q anggap dia shbt
        v low dia g da dia bkn shb,,,,,,
        cz shbt Q tu,,,,
        tdk sprti shbt” kalian…….
        saat dia bth bru dia mndkatiku…….
        v saat Q bth dia tdk prnh da d sisi Q,,,,,,,
        pakah tu shbt bae,,,,,,????????

    • Rafika Fitri Nuryanti berkata:

      Untuk no.1: ya, terkadang sahabat memang seperti itu tetapi kita harus membantunya jika sahabat membutuhkan bantuan, agar dia berpikir bahwa “oh iya, yang sering bantu aku jika aku sedang repot, dsb itu adalah sahabatku sendiri”, dari situ dia akan mengenang dan akan terus mengingat jasa2 & pengorbanan kita selama ini.😊😀
      Untuk no.2: menurtku kamu benar, karna apa? Karna, sahabat itu bisa diartikan sebagai “teman dekat” dari situ kita berpikir “oh iya, dia adalah teman dekatku jika dia senang kita juga ikut senang, jika dia sedih kita harus memberikan bahu kita untuk ia bersender(ada artinya) dan memberikan dukungan agar dia bisa merasa terhibur, dan jika dia sedang dalam kesepian, tanyakan! Apa yang ada dalam benak dia, agar dia bisa merasa kalau dia tidak sendiri masih ada sahabat yang mengerti keadaanku dan mendengarkan curhatku” disitu dia akan berpikir yang selama ini buat dia NYAMAN siapa? Dan yang selalu mengerti PERASAAN dia siapa?
      Untuk no.3: Aduh, sebenarnya hal-hal yang seperti ini kurang sopan untuk dilihat tetapi memang hal-hal konyol seperti ini yang membuat… membuat apa ya?? Sahabatmu punya ciri khas yang unik😃
      Sekian dari aku bila ada kata-kata yang membuat sakit hati maap yaa… semoga bisa ambil ilmunya dan bisa terinspirasi…

  3. Muhammad Yazdi Putranda berkata:

    Sahabat adalah sesuatu yang paling berharga dalam hidup ini. “We never can forgotten our friends”, kata-kata tersebut pernah terjadi di kehidupan kita walaupun kita sudah lama tidak bertemu mereka. Sahabat merupakan orang yang terbaik di dalam hidup kita siapapun sahabat kita, asalkan sahabat kita bisa mengerti perasaan kita. Ingatlah selalu bahwa “friends will always help us in anywhere and anytime” Siapapun sahabat kita dia tetaplah sahabat kita dan harus saling mengerti perasaan satu sama lain. Oke…………….

  4. Lheazzhey berkata:

    sahabat???
    kalau ditanya tentang perbedaan,.. menurut kamus pribadi neh.heee.. bagi aku seh beda banget artinya dengan teman. karena rumusnya .. seorang teman belum tentu bisa jadi seorang sahabat. sedangkan kalau figur sahabat, dia bisa menjadi apa saja termasuk teman yang kita maksud tadi.
    kata teman-2, aku tuh sosok orang yang supel dan friendly.ciee… So,siapapun yang bersedia untuk jadi sahabat atau lagi butuh sahabat.aku mau kok.caranya tinggal klik disini aja.okey?!

  5. lia berkata:

    seorang sahabat adalah orang yang menganggap kita adalah sahabatnya… itu bener banghet… kini… aku nggak punya sahabat, karena nggak ada yang menganggap aku sahabat… sakit ya rasanya???? =(

    • andi berkata:

      ga juga , malahan krna tker”n brg pribadi mlah bs bkin clka qt …
      exmple: qt pnya psangan , pha anda mau psngan anda d’tkar ma tmen anda ???

  6. oman berkata:

    andaikan qta bs berpikir bijak.. entah br ato uda lama qta kenal, semua org adl sahabat.. percuma jg terucap kata sahabat klo qta hanya menginginkan manfaat baiknya aja dr org lain.. disaat qta dibantu oleh org lain tnpa berpikir apapun qta langsung bilang org itu adl sahabat tp saat dia melakukan sediki kesalahan, qta langsung membencinya.. kata yg terucap dr org lain bhwa qta sahabatnya adl sebuah penghargaan lebih yg diberikan org lain.. knp qta hrs tuntut org lain untuk bilang qta adl sahabatnya tp hanya menguntungkan satu pihak aja.. warnailah hidupmu.. easy going.. trima semua kelebihan bahkan kekurangan org lain.. selalu tersenyumlah pada dunia.. hidup itu indah.. semangat.. 🙂

  7. mathematicse berkata:

    Baca postingan ini bikin saya rindu sahabat-sahabat saya.

    Saya punya banyak teman sejak SD sampai kuliah. Namun yang bisa saya katakan sebagai sahabat hanya beberapa.

    Yang namanya sahabat itu lebih dari sekedar teman. Lebih dari sekedar berakrab-akrab ria (baik di dunia nyata atau di dunia maya = yang seringkali menipu). Sahabat adalah teman yang benar-benar teman. Bukan hanya manis di mulut, bukan hanya manis di perkataan, tapi benar-benar “manis”. Manisnya bukan hanya basa-basi biar kelihatan manis, tapi serius, sungguh-sungguh dari lubuk hati yang terdalam (ikhlas).

    Duh sahabat… kapan saya bisa ketemu lagi dengan mereka ya…?

  8. cK berkata:

    @ wadehel
    iya kali ya 😀

    @ fourtynine
    pasti ngomongin mereka ya? :mrgreen:

    @ muhammad yazdi putranda
    setuju! quote-nya keren tuh ^^

    @ lheazzhey
    haha…promosi diri 😛

    @ lia
    masa sih??? 😕

    @ oman
    hhmm…sudut pandang yang bagus 🙂
    keren! :mrgreen:

    @ mathematicse
    Insya Allah suatu saat pasti akan ketemu lagi 😉

    btw udah saya edit komennya 😀

  9. JenSen99 berkata:

    Sahabat membuat kita merasa dicintai seluruh dunia.
    Sahabat tidak merasa menertawakan sahabatnya adalah hal yang lucu.
    Sahabat membiarkan sahabatnya mencoba sepeda barunya.
    Sahabat tidak bisa marah lama-lama pada Anda.
    Hanya karena ia tidak masuk tim, bukan berarti seorang sahabat tidak ikut senang kalau sahabatnya masuk.
    Sahabat mau menemani ketika sahabatnya sedang dihukum orangtuanya.
    Sahabat bisa mengerti Anda — bahkan ketika Anda sendiri tidak mengerti.
    Sahabat selalu tahu apa yang perlu Anda dengar, dan kapan Anda tidak perlu mendengar apa-apa.
    Sahabat ingat kapan ia melakukan hal yang lebih bodoh daripada yang baru Anda lakukan.
    Sahabat akan selalu tidur di sofa agar Anda bisa tidur di tempat tidurnya.
    Sahabat tidak ikut campur dalam hidup Anda, tapi mereka tetap memperhatikannya.
    Sahabat tidak mengukur persahabatan Anda dengan waktu yang Anda habiskan bersamanya.
    Sahabat yang selalu tepat waktu bisa punya sahabat yang selalu terlambat,
    sahabat yang sangat teratur bisa punya sahabat yang tidak pernah punya rencana,
    sahabat yang selalu serius bisa punya sahabat yang selalu riang,
    sahabat tidak perlu selalu serupa — mereka tahu cara menikmati perbedaan mereka.
    Anda bisa memberitahu apa yang Anda rasakan pada seorang sahabat tanpa perlu mengucapkan sepatah kata pun.
    Sahabat seperti pintu yang terbuka, tapi bukan keset yang bisa diinjak.
    Sahabat mengerti bila Anda terlalu sedih untuk bicara… dan tahu keberadaannya bisa mengurangi kesedihan itu.
    Kalau dua sahabat mempunyai ukuran baju yang sama, jumlah baju mereka berlipat dua.
    Sahabat tidak menyuruh Anda berhenti bersedih ketika Anda sedang sedih…
    mereka tidak menawarkan pemecahan untuk masalah yang tidak ingin Anda pecahkan…
    mereka tidak memotong pembicaraan waktu Anda ingin bicara…
    mereka tidak menyuruh Anda memakai otak ketika Anda sedang tidak masuk di akal…
    mereka ikut tertawa ketika Anda tidak bisa berhenti tertawa…
    dan mereka mengatakan kapan Anda harus berhenti berbuat konyol seperti itu.
    Belanja bersama adalah ujian bagi persahabatan.
    Sahabat ikut senang bila Anda senang.
    Waktu Anda tidak punya uang, sahabat bisa mentraktir Anda makan siang tanpa membuat Anda merasa berhutang budi.
    Sahabat bisa memberi Anda hadiah tanpa mengharapkan balasan.
    Sahabat-sahabat Anda mungkin tidak saling menyukai seperti mereka menyukai Anda.
    Sahabat tidak buta terhadap kesalahan Anda — tapi mereka bisa melihat ke balik kesalahan itu.
    Surat dari seorang sahabat bisa mencerahkan sebuah hari.
    Sahabat akan tetap tertawa mendengar lelucon Anda, walaupaun Anda sudah mengulanginya beberapa kali.
    Sahabat ingat seperti apa Anda dulu, tapi tidak mengharuskan Anda tetap seperti itu.
    Sahabat tidak pernah bertanya, “kau apakan rambutmu?”
    Sahabat tidak akan menutup telepon ketika Anda memintanya menunggu.
    Sahabat tidak akan menuduh Anda baru belajar mengemudi, tidak peduli sekencang apa debaran jantungnya.
    Sahabat senang membuat pesta kejutan untuk Anda — walaupun mereka tidak tahu apa resiko yang akan mereka hadapi.
    Sahabat adalah satu-satunya orang yang bisa membuat Anda tertawa setelah putus cinta.
    Makan di luar bersama seorang sahabat membutuhkan waktu sedikitnya tiga jam.
    Sahabat- sahabat Anda bisa lebih sabar dengan anak Anda daripada Anda sendiri.
    Sahabat tahu tidak ada yang namanya kritik membangun.
    Sahabat tidak tertarik dengan alasan-alasan Anda — mereka tertarik pada diri Anda.
    Tidak ada senyum yang lebih lebar daripada senyum seorang sahabat yang membawa berita baik.
    Ketika Anda menawarkan agar sahabat Anda yang memilih tempat makan… biasanya ia memilih restoran kesukaan Anda.
    Sahabat tahu apa yang membuat Anda panik, dan tidak pernah memanfaatkannya.
    Sahabat lebih mungkin mengembalikan uang daripada buku yang dipinjamnya.
    Sahabat bisa mengatakan yang sebenarnya tanpa menyakiti.
    Sahabat tidak melecehkan impian dan harapan Anda.
    Sahabat ingat hal-hal yang menjengkelkan Anda… warna kesayangan Anda… lagu yang Anda sukai… dan berapa kali Anda melupakan kesukaan dan kejengkelannya.
    Berlibur bersama seorang sahabat bukan saja lebih menyenangkan, tapi juga lebih hemat.
    Sahabat bisa mengubah pertengkaran menjadi tawa.
    Ketika Anda tidak yakin dengan diri Anda, hubungi teman Anda, karena mereka percaya pada kemampuan Anda.
    Tidak ada yang lebih menyakitkan daripada menyakiti seorang sahabat… tidak ada yang lebih menyembuhkan daripada dimaafkan seorang sahabat.
    Ketika sahabat pindah ke tempat lain, sebagian dari sejarah hidup Anda pergi bersama mereka.
    Bertemu teman lama membuat Anda merasa utuh.
    Dengan sahabat lama, Anda bisa mengingat masa muda tanpa mencoba mencarinya kembali.
    Sahabat adalah bagian terbaik dari diri kita sendiri.

    (kutipan buku HAL-HAL MENAKJUBKAN PADA SAHABAT [The Wonder of Friends] karya Phyllis Hobe)

    Buku ini hadiah dari seseorang yang pernah berusaha jadi sahabatku. Selalu menolongku menemukan definisi yang sederhana tentang sahabat. Semoga “seseorang” ini baik2 saja sekarang, ntah dimana dia…

  10. rizfa 4 ever berkata:

    sahabat. memang sebuah kata yang sangat pendek. hanya terdiri dari 7 huruf. tapi memiliki arti yang sangat amat dalam di balik kata itu. buat aku sahabat itu penting. hidup aku nggak bisa lepas dari dia,karena dia bener-bener sudah mencampur dalam kehidupan aku. aku memang punya banyak teman, tapi aku cuma punya 1 sahabat. ada yang pernah bilang mencari 1000 teman itu mudah, tapi mencari 1 sahabat saja sulitnya main. definisi ku tentang sahabat adalah seseorang yang sudah benar2 menyatu dengan kita. selalu ada buat kita. selalu menghibur kalau kita sedih. selalu bisa buat kita senang. tapi ingat, sahabat juga seorang manusia. dia juga punya kebutuhan. ada yang bilang, sahabat itu nggak harus selalu nyata. sahabat itu juga punya urusan yang lain. nggak hanya ngurusi kita. so kalau sahabat ngilang sebentar juga nggak apa2. soalnya kita juga punya urusan diluar persahabatan.
    Sahabat itu berarti banget buat aku pribadi. beberapa bulan yang lalu aku pernah mengalami konflik dengan sahabatku sendiri. kita nggak ngomong2an selama 4 bulan. berhari-hari aku nangis sambil mikir kok bisa kayak gini. apalagi kalau inget semua yang pernah kita alami bersama, aku makin sedih. banyak penyesalan yang timbul.
    Alhamdulilah, seminggu sebelum lebaran, kita udah saling memaafkan. aku bener2 kangen sama dia. aku benar2 sayang sama dia. aku mau ninggalin dia begitu aja. udah banyak yang kita alami bersama. banyak yang udah kita rasakan bersama.
    apa yang aku inginkan dari sahabatku ? aku nggak menginginkan hadiah2 tapi aku cuma ingin dia menyapa aku, senyum kepadaku, dan megatakan kalau kita akan bersahabat sampai maut menjemput.
    Ada satu kalimat yang pernah ia kirimkan padaku lewat SMS
    “biar matahari,pelangi,bulan dan bintang tak memberimu harapan, tapi senyum seorang sahabat itu akan terkenang dan membuatmu senang”
    special thanks 4 my best friend yang selalu setia bersama aku, walaupun kita sering banget bertengkar. buat aku kamu adalah segalanya. kamu udah buat hidup aku nggak monoton. makasih banget. i miss u. semoga persahabatan kita nggak sampai di sini aja, tapi selamanya. seperti yang kamu bilang “you are my best friend now and 4 ever”

  11. aNggY berkata:

    Sahabat adalah seseorang yang begitu sangat mengeti kita. mulai hal terkecil. tapi ketika sahabat itu tidak menganggap kita itu berarti bukan sahabat. aku punya sahabat tapi tak pernah menganggapku sbg sahabatnya. ia sama sekali tak menerti tentang perasaanku. ia menghianatiku. Tapi bagaimanapun juga dia tetap sahabatku.

  12. tia ^.^ berkata:

    sahabat…? pada dasarnya tentu semua orang butuh sahabat.sahabat itu seseorang yang sangat dekat dengan kita. seorang sahabat..bahkan tanpa sepatah katapun sudah mengetahui isi hati sahabatnya.sahabat itu senang bareng,sedih bareng.perselisihan ga akan jadi masalah.bahkan saling mengalah.sahabat itu saling sayang dan cinta persahabatan ga akan mati.selamanya

  13. mimi berkata:

    aq punya sahabat dan qt udh pisah slama 9 tahun…aq g tau dy dimana?shatkah dy?baik2 aja g dia? tapi aq prcaya dia psti masih hidup dan aq yakin ituuuu sangat yakinnn….
    dan aq jg yakin dy jg ngrasa hal yg sama sperti kurasaaaa…..coz kami punya iktan yg g akan trputus sampai kpanpunnn….
    tpi akhirnya aq ktemu lg ama dy…dan trnyata kyakinan aq slama ini bnarrrr……..

    sari ditu aq mulai brpikir kalau,,,,
    sahabat tak slamanya hrs slalu bareng2…sahabat tak slalu sehias sekata…
    karena sahabat adalah sbuah ikatan yang terjalin dari hati…so…perbedaan sebesar apapun itu sahabat akan slalu ngerti dan tau apa yg sedang qt rasakan…
    sahabat yg walaupun jauh n walau qt g tau dy dimana dy akn tetap dan slalu mnjadi sahabat qt untuk slamanyaaaa….dan mreka juga bisa mnghargai privaci qt….mreka jg tau sampai btas mana mreka masuk k khidupan dan privaci qt

    • Brandoh berkata:

      pasti anda sangat bahagua akan saHABAT YANG ANDA ceritakan ??????

      saya ingin merasakan gimana punya seorang sahabat seperti anda…

  14. dhidil berkata:

    menurut saya sahabat adalah teman yang dapat dipercaya. namun, tidak selamanya sahabat dapat dipercaya,seperti yang saya alami, sahabat saya tiba-tiba meninggalkan saya, entah apa alasannya padahal saya sudah baik sama dia.

  15. miznar berkata:

    sahabat seseorang yang kadang menjadi penyebab KEBERHASILANMU ATAU malah KEHANCURANMU????..,
    itu semua tergantung dari cara mu memilih org untun dijadikna sahabat..,[bukannya pilih”]

    SELUA ITU TERGANRUNG KAMU!!!!!
    [TRUST ME]

  16. tEE_Kha berkata:

    sEtIA oRANG aQ yakIn Pasti PunYA sAhabAt,bEgItu JuGA dEngAN aQ
    sAhABAT pUNya arTI PentiNg DALm HiDuP aQ,
    kEhadiRannYA iSa MempENGrUhi HiDup AQ,sO….GiMANa pUn SAhABat Aq Aq TeTap sYank KAMu….

  17. branata berkata:

    sahabat orang yang ku kagumi sampai saat sekarang but she?he never undertand to me.maybee i s\ever promis to friend.saya adalah orang yang banyak punya sahabat tp sahabat saya tdk prnh mengerti saya.jadi saya adalah orang yang beruntung dan orang ,yang nmerugi.I LOVE U FRIENDS FOREVER

  18. risna berkata:

    bwd aquh sahabadh ith tmpt brbagi suka maupun duka .
    sahabadh ith tmpdh qta blajar tntang iiduph iaang sbnarnya …
    sahabadh ith tmpdh qta blajar tntang duniaa iaang nyata …
    sahabadh ith tmpdh pta mngenal duniaa ini …

    iiaa ampun …
    so’ ngerti ajj iaa aquw ini tntang sahabadh …
    padahal akuw ndiri ga prcaya bgd ma makhluk stu ith …

  19. FaNy berkata:

    Bagi gw,sahabat itu seperti tubuh gw sendiri.Disaat gw ada,dia ada.Gw pernah punya sahabat yang selalu ada di samping gw,tapi semua itu hanya selama 3bulan saja.Dia ninggalin gw,karena dia da punya cowok.
    Saat itu hati gw sakit banget,gw pikr dia sahabat yang baik buat gw.Ternyata bukan.Tapi anehnya gw ga pernah bisa benci atau marah ma dia.Dan gw ga pernah berhasil ngelupain dia.
    Dan sampai sekarang dia masih mau gw ajakin jalan,nonton,yang walaupun cuma sminggu skali.Tapi dia dah berubah,sifatnya jadi dingin gitu dan kurang perduli sama masalah2 gw.
    Buat yang baca,gw mau lu kasih tips buat gw untuk ngelupain sahabat gw tadi,karena dia terlalu sering buat gw sakit hati dan kecewa.

    • ReaL berkata:

      mang npa bsa km jdi sakit hati’ …….?

      km kan msih sring jlan ama dia’ …
      n dia jga kan g’ prnah nolak klw km ajakin jlan’ …………..!!!?

    • Brandoh berkata:

      untuk apa kmu lupa’in ????

      klo aku punya seorang sahabat, aku pasti tidak akan pernah nglupa’in dia. sampai kapan pun. …..
      walaupun dia udah membuat aku kecewa ato sedih.

      karena bagiku, sahabat tetaplah seorang sahabat. ketika dia gak peduli terhadap smua masalah mu, tetaplah engkau bicarakan smua masalahmu yang ada. biar hatimu menjadi lega dan kmu tidak punya beban apapun….!!!!!

    • aini berkata:

      km gk boleh bnci ato marah sama sahabatmu itu .
      biarpun km cuman 3 bulan sahabatan , tpi gmnapun jga itu sahabat km .
      km hrus bsa ngrtiin dya , bsa hormatin dya .
      ntr km akn merasakan bgaimana di mengrti dan di hormati sma sseormg yg ada di stiap kita membutuhkan dya.
      prcya sma ak ^_^

  20. ma iwan ajja berkata:

    emm….kut mampir ajja,
    kalo ane lagi nyadar, bawaannya mo ketawa aja niy…bagaimana tidak coba, crita dikit gapapa ya… Begini, ee…sejak masih duduk dibangku sekolah sampe duduk di kursi meja kerja, percaya gak percaya kita itu selalu tinggal di kos yang sama, jadi bosen ga bosen ya muka itu-itu ajja…hahahaha
    Di bilang kita temenan pling romantis…” gak juga, lhawong kita tu sring cekcoknya ketimbang akurnya….he9he9
    adduh…..gilak juga ya, coba bayangkan…sejak sma, kuliahan ampe kerja…itu udah gak bisa dibilang sebentar, bertahun-tahun…
    emm…bicara soal saling memahami, ee…susah tuk memahaminya, eh gak dech, ee…paham didikit sih. Truss Kalo ane kaitkan dengan postingan embak, apa ane di bilang sahabat yang kurang mengerti arti sahabat??

  21. ika berkata:

    sahabat…….
    mmm…can’t say anything….
    sebuah kata yg sgt indah…..
    tapi sulit menemukannya……
    sahabat sejati adalah org yg setia walaupun terpisah oleh jarak….
    slg mengisi,mengerti,tdk egois,slalu ada dlm suka maupun duka….

  22. nie berkata:

    bagiq sahabat adlh seseorang yg bisa mrngerti ak,seseorang yg sll ada untkq saat suka atwpun duka..sahabat i2 adlh seseorang yg bisa menerima qt ap adanya!! n sahabat indahnya persahabatan mungkin tak cukup bila hanya diungkapkan lewat kata!! jk da

  23. boyke berkata:

    jgn pernah bilang kalo kamu adalah seorang sahabat sejati…
    kalo kamu sendiri tidak pernah besahabat dengan dirimu dan Pencipta mu

    • shaisyah49 berkata:

      km tau ngk klo aku sih sebelum megenl ama orang ,pasti aku menenl dr ku dl .begitu jg dengan sahabat ,…………….aku senang tiasa menjadi sahbat baik mu ………….walaupun aku jauh di sisi mu …………………

  24. vanlie berkata:

    sahabat membuat kita dewasa, mengapa?
    dalam persahabatan kita pasti mendapat masalah, kekecewaan, seneng, sedih tetapi itulah arti dari persahabatan… yang terpenting bagaimana kita mau berkorban demi sahabat kita.. apapun itu meskipun kekecewaan yang akan kita dapatkan…
    ^^ kalo ada mesin waktu, aku ingin sekali memperbaiki kesalahan yang telah kuperbuat pada sahabatku, tapi itu tak mungkin! hanya dengan terus mengasihi dia dan mencoba memperbaiki semua, agar seperti dulu lagi. ok
    tips berkatalah sayang pada orang yang kita sayangi sebelum semuanya terlambat

    ~Menjadi dewasa adalah pilihan~

  25. wadadahhh berkata:

    ArTy sAhAbAt bUaT AkU Itu
    sAhAbAt = OrAnG YaNg yANg BiSa jAgA RaHaSiA KiTa
    sAhAbAt= OrAnG YaNg yAnG SeLaLu aDa DiKaLa KiTa SeNAnG N sEdIh
    sAhAbAt = OrAnG yAnG biSa NgErTiIN kItA

  26. ady berkata:

    mungkin kata mereka demikian tapi aku beda bagiku sahabat punya nilai sendiri dibalik semua sahabat adalh orang yang paling mengerti kita layaknya ibu yang sedang mengasuh ankny dan seorang sahabat tak akan mengegokan dirinya ataupun saling keras kepala keduanya pasti saling mengerti dan mencoba saling mengerti dan bahkan sahabat itu adalah tempat suka-duka selain pacar karena pacar datang setelah kita punya shabat dan kadang-kala pacar datangnya dari sahabat sendiri sahabat juga rela bekorban demi sahabat berkorban harta dan jiwa tapi……………. apakah sekarag ii ada anda dapatkan sahabat seperti itu….karena aku belum pernah mendapatkannya ………..——–.——–

    • ReaL berkata:

      ko’ ngomong g2 sich’ …………………..??

      sahabat i2 sma aja halX cwe’ or cwo’ ………………..!

      ada yg setia ada jga yg tdk’ ……..

      mngkin aja km lom dpat yg nmaX bner2 shabat’ …

      klw kita brsahabat nnti z tnjukin yg nmaX shabat sejati’ ……….!!

      hehehe…

    • Brandoh berkata:

      aku ngerti knapa kmu ngomong kyak gitu..
      mungkin kmu pernah disakiti ato di kecewain oleh sahabat mu itu…
      Ato mungkin kmu blum punya sahabat seperti aku???????

      • Elsa always for Uri... berkata:

        aku punya sahabat….
        dya jadi sahabatku mulai klas 1 sd-6 sd.
        dya tuh orgnya sombong,pelit,egois, huffttzz 😦

        aku jga gk tau mengapa dya bisa menjadi sahabat ku, aku hanya merasa dya tuh selalu nyamperin aku waktu sedih, kadang juga ngundang kemarahanku pdhal tu cman tantangan buat ku…., kita adalah genk iseng2, hahahahaha

        akhirnya, dya menjadi shabatku……^^
        nan dya kadang2 egois jga ma aku, hehehehehe^^

        “hargailah sahabatmu, walaupun tidak seperti yang kau inginkan…”(pepatah iseng)^^

  27. nie berkata:

    sahabat…..
    bullshit…..
    aku ga pernah punya sahabat……..
    karna barusan aku dicampakkan sahabatku…….

    • Brandoh berkata:

      jangan kmu menyerah untuk mencari sahabat lagi !!!
      ketika kmu menyerah terhadap itu, mungkin kmu akan mengalami kesunyian dalam hidup mu itu……

  28. rya berkata:

    sahabt tuy sgalana…..dre yg sneng ampe bkin bibir jontor jga ada….hahahahahaha……tpi biarpun geto aq tetep cnynk ank skandal5….

  29. yosie berkata:

    tidak ada kata yang bisa menggambarkan arti sahabat bagiku
    karna sahabat adalah urutan kedua setelah keluargaku
    tanpa sahabat aku jadi malas pergi kuliah
    bahkan orang yang pertama kutemui saat suka maupun duka adalah sahabat.
    dalam persahabatan tidak ada kata putus dan istilah “mantan sahabat”
    tapi dalam cinta itu adalah kata yang lumrah n gak jadi masalah
    itulah sahabat!

  30. sintya berkata:

    mungkin gak sih sahabat sendiri saling membenci dan mungkin gak sih kalau sahabat udah putus bisa balik lagi?

    • Brandoh berkata:

      jawabannya adalah sangat2 mungkin. bagaimanapun kmu msh sangat membutuhkan sahabatmu itu. sangat sulit mempercayai orang lain selain sahabat kita..

  31. rie berkata:

    Banyak seh..yang bilang aQ ma mrk tu sahabatan..
    Tp apa artinyasahabat coba,,klu pas aku butuhin aja g da..mrk ad cm pas traktiran aja,,nmanya ngerett
    Kyknya Sahabat itu banyak Bushitttt -y!!!!!!!!!!
    bner ap kta “Nie”
    Sahabat Itu cm Allah

  32. amrta berkata:

    kebanyakan orang blang sahabat itu gak akan tega blas dendam ke kita, tapi napa kok temen2 q tega lakuin smua itu ke q.apakah smua itu bisa di sbut sbaga sahabat…………………………..

    n satu lagi……………..
    napa yow q pnya tmen tpi kok gak pnya hati…………..

    • Brandoh berkata:

      mungkin itu tandanya kamu akan dapat sahabat yang bisa ngertu’in kmu….
      ini hanya kemungkinan saja loh??

  33. adit berkata:

    sahabat ,yah ………..semuanya itu bener , tergantung kita memaknainya dan pengalaman kita sewktu punya sahabat , perih ,manis tergantung orang yang jalanin ,tapi yang namanya sahabat harus ngertiin kita ,jangan kita lagi ada dia baek giliran sengsara malah pergi donk…..!!!…..
    yang gw alamin sih dua-dua nya ada , ada yang ngertiin ada juga yang ngejerumusin
    tapi yang bene-bener namanya sahabat (……..HUH ……..) Susah !!!! alias susah di cari ……………… yang ada cuman ngaku doang sahabat ( di depan) di belakang awu !!!!

  34. elite_squad18 berkata:

    sahabat sejati itu adalah amal soleh kita sendiri……..kerena ketika kita wafat nanti g ada satupun yang mau dan bisa nemein kita,……kecuali dia yang akan membela kita dan menjadi cahaya dalam kegelapan.

  35. INA berkata:

    SAHABAT SEJATI ADALAH SAHABAT YANG DAPAT MENERIMA QT APA ADANYA DAN SELALU ADA SAAT QT MEMBUTUKAN BAIK DUKA MAUPUN SUKA.SAHABAT SEJATI YANGT DI LANDASI OLEH KE BAHAGIAAN AKAN BERAKHIR DENGAN KEBAHAAGIAN ITU
    JADILAH SAHABAT YANG TERBAIK

  36. RJNET berkata:

    Apakah seorang sahabat bisa jatuh cinta ya ama sahabat sendiri?……

    ak bnr2 bingung tolong2,,knp dia slalu teluka hati nya d saat ak deket dengan perempuan lain,,,padahal dia hanya sebatas seorang sahabat dan ak ga mungkin mencintai nya karna ak dah ad yg miliki apalagi keluarga ku dengan keluar ga cwe ku dah bnr2 deket ,,,tapi ak juga slalu ga tega klo liat dia nangis ato terluka hati nya ak bnr2 ga tega bngt apa yg harus ku perbuat …….antara sahabt dan cinta terus terang ak ga ada rasa cinta dikit pun ama tuh sahabat ku tapi klo ak liat bersama orang lain ak pun kaya nya ga ngerelain gtu begitu pun dia,,,,,,,aku si ingin nya dia punya pendamping hidup nya tanpasetahu ak begitu pun ak ga mo ngasih tau pendamping idup ku,,klo pun ak mo jalan ma cwe ku slalu sembunyi tanpa setahu sahabat ku,,karna dia slalu terluka,,,kebetulan ak satu kerjaan….pusinggggggg dahhh tar sambung lg ajjjj lahhh

  37. nur kholis berkata:

    sHBt tErbaik A/ Sahabat seperjiangan, mrk berkasih sayang di jalan 4JJI, bertemu dan berpisah karena 4JJI, dan diakhirat mnjdi salah1 yg mendapat Naungan 4JJI.
    fawatsiqillahumma Rabithataha.

  38. n'de imoet berkata:

    sahabat sosok yang slalu ada dimana kita sedang sedih mau pun bahagia, kadang seorang sahabat salah di artikan karna saking dekatnya di bilangnya lesbylah atau apalah,padahal kita hanya butuh tempat berbagi kebahagiaan yang kita miliki, dan kadang kebaikan kita suka di manfaatin oleh sahabat kita sendiri, krna aku sendiri mengalaminya.Tapi aku sangat sangat membutuhkan seorang sahabat yang mengerti akan diri kita.
    aku slalu menyayangi sahabatku walaupun entah apa yang ada di pikiran dia.
    thanks bwt pilaz yang telah memberikan semua yang aku butuhkan, kamu orang yang paling baik yang aku temui,walaupun kamu akan pergi jauh tapi sampai kapanpun aku akan slalu menggapmu sahabat ku yang sempurna.thaks

  39. sahabat berkata:

    yaaa,,,bagi saya sahabat adalah seseorang yang ada diwaktu kita sediah dan juga disaat kita bahagia. Sahabat bagi saya adalah lilin waktu mata ini kehilangan sinar. Dan seorang sahabat sejati tidak berjalan didepan kita, dibelakang kita tetapi sahabat harus berjalan disamping kita.
    dan yang terpenting sahabat tidak akan menjerumuskan sahabatnya sendiri dan menurut saya jika ada seorang yang tega mengkhianati sahabatnya sendiri, itu berarti dia bukan sahabat sejati.

    Sobat…sejauh apapun kita berpisah, sesibuk apapun kita nanti
    aku ingin kamu taw bahwa meski langkah kita berbeda nantinya
    semua itu tidak akan memisahkan kita sebagai sahabat sejati…..

    thanks bwd yang uda mw baca….

  40. jesicca emje berkata:

    klo it arti shbt bwt kmu mgkn bnr…
    gw pny bnyk tmn,,
    2 dr mrk nganggep gw shbt..
    tp gw kdg2 ragu bwt nganggp mrk shbt..
    coz hrs’na gw mulu yg ngertiin mrk…

    dl gw pny tmn masa kcl…
    gw anggp dy shbt,,
    tp gw srg mkr dy bkn shbt gw..
    coz dy gx selalu ad bwt gw…

    sdh jga klo gw nganggep gw gx pny shbt,,
    pdhl diluar sana ad yg nganggp gw sahabat…

  41. John Beelzebul berkata:

    Sahabat, Beelzebul ada pertanyaan nih:

    1. Apakah untuk berbuat hal yg terbaik, kita slalu memandang dia SAHABAT ato bukan?
    2. Apakah kita slalu menuntut kepada SAHABAT, bahkan hanya untuk sekedar pengakuan darinya, baru kita menganggapnya SAHABAT?

  42. amrta berkata:

    apakah seorang sahabat akan tega menyakiti tamanx sendiri?

    q pnya teman yang tpi kok tga yow slalu bwt q sakit

    pdahal slama ni q baik ke mreka

    tpi mreka tega bagrt ma……,,

    mreka dah sia siakan kepercyaan q

    trus skarang q harus bagaimana????????????

    pa yang harus ke lakukan….

    q dah gak btah….

    klo harus hidup kyak gni…..

  43. Irwan Armani berkata:

    Jwban bwt John Beelzebul:
    Bisa ya bisa jg tdk, yg jlas s’t ni aq baru bisa jd “CERMIN”.

    Khusus bwt amrta:
    Temanmu perlu di-upgrade tuh, da g’ jaman teman yg bisanya cuma nyakitin doank.
    Jgn kwatir, gonta-ganti teman g’ menyebabkan AIDS kok.
    OK brow/non ! (btw amrta ni cwok/cwek?)

  44. wiew's berkata:

    Adalah doa&uluran tangan sahabat sejati yg sejuknya bagaikn oase dipadang pasir.yg tulusnya tak mengenal ruang_batas_waktu….
    sahabat segalanya bagiku….
    mencari 1000 temen lbh gampang di banding mencari 1 sahabat sejati….

  45. andre berkata:

    persahabatan ibarat sebuah rumah:
    – gak perlu cantik
    – gak perlu mewah
    Yg penting punYa 4 TiAnG……..:
    1. keJUJURAN
    2. keSETIAAN
    3. keIKHLASAN
    4. kASIH SAYANG….
    Betual gak???

  46. bundrank berkata:

    sahabat tidak dapat di ungkapkan dengan kata2…
    melainkan kata sahabat hanya :
    dapat di benarkan oleh hati…
    di lengkapi dengan ketulusan hati,,
    di perindah dengan kejujuran..
    di isi dengan kesetiaan…

    dan semua itu pulA hanya bisa di rasakan di dalam hati..dan jika ada orang yang bertanya tentang sahabat,maka jawablah “hanya aku dan sahabatku yang mengetahui tentang semua itu..”

    just one in my live..is you MY FRIENDSHIP…

    LUV_U…

  47. surya ayu dia nita berkata:

    ya kalo menurut gw shabat tu segalanya, sahabat tu orang yang paling mengerti kita,yang slalu mengerti apa yang kita rasakan.dalam suka maupun duka……emmmmzzzz pacar pun juga banyak yang asalnya dari sahabat…..gw pernah ngalaminnya……tapi gak usah lah coz nnti bisa aja kita putus….n klo da putus…kita gak bisa seperti dulu lagi….by SURYA AYU DIA NITA….TELPN AQ YA 034193254132

  48. manuel sabinno berkata:

    khususnya buat surya ayu dia nita sahabat itu penting and aqu pengen cari sahabt gua yang baik untuk bisa memberi ku kebahagian n bisa mengerti ku. aku dari timor leste sekrang kulliah di UNTL (UNIVERSITAS TIMOR LOROSAE)SEMESTER VII

  49. echa berkata:

    “kalo m3nurut 3ch4, ,shb4t thu 4dlh or9 dm4n4 qt4 dpt b’b9, dlm sk4 m4upun duk4, n dy s’l4lu bs4 buat qt4 t’s3xum,,,,ky4k td ml4m,,,,,,,thx y4 shb4t,,,,,,,

  50. deii berkata:

    sahabatt …..

    aquu saiiank dia ..

    diia iiank slalu nmen.ind aquu kpand pund
    diia clalu add buatd aquu .. .

    tapii …

    ckrang diia udd pegii tuk sLAma.a,
    ninggaL.ind aquu ..
    hhuuuaaa….
    hiks…hikss..

    hhmmmppphhh…

    seppii gag add diia,
    gag add olang iiank ngcii nasehatind aquu lagii,
    mank add iiank ngcii nasehadt,
    tapii gag kaiia diia..

    aquu kangeund diia,,
    hikss…..hikss

    saahhhaabbaaattttt.quuuuu ……. ……………………………

    jnand pnahh tggaL.ind aquu lagii !!!!!!!

  51. ivon berkata:

    saya bilang sahabat itu adalah seorg teman tdk memandang sikap,sifat,latar belakang dan status seseorg,sahabat selalu membantu kita,sahabat selalu mendukung kita,sahabat selalu menemani kita didalam suka dan duka,mengetahui semua rahasia kita,tetap setia kepada kita,sabar terhadap kita,sayang terhadap kita…

    saya menemukan sahabat yg seperti ini,saya senang sekali tetapi saya malah egois dan hilang lah sudah…

    kirim komentarmu tentang sahabat ke :
    ivone_garlz@yahoo.co.id

  52. vIe_3 cAiIAnK RiDhO berkata:

    shAbAt itU sbAgiAn dAri hIduP kiTa, dI SAAt kitA sEdiH mAupun SnAng, , ,
    TEtApi sLalU dY iAng mEnemMAni kITa, , , ,
    Shabat , , , ,
    cW lAh SATu** nA oRAng yg mMpU mEmbUat Q pErcYA akan hAdiRnYA hIdUp mu. . . .
    TAnpa dIrimu Q tax tau hLus mEngAdu k sIaPa lGE, , , , ,

    cW lAh hAdiAh terindah yg k2 iAng Pernah aQ milikI sTlah oRGt tua Q

    your is d best , , , ,

    foR mY plenD , , , ,
    JartIkA
    DeStyA
    yola
    auFa
    KasMa
    IkA
    diana
    your is sPecIALy,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,

  53. tya berkata:

    sahabt adalh seseorang yg sel;alu ada dlm suka dan duka
    aku beruntung pnya sahabat seprti sahabat ku sekarng
    mereka selalu ada untuk ku
    selalu marh saat aku salah
    selalu buat aku tersenyum saat aku sedih
    mereka selau menjadi apa yg ku ingin kan
    jujur
    mungkin tanpa mereka aku tak bisa melihat inda’a dunia
    dan mereka selalu membuat ku tegar dalm menghadapi masalah
    mereka banyak mengajari ku banyk hal
    aku orang beruntuk memeiliki mereka

    AKU SAYAYYYYYYYYYYYAAAAAAAAAANG
    AMBUK COMMUNITY GIRL
    LOVE U ACG

  54. lisa_kampuz HiJau berkata:

    gw pNy saHabat,,namanya saRah.
    gw biasa panGgil dia”REH”

    gw knl dia dr tmn,,jd tmn dkt n akHrnya jd sHbt baek(kYk laGu sindentosCa)

    skRg gw lg pNy masaLah ma dia coz dia uNgkiT2 masa lalu aTz keSalahan gw..mGkn ini akiBat nilai dia yG jeLek..gw jd biangnya

    tP jujuR gw jD,,bNr2 keHilangan dia bGt.
    gw hmPr 3tHn kenaL dia.

    aPapun gw lakukan bwT dia,,sPy dia mw jD sahabat gw lagi.

    saHabat itu beRarti bGt bwt gw,,
    jujuR,,gaRa2 masaLah ini gw mPe ga koNsen kuL..gw jG jD sering saKit kPla.

    bwt yG mw bantu gw,,gw beRharap bantuan lo seMua biar gw ga puTusasa lagi.

    email aj ke icha_chilihot@yahoo.com

    bTw,,bwt sHbt gw…gw sLL beRdoa bwt lo n gw Ttp akn menunggu lo””LO TTP SHBT GW KMRN,SEKARANG,BESOK N SELAMANYA..AMIIN!!”

  55. NN berkata:

    emh,,,,,,,,kayanya asik y punya sahabat yg sayang n selalu sehati ma qt,,,,,, v sayang bgd gw gx punya tu semua,,,,,,
    gw pengin bgd punya sahabat gw pengin meluk sahabat gw pas gw dapet masalh,,,,,,,,,, gw juga pengin ngupingin semua masalah dia pengin bantuin di a v gw gx pernah dapet sahabat yg sayang ma gw, selalu gw aja yg kudu ngertiin dia tapi dia sama sekali gx pernah ngertiin gw,,,,,

  56. arif berkata:

    sahabat adalah sebuah kata yag tak pernh dilupkan oleh spapun.karena apa?? sahabat bag ak, adlah segala-galanya krn sahabt adl spruh dari hidpkta.sahabt dibndgkan pacar, ak mmilh sahabat krn shabt membt kita mjd saudara, ktka sdih,snag apn kita rasakan bersama.disat ad maslh ktpn tmpahkan mslh it kpd sahabt untk bsa dislesaikan degn saABT.DIBNDIG PACAR yag akhirya ptus mjadikan kit stressss…,frustasi..n jga mjadikan musuh dlm hidup kita. dalm omgan org2 bhw pacrn penyemangat bgi hidup kta, it hnya skdar
    omogan belka saja. justu bgi plajar yg hbs ptus dgn pcarnya n mtan pcarnya 1kls…..it akn mbawkan pristiwa yg tdk diiginkan bagi sem klangan plajar.yg akhinya nti mbwt prstasi kit trun.tpi itu smua kamu yag mjalani ak hanya bis berdoa smog apa yg km harpkan akn tercapi..n cta2m tergapaI.AMIN……….

  57. rendy berkata:

    sahabat….!!!!
    ak aja pusing mikirin diri ak….
    mau mikirin sahabat….capek deh…!!!!
    bt ak sahabat hanya bsa membuat ak terluka saja….
    kadang dia baik d waktu dia susah…
    why….?

  58. rendy berkata:

    sahabat….!!!!
    ak aja pusing mikirin diri ak….
    mau mikirin sahabat….capek deh…!!!!
    bt ak sahabat hanya bsa membuat ak terluka saja….
    kadang dia baik d waktu dia susah…
    why….?
    trus d saat kta susah kmna dia brada?

  59. rendy berkata:

    sahabat….!!!!
    ak aja pusing mikirin diri ak….
    mau mikirin sahabat….capek deh…!!!!
    bt ak sahabat hanya bsa membuat ak terluka saja….
    kadang dia baik d waktu dia susah…
    why….?
    trus d saat kta susah dmna dia brada?

  60. gua banget berkata:

    km”smua pada sok tau apa to arti sahabat…..
    sahabat to nga bs km tebak pa isi hati dia…..
    kadang dia bs brbuat sesuatu yg tanpa km sadari….
    kadang dia bs brbuat sesuatu yg membuat km kecewa…
    jadi intinya di dunia ini nga ad shabat sejati…
    selain diri km sndri………..

  61. rhiea berkata:

    sahabat…bagi saya adalah sebagian dari hidup saya
    tanpanya saya tak akan seperti ini…
    sahabat tidak hanya hadir saat sy bahagia,,tapi selalu ada saat sy terpuruk!!!
    sy kadang ragu dgn orang2 yang mengaku sahabat sy…..
    betulkah iya orang yang mampu membantuku menutupi kekuranganku,,

    sebagai manusia Qt m’butuhkan orang yang dapat membantu hidup Qt,,,dan selain pada keluarga sahabatlah orang yang kita butuhkan itu!!!!!

  62. dchie berkata:

    dear chika,senang banget bisa baca tulisanmu. pertama kubaca langsung merinding. Karena bagiku persahabatan itu luar biasa sangat berarti.kuteringat sahabat yang selalu buatku tersenyum walau dia pernah menyakiti perasaan.tp perjalanannya selama ini rasanya sedikit menghapus sakit ini.makasih ya…..

  63. amel_boring berkata:

    SAhabat????

    ,,,Klo Dy nYuruh Qt main Krumah nya
    terus ad tmen’a atw pacarnya yang dateng
    N Qt d’tinggal pergi sm Dy ,,, ap Itu masih bisa
    d’bilang SAHABAT??????

    SAKIIIIIIIt bANgeT D’GitUin,,,,,,,,

  64. avNEe_moETZz berkata:

    hhhhhhhmmmmmmmm………..
    sahabat????????????????

    sahabat i2 ibarat PUZZLE,,
    kalo ada stu aza yg hlng………..
    maka dy ngk bakal smpurnah…
    and ngk indh…………

    tnpa shbt mnurtku hdup ne akn terasa sunyi…………..
    thx,,,

  65. zie berkata:

    sahabat… orang yang lebih deket dari seorng pacar. temen. orang kedua yang lebih dekekt setelah orang tua kita… tapi tak jarang kita lebih percaya sahabat kita ketimbang orang tua kita… kadang kita bisa lebih merasa nyaman bersama nya dri pada dengan orang tua kita. kita mempunyai 2 sahbat yang selalau ikut kemana pun kita pergi. namun dia tidak terlihat. dia adalah malaikat. dan sahabat adalah wujud dari malaikat itu. mereka yang suka ingetin kita klo kita ada kesalahan. merak yang suka negur kita klo kita terlalau egois. jgalah sahabat mu baik-baik jangan pernah kamu lepaskan dia. perjuagnkan lah persahabatan kalin.kalin akan merasa kehilangan setelah dia benar2 tidak ada.

  66. itahor berkata:

    Sahabat adalah?
    Teman yang ada waktu kita berada dalam suka maupun duka
    mengerti tanpa harus di minta.

    Khawatir di saat dia sedang dalam susah maupun senang N selalu mengabari jika terjadi sesuatu……

    Merasakan Jika terjadi pada sahabatnya.

  67. nakazaki maya berkata:

    SAHABAT kN sLL ad disaat Gw BuTuH, Gw seneng, susah, sedih…
    persahabatan itu bagaikan tali,, semakin diikat, semakin kencang persahabatan, tapi tali, tetaplah tali, akan kusut, dan putus, dan tugas sahabat adalah menjaga agar, tali itu tetap terikat dengan kuat dan tidak akan putus……………………………………

  68. astried berkata:

    bagi gw arti sahabat tu sangat indah bgt yaq…
    dimana Qta bza mencurahkan pa yg Qta rasakn, tanpa dpublikasihkn sm org bnyak…
    krn sahabat kn menjaga rahasia Qta, kan memberikan solusi bwt Qta, kan membwt Qta tersenyum dr ksedihan, selalu memberikan tangannya untuk menuntun Qta, sll memberikan smangat dan motifasi serta sll da pada saat Qta bth kan khadirannya..
    pokoknya segalanya bgt! 🙂
    ku sayang km sahabat ku….

  69. bella berkata:

    sahabat itu kaya mata dan tangan..disaat tangan terluka dengan sendirinya mata akan menangis. dan saat mata menagis,maka tangan akan menghapus air mata yang menetes. tapi adakah ia???
    aku orang yang gak percaya sebuah persahabatn. karna aku pernah disakiti sahabatku. dan semua tak ingin lagi aku rasakan.
    sahabat adalah org yng selalu ada disemua kondisi..yg menerima kita pa adanya..yangmencintai kita,tulus,dan menerima semua kekurangan n kelebihan kita sebagai kelebihanya. dia bersahabt bukan karna kita ada tapi karna kita ka punya… dia bersahabat bukan karna dia ingin tapi karna dia mau…jadi nurut q Sahabat Nothinkkk…

  70. ika berkata:

    sahabat adalah seorang yang membingungkan.banyak orang yang mendefiniskan sahabat merupakan orang yang mengerti kita tapi apakah kamu pernah merasa ada sahabat yang mengerti tanpa ada penjelasan….”jarang ada orang seperti itu”….

  71. chaya berkata:

    saya mencari sahabat bukan dari kekayaan saya. tapi, dengan cara ia menyayangi saya maupun suka dan duka

  72. chaya berkata:

    setelah saya mendapatkan sahabat, saya mendekatkan dia dengan keluarga saya. sahabat saya bernama Eka, Eka anak yang baik. tak ada yang menggantikan dia didiri saya sebagai sahabat. Selamanya

  73. Nina berkata:

    sahabat dan teman sejati…..tu adlh…
    mengerti ketika kamu berkata kamu lupa…menungu selamanya ketika km berkata tungu sebentar..tetap tingal ketika kamu berkata tingalkan aku sendiri..membuka pintu ketika meski kamu blm mengetuk dan berkata boleh kah aku masuk….sahabat akan sll ada di saat kt butuh dia…dimana kt bisa mecurahkan apa yang kita rasakan …memberikan solusi buat kita..membuat kt tersenyum dr kesedihan…sahabat itu adlh org yang sll ngertiin kita…pokok nya sahabat itu adlh terbaik bt aku…asal ngak nyakitin atau nusuk kita dr belakan …itu namanya penkhianat….bukan sahabat…by:nina

  74. ade haerani wahid berkata:

    sahabat itu tiDk SelamAx BahAgya,BECAUSE persaHbaTan itu CenDiRi Akan Muncul Dari Haty Ce2oRank

    “-“Apabil@ setIap ORannkkk….MempuyAi PeRasaan yg Cm tenTang Arty cAhabat Itu Apa???maKa D dUnI@ iNi AKAn Ada KeDamaiN CeLamAnYa

    BahkaN////Cahabat itu LebiH BErhaRg@ DaRy pAda cinT@……KhAn SebUah CintA itU Bisa DiKataK@n seBuAh PeraSaan cInta,,,,,,
    Tapi Cint@ iTu CendIri LhR DAri CeBuaH SHabt……

  75. kyanti berkata:

    waktu smp ku punya sahabt yang sangat pengertian
    km bersahabat ber 3
    ~ Kesya deanti ~
    ~ Lisa Endriani ~
    ~ Ayu ersa monica putri ~
    waktu sma sahabat ku ada 4
    km buat gank yg namanya PiNK a GiRl
    _ Kesya deanti _
    _ Satri Dewi _
    _ Santi Sartika _
    _ Rosmalinda_
    nah waktu kuliah
    kyk ny q ga nemiun shabat yang cocok
    dn bisa di ajak sharring
    ih pokoknya nyebelin banget deh
    ga banget tau ga
    q kgen niy am shabat2 dulu
    sory ya q udah ninggalin kalian
    tp kita kn udah janji tuh
    klo kt dah succs kt akan ktmu
    dg suami masing2
    he…he…he..

  76. CITRA berkata:

    menurut q, apa yang udah kalaian sebutkan itu benar semua,,
    dan menurut q, sahabat itu adalah orang dimana kita merasa sedih maupun senang!!! dan dia akan sll ada dimana kita ada…….
    itu lah sosok seorang sahabat q….
    my Best Friend :~~~“~~
    -Ely Dwi Lestari
    -Laily Latifah

    See You………..!!!

  77. lia nurfaizah berkata:

    Menurutq shbt adlh se2orang yang sangat dekat dengan qta n sahabat juga haruz slalu ada d’saat kita suka maupun duka.tapi q punya pengalaman dengan sahabatq sangat menyakitkan dy pergi tanpa alasan yang pasti jadi sekarang saya tidak mempunyai sahabat curhat

  78. Lhee-a berkata:

    MenUruT W sHbt tu aDlh oRang YG sLalu dA saAt Qta suKa maUpuN duKa. V
    saMpaI saAt nIe… w Yumz menDapaTkn sahabat sejati Q kira dy adalah sahabat terbaik w tapi nyatanya bukan.Bgi w Dy tU egOis W tu g boleh bersahabat dgn yang lain kecuali dy apa tu yang nama’y sahabat…….?

    v d’sisi lain dy adlh se2Orang yg sangat mengerti perasaan w.dy mengajarkan w tentang khdpn v karng dy menjauh dr w.dy g menerima w pa danya n w setuju apa yang dikatakan oleh bella.

  79. erick berkata:

    sahabat kita adlah DIA……
    dia slalu ada disaaat apapun
    dia tak kenal waktu
    dia ada dimana2
    dia gak da 2nya
    dia bisa buat nasib kita berubah
    dia bisa bawa hati kita
    dia masa depan kita
    dia kehidupan kekal kita
    DIA………….adlah TUHAN………

  80. aisah berkata:

    saya punya sahabat ygn bener bener ngebela saya dari apa pun, saya sayang kamu friend, saya ga rela kehilangan kamu, karena kemana pun aku pegi, hanya kamu yg saya contak, berbagi suka dan duka …. thank u tobe my best friend!!

  81. NOooo berkata:

    sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita di luar rumah.
    sahabat adalah orang kepercayaan kita
    sahabat adalah orang yang mengerti keadaan kita
    (by_AndTheGenk)

  82. feri farhan berkata:

    mnrtq jg sma shbt adalah orng yg sllu da saat qta suka maupun duka, tp kadang shbt mngkhianati qta tu yg sngt mnyktkan dri seorang sahbt.

  83. sarrah berkata:

    sahabat ?
    sahabat adalah teman yang mengerti kitta buka sedikiit pii seluruh,
    jikka diia belum tauk semu tentang kitta itu bukkan sahabat.
    tapi itu teman yang menuju sahabat..
    sahabat selau adda bwd kitta, tapii saat diia membutuhkan kitta, kitta jugga harus adda bwd ddiia

    tapii gakk jarrang sahhabt ngebuukka masallah kiita, en ituu ang menurut kiita privacy,, kalau kayya giitu uudah gak pantes di sebit sahabat..

  84. mimi gracia berkata:

    sahabat lebih berharga daripada harta,,karena sahabat tidak akan pernah hilang dari hidup kita,,walaupun dia sudah tiada,,dia tetap ada dihati kita untuk selamanya.sedangkan harta tidak selamanya bersama kita,,karena harta itu bukan milik kita,tetapi titipan tuhan.

  85. Revyca berkata:

    sahabat emang berarti banged… tapi susah nge-bedain siapa yg bner” shbat sjti… kadang akku uda nganggap dia sahabat,, tapi dia cuma nganggap akku temend biasa… terus gmna cranya akku bisa dapat sahabat yg asli??? gag bo’ongan…???

  86. Lorry Floryta berkata:

    SAHABAT buat gue artinya dalam banget..
    Peran SAHABAT buat gue penting and banyak banget,.. karena SAHABAT hidup gue lebih mempunyai warna. Saat gue sedih, marah, kecewa, seneng, smua gue curhatin ke SAHABAT gue.. Karna SAHABAT gue adalah tempat curhat selain mama.. Tanpa SAHABAT gue serasa kehilangan kendali ketika gue punya masalah.
    Pengorbanan, kejujuran, kasih sayang, kesetiaan, adalah kunci untuk membina sebuah PerSAHABATan.
    4my best friend, alove u pull..

  87. Ardittt berkata:

    S’habat bgkan matahari……………
    s’habat bgkan bulan………………..
    S’habat bgkan bintang…………….
    s’habat bgkan lentera……………..
    yg akan truzz bersinar bila tak ada penghianatan…………cz

  88. cew cantik berkata:

    Menurut aku,,gak setiap saabat itu baik,,buktinya aku udah mengalaminya,,sahabat2 aku gak sebaik yang aku kira,,mereka tusuk aku dari belakang,,

  89. dESTrINA berkata:

    SAhABAT ?????????
    MNURUD AQO SHBT TUWH bisa ngertiin qta seLaLu…
    Shbt dGn temand itu beda…
    ~TEMAN mudah di caRi tpi SAHABAT suLit di caRi wLupun cmand SATU ORG!
    ~TEMAN hany sEbatas meNemani kiTa uTk menJaLani hidUp tpi SHBT seLLu seTia mEnEmani qta kPanpun n di mAnApun qta b`ada.
    ~qTa Lbih baNyk memiLiki tMand bUkan sHbt c0z ShBt itu mahaL haRga.na jdi bAnyak org Yg suSah uTk memiLiki n menJagAnya..
    ~sHbT Lbih mEnYakitkan dRi pd tMand c0z ShBt itU haNya mEngaJari bAgaimana qta biSa meNjaga.na dGn baEk
    sHbt meMang sRing mmbwad qta mEras t`Luka dri pd tMand dYa haNya peNgeN qtA biSa mEngetahui aRti p`sahaBatan yG sshg.na.

    tpi cKarank aqo sedang mErasAkN kecewa kPd s`oRg sHbT yG pLing aqo saYang..
    knApa dYa teGa nGlakuin iTu kpd qu..
    aqo bEnar” mRasa cKitd beutd.,.,
    ckaranG nie aqo Lgi bUtuH s`oRg tMand mAupun sHbt yG biSa ngErtiin aqo n mEnghiBur aqo dLm c0baaN ini.
    bwat yG baCa toLonk aqo yaw…..

  90. nadya ghasani berkata:

    menurut ku sahabat adalah seorang yang menerima kita apa adanya……. disaat kita senang atau pun susah seharusnya dia ada…… saya sekarang lg sedih karena sedang bertengkar sama sahabat ku sendiri….hehehehehe(jadi curhat.)(^_^) (~_~)

  91. p'yan berkata:

    Kisah pnUlis sama bgt dg apa yg aQ alami…….
    aq mLah bRfikir, ad gk y tmen yg mw jd shBatQ…..
    Krna aQ bkNLh org yg supeL N agresif….
    tP aq kpingin bgt ad tmn yg benar2 ngucapn dg stLus hati pDQ..”mw gk km jd sHbTQ????”………SEMOGA……….

  92. supriatna berkata:

    sahabat menurut gw adalah,,, saling mengerti, saling membantu tanpa pamrih, berani berkorban tanpa imbalan, suka dan duka bersama,,,

  93. eyi berkata:

    SaHaBat itu ….
    Memahami kiTa
    reLa melakukan haL2 yang kadang ga terpikirkan untuK membuat kita bahagia,
    Dan siaP menoLong kapan pun dibutuhKan,
    tuLus menerima seGala kekurangan
    dan ikuT bahagia akn kelebihan yang kiTa miliki,
    ga ada rasa iri, dengki,apalagi sirik
    semuanya tuLus..

  94. wAtiE berkata:

    w suka artikelnya….coz saat ni w lagi ada masalah sama sobat2 w….
    tp spertny hanya w yang bermasalah…mereka enjoy2 ja tuch….
    jd w lg bimbang bgt sebenernya sahabat itu apa siapa dan bagaimana….

  95. L3kha berkata:

    Ehm.sHbt adlh oRng yang sgt nGrt kita
    sabHbt adlH orang yang selalu bersama kita
    sahabat adlah curahan hati kita
    tapi bwt semuanya terkadang sahabat bisa bermain d belakang kita
    so,hati2 aj bwt kalian yang pny sahabt.hhhhhhhhhhhhhhhhhh
    heheh……………………………

  96. arul berkata:

    shabat adalh orng yg sllu ada suka maupun duka,kmn2 sllu brsma hal bruk maupn baek,dngan shabat kita tau dunia sprti apa…tp lain lg bla shabat itu jauh dr kita…..sepi,terasa sndiri d’dunia nie. . .

  97. mita berkata:

    aku prn px seorang shbt tp dia tdk mngkui q pdhl dia yg blng sndr keq klau q adalah shbtx mngkn dia dpngrh oleh seseorang q tau dr q olahraga tmnq blng kedia nic shbtm MITA tp dia mlh blng dia bkn shbtq koc dst htq sngt skt & q tdk akan mau knl lg dia

  98. putri azahra kanianissa berkata:

    gue gak pernah punya sahabat yang bener bener sayang sama gue, yang bener bener ada disaat gue susah atau seneng, ada juga sehabat yang dateng ke gue kalo dia lagi susah aja, nanti kalo udah seneng lagi ya gue dilupain sama dia ck, dimana yaa sahabat yang selalu ada disaat gue butuh dia, di saat gue seneng?

  99. putri azahra kanianissa berkata:

    gue gak pernah punya sahabat yang bener bener sayang sama gue, yang bener bener ada disaat gue susah atau seneng, ada juga sehabat yang dateng ke gue kalo dia lagi susah aja, nanti kalo udah seneng lagi ya gue dilupain sama dia ck, dimana yaa sahabat yang selalu ada disaat gue butuh dia, di saat gue seneng?
    gue mau sahabat yang tanpa ada pengkhianatan !

  100. VAN . berkata:

    bagi gua sgt sulit dan boleh di bilang terlalu sulit untk temukan s’org SAHABAT.
    yg ada hanya seseorang yg memanfaatkan…..

  101. a9us berkata:

    sahabat???
    seseorang yang slalu mensupport kita di kala susah, ikut senang di kala kita memperoleh kebahagiaan….
    janganlah kita menunggu seorang “sahabat” kawan, namun kitalah yang harus memulai menjadi sahabat bagi orang lain…. 😉

  102. tasya berkata:

    sahabat??menurut saya kurang orang yang tau tentang sahabat…kita susah untuk membedahkan apa arti seorang sahabat dan apa arti seorang teman..tapi saya pernah mengalami ini..sahabat itu selalu ada d saat kita sedih maupun senang..sahabat itu kita selalu pergi bareng..setiap keluar main pasti jajan nya sm sahabat..dan sahabat itu seperti kita tidak bergabung dengan yang lainnya,hanya itu saja ..selalu bersama sahabat kita.kita tidak akrab dengan orang lain.maksudnya teman kita itu hanya mereka…sedangkan teman itu seperti kita tidak selalu bersama mereka kita maen sm teman yang lain,mksudx itu kita maen ma yg lain nggak cuma dia sja….teman itu kita tidak selalu bersama beda seoerti sahabat….tp persahabatan itu tidak selamanya baik ,suatu saat kita akan musuhan …saya rasa kurang orang di dunia ini yg bersahabat sejati…jarang banget orang di dunia ini yg mw menghargai teman seperti susah senang sama-sama..itu sesuatu hal yang mustahil.dan sy rasa lebih baik kita berteman saja .krn sy rasa itu sama saja artinya….. 🙂

  103. dinda berkata:

    Kenapa disaat terjatuh kita ingin seseorang memeluk kita atau sekedar menemani kita?
    Mengapa juga ketika disakiti kita inginkan seseorang untuk tempat kita mengadu?

    Mungkin kita akan menjadi sakit kembali ketika melihat atau mendengar seseorang yang kebetulan mirip dan dekat dengan orang yang pernah melukai kita.
    Adakalanya dengan ketakutan dan kebingungan kita memutuskan tidak akan pernah percaya dan mencintai siapapun lagi Kitapun merasakan senang jika ada seseorang yang selalu disisi kita saat sedih maupun saat senang.

    Seseorang yang selalu membantu kita tanpa mengharap apapun selain senyuman kita Yang mengerti, yang memahami dan menerima kita apa adanya.

    Beberapa dari kita menyebutnya sahabat perjalanan hidup…
    Sebagian lebih sederhana mengatakan teman seperjuangan…
    Bagi yang romantis menyatakan kekasih hati…
    Teruntuk yang telah menikah mengakui bahwa Tuhan menciptakannya agar kita tidak merasa kesepian…
    Sejauh mana beda dari semua itu?

    Kenapa bersahabat?
    Benarkah hidup terlalu keras untuk dijalani seorang diri?
    Atau karena kita ingin menumpahkan rasa sayang dan cinta yang ada dalam hati?
    Mungkinkah karena kita memiliki sesuatu yang sejalan hingga kita menyamakan orang lain dengan apa yang kita rasakan?

    Sungguh! Betapa sulit mencari sahabat diwaktu kita tengah kesusahan
    Dan benarlah betapa mudah mengajak seseorang untuk bergabung dalam kegembiraan kita

    Memang….kita semua begitu tidak menyukai penderitaan, meski kita tahu tidaklah mungkin bisa lepas darinya…
    Meski kita semua tahu hidup hanyalah ritme bergantian antara kesedihan dan kesenangan…
    Walau kita sadar kebahagiaan hanya milik orang-orang yang pernah menderita dahulu
    Dan tiap orang pastilah punya arti sendiri dalam memaknai penderitaan dan kebahagiaan

    Siapa yang kau anggap sahabat?
    Apakah seseorang yang tiada pernah menyakitimu?
    Mungkinkah seseorang yang tidak akan pernah meninggalkanmu?
    Betulkah seseorang yang kamu memutuskan untuk mempercayainya?
    Atau seseorang yang tidak pernah mengatakan kebaikannya padamu?

    Seumpama kita bisa mendengar hati orang lain dan memang benar mau mendengar?
    Tak pernah ada yang mempunyai cita-cita untuk jadi orang jahat dan hidup tidak berbahagia…
    Seandainya kita bisa melihat dan memang benar mau melihat?
    Ketika seseorang tengah tertidur pulas Kita akan bisa untuk lebih berfikir beberapa kali sebelum berani sekedar berprangsangka keji apalagi untuk menyakitinya..
    Tetapi kenapa itu terkadang terpaksa harus?

    Disaat kita tiba-tiba merasa peduli dengan seseorang, kita seolah bisa merasakan apa yang sedang menjadi bebannya dan kita ingin meringankannya…
    Namun terkadang kita sangat acuh kepada seseorang yang benar-benar membutuhkan kita

    Apa yang kita cari?
    Untuk siapa dan untuk apa kita di ciptakan didunia ini?
    Apa beda kita dengan orang lain?

    Sedalam kelemahan kita harusnya kita lebih sering berkata “maaf” dibanding “aku” jika kita memang manganggapnya sahabat…
    Setinggi keinginan kita harusnya kita lebih berbahagia berkata “aku tidak mau merepotkanmu” dibanding “mengertilah diriku” jika kita telah mengerti bahwa dia sahabat kita…

    Membayangkan kita berbahagia sendiri sedang sahabat-sahabat kita kesusahan haruskah kita makan dan tidur dengan tenang?
    Mungkin lebih baik semua sahabat telah berbahagia dan kita turut berbahagia meski itu harus berbohong demi perasaan itu…
    Karena surga masih terlalu luas untuk semua ini, kenapa tidak berbagi?

    Bertahanlah, karena sahabatmu adalah semua yang pernah hadir dalam hatimu…
    Berterimakasihlah, sahabatmu adalah semua yang telah membentukmu hingga kamu menjadi
    seperti sekarang ini…
    Bersiaplah, karena kamu akan masih kehilangan banyak sahabat untuk menemukan sahabat-sahabat baru sepanjang perjalannan hidupmu…

    Dan berdo’alah semoga semua sahabat bisa berkumpul bersama di surga nanti……
    [LINE]

    posted by: catatankoe (reply)
    post date: 02.11.04 (4:20 am)

    nice blog..teruslah berblog ria.. biru euyyy

    posted by: newbie (reply)
    post date: 07.10.05 (8:08 pm)

    Reply to: catatankoe

    posted by: p-plo (reply)
    post date: 04.13.06 (7:21 pm)

    memang betul.kita perlu sahabat tidak perlu susah ataupun senang.teruskan.

    posted by: ‘-‘ elly ‘-‘ TaN (reply)
    post date: 10.21.06 (6:12 am)

    seindah-indahnya intan permata dan mutiara, persahabatan lebih indah dan berharga walaupun banyak rintangan dan halangan yang menghadapi

    posted by: herman baso (reply)
    post date: 06.25.08 (2:50 am)

    sebenarnya saya suka berteman dengan siapapun dan saya hanya bisa bersahabat dengan satu atau dua orang saja diantara para sahabat tersebut. tapi kenapa susah sekali mempunyai seorang sahabat yang benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. yang selalu bersama kita disaat duka bukan hanya di saat suka. kadang aku sendiri nangis kalau berada didalam situasi yang serba sulit maju salah mundur salah, disaat aku butuh sandaran, nasehat, petuah kenapa sahabat yang aku agung-agungkan sebagai seorang saudarah malah pergi menjauh dan setelah semuanya sudah berakhir dia baru kembali. apakah itu bisa di sebut seorang sahabat.

  104. hutria de vega berkata:

    ”sahabat gk bs di katakan dgn kta-kta. mgkn kw d jbarin qta gk khbsn kta.
    namun bs qta lakuin dgn prbuatan, or dgn bukti.
    walau trkdg shbt it pny kslhn tp bgaimn pun qt bs mafin.
    and ”friendship never ends”

  105. dEztRinA berkata:

    SAHABAT ????/

    aqo aTja bingung,,,
    c0z s0bat qu ndiri biza.e cmand mengkhianati qo.
    jdi baGi qo s’tiAp oRg tuwh beda uTk d jdiin sobat yg baek
    tolong bwat Lia aNk gUnung Kidul yg miNta dlu.e puisi k Aqo.
    mquPin aqo yaw.,.,.
    aqo cmand b’canda doank.,.

    aqo jua saiank ma qmo

  106. N!35yA berkata:

    sayangi sahabat mu ibarat sungai,karena sungai akan mengalir sampai kapanpun……Tapi ingat…..jangan pernah kamu menyayangi sahabat mu ibarat bunga,karena bunga akan layu pada musimnya……
    Banyak orang bilang sungai akan kering apabila kemarau datang,tapi walaupun dia kering sungai masih mempunyai bentuk yang indah,dan saat hujan turun sungai masih bisa menampung air hujannya..tapi kalau bunga layu dia tak bisa tumbuh subur lagi….

    sahabat sejati takkan pernah mati,takkan krring walau di musim kemarau,takkan beku di musim dingin,dia terus mekar walau bukan di musim semi…

  107. bayu anggoro berkata:

    persahabatan itu memang indah lebih indah daripada pacar
    gw ngomong gini karena gw ngerasain banget persahabatan yang pernah terjalin di hidup gw
    dan gw bersyukur karena persahabatan gw dan temen gw ini gak pernah renggang
    menurut gw seorang sahabat yang bener-bener sahabat itu:
    1.bukan ada saat kita perlukan tapi dia selalu ada buat ngisi hidup kita
    2.gak akan pernah menghianati sahabat sendiri
    3.kalo kita susah dia ngebantuin tanpa perasaan terpaksa.selalu ringan tangan
    4.kalo kita sedih cuman dia yang bisa nenangin
    mungkin itu aja yang bisa aku bilang kalo mengenai sahabat

  108. Melly nia berkata:

    saya sedih bgt karna shbt nyuruh sy milih antara tmn sy…(yg dl jg dkt bgt ma sy, prnh jd kk angkat, pcr, shbt,tmn,shbt lg) dan dy…
    entah knp..pdhl antara mrka gada mslh…

    mrk bahakan ga prnh ktmu n tmn sypun sll bsikap baik ma dy…

    sy sedih bgt khlgn shbt sy

  109. rahmadea berkata:

    menurut w sahabat adalah segalanya taooo….
    sayang w punya sahabt 9 orang tp skrng kayak tnggl 8 orang karna yg satu lagi dya d rebut sm sahabat lain w nyeeeesel bgt krn w terlalu nyepelein sahabat w yg itu ternyata dya sglanya bg w, tnp tersa w nangis 7 hari 7 malam sahabat w yg lain pun kayak gt yaampun w bnr2 nyesel
    my best friend i’m coming friends
    seandainya w punya alat untuk replay waktu itu tp itu hanya mimpi mana mungkin w punya alat secanggih itu……
    tp w yakin suatu saat nanti e-8 akan brst kmbli

  110. rahmadea berkata:

    ternyata bsa panjang w blang semuanya yahhhh
    w tuh orangnya tukang aduan tp klo udah bgn, gmn crnya w ngadu, w ga’tw lg hrs kmn untung sblum ksni w dah sholat jd udah sger tp w tw pst ntar ada jalan kluar..td w dah ngadu sm ALLLAH SWT., W YAKI NTAR ALLAH SWT memberikan jalan kluar yg bnar, klo orang sabat pst d sayang tuhan itu yg slalu dktkn sahabat w yg laiin ywdh w sabar2 tp orang yg ngambil sahabat w itu malahjd2,akhirnya w kesel bgt sama mr.a dan akhirnya w bkl neror dya mungkin itu jln kluar byar e-8 brsatu kmbl

  111. Hairul berkata:

    lebih baik mana antara pacar dan sahabat,,,??
    semua pasti langsung menjawab sahabat,, tentu saja,, menurut aku pacar itu msaih dalam lingkup status “PACAR”,, tetapi bila kita putus,, maka statusnya berubah menjadi “Mantan Pacar” , sedangkan sahabat,, apapun yang akan terjadi dengan hubungan kami,,, apapun maslaahnya,, statusnya tak akan berubah,, akan tetap an selalu menjadi “SAHABAT”,,
    dan menurut aku sahabat itu seperti bayangan dari tubuh kita,,, dia mengerti diri kita luar maupun dalam,,, terkadang dia berada di depan kita untuk menunjukan jalan mana yang harus kita pilih,,, terkadang juga dia berada di belakang kita,, walaupun dia berada dibelakang kita,,, dia tetap terus memberi semangat dan suport apapun yang kita lakukan,,,

  112. ign.isabella.susanto berkata:

    sahabat saya kadang kadang ada yang jahat ada juga yang baik tetapi kadang kadang juga setia orang jika di tinggal sahabatnya pasti sedih seperti pula saya yang di tinggal sahabat saya kecuali cristal yaitu sahabat yang sudah saya anggap spert sauadara kandung saya sendiri

  113. ign.isabella.susanto berkata:

    iya sahabat jika tidak ada ucapan seperti ini
    S=setetes
    A=air mata
    H=Hanya
    A=akan
    B=bersih
    A=apa bila sahabat
    T=tidak menghianati
    itu lah jika itu ada pasti suatu sahabat aku langgeng
    begitulah kisa tentang orang yang di hianati oleh sahabat nya sendiri kalo g percaya y udh

  114. muly' berkata:

    tp tDk dGn sayaq……!!!!!
    sahabat” yg Ak miLiki teLah pRg mnjAuh driku….
    mreKA lBh pRcaya ma org laen ri pd aq sHabatx sendiri…
    dikala ego itu datang mereka bgitu cpt mlupakan arti sahabat sejati…..!!!!!
    hikz hikz hikz hikz hikz hikz …….

  115. saiia berkata:

    saya mo bertanya ne..
    bagi yang bisa jawab,,tolong di jawab..hehe.

    misal nya ad 2 orang sahabat..mereka si A dan si B..
    si A sayaaaaaaaaang x m si B..
    si B pun jg pernah bilang klo dy jg sayaaaaaang x m si A..(tp,gk tw bener pa enggak)..
    dy mmg sering cerita kLo dy ada masalah..tp,dengan catatan cerita tu hanya mengenai masalah keluarga,temen,suntuk..
    bukan tentang cinta misal nya..
    malah dia lebih sering cerita kayak gitu sama sahabat nya yang laen..
    saya hanya bingung,,apakah dy belum sepenuh nya percaya sama saya??
    atau dy hanya malu bicara keg gtu2 sama saya??
    atau dy belum menganggap saya sahabat sepenuhnya???

    tolong d kasih saran nya..

    makasiii.
    ^.^

  116. Angginie berkata:

    sahabat……………
    ya che da d.kala suka or duka tp lw sahabat ngerebut facar ndri gmn tuch??????
    pha to arti’nya????????????

  117. arya's berkata:

    sahabat adalah orang yng Nerima kekurangan n’ kelebihan kitA…
    n ada di Saat duka mauPun suKa…
    thank’s buat sahabT2 aq mua….

  118. shElly berkata:

    Ehmmm…..
    manurut Q sahabat itu nggak mutlak…
    nggak sprti khdpn….
    dulu Q pernah pnya shbt cow 4 org…
    pi,sejak Q pnya cow n cow Q itu ngelarang Q berteman ma mereka berempat . sumpah Q sedih bgt …..
    sering Q kelai dgn cow Q gra2 shbt Q…….
    Q selalu ngebela sahabat Q…..
    Q sangat kehilangan sahabat2 Q itu …..
    pi,Q senang, semenjak Q putus dengan cow Q karena sahabat2 Q kembali seperti dulu lagi……….
    I LOVE FRIENDSHIP….

  119. Syahroel Khan berkata:

    Klo menurut Aq …

    – Sahabat adalah seseorang yang lari seribu mil dengan tergesa-gesa dan kembali dengan segelas air saat melihat bibirmu kering
    – Sahabat adalah perjalanan tanpa batas ke negeri pelangi
    – Sahabat adalah bahu untuk bersandar saat kau butuh dukungan, tepukan di punggung saat kau melakukan sesuatu yang baik, dan telinga yang bersimpati saat kau gagal
    – Sahabat adalah seseorang yang menabung sen demi sen untuk membeli sesuatu yang kau pandang tak henti
    – Sahabat adalah seseorang yang menelponmu dari benua lain untuk menanyakan kabarmu karena di tengah malam buta itu ia tiba-tiba memikirkanmu

    Tak mudah untuk kita hadapi. Perbedaan yang berarti
    Tak mudah untuk kita lewati. Rintangan silih berganti
    Kau masih berdiri. Kita masih di sini
    Tunjukkan pada dunia. Arti sahabat
    Kau teman sehati. Kita teman sejati
    Hadapilan dunia. Genggam tanganku
    Tak mudah untuk kita sadari. Saling mendengarkan hati
    Tak mudah untuk kita pahami. Berbagi rasa di hati
    Kau adalah. Tempatku membagi kisahku
    Kau sempurna. Jadi bagian hidupku, apapun kekuranganmu
    ( Nidji – Arti Sahabat)

    • Hj. Rita Akhyat berkata:

      aku punya sahabat…,bagiku dia baik banget, perhatian, supel dan segala galanya dech…..
      tapi…baru aku tau ternyata dia bagai ular berbisa…, gak bisa liat sahabatnya senang dia langsung gak enak hati…, dan gilanya lagi dia suka njelek2in sahabat dia yg lain..kebayang gak tuh…gimana nih orang.
      Kalau didepan kita baaaiiik banget, pas dah dibelakang ya ampun …gak puas2 dia njelekin kita. Sekarang nih..dia malah gak punya temen apalg sahabt..
      Masyaallah…. kog bisa ya spt itu….?? tp…untungnya aku masih punya sahabat yg mmg bener2 bisa dikatakan sahabt.

  120. rizky berkata:

    sahabat it di cari sulit….kta terkadang ingin dy mnjadi sahbt kita….tp dy tdk…..pi dri situ kita gag blh mnyerh …kita ruz mnyakinkan dy klo dy pnting bwt kita n kita berarti bwt dy…..pengorbanan ini di sbut “berikan dagingmu maka tulang yg kaw dapat….” yah it lagh sepatah kata untuk jngn mnyerah mncari sahabat

  121. lastri berkata:

    seseorang bs dikatakan sbg sahabat adalah ketika ia mampu menerima sgala kekurangan sahabatnya menjadi sesuatu hal yang sempurna karena disitu arti dari persahabatan itu akan terlihat lebih nyata dan tulus.

  122. khusnia wati berkata:

    menurut saya Sahabat adalah orang puuaaaliiiing bangetz bisa mengerti tentang aku,meskipun kadang sahabat pernah membuat saya sakit hati tapi aku akan berusaha untuk bisa menyelesaikan itu semua.sahabat adalah segalanya buat ku

  123. violet_lupers berkata:

    menurut saya, sahabat adalah sesuatu yana berharga, tidak bisa bibeli dengan uang namun bisa didapatkan dari sebuah ketulusan hati. Disaat aku sedih dan senang, dia selalu ada, dan dia kan selalu terkenang dihatiku untuk selamanya. FRIENDSHIP IS THE BEST OF LIFE.

  124. fia berkata:

    MEMang Shabat ADALAH SESEoRg Yg mNmanI kta SEriap SAAT
    sUka & dUKA
    sahabat ADALAH s’GALANYA

    tapi TERKADANG sahabat jga membuat kta sakit hati………..

  125. ali asghor berkata:

    aq dulu mempunyai seorang sahabat yang membiuat diriku menjadi sempurna banget dan sekarang aq merasa sedih banget karmah aq merasa kehilangan benget…. ya… karna aq secara lancang mencitainya…

  126. ali asghor berkata:

    ya.. yang sebenernya aq kehilangan dia bukan karna aq mencintainya… aq pun sampai sekarang masih binging kenapa sampai saat ini masih marah ama aq.. ya… tolong kasih aq solusinya dong…

  127. toni berkata:

    Sahabat… Sahabat terkadang bisa buat kita senang… Tapi sahabat juga bisa membuat kita terluka… Dikala engkau senang,… Dikala engkau sedih,… Hanya kepadaku engkau bersandar… Sahabat…, Kenapa engkau hadir dlm hdupku… Kenapa engkau membuatku menangis…? kenapa engkau senyum dlm tangisku… Begitu mudahnya kau melupakan persahabatan kita… Sia2 kita bina persahabatankita ini… Selamat tinggal sahabat sejatik

  128. fiEmIL berkata:

    duLu q mEnGartIkAn sAhAbAt adALaH sEbuAh eneRgI yG mEmbUaT kItA bS tEtAp bErtAhAn dLm kEadAaN DIbAwAh,dAn dY yG mEnEmAnI kiTa dI sAaT kItA sEnAnG,tP skRnG sEmEnjAk q bErsAhAbAt mA dY q mEngArtIkAn sAhAbAt sEbAgAi orNg yG mEmbUat kItA sELaLu sEdIh mRasA bOdOgH dAn q sUdAh maLaS mEnGartIkAn dY sEbAgAi sAhAbAt

  129. s0bAd_pUp berkata:

    ehm, jujur q nNgs bca artikel ne, dres bangt.. y q ngrsa shabat tu pnting bngtzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!! q mkir, apkh q ud jd shbat yg sjati bgi shabat aq??

    q pny bnyak tmen mang, shbt ug, tp nmanya SAHABAT SEJATI, q cmn ad 1, n aq brsykur bngtzzzzzzzzzzz, bz jd shbtx dy..
    dy slu ad u/q, slu p’htiin aq, pkokx dy tu mang THE BEST bngtz bwt aq!! tp aq sdih, q gc sblikx w dy.. dlu dy ug ngnggep aq the best friendx (ktany ru kli ntu dy pny best friend, pdhl sjak dlu shabatx bnyk bngt), n nruh aq d tmpt trndh dlm htix, aq pun bgtu.. tp stlah mslh itu trjdi…
    iy, shbatx (yg jg shabtq) yg sblonnya dket m dy tu ngrsa si BFq dh brubah smnjak jd dket bngt m q, ktany dy jd g adil gt, n yg blang gt bkn cmn 1orang, tp bberapa shbtx dy yg ug shabat aq..
    truz BFq ntu cmz lw dy mw brsha adil k shabt2x yg laen n naruh mrka smua d tmpt trndah dlm htix n mnjdikanx best friends..
    y sjak ntu q nngis tiap hri, krna skapx k aq jd brbah, jga jrak lw d skul, jrang naek bcak breng, cmzx ug agk bda, q k humzx dy ug bru2 ne,,
    y, tp ckr dy mlai sprti dlu lg, q sneng bngtzz 🙂 🙂 🙂

    maap, q gc bsa jd yg trbaek wt s0bad, mskn q dh brsaha skuat-kuatx,,
    s0bAd adlh yg TEBAIK slmax!! q gc akn nmuin yg lbih dr s0bad,,
    n jka qt psah nNt, te2plah jd s0bad 0nlineq yc! yg kmn aj slu cmzn,,,
    q chyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaank bngtz m s0bad!!

    ug shbt2q yg laen, q ug gc akn lpaen klian, n gc akn nmuin mkhluk srupa klian d dnia ne,, jgn lpaen aq yc!!
    q brsyukur atas klian 🙂

    -trai-

  130. s0bad_c0nect berkata:

    eHm………. q nangs lho pz bca kmentarnya sobad……………
    tHx bgtz yc sOb….. tHx bGtz ud mw jaDiin q yG tRbaek…. (wt s0bad_pupqwh) =)
    jUjuR,,,,,,,,,,,,,,,, q cNeg bGtz puNya bNyk sHbat…..
    tP aD 1 sHbt yG bNer2 tw q bgTz…. ampK hal skEciL apapun…. q cneg bgtz puny shbt kyk dy…. cneg bgtz pkoknya…. q b’sykUr dpRtmukan dG dy…
    q jD tw lw pNya sHbt tu gc iS dbnggain lwat status tp ug arti p’shbtan it ndiri…..

    q dLu pny mSLh tnTng sHbt.. n nE msLh yg mNrutq paLing besAr n pLing gc iS q lpAin….. msLh ne ngBkin q nGejauh dRi s0bad_pupqwh… q tW, sBnerny q sLah wktu it…. sLah K SoBAD_pupQwh n sLah k sHbt2 yag LAEn….. Q ShrUSny gc nGjauh dR sobAd_puPqwh…. ne Bysanya dslesain breg… maap yc sob… =( q dLu ngLkuin it kRna q trLu chyank m sHbtq yg satU it…. tp wKtu iT dY mKirnya lw q ud bKin dy Ckit htI….
    hUfh….. q pnGen cmWny is d uLang lg,,,, n q aKn nGrbah cMwnya….
    tP cKr msLh it ud cLce, q sNeg cKr q iS dkEt lg m sObad_pupqwh…
    sBnernY q mSh anGgp dy BF,,,, n sHbt2q yg laen ug q anGgp BF… tP bDa aRti BFnya…. n yg tw aRti it mGKN CmAN Q n sObad_pupqwh…. hehe… kRna kita yG ngRsain…

    sLamqwh wt cmw sHbt2qwh….
    tHx bGT sLma ne ud mw jD sHbtq…. mGkin lw q gc ktmu kaLian, q gc aKn tw aP aRti p’Shbtan sSngguhny…. q cHYANK kaLian cmw…

    jGn pRnah siA’in sHbt kaLian yc… mGkin cKr kaLian2 gc AkN nyDar, tp lw kaLian ud khLngan sHbt yg kaLian chYANK… diSituLah kaLian akN tw gMn rAsanya….. Q pRnah nGrzain it n q gC aKn bIarin it tRjdi Lg!!!!!
    hUu… q sDh bGtz nTr lg mW pSah…. T.T

  131. emi r berkata:

    aku nda tau apa definisi sahabat itu… tapi yang aku rasakan sahabat dapat membuat kita nyaman berada di dekatnya dengan keadaan kita yang apaadanya tanpa harus menutupi kekurangan kita… kalaupun dia jauh kita tetap dapat merasakan kehadirannya… sahabat membuat kita lebih mengenal siapa diri kita…. mengajarkan kita menghargai orang lain serta peduli terhadap lingkungan sekitar….

  132. vj vovo pc berkata:

    hanya 1 yg bisa aq ucp kan bt lu gyuz2. . .
    sahabat wali allah di bumi. . .
    sahabat bgai kan tangan tuhan yank merankul pundak ini,saat kt lemah . .
    sahabt yg melepas kan jiwa yang jahat dri tubuh ini
    i love my efections ku(SAHABAT)

  133. lia berkata:

    menurut saya sahabat adalah orang yang selalu ada didekat kita, dulu saya punya banyak teman, dan saya sudah menganggap mereka semua adalah SAHABAT. Akan tetapi saat saya berpisah dengan mereka, mereka seolah tidak ingat lagi dengan saya, bahkan sampai sekrang mereka tidak pernah memberi kabar tentang keseharian mereka. Padahal ada salah seorang sahabat saya yang satu sekolah sama saya, akan tetapi setiap berjumpa, dia seolah tidak melihat saya, tapi saya ttp sabar.
    jadi menurut saya sahabat bukan terlihat dari paras wajah, akan tetapi dilihat dari hati yang paling….. dalam.

  134. dino antapani berkata:

    sering sekali saya jadi tempat curhat taman saya, jujur saya kesulitan mendefinisikan arti sahabat dan menklasifikasikan teman-teman saya, apakah dia seorang sahabat atau bukan.
    akhir2 ini, ada seorang teman, dia sangat percaya sekali denganku, akan tetapi, karena aku berbuat salah, dan mungkin juga sangat fatal. dia menjadi enggan dan barlaku beda. meskipun dia sudah memaafkan aku.
    tetapi jujur saya sangat kecewa dengan dia, karena dia pernah dan bahkan sering mengadu bahwa teman terdekatnya mengacuhkan dia saat kondisi senang, dan selalu datang saat punya masalah,
    dan sekarangpun dia berlaku sama kepada saya, dia lupa saat lagi senang,.
    apa ini konsekuensi kesalahanku shg aku tidak dipercaya lagi atau emang dia begini orangnya?
    apa yang sebaiknya saya lakukan?
    terima kasih..

  135. RAJA FADZILLAH berkata:

    gimana sih, , ,???
    cara mengadapi sahabat yang plin plan,terkdg sikapnya tu buat kita geram ama dy???
    ad yg bisa jawab ngak????
    jawab ya?????????

  136. SUNNY BUTARBUTAR berkata:

    Hello temen temen smuanya pa khbar ????
    Aku mo crita sdikit tntang sahabat aku yang satu ini………aku bersahabat ma dia mlai dari SMA dia klaS 2 STM dan Aku Klas 3 SMK (27 mei 2008 sampai skarang)….dan kbtulan jga kita satu kontrakan dan dia adik klas aku.

    sbelum aku knal ma dia, ternyata dia udah knal dluan ma aku……tdak ada kata knlan di antara kita dan persahabatan itu pun langsung terjadi……

    pada saat itu kbtulan ada hari libur skull dia langsung ajakin aku Berlibur ke taman wisata..dan entah knapa hati aku trus terbuka untuk menjawabnya ya aku mau asalkan temen temen yang lainnya pada ikut……

    trus di menjawab dan berkata jangan entar malah mngganggu lagi heeeheeehee….
    aku gak mau karna mreka kita terganggu dan dia ngmongny yang srius ma aku…..
    tapi karna aku tetap gak mau jadinya tmen tmen aku pada ikut….

    mlai dari situ kita mulai akrab dan kita sering becandaan….
    temen temen smua !!!! yang ni nich sring terjadi klo dia lgi makan pasti dia suapin aku…krna dia tau klo aku lom mkan hhhhehhhheheee

    udah dulu ya lain kali kita sambung dia gi telpon aku nich hhhheeeehhhheeeee

    Thank’s
    Salam knal

  137. jessica_jeje berkata:

    persahabatan di dunia maya….. itu lah yg sya jalani.
    tawa.,tangis.,slalu menghiasi dunia maya…
    dr hanya iseng jd sayang., dr mulai janji jd peduli….
    sahabat adlh kluarga…yg kasih nya tnpa batas……

    luph you teman….

  138. AMIRA berkata:

    SAHABAT adaLah s’s’oRan9 yang paLing mNgerti isi hTi qTa…
    ia ada saAt qTa sDih,taWa,sEnaNg,sUka,dUka n sMua kgiAtan yg kTa LkUkan dYa sLalu ada Utk qTa……
    haL yaNg pLiNg mnYakitkan sAat qTa b’saHabat yaItu saAt qTa kHiLangAn sAhabat qTa……..
    haL dimanA saAt qTa sdAh tak ada Lg yANG MmBANtU QtA…….
    DSa’AT ITU,qTA MrASA bNar” sNdiri tanPa saHabat yang dULu mnGhibur qTa………….
    1 pSan Q,jGan p’nAh saKiti hTi sHbatmU n jgN p’nah kHianaTi sahabatmU,sBab qTa akN mRasakN ksDihan n ksPian mLbiHi qTa d’tgGal oLeh kKasih qTa….
    ksMpaTan qTa mMiliKi sHabt h’ya sdKit. k’na sHbat sjati itu susH S’X DcRI………… (tHX) 🙂

  139. jono berkata:

    Jadilah sahabat yang baik untuk orang_orang di sekitar anda, jangan kecewakan sahabat anda hanya masalah yang sepele, sahabat yang baik akan selalu menemani walau dalam keadaan suka maupun duka….

  140. rani ardina berkata:

    sahabat itu bagaikan mata n tangan apbla tngan trluka maka mata akan menagis.. tp apbla mata mnangis tangan lah yang akan mnyapunya..!!!!!!
    By: sahabat PABELINDIRA

  141. iqoh berkata:

    sahabat itu adalah orang yang tidak pernah menyakiti hati kita biarpun pernah mungkin itu hanya hal yang kecil entah karena kepribadian sahabat kita atau karena hal lain.

  142. violet berkata:

    Terkadang seseorang yg mengaku sahabat belum tentu sahabat. Tp seseorang yag tanpa terduga dan sll ada disaat senang atopun sedih, itulah sahabat sejati…

  143. zena tiffani berkata:

    tetapi sahabat ku telah ngianatin ak …
    ak ingin memiliki sahabat yang gag jahat ama aku sahabat ku jaga lah ak maka aku akan mejaga mu

  144. Martha berkata:

    Sahabat itu,
    apa ea? gag da yang tau psti pa artu dri shbt p bl dia blom mrs pny shbt. Sahabat itu harus sll qm rz d stiap qm brnfs. Artinya, TUHAN lah SAHABAT SEJATI qt.

  145. awan berkata:

    sahabat adalah orang yang mengerti apa yang kita rasakan……meskipun dalam keadaan sesulit apapun dia akan tetap ada untuk kita,,,,,,

    walaupun saat ini aku udah kehilangan salah seorang sahabatku….
    tapi dalam hatiku dia tetap selalu hidup..
    canda tawanya dan semangatnya akan selalu menjadi spirit dalam hidupku..q sangat ingin sekali bertemu denganya tapi itu mustahil kita sudah berbeda alam….walaupun begitu aku akan tetap menjaga persahabatan yang telah kita jalin selamanya….

  146. wildan darsono berkata:

    Sahabat adalah orang yang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita cari atau kita jumpai, karena mencari sabat sejati itu memang bener-bener sangat sulit.

  147. wildan darsono berkata:

    Sahabat adalah orang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita cari atau kita jumpai, karena mencari sabat sejati itu memang bener-bener sangat sulit.

  148. megga nola utamii berkata:

    yapp . sahabat iang saya carii adaLah teman iang tidak mementingkan materi semata,dan sbagai na ..
    tp knpa ada seseorang bilang saat itu , ” kkamu mau jd sahabatnya hanya untuk materi.” pdhaL tidak . jadi sekarang saya menganggap saya suda tidak punya sahabat lagi . 😦

  149. karban berkata:

    Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk

  150. astuti berkata:

    arti sahabat buat aku itu adalah warna yang cerah,,,karena tanpa sahabat kita tidak bisa mengenal dunia ini yang sangat indah….
    sahabat akan selalu ada,,,,

  151. Intan berkata:

    bwt aQ SAHABAT i2 mmpunyai sebuah arti yaitu :

    S > satu
    A > aib
    H > hanya
    A > akan
    B > bersih
    A > apabila sahabat
    T > tak brhianat..

  152. dewi berkata:

    sahabat …?
    que pnya shbat, shbat yg kdang gag ngrtiin que, shbt yg kdang cuekin que, shbat yg kdang gag ad wktuque btuh mrka …
    V, ap pntas itu d blang shbat …?
    mrka blang lw que shbat mrka, v ap yg mrka lkuin itu adlah prlkuan dri seorang shbat kpda shbatx ndrie …?
    q bnci m shbat que, v que jga syang m mrka …!
    que hrus gmna ngadapin mrka ?
    ap mrka sngaja brbuad kyak gtu m que …?
    v alazanx ap …?

  153. ria novita sastra berkata:

    saya pernah punya sahabat bahkan kami waktu itu memebuat group persahabatan berinisial DA.kita waktu itu ber 3 .tapi satu seketika sahabat kami yang satu.ya bisa dibilang berkhianat dibelakang kami,akhirnya kami ber 2.tapi kita berdua ada masalah lagi kita hampir aja malah jdi musuhan cuma gara-gara masalah kecil.emg sih itu aku yang buat.tapi aku binung yang namanya sahanbat itu kan gg bisa ngeliat sahabatnya sendiri.

  154. ade rezkya melia berkata:

    menurut gue sahabat itu adalah tempat di mana ki dapat mencurahkan segala isi hati kita kpda sahab kita dan sahabat itu adalh tempat dimna kita dpat bermain bersama barcanda twa dan lain2 .dimna kita dpat mendpat masalh ska maupun duka dia pasti akan slalu ad di samping kita ………i love friends…………:)

  155. mitra berkata:

    orang bjsa mengatakan orang yang peduli a5 kita ,bahkan persahabatan tak ada yg mengangap nya ,orang2 pd bodohnya ,apalagi sahabat yg xu kenal tdk mengangap ax ada ,sakit baget ax ,hidup tanpa sahabat juga sunyi ,bt bt bt bt ??????????????????????????????

  156. Veima berkata:

    Sahabt ga berarti apapun bwt ak………
    karna ak ga pernah punya shabta yng bsa setia
    dy menhianati ak………
    sakkkkkkkkiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttttttttttttttt bgt…….
    bgi ak shabt itu busyitttttt

  157. pras berkata:

    sahabat it orang yang paham ap yang ada pd diri kita,,, dia akan ada dan slalu ada untk kita,,,,tp tkadang yang namanya saabat dpt melukai hati kita…

  158. bella chayank afgan berkata:

    klo sahabat sya:

    1: tidak menemani saya apabila sedang sedih
    2: tidak setia
    3: sekarang menjadi berubah
    4: tidak terbuka
    5: memikirkan dirinya sendiri
    6: ska mencemooh saya…..

    apa itu yg d namakan sahabat?????????????????????????????????????

  159. rangers yoman berkata:

    sahabat memang b’arti buat kita….
    sahabat selalu mmbuat kita bahagia saat kita sdang b’sdih…
    ttpi sahabat jga bsa buat kita kecewa, karna se org yg sdang dya syangin oleh sahabat kita dan tu semua bisa mmbuat p’sahabatan yg tdi nya kuat mnjadi bubar dan terpecah belah…

  160. Grace Tampubolon Berkata: berkata:

    Hmmmmm……………

    saHAbat sama jG menyakitkan kita
    maunya kata Doang tP di haTi keberataN

    s’benaRnya sahabat iTu tempat kita curhat………

    aH……….Gk taU lah
    PUSIng>>>>>>>><<<<<<<<<<<

  161. Puput Anggraeni berkata:

    aQ syang sahabatQ…krena tNpa mreka aq gk kHan bSa berdiri dLm hdup y6 aQ jlani skarang,bKanx Lebay..tPi mang kNyta’ax gthu..aQ pux shabt yg memNg bner2 aQ anggP sbgai shabt…krna mreka s’Lalu mngerti aQ..
    sePrti halx Pcar,Ayah,Ibu,Kaka’,Adik…
    jdi shabt itu bSa mnjadi Cp ja….
    Aq syang Mreka…aq gk kan Mw khlngan Merka….dan Skareang Aq lgy jauh ma sLah stu ShabatQ,,dan itu Rsax SAKIIIIIIIIIIIIIITTTTTTTTTTT bget,,dan sKarang Pun dy dah gk nganggEp aQ shabatx L6y…….

  162. q_ra berkata:

    sahabat itu ornk yg mngrti qtq baik suks maupun duka . bwat w shbt tu sglax , tnpa mrka qta g kn bs hdup sndri , mrka yg bwat qt smngat n bngkit lg. dlm diri w shbt tu g bs d gntiin ma apapn , coz mrka da hdup dlm diri w, khlngn shbt tu lbih skit , w g tau pa yg gw lkuin klo mslx shbt tu g da . motto shbt dlm diri w : mrka ornk yg hdup n tmbuh d dlm diri w .
    w kn truz brjuang klom shbt w mrh ma w, w pnh nglamin tu smua .
    LUV U ALL MY BEZ PWENZ

  163. arazh berkata:

    sahabat itu mmg indah,
    dy sllu mnemani d’sat qtta t’tawa,sdih,mrah atw bhgia..
    pii sahabat sa m’jadi musuh t’bsar dlam hidupmu d’saat dy m’hianatimu..
    rasa sakit’a mlebihi sakit d’duakan cuz shabat lah yg tau sisi luar dalanmu m’lebihi org t’dekatmu..
    *m’cari musuh itu gmpang..
    *m’cari pcar pun mudah..
    *pii m’cari sahabat yg tulus n sa brda dg qtta d’sat qtta t’tawa nd sdiih itu sgt ssah, yg sa d’ajak senang nd ssah itu sulit d’crii..
    jaga lah org yg sdh m’jdi shbtmu nd hargai lah dy…

  164. eka viola berkata:

    sahabat adalah segalanya ,sahabat adalah teman setia sampai mati,sahabat adalah orang yang sering memberi kta suport sering memperhatikan kita sering menghibur kita saat sedih susah maupun senang ,sahabat bagaikan malaikat

  165. sEm berkata:

    .. SAHABAT adaLah dia yANg mEngHampiri ketika sELuruH duNiA mEnjauH , kARenA pErsaHabatAn sEpERti tANgan dEngAn mAtA , saat tANgaN tErLuka mata mEnaNgis sAat mAta mENaNgis tangan LaH yang mEngHapusnya ..

  166. rIeE_gonzalez berkata:

    SAHABAT adalah orang yang mungkin akan slalu ada di kala kita membutuhkan seseorang yang mungkin bisa membuat kita lebih baik..

    SAHABAT juga slalu mengerti pha yang sedang kita rasakan terlebih lagi ketika kita lagi ada masalah….

    well, law kalian merasa kalian sahabat yang baik
    jangan pernah nyakitin sahabat kalian sendiri…

  167. roy berkata:

    sahabat…
    takan pernah terhapus kenangan saat kita bersama ….
    menjalani hidup yang penuh berwarna warni…
    kenangan saat kita sekolah takan aku lupakan dari ingatan ku sampai masa tua ku …..walau pun rambutku memutih…takkan pernah terhapus
    kalianlah sahabat sejatiku…..!!!!

  168. roy berkata:

    sahabat …
    takan pernah terhapuz kenangan 2 terindah antara kita…
    aku kan selalu merindukan kalian semua …
    di mana pun kalian berada

  169. dra berkata:

    kl mnrt sya btul shabat adlah orng yg hrus mngenal sya lbih dlm baik dlm kluarga ,pribadi , sampai hal terkecil apapun??? tpi inget SOBAT PLEND ALL cmua,,dri smua sesosok org yg dkat dgn qt yg pling sensitif yaitu sahabat,,krna mreka dpt mmbrontak swaktu2,,keyy jd jgn 100 % leh prcya,,,wlau g smua.a,,,,

    bwat shabat2 ua THE CAMVER’S AND D’CRUENTIL I MIEES UUU
    qt hrs brjuang mnghadapi dunya yg gnas dng tebaran senyoeman shabat ……….. occccccccc

  170. patiug berkata:

    SAHABAT…….aq tak bisa ungkapkan sepertyi apa sahabat itu, yg jelas mereka adalah orang yg akan tau siapa aq sesungguhnya, bhkan bisa lebih dr pcar,,,,,tapi knp aq blum menemukannya??????

    Dmn kalian sahabat- sahabat??????
    Bgm tampangmu???????
    Siapa namamu?????
    DMn kita bisa bertemu????

    SAHABAT……..
    Aku lelah mencarinya>>>>>>>>

  171. ria berkata:

    meneurut q sahabat itu salah satu orang penganti orang tua,misal kita sering menghabiskan waktu bareng sahabat,tapi bagi ku sahabat itu gx adha sebab q gk pernah mendapatkn seorang sahabt yang bener shabt buat q .

  172. Dinda Bestari berkata:

    sahabat sangat penting bagi kita.. sahabat adalah motivasi kedua dari ortu kita, tanpa dia aku ga bisa jadi apa2 sekarang.. tanpa dia,, aku ga bisa mencurajkan isi hati,,
    white.. maafin black..
    thank’s sob…

  173. AnieZ berkata:

    sahabat….,

    bukan lh kta yang mudah terucap dgn kta…..,
    shbt ad d’saat qt mmbtuhkn x……,
    tapi ap yang hrz d’lkkn klo swt saat q mngecewakn x???????????????
    npa stiap kta q sreng bwt dy nngiz????????

    npa dy kluar’in air mta yg trllu brhrga ituw cma bwt orang yg gag pntenx ini?????????

    ap q pntez bwt jd shbt x??????

    dy trllu baek bwt jd shbt q,,,,,.q lum bza dpt kta shbt dri x…….,

    moga gag da prpsahn…..,

    for my BF……,^_^

  174. windy berkata:

    sahabat? menurut ku sahabat yang baik tu jarang banget di temukan, menurut ku sahabat yang baik tu sahabat yang selalu peduli sama sahabat nya sendiri. sahabat yang baik juga gak kan meninggalkan sahabatnya dikala susah palagi sakit.dia gak kan meenjauhinya, malah selalu di sampingnya….
    dimana aku bisa menemukan sahabat kaya tu,,,?

  175. TB cici nursyamsi berkata:

    saya punya sahabat namaya din
    udah lama kita mejadi sahabat namun mingu ini sayah kehilangan komunikasi. dengan sahabt itu. ntah apa alesanya????
    sayajuga ga tau. apa yang haru aku lakuaan

  176. fina berkata:

    emang sih ya sahabat itu tak terganti , selalu aja ada yang membuat kita berwarna dlam hidup sahabat emang sungguh sempurna , memiliki sahabat itu indah dri pada kita mempunyai bnyaj harta , mencari sahabat itu susah karna kita harus melewati rintangan rintangan yang mungkin susah di lewati tapi aku terus meyakinkan pada hati ku kalau rintangan itu gampang dilewati nya jika kita percaya kepada sahabat kita , tapi tak selamanya sahabat itu indah kadang mereka terjadi perbedaan , perebatan , permaslah sampe2 permusuhan seperti yang ku alami sekarang dulu ku kira punya sahabat baru itu indah sekali seperi hidup di kota yang indah tapi tak lama banyak masalah kecil yang dibuat nya menjadi besar dan aku tau dia tidak bisa melewati malash ini sehingga dia melwati maslah ini dengan emosi dan akhir nya putus lah sudah tali persahabatan kita 🙂 sunggu itu membuat ku tak layak hidup membuat ku hidup di kota yang suram tapi hati ku terus berkata sahabat akan menemui kita lagi 🙂 mudah2an shabat yang aku maksd bisa memaafkan masalah kecil itu 🙂

  177. ratna berkata:

    seorang sahabat adalah ibarat tubuh yang apabila ada salah satu bagian tubuh yang sakit maka bagian yang lain juga ikut merasakan…sahabat buat saya adalah teman yang memberikan kualitas hidup yang luar biasa..bukan karena kebaikannya lantas kita menganggap teman menjadi sahabat, tapi justru karena kejujuran yang menyakitkan yang mengasah kita untuk menjadi manusia yang jauh lebih bermakna..
    **Jangan pernah sia-siakan 1 sahabat sejati dan percaya dengan seribu orang yg mementingkan dirinya sendiri…
    nikmati kebersamaan kalian,nikmati perselisihan di antara kalian.Persahabatan itu pada dasarnya dari ikatan hati. Kita harus mengkui bagaimanapun juga kita ga bisa menghilangkan dia dari hati kita**

  178. gebeg berkata:

    Sahabat adalah orang yang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita cari atau kita jumpai, karena mencari sabat sejati itu memang bener-bener sangat sulit.

  179. fathir berkata:

    sebenarnya udah lama sk pinngin banget hidupku bisa di lalui bareng sahabat tapi kapan yaaaaaaaaaaaa………… tuhan mengulurkan tangannya untukku sorang saaaaaaaaaahabat
    tiap mllm ku slaalu bermunajat padanya…. tapi sjakkkk ku duduk d banku smp mpe lulus dari sma…….. ku gak pernah miliki arti seorang sahabat walau bayangannya saja
    ……………………………

  180. elda berkata:

    SAHABAT….!

    masih mencari sosok sahabat, yang bisa di ajak suka duka bersama…
    bukan keegoisan masing – masing…

    sahabat yang baik tidak akan pernah menceritakan sahabat nya di belakang… selalu menutupi kekurangan sahabatnya,, dan tidak akan pernah meninggalkannya di saat susah.

    kali ini mungkin aku di campakan orang yang udah aku sahabat, ternyata benar,, kita mengakuinya SAHABAT tapi belum tentu dia mengukui kita SAHABAT…

    sekarang buat aku “MAMA” orang tua + sahabat terbaikku,,, ortu g pernah ngeluh,, hiri, atau ngomongin kita dibelakang,,, selalu mendukung g pernah minta imbalan…

    makasih mama buat dukunganmu selama ini… luph u so much

  181. Maiia berkata:

    Sahabat ???

    Dulu aq pcaya ma adanya SAHABAT . Pi , tepat di sweetseventeen aq , aq jd gaa pcaya sama sekali ma arti sahabat .
    Cz why ?
    Soalnya , pada moment yg special , dimana tu hari teristimewa aq , mereka malah pada gag peduli ma aq . Sahabat q yg selalu aq puji didepan semua orang , dia gag dteng sama sekali di acara aq .
    SAHABAT yg udah aq anggap seperti adik aq , dia juga gag nemuin aq disaat hari istimewa aq .
    Dan satu sahabat aq lg , aq yg selalu berusaha ada untuk dia di saat dia susah , di saat dia butuh bantuan , jangan kan untuk menemui ataupun memberikan sesuatu yang special , untuk say happy ja enggag !
    Dimana perasaan mereka ?

    Dianggap pa aq selama ini ?

    Pacar aq ngucapin happy bday k aq telat , dan dia juga gag bisa nemuin aq disaat itu . pi , perasaan sakit aq gag sedalam yg aq rasa k sahabat aq .
    Karena buat aq , sahabat orang kedua yg paling berarti di dalam hidup aq setelah keluarga aq -_-

  182. abay berkata:

    iya saya butuh sahabat,tapi sahabat itu selektiffitas,kita hrs bnr2 bisa memilih pantaskah dy sahabt aq?yg pasti waktu yg menetukan dan kejadian itu sama skali seprti kejdian saya…..
    dan skrg saya sudah punya sahabat yg bnr2 seperti kejadian itu
    ……

  183. indri berkata:

    Sahabat tidak seperti Bayangan, Sahabat selalu ada dalam suka maupun duka sedangkan Bayangan akan hilang disaat gelap datang.

  184. mega permata berkata:

    sahabat……..
    gag bs memahami saat qu brbuat salah….
    tiap org pny kslhn N yg spantasny adlh wjb di.ingetin, f\dksh arahan yg baik, bkn untk ditinggalkan…….. pffffffh..
    gag tw lg dech…

  185. indah berkata:

    cari sahabat lebih susah dr pd cari tmen……,yom tntu tmen bsa bntu kita d saat kita sedih….. tp sahabatlh yg kn sllu ngrtiin N sllu mghibur kita

  186. thia berkata:

    dsaat kita dalam kesulitan dya tidak ada,,
    dsaat dya dalam kesenangan lupa sama kita,,
    apakah itu arti sahabat/teman??????????

    • thiny cgc berkata:

      jng samakan temen dan sahabat, teman hnx untuk kesenangan tp sahabat slalu brsama suka maupun duka khey

  187. Melo kasmarani berkata:

    Sahabat…
    “sulit buat saya mengungkapkan apa itu sahabat, terkadang.. jika seseorang dekat dengan saya, saya sering bilang dy sahabat saya. Tapi, disaaat ngak deket, hati saya mengatakan dy bukan sahabat saya”.
    Oh… aq belum merasakan apa itu sahabat…
    Tapi dari pengalaman saya saya bisa menerka, apa itu sahabat :

    “pada masa SMA, saya mempunyai seorang sahabat yang begitu dekat. Saking dekatnya, semua keluarga dan maslah yang saya miliki, dy mengetahuinya. Tapi, ketika rasa yang menggoda menghampiri saya, saya mulai menjauh darinya. Begitu juga, dengan dirinya. Ia menjauh dari saya. Yap, rasa itu adalah rasa yang birahi. rasa yang pasti ada pada diri manusia. Apa lagi kalau bukan, Cinta ! Ya… ketika cinta berlabu pada diri saya. Saya merasakan dia bukanlah orang yang dekat dengan saya. Tetapi, ada seseorang lagi, yang saya anggap sahabat yaitu pacar saya. Dari sini saya mengangap sahabat adalah pertemuan. Ini adalah pertemuan hidup. So, setiap pertemuan, adalah sahabat. Karena kehidupan adalah pertemuan dan pertemuan adalah sahabat, yang pasti terjadi baik suka maupun duka !!!

  188. ayu berkata:

    Bagi aku sahabat itu penting banget.Waktu ketemu selalu bersama, waktu berpisah selalu merindukan.Sebenarnya aku gak bisa berpisah dengannya, dia sahabat yang terbaik dalam hidupku.
    Dulu waktu bertemu aku dan sahabat menanam pohon yang didalamnya ada mutiaranya, pohon itu kusebut pohon persahabatan.

  189. thiny cgc berkata:

    sahabat yg baik tak”mungkin ninggalin teman demi seorng pacar dan jng pernh ngaku jadi sahabt jika kmu pernh ngalaminnya

      • ReaL berkata:

        gw prnah ko’ nglamin hal yg kyk g2′ …!!

        tpi sbalikX .. shabat gw ninggalin gw haXa demi seorg Cwe’ ….

        sdangkan gw prnah ninggalin cwe’ gw haXa demi dia(sahabat gw)

        krain dia jga bkalan lkuin hal yg sma sperti gw … tpi smua mlahan terbalik dia ninggalin gw n prgi dngan cwe’ i2′ …!!

  190. anu berkata:

    arti sahabat adalah teman yg selalu kita rindukan disetiap saat. Sahabat adalah teman yg bisa membuat kita sedih, sakit hati dan menyesal pernah mengenalnya apabila dia ternyata menganggap kita tidak lebih hanya seorang yg pernah dia kenal saja.

    • shaisyah49 berkata:

      teman bujang yang paling bermakna dlm hidup ,mau tau ngk ………..sebab teman bujang ini bs kt kong cerita ,bs memahami perasaan ,pokok nya enak deh .ngk ada yg bs meng halang persahabatan ………………..

  191. YM_anambz8 berkata:

    sahabat, tempat dimana kita mencari jati diri, kita akan selalu mendengar tawanya ketika kita terdiam sendiri tanpa seorang teman.
    dan kita akan melihat senyum’nya ketika kita melamun..
    kita akan menangis ketika sahabat kita bersedih.

    Ma’afkan aku brother aku membuatmu kecewa,,
    kau boleh saja marah padaku,, tapi ketahuilah aku tidak bisa marah kepadamu,, to A.P._BSA_BKS_ASL_LPG

  192. Bintang berkata:

    Wach bagus banget…menurutku sahabat itu bagai bintang dilangit,yang slalu bersinar walau ada nun jauh disana.

  193. latifa riska nak imuet berkata:

    ada sahabat saya yang namanx’NURUL’tu,dia sangat setia s’kali menjaga persahabatan aku dengannx,tapi sekarang dia mala mencuekku,………
    biasa aku korbankan diriku deminx,tapi dia malah begutu.
    semenjak ada anak baru masuk di kelas di mala membenciku…..
    dia pernah berjanji sahabat akan berlanjut takkan terputus,tapi dia mala begitu dia mengingkari janjix sendiri,. biasa aku sebut sendiri nuurul itu adalah peri biru yang s’lalu menemaniku setiap saat…….

  194. Guntur Morales berkata:

    bagi saya itu sahabat adlh orang yg akan selalu mengerti keadaan di dlm suka&duka yg selalu menemani kita di setiap saat.

  195. kirara kucing berkata:

    aku juga pernah punya sahabat tapi biasa viasa aja tapi sekarang sahabat aku udah di rebut sama jablai di kelas aku ………………………………….

    Tolong bales lagi kata kata ku lagi ya?????????

  196. kirara kucing berkata:

    menurut aku sahabat adalah suatu pertemanan yang sangat kuat dan tak dapat terpisahkan untuk selamanya sampai tuapun sahabat itu akan selalu ada ok………………………………………

  197. selfiana berkata:

    Persahabatan yang erat akan diuji dengan ketidakpuasan, kekecewaan, juga rasa kesal pada sahabatmu. Dengan saling memaafkan akan semakin erat persahabatan itu…………

  198. dewi berkata:

    Menurut saya sahabat adalah udara bg qt bla tnp sahabt hdp qt trsa brkrng tp trkdng sahbt haya melukai persan qt tp demi sahabt qt rela seprt yg tjd ma q sahatb q slalu bwt q ngrasa gk xmn dktx dia slalu bkn q ngrsa beku stiap sexmx tp mereka tak pedulikn q mnkn yg dianngp hx slh 1 sahabt q jg q brtx2 apakah yg jd sahabat q selama ini bkn sahabat q sejti krn menrt q sahabt gk kn prnh mndngnkn sahabtx hngga mmbeku tp mmbr kehngtn dlm hidupx

  199. iwan berkata:

    setiap saat bayang slalu hadir menerpa meski pikiran ku di penuhi dengan kebohongan….namun semua membuat ku sangat suka karena semua beban berat kan kurasakan ……rasa itu selalu ada dalam hidup ku membuat gelora membara di setiap langkah ku genggam erat semangat di setiap hembus nafas ku oh kini semuanya telah berubah tapi tidak persahabatan kita…kata kan lah dalam hati mu ” dia adalah sahabat ku” ketika kau mendengar nama sahabat mu…….

    one n’ bulz team ready to war

  200. cHrisTeIa berkata:

    bagi aquu seorang shbt ntu sgala.ny ,
    dyaa bagian dr hdp aquu .
    klo aquu hdp tanpa sahabat ntu hampa ,
    adaa satu ourang yng amat quu sxnk ,
    aquu mau laku in apaa.pun buat dyaa ,
    cz aquu yakin dyaa adlh sahabat sejati dlm hdp quu .

  201. Alya Athaya berkata:

    Shbt itu org yg paling tau apa yg kita rasakan 🙂 , shbt jg bukn org yg MUNAFIK , tp shbt itu org yg membntu kita dlm kesusahan :).

    • shaisyah49 berkata:

      tapi ngk semua kayak .kadang aja jg shbt yg mau menghianati kt ……….klo mau cr sahabat yg benar jgn asal nyarik nantik km sendr yang susahb ……………..

  202. Mutiara berkata:

    Sahabat ittu yang bisa menerima kekurangan dan kelebihan kita dengan lapang dada. dan bisa menasehati kita pada saat kita berbuat salah kepada siapa pun. ada di waktu kita sedih, senang, dan bahagia. Ittulach arti sahabat menurut saya….

  203. Febrina berkata:

    sahabat itu,, orang yang selalu ada untuk kita disaat kita sedih maupun bahagia…
    sahabat itu,, orang yang akan slalu menerima kita pa adanya, menerima kekurangan n kelebihan yang kita miliki…
    tidak memandang dari cakep atw gx, yg penting “frienship 4ever”
    ikut merasakan yang kita rasakan, ikut bahagia saat kita bahagia n ikut bersedih saat kita sedih…
    selalu memberikan ketenangan disaat kita berderai air mata…
    selalu memberikan solusi yg tpat saat kita da msalah…
    selalu “care” ma kita n yg pasti teman yg cocok ntuk dijadiin temen curhat….

    jadi,, jangan pernah menyakiti sahabatmu ya….
    ’cause mencari sahabat itu lebih susah dripada mencari musuh…!!?
    “”I LOVE MY FRIENDSHIP””

  204. kiky berkata:

    INDAHNYA TAMAN KARNA BUNGA
    INDAHNYA BUNGA KARNA WARNA
    INDAHNYA BULAN KARNA CAHAYA
    INDAHNYA DUNIA KRNA PERSAHABAT
    tak ada kata yang ku bisa ku katakan untuk sahabat karna nya
    sahabat ialah yang terbaik bagiku bila aku harus memilih antara teman kekasih dan sahabat ,aku lebih memilih sahabat walau disana banyak sekali masalah disitulah persahabatan akan terasaeratdan danbilamana kita bisa menjaganya sahabat itu kan mengikuti kita dan membimbing kita

  205. Emond berkata:

    sahabat adalah: seorang teman yang lebih dari teman…….
    dia selalu ada bwt qta,sa’at qta susah,seneng slalu sma2…..

    tapi beda am ap yag w rasa’in……..

  206. dinda berkata:

    mnrut sya ..

    shabat ?
    semua urangpasti punya sahbat ..

    sahabat ga selamanya ada buat dri kita .
    tai sahabat slu ad dihati kita ..

    dyah yg udah ngncurin ersahabatan syah sndri ..
    sayh yg udh ninggalin mreka ..

    tapi saya akan sllu syang sma mrekasmai kpn pun ..
    krna shabat akn dan slamanya adadihati sya ..

  207. tio prasetiyo berkata:

    sahabat itu menemani kita dalam suka dan duka
    sahabat itu bisa membantu kita jika kita sedang kesusahan
    sahabat itu bisa membuat kita tertawa
    sahabat itu bisa membuat kita senyum

    oke………..y teman2 semua

  208. devi berkata:

    sahabat adalah,,………. bisa dibilang dia adalah salah seorang yang bisa kita percaya, dan patut kita sayangi,, sahabat selalu hadir di kala kita susah ataupun senang,,,,,,,,,,,,,,,,





    ‘”

    tapi sejauh ini,,,,,,,,, q belukm pernah menemukan,,,,Sahabat SEJATI,,,,,,

    • chery berkata:

      mungkin sahabat yg kmu crie ad ddkat kmu v kmu gck bza mnxadari dia ad ddkat mu n slalu ad dstiap lngkah mu……!!!kmu trlau asyik mncrie ampe gck smpat mnxadarie dia ad……!!

  209. dita berkata:

    .’sHbT adlh sGlNyA bUaT sMuA…tAk ad sHBt oRnG bkL kEsEpIAn dAn AkAn sUnYI….dAn tDk bRtI dAN tDk bErwArNa hRi-hRi nY… mK nY JgA pErShBtAn nY, jAgN SmP rApUh..OK mY fRiaNd

  210. dhini berkata:

    sahabat adlah senyuman kita,sahabat bisa mengubah liar menjadi jinak,sahabat merupakan tumpangan kita dikala sedih…
    tapi dimanakah sahabat seperti itu???
    Apakah mereka masih ada???

  211. janter marihot berkata:

    sahabat adalah teman yg sama2 merasakan suka maupun duka
    selalu bareng kemana2
    selalu mengerti apa yg kita rasakan
    orang yg sangat berat untuk di lupakan
    susah senang selalu merasakan bersama………..
    orang selalu dekat dengan kita

  212. janter marihot berkata:

    sahabat adalah
    sesuatu yg tetap ada meskipun hari terus berganti akan menjadi harta yg berharga jika aq dan kw tetap berbagi suka dan duka………
    salam rindu buat sahabat semua………..

  213. eciie berkata:

    qu nggak pernah tau apa arti sahabat…………………..

    gmana ya agar qu mendapatkan sahabat, yang bnar2 shabat????????????

    bantuin qu donk……………..
    coz, qu ge btuh bngen sahabat ne………………………

  214. amra berkata:

    hhhmmm………..
    aq PuX sAhAbAt …. sAhAbAT dArI keCil…
    TaPi SaAT KaMi BeRaNjAk NaEk KlS 6 pErSaHaBaTaN i2 pUtUs BeGiTu JaA`…
    aq G tW kArNa PaA`…..
    KaRNa SiFaTX oR…..
    eMnK siFaTx MeMbUaT aQ sElAlU yG saLaH…
    dY eGoIs….
    PaDaHaL pErSaHaTaN nie DaH bRjLn sELm 10 tHN…
    tPI dY g PrnAh BrUBaH…
    sIfAtx TrlAlU KeKANAK_KaNaKan….
    tPI aQ mNcObA mNgERti SiFaTX “N sElAlU mNgAlAh…
    SaMpAi AqHrX aQ dAh G tAhAn….
    “N pRsAhAbAtAn KmI pUn PuTuS….

    paA’ nIe ArTiX sAHaBaT???????
    tOlOnG bErItAhU aQ JaWabANx?? 😦

  215. fauziyah berkata:

    Sahabat bukan
    MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya….
    EKONOMI yang mengharapkan materi….
    PPKN yang dituntut oleh undang-undang…..
    Tetapi
    Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa…..

  216. fauziyah berkata:

    Sahabat bukan
    MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya….
    EKONOMI yang mengharapkan materi….
    PPKN yang dituntut oleh undang-undang…..
    Tetapi
    Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa…..
    sayangi sahbat seperti amoe menyyangi dirimue cndri…

  217. Dini Fitria Ramadhani berkata:

    Sahabat sejati tak akan pernah kekal dari apa pun. Meski jarak memisahkan, namun hati masih bisa saling menyapa. Karena jarak bukanlah pemisah hati. Makasih, hal ini membuatq lebih baik. Makasih.

  218. ABDULLAH berkata:

    menurut saya arti dari sebuah persahabatan adalah ada ikatan satu dgn yng lainnya…….sahabat bisa di artikan juga sebagai pengganti saudara kita yang selalu ada dalam suka maupun duka bahkan dr peristiwa yang saya alami sahabat tak akan menjerumuskan sahabatnya sendiri.^_^

  219. ABDULLAH berkata:

    menurut saya arti dari sebuah persahabatan adalah ada ikatan satu dgn yng lainnya…….sahabat bisa di artikan juga sebagai pengganti saudara kita yang selalu ada dalam suka maupun duka bahkan dr peristiwa yang saya alami sahabat tak akan menjerumuskan sahabatnya sendiri

  220. cheychey vina berkata:

    sahabat itu…….. bukan hanya tempat berbagi, suka dan duka tetapi sahabat itu bagi saya…. apa yang saya miliki bisa menjadi miliknya…………..
    dan tetap selalu dianggap, diingat selamanya………
    thanx.. good luck

  221. cHy berkata:

    bagi q shabt tOe tmn2 yg slLu ada wKt kTa gy sSah maUpn gy sNenx…
    bKn hNya sKdar jd paRasit dLm hDup kTa yg Hnya maNfaaTn ap yg kTa mLki cKang…
    SAHABAT tOe tmN yg BENER2 SCENG/MIKIR/MENGHARGAI ma kTa….
    waT SAHABAT yg dah prNh hiaNaTin q MOGA2 jHa gx t.uLang gy….

  222. juliansari berkata:

    Mnrut Q Sahabt adalh se2org yg sllu mnmni kta pd saat kta seng maupn sdih,shbat selalu hadir,mnmni kta dlam stp ksdhan ygvkta almi………,
    Hdup tanPa shbat bgaikan phon tanpa daun………..

  223. ety berkata:

    klo orang tuh suka kesendirian gmn..
    pa ttp masi di bilang orang yang malang…??????

    padahal biasanya orang yang melakukan hal yang dia suka…
    dia bakal ngerasa enjoy…

  224. fadly berkata:

    terus ada yang tahu ga pebedaan shabat dengan rasa cinta dan syank???
    secara dy anggap kita cuma sahabat tpi kita menginginkan dy tuh ngrasain apa yang kita rasain,,dan kita pengen jalanin hari-hari bersama dy selamanya??

  225. ika berkata:

    s’lama ine aq blm nemuin yg nma na sahabat sejati,,,,
    meskipun aq mempunyai bnyk sahabat yg aq sayangi,, tp aq ngk tw apakah mereka menganggap aq sahabat atw bkn,, dari sekian bnyk sahabat qu blm 1 pun yg dpt djdikan sahabat sejati,,
    menurut aq mereka masih bnyk kekurangan u/ djdkn sahabat,,,
    aq bkn na meninngikn dri aq,,, oo aq adlh sahabat sejati,bkn ,, bkn i2 maksud aq,,,krna sahabat aq ne kbnykn dy lbh mementingkn ego na sendiri ngk memtingin org yg padahal org i2 membutuh kn bantuan dari dy,,,,,tp aq akn berusaha u/ mencari sahabat sejati aq ,, meski pun ampe keliling dun’ya…..,,.,,.,.

  226. riMba berkata:

    Q punya orang yg Q bilang sahabat bahkan aku udah angap dia saudara, malah aku menganggapnya bukan hanya sekedar saudara yang se..(sesekolah,seagama,sekelas), Q telah anggap dia keluargaku. tapi sekarang dia pergi meninggalkan Q. katanya Q satu-satunya orang yang ga bisa kasih suport atas kehidupan dia. padahal selama ga ngelanggar norma dan ketentuan, Q selalu mendukungnya…
    sakit bgt kehilangan dia. sekarang kita ga pernah bareng lagi, nanyapun ga pernah.
    apa yang harus Q lakukan???? apa Q harus ngelupain dia??? bagaimana caranya????

  227. dhanie berkata:

    bgiku shabat adlah saudara tppie bukan sedarah dngan kita ..
    tpi saat kita ksusahan shbt akn datang mmbantu kita ..

  228. -reini- berkata:

    sahabat thu adalah tmn yg cllallu setia…..
    dan gg pernah manghianati sabat.na cnrii……
    apakah klian termsk dlm sahabat yg cllallu menghianati shbat.na cndrii..?????

  229. citra berkata:

    sahabat adalah ,,,,,, sgalanya dlm hdup, dkala kta sulit,sedih,bimbang,senang,skit,sgalanya sahabat yg tau. sahabat setengah dlam hdup kta, tpi orang blang shabat adala menyebalkan, orang itu tdak prnah tau bahwa arti sahabat itu apa mungkin dia pkit sahabat cuma omong kosong sbenarya sahabat adalah segalanya bgi ku, ku hrap semuanya punya sahabat sperti ku slalu brsama sama, iti lah arti sahabat bgi aku. SAHABAT IS THE BAST. nm grup kmi{A2F}

  230. citra berkata:

    sahabat adalah ,,,,,, sgalanya dlm hdup, dkala kta sulit,sedih,bimbang,senang,skit,sgalanya sahabat yg tau. sahabat setengah dlam hdup kta, tpi orang blang shabat adala menyebalkan, orang itu tdak prnah tau bahwa arti sahabat itu apa mungkin dia pkir, sahabat cuma omong kosong sbenarya sahabat adalah segalanya bgi ku, ku hrap semuanya punya sahabat sperti ku slalu brsama sama, itu lah arti sahabat bgi aku. SAHABAT IS THE BAST. nm grup kmi{A2F}

  231. ine childies berkata:

    sahabat….. sesuatu yang sangat berharga,,, sesuatu yang sangat indah…. yang ingin sekali ku miliki selamanya….

    sahabat bagaikan aliran darah yang mengalir yang setia pada kehidupan mu, hingga kau mati…

    sahabat,,, adalah keindahan dunia….

    sahabat kebutuhan primer setiap orang

  232. elsya itu gembel berkata:

    mnrt sya., sma dengan tmen2 d atas. kl shbt t se2org yg mampu mngert qt., nrma qt p adnya., wlpun qt slah dy mau memaavkan., dy sll da kpan sja bkan dlam senang tp dlam mslah pun dy dtang ntk membantu qt..
    dlu aq punya.., tp sekarg mrka udah ngk da lg., mrka menjauhi q kr aq da slah., mrka spertny udah gerah dengan skap n tingkah q.,
    n ckrg aq udh ngk pny mrka lg., mrka menjauhi q, mrka pergi., n skrg hanya da aq sendri., bkan ceriwiz lg

  233. Gina Vanden berkata:

    sahabat…??? memang untuk mau jujur…baru kali ini biar hanya sebagai kata yang dikenal….tapi itu sudah menjadi satu hal yang baru,,,, karena itu sudah menciptakan sebuah dunia baru,..yang sebelumnya belum pernah ada dalam dunia yang kita jalani selama ini. dunia yang mungkin tidak akan pernah ada jika tanpa adanya kata sahabat… biar hanya sebuah kata…tapi itu sangat bermakna, karena meskipun seseorang di luar sana yang mungkin akan menjadi sahabat sejati, juga bisa merasakan besarnya kerinduan seseorang akan kehadirannya sebagai sahabat sejati dalam dunia yang nyata ini………..

  234. Gina Vanden berkata:

    banyak yang mengatakan kalau arti sahabat sejati itu akan muncul saat dalam suatu kesusahan taw masalah dalam hidup ini….dan saat itulah dia akan datang dengan segala ketulusannya yang akan dengan setia menemani kita tuk bisa melangkah bersama keluar dari masalah tersebut dan untuk selanjutnya menciptakan sebuah dunia persahabatan yang sesungguhnya dengan sebuah kesetiann serta kepercayaan……..

    tanpa kita sadari pun saat itu yang muncul adalah seorang yang selama ini mungkin adalah musuh taw orang yang paling kita benci….tapi itulah sebuah keistimewaan tersendiri dari arti misteri sebuah persahabatn sejati kita.

  235. Gina Vanden berkata:

    sahabat adalah dunia yang indah,… surga ketiga setelah keluarga…surga dunia yang penuh warna cintanya,…

  236. Baban berkata:

    Sahabat itu .. ?
    sahabat itu menemani kita dalam suka dan duka
    sahabat itu bisa membantu kita jika kita sedang kesusahan
    sahabat itu bisa membuat kita tertawa
    sahabat itu bisa membuat kita senyum

  237. Vidya berkata:

    pernahkah kau di sakiti seorang sahabat..??? sakit bukan.kalw i2 mpek trjdy…??? namun kenapa qta bsa mmaafkan”a…???? palgy dya prgi krna sswtu yg g pnting….
    Sahabat adl wrna dlm hdup kta… teman blum tentu bsa d ktakan sbg shbat,,,, n g smua teman bsa di kata kan sbg sahabat….
    sahabat knpa dya bsa pergi….????

  238. rizka ananda berkata:

    sahabat???itu memang ada tapi ku blm bisa memberikan gelar ntu pada teman sekarang,ku masih menunggu orang yang pantas di jadikan sahabat

  239. add me on FB tetaladylite berkata:

    aku dulu puny 1org shabt.orang itu deket bbgt ma aQ.sampe sampe dia tahu hal2 kcl ttg Q.tapi pada suatu hari,ia malah memfitnah aku hbs2an.Pa itu yg d namakan sahabt?tpi ju2r slama ini shbt aQ yg paling dkt ma aQ y cuma dia.apa ini sahabat?yg mau jwb lwt Fb aj ADD me

  240. rendi berkata:

    tapi aq mempunya 1 sahabat yg amat dekat,ya bisa di anggap sahabat sejati,karena di saat aq butuh dia selalu ada,begitu juga sebaliknya….karena aq bisa menyebutnya seorang sahabat sejati,karena kemana-mana kita selalu pergi berdua,truss senang sedih bahkan menghadapi segala macam cobaan selalu kita hadapi berdua.
    dan yang paling membuat hatiku sampai menangis ketika aq ingin pergi merantau ke pulau sumatra dia sampai memohon-mohon untuk membatalkan niat q pergi merantau,sampai dia menangis rela aq tinggal pergi,dan ia juga berkata bila kau pergi aq akan bersama siapa dan dan siapa yang akan bersamaku disaat aq membutuhkan seorang kawan,itulah yang membuat aq dia pantas aq sebut sebagai sahabat sejati,karena dia beda ama kawanku yang lain, karena mereka hanya ada disaat aq tidak membutuhkan mereka dan mereka tidak ada di saat aq butuh mereka…itusih tapi menurut ku….tapi menurut kalian apakah dia termasuk sahabat sejati…??????

    • steven berkata:

      sama ren, gue juga bgt. waktu q mau pindah rumah dia juga nangis tersedu sedu aku pun juga gitu dan sampai hari ini q blm ketemu ma dia. q pisah ma dia udah empat tahun lebih lima bulan

  241. Audina septiani berkata:

    Shbt tu sngat penting!!!!!
    Tp! Shbt itu ssh d cr! Krna bxa orang blng kta n! Adalah shbt yg baek pas kta pxa cwok ganteng cool baek pengartian n blablabla
    Dia dtng n ngerebut cowok kta truz dia buat hubungan gw ma dia jd berantakan and pts gtu pas dahc pts mlh dia yg pcran ma cwok kta skt bgt rs x pengen gw pites tu orang!!!! Gw dahc baek ma dia mlh di hianatin sakit bgt kan lo klw di gituin!!! Truz kta sering numpang di humz y apalah gtu!!! Nda enak bgt kn kta n! Pxa utang budi n tu kan di bwa smpe mati!

  242. gugun berkata:

    kini ku sadari sahabat tuch bukan untuk di katakan tapi untuk dilakukan.
    sahabat seperti malaikat bagi ku yg slatu ada di sisi ku
    persahabatan selalu diawali dengan permusuhan atau perkelahian

    tapi sahabat bagiku penghianat “tuck sekarang ini”
    karna ku dihianati sahabat ku sendiri.
    di depan ku dia bilang “ku akan selalu ada untuk mu, karna aku sahabat mu”
    ketika dibelakang ku, dia bilang ” ku males sahabatan ma orang itu”
    ‘ dia ngomong kaya gitu k teman sekelas ku………………
    aku masih bingung APA ARTI SAHABAT???????????????????????????????

  243. Gina Vanden berkata:

    Sahabat tidak perlu mengetahui apa masalah sahabatnya, tapi bertindak untuk membantu sahabat dalam menghadapi masalahnya.
    Inilah keadaan di mana, baiknya sahabat butuh untuk waktu senditi tuk privasinya semnidiri. Tapi sahabat yang baik di saat yang tepat akan datang menghampiri sahabatnya tuk membantu mengatasi masalah bersama-sama.
    Inilah arti sahabat bagi saya.
    Terima kasih buat semua sahabat-sahabat saya. Gbu all.

  244. addaniel berkata:

    sahabat adalah atmosfir yang meredam panas nya matahari….. yang dapat menjadi sumber dari segala sumber kehidupan di bumi ini.

    hidup tampa ada nya sahabat disamping kita….itu kerugian besar..

  245. Femina berkata:

    bagi saya sahabat adalah segalanya dan seorang sahabat akan selalu setia saat suka maupun duka ..
    tapi bumi akan selalu berputar..

    tapi mengapa kita di pertemukan namun pada akhirnya kita terpisahkan…

  246. nurlaelaa berkata:

    zeaa punya shabatt eand sangadt ngertiian perasaan Q . .
    merekaa semuaa marahh low zeaa memankk bebrbuatt slahh . .
    merekaa jujaa mrahh lo zeaa ntuu telaluu bangga2 inn merekaa . .
    menurutt Q sahabatt adalahh bagaikann lilinn iiank slalu menerangii kegelapann . .
    dann sahabat Q bknn sepertii pelangii eand hadii pda saat hujann redahh . .
    itulahh temann Q . .
    zeaa sangadt senang punyaa sahabatt sepertii merekaa . .
    luph you my plendd . .

  247. sahabat berkata:

    bagiku sahabat tidaklah segalanya . karna sahabatku dari kecil selalu saja menghianati q apa salah qw ???… apakah sahabat bisa dijadikan pacar ???… apakah nie yang namanya sahabat ???… tolong jawabannya !!!…

  248. irma berkata:

    sahabat ???
    klu orang tdak mempunyai sahabat maka hidup nya akan hancur,karena sahabat adalah tempat kita mencurahkan isi hati kita atau juga membantu kita keluar dri masalah !!!

  249. kodir berkata:

    saya adalah org yg sangat malang karena sampai saat ni saya blm ada sahabat sejati hidup saya sangat menderita ALL INI ADALAH CURAHAN HAT GW(CURHAT)

  250. nDuT berkata:

    BAgiku SAhAbAt TuH SEgAlAnYa……..CoZ dBNg ShBt Aq G MaLu UnTuK nAnGiS,kEtAwa diDepAnYa…….Tp Saat In SahAbAtKu ItU IlAnG………….kmN k soSoK SahAbAt ku Y DuLu…….

  251. aldhy nak gaul berkata:

    Bagi gue sahabat tuh kayak sodara kita n’diri di saat kita kesusaan dia bantu kita disaat ada masalah dia yg nolongin kita….
    aku gak pernah lupain sahabat”gue sampai mati….

  252. juwita berkata:

    sahabat?apa yaaaa
    orang yang selau ada buat kita?itu kayanya ibu
    yang selalu bersama kita?bisa jadi
    tapi sahabat yang saya tau saling mengerti dan memahami,

  253. tasya evi berkata:

    “allhamdulillah punya sahabat baik baik”
    tp ingin lebih lg mempunyai seorang sahabat kaya di film arti sahabat.

    “bersahabat tetapi ada yang pacaran,, fun jg kyanya” hehehe

  254. tasya evi berkata:

    SAHABAT itu ,…

    Bkn “gw” tp “dy”

    Bkn “kami” tp “kita”

    Bkn “ngtawain” tp “ktwa breng2”

    Bkn “ngmngn dblkang” tp “jujur”

    Bkn “rahasian” tp “hrs trbka”

    Bkn “ad klo ad prlu n klo ad mw doang” tp

    Bkn “ad klo lg sneng aj”

    Hrs ad take n give !!!

    Jgn take or give doang !!!

    Qta smua it sma, jd ga add KELOMPOK exclusive !!

    Yg pnting …

    HARUS SETIA KAWAN !!!

  255. anggita berkata:

    sahabat bukan hanya untuk teman curhat, ngobrol, atau sebagainya.
    tapi sahabat adalah orang teristimewa dalam hidup kita masing-masing.
    bahkan orangtua kita aja mungkin ga bisa ngertiin perasaan anaknya.
    MAKASIH BUAT KE-2 SAHABAT W.

  256. rania natalia berkata:

    menurut W sahabat tu adalh krng menentu……
    Karna terkadang sahabat tu sperti pelangi n petir…..
    ntah knp aq sllu menganggap sahabat tu seperti tu,,,
    kadang dy mo terbuka n kadang dy terdiem gk mo ngomong n tertutup,,,
    ntah knp aq ini,,,,,,,,
    tp aq snng bgt krn yg ada hny sahabat sejati bgi W,,,,
    syukur de,,,,,,
    tu berkat dari TUHAN,,, yg beri W sahabat paleng baek n jujur,,,,
    n setia,,, n terbuka,,,, semua nx deeeeeeehhhhh,,,,, 😉

  257. Arwank wannabe berkata:

    Sahabat adalah s’lalu ada maopon dlm keadaan suka and duka ….

    Sahabat adalah t4 kita untuk CURHAT ….

    Sahabat adalah yg bisa s’lalu mendukung kita dlm hal apapun ….

  258. DHEAPUTRI RAHAYU berkata:

    Sahabat nntu salin6 mnghr6ai and mnghrmati d saaat qt sedih maupun sng ia slllallu da menemani qt

    ITULAH ARTI SAHABAT

  259. cimie berkata:

    sahabat adalah dimana kita sedang berada dalam kesusahan dia slalu ad menenani kita.. dia yang tau segala tentang kita,baik buruk kita dia menerima ap ada’a..

  260. chery berkata:

    q punxa shabat v x nduh q ngmbil oank yg x saiiannkk pdhal quu gck prnah kya gtu….!!q kngent ma sahabat quu,skrangk q gck tw kbarx g ngfhaentx…!!q bnuuueeeerrrr2 kngeeetttthhh banget…..!!

  261. elnie berkata:

    mnrt akk shbt itu orang yg mgerti qta n’ bsa jdi tmn crhat yg seru n’ bisa ada kapanpun dan dimanapun dlm keadaan senang, sedih pokoknya seru punya shbt

  262. udienz berkata:

    sahabat itu orang yang mengerti tentang kita………
    ada sewaktu kita ada di atas dan selalu membantu n mensuport kita bila kita dalm kesusahan……………..
    ad saat di butuhkan, tidak menghindar saat kita ada masalah…….
    bagiku lebih penting sahabat dari pada seorang pacar………
    karena aku lebih care ma sahabat dari pada sama pacar…………

  263. Verceli@MP_76.MX berkata:

    sahabat adlah orang yg bisa mngrti ke adaan tman ny… baik sedih{dpat mnghibur qta}, maupun senang {bisa gila”an bareng}…

    sahabat juga adlah orang yg bsa mmbagi apapun itu wlaupun tak sbrapa/tpi benda yg di bagi itu bermakna k tulusan hati seoarang shbat membagi hal yg trmat sdikit tpi di usahakan untuk mmbaginya bersama-sama

  264. hani berkata:

    ….orang yang deket ma kita dah kita anggap sebagai sahabat tuh g jujur ma kita pa orng tuh masih bisa di anggap sahabat apalagi kebohongannya menyakitkan

  265. novi wulandari berkata:

    arti sahabat yang sesungguhnya itu apa sih ???
    gw punya banyak sahabat cowok
    tapi ujungnya mereka semua jadi pacar gw
    jadi bingung nih
    kirimin sarannya ya 🙂

  266. jamal t.A berkata:

    Aku baru saja kehilangan sahabat yang sangat ku sayang…

    dia seorang laki2,, mungkin karna kedekatan aku dan dia sehingga membuat dia suka sama aku…

    tetapi dia tidak menyatakan langsung perasaan nya padaku
    dia menyatan perasaan nya lewat sms…..
    Pliz kasih solusi biar aku bisa menghadapi semua ini….

  267. Silfia ahzura berkata:

    Aku punya sahabat tapi dia sekarang sudah tidak bersahabat dengan ku lg karena itu aku tidak mau kalian seperti ku.

    1.Janganlah berbuat kebohongan pada teman sahabat kalian sediri.

    2.Sejak teman mu marah diamkan kalau sudah redah baru minta maaf.

    3.Jangan lah mengatur teman mu.

  268. Silfia ahzura berkata:

    Sahabat adlah arti untuk kta yng bersahabat tp untuk memebuat sahabat sangat lah sulit dan kita bisa saja sudah barsahabat tapi kita bisa putus sahabat itulah sahabat

  269. niva riana berkata:

    aq selalu anggap org yg baik pada q dan org yg slalu ad disampingku sahabat,wlopun aq blum kenal jauh dy,dan dy gx anggap aq sahabat,tp aq tetap senang dan bangga bilang dy ‘SAHABAT Q’…..
    aq juga org yg mudah lupain dan bertengkar dgn sahabat,tp jg selalu rindu dgn.a…
    contoh,,,aq punya sahabat di sd yg dlu aq sia”in,n aq senang pisah sklah dgn.a,tp yg aq rasain skarang merindukan.a,,,aq gx ngerti dgan semua ini….
    trus skarang aq juga lagi perang dunia ma org yg pernah ku anggap SAHABAT,tp disaat” perang itu terjadi aq selalu rindu dy yg dlu,dan b’tanya ‘dmana dirimu yang dulu sobat,aq rindu it?’…

    dan terakhir sekarang aq punya sahabat,da aq gx ingin sia”in sahabat q ini sperti sahabat” q dlu,aq ingin dy selalu bersama q n terus menjadi sahabat q now n 4ever…
    tpi selain dy aq juga ngerasain persahabatan dgan org yang q anggap TEMAN TERBAIK,belum bisa q katakan SAHABAT…..

    aq belum bisa nemuin SAHABAT yang sebenar.a SAHABAT….

    I LOVE YOU ALL MY BEST FRIEND FOREVER….
    🙂

  270. tb cici nursyamsi berkata:

    sebenarnya aku mecintai seseorang bukan orang sekarang bersama saya tapi dulu saya terpaksa sama dia. aku akan menungu dia sapai kapanpun aku sayang dia namaya ay dia orangya cantik ramah dewasa. aku akan menungu dia. perasan ini takbisa di bohongi sapai kapanpun.

  271. ndayo berkata:

    sahabat saya adalah keluarga yang dapat berbagi apapun suka dan dukanya mereka tau dari masalah pacar keluarga maupun pribadi semua tau itu yang namanya sahabat

  272. anindia ratri pratama berkata:

    sahabat ku itu……….
    orangnya gampang di ajak becanda, tpi klo becandanya nyinggung hati ya marah jga, tpi aku prnah brpikir apa mereka sahabat trbaikku?????????????

    tpi mereka tetep kompak koq……
    kmana-mna breng, bhagia maupun sedih…..
    tpi ada si satu orang dlam shabat aku yg bikin bete’

  273. AzhaRd Zulfikar Muharam berkata:

    Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

  274. ajeng berkata:

    sahabat w orang nya ingin dimengerti sama gua tapi dia gak bisa mengerti gua dan selalu jadiin gua untuk jadi bahan tuduhan tapi gua gak bisa bilang ke dia karena gua gak mau dia sakit hati atau tersingung jadi gimana caranya supaya sahabat gua bisa ngertiin gua

  275. Latwinztha berkata:

    .Hmmmppttt ………
    Gw pnxa shbat, mreka smua baekk ma Gw, tpi mreka gx prnah ngertiin keadaan dan prasaan Gw…

    saat niee Gw lg dha konflik ma mreka smuaa dan sLah stu dri shbat Gw yg beinisial (R) jdi propokator supaya shbat Gw yg laennya musuhin Gw, pdhal Gw ma c (R) udh knaL sjak prtma kli dMOS wktu SMP, tpi npa dy jdi kyx gni??

    Msih pntaskah mreka Gw pnggiL shbat?????

    Saat niee Gw khiLangan shabat2 gw,, skitt bngett d giniin ma mrka,,
    tLong ksih Gw tips spya Gw gx Lrut dLm ksdihan niee….

    • Latwinztha berkata:

      …..HUH !!
      Sorryy eaa Gw jdi curhatt dsini..??? hehehe :-}

      makLum zz eaa Gw gx pnx tmpat bwt mncurahkan smuanya…
      Gw msih emosi, sdihh dann kcewaa bngett !!

      moga ajj drsini Gw bisa dpett solusinyaa…
      amiinn

  276. agus.......... berkata:

    sahabat adalah teman yg bisa mengerti kita……sahabt juga adalah yg bikin kta kesel bgt….tapi klw bagi aq sahabat tu yg bagus

  277. steven berkata:

    q sampai skrang gak punya sahabat dulu pernah terjadi peristiwa2 yang amat menyedih kan bg q.
    1. q pindah rumah dan berpisah ama sahabat q, inisialnya e selama empat thn
    2. saya mengira teman saya yang inisialnya r baik.jd saya jadiin sahabat deh. tp sayang, ternyata dia cm manfaatin q. jd q putusin aja hubungan q dengan dia sbg sahabat
    3. q bakalan berpisah dengan teman2 q. karna qt mau lulus.
    sedih banget deh rasanya.

  278. aulia berkata:

    aku mempunyai satu sahabat cowok yang baik dan perhatian sma gua
    tapi sayang aku sama dya beda skUul 😦
    tapi meskipun begitu dya slalu ada untukku 🙂
    thaks sobat:)

  279. ima berkata:

    menurut aku sahabat itu adalah bagian dalam hidup karna
    kebanyakan orang lebih memilih bermusuhan dari pada sahabatan
    karna teman ku di sekola ada temen aku di sekolah
    lebih memilh bermusuhan dari pada sahabatan ada salah satu
    temen aku yanggitu karna temen aku lbih miloh go nya
    dan ada teman aku di rumah paling baik dia vensssssss
    bangt ama ka STIVEN tapi sih aku tetep akan
    vensss ke ka YUKI soalnya bagi aku ka yuki itu jago baget
    suting dan hobi ka yuki hampir sama ama ima
    ARTI SAHABAT GA AKAN TAMAT SLMANYA

  280. Yesi berkata:

    bagi yesi sahabat itu kadang kesel kadang ngeselin ????????
    tapi buat yesi yang ga bisa lupain yesi di
    tinggal sahabat yesi meski pun cuma ga ktemu 1 hari ????
    dan yesi vensssssssss banget ama ka STEVEN ??? yesi mau ketemu ama dia dan yesi mau ngelakuin apa adjah buat ka STEVEN ???????
    “ARTI SAHABAT TA AKAN PISAH”

  281. hery muhtar berkata:

    Sahabat orang yg mengerti apa dan kapan kta membutuhkannya,..jika memang shbt sejati,.psti tau donk apa yg dirasakan,..,.
    Sahabat:orang yg pengispirasi,.
    Sahabat:orang yd dkt ma kta,.
    Sahabat: sahabat,sahabat,sahabat.??

  282. silwi berkata:

    sahabat itu ???
    adalah seseorang yang kita percayai ,sayangi,hormati ….
    mereka lah yang paling mengerti apa keadan kita ,,,,
    dan mereka selalu ada di kenanan22 terindahhhh……♥♥♥♥

  283. shanty berkata:

    bagi saya SAHABAT dlh seseorng yg dada d sat pha pun …………

    n jka klian pnya sahabat jngn prnh klian blng sma orng bnyak bahwa klian brshabtan……………

  284. dea berkata:

    knp ya sahabat itu beda2……..
    ada yg baik…… ada jg yg sk ngadu dombain…….
    apakah ada yg namanya mantan sahabat???????
    ataukah ga ada istilah mantan sahabat??????

  285. sarah.alima berkata:

    Ya Allah kenapa susah ya tuk cari sahabat………..???????
    Kalian mau gak jadi sahabat aku………….?????
    PliZzzzzz……….
    Apakah kalian pikir sahabat tuh ngerepotin atau tidak sih……..????

  286. thaliza berkata:

    yallah kenapa chh……………… susah banget cri tman…………………………………. aqu pengen punya tman dri facebook tapi susah bangeat ea……………….

    • SHOFA berkata:

      YA ALLAH TAHLIZA KAMU PUNYA FACEBOOK AKU PUNYA SAHABAT 3+1 = 4 NAMA NYA = SHOFA,NABILA,FATIM ,VIA SAHABAT SELALU BERSAMA NYA YE ..YE..YE KASIHAN MASAK SIH CUMA DI FACEBOOK KALAUK AKU DI SEKOLAH KELAS 4 UMAR B DI ALBANNA SCEHOOL JLN.TUKAD YEHO GG NO 15 DENPASAR BARAT/ TIMUR INGAT!

  287. TRI IRAWAN berkata:

    Q JUGA PUNYA SAHABAT…
    TPI SAHABAT Q PREMPUAN.
    BNGAI MN YA,,,,
    BIAR KAMI SAHABAT SAMPAI KAMI NANTI MENUTUP MATA…

  288. she aisyah berkata:

    sahabat adalah dia yang selalu ada d’saatkita membutuhkan’a. sahabat akan selalu menerima kekurangan kita. sahabat akan bisa memaafkan kesalahan kita kepadanya. sahabat selalu hadir dalam suasana suka maupun duka. sahabat yang baik dia akan selalu menjaga kita dan menasihati dikala kita salah. sahabat adalah teman yg sejati yg akn membawa kita kearah yang baik.

  289. novie sheeight berkata:

    bgi qhuu……………sahabat it nykitkn bngt,,
    diam” nsuk dri blakng,,
    ht” lho.,,tag smwa shbr iankk hti’y baex,,

    • Haykal berkata:

      s=selalu ingat pada kita
      a=awal yg buruk menjadi baik bila ada sahabat
      h=harus saling memaafkan kalau ada salah
      a=aku menanggis selalu ada sahabat disampingku
      b=baikan disaat marahan
      a=aku tidak pernah mengeluh bila ada sahabat
      t=tebawa ingatan saat berjauhan

  290. darief berkata:

    shbt touch zprti TANGAN dan MATA, apa bila tangan terluka, maka mata akan menangiz… dan apa bila mata menangis, tangan akan menghapuznya……………………….
    itu ziech mnurut gueeee

  291. RIZQIYA MUMTAZA berkata:

    chbt adlh tmn dkt, dlm suka mwpun duka
    tpi gi mana klu chbt kita menghianati kita sendiri ???

  292. RAHMAD berkata:

    ah bagiku sahabat itu hanya buat qu mrsa susah gak prnah ngerti in qu. walaw pun ada yg bilg sabat itu temen dekat pt yah begitu lah yg qu rsa!!!!! mungkin aku blmpnts punya sahat!!!!!!! SEKIAN TERIMA KASIH

  293. kristina siagian berkata:

    menurutku sahabt tuch,dapat membuat kita cemburu dan sakit hati,,,,,,,,,

    knpa q blg kayak gtu,,,
    krna sahbtku tlah menjauhi q,,
    dan dia tidak peduli am ku lgi..
    tp knpa dia tiba susah menghampiriku,,,
    dan q jg ga bisa ga bantu dia,,

    kapan dia akan mengerti akn diriku,,,,,,,,,,,,,,

  294. rahmat berkata:

    betulllllllllll!!!!!!!!!!!!! tuyg dilng ma di,sahabat itu hanya benaluh waktu susah aja dia datang lg senang gk nampak batang hidungnya bagi qu sahabat itu gak ada guna nya!!!!!!!! dia hanya membuat qu susah!!!!!!!! SEKIAN TERIMAKASIH!! ~_~

  295. vaneliz berkata:

    ah…….
    kadang bingung jadinya…
    ada yg bilang shbt itu baik tp juga ada yg bilang gak !!!!
    tp yg qu rasain beda!!!
    dia ninggal kan qu disa,at qu sendiri apa itu pantas dibilang shbt??????
    qu mau tahu pendapat kalian??…..(??????)

    • aini berkata:

      mnrt pndptku sahabat yg baik ato enggak itu bsa di lihat dri wajah ato hatinya .’
      ak saranin sma kalian klo mw cri shbt itu di seleksi yg bnr .
      jngn smpe ketipu lho ??
      kalian gak mw di tipu kan ??

  296. sukoagrolestari berkata:

    sahabat yang baik adalah sahabat yang bisa berbagi dan memahami dan bisa saling menjaga rahasia pada hal-hal yang prinsip, bisa saling menghibur dan bisa saling mengisi untuk tujuan-tujuan yang baik demi masa depan.

  297. learin denica berkata:

    aq paling ga suka sahabat yg cuma bisa nyakitin and khianati hati kita,buat apa zich dia jdi sahabat,atau memang i2 yg dia maksud sahabat?

  298. nabilah berkata:

    tman itu hrus banyak bersbar lho!!!!!!!!!!!! krna kdang2 khan kta cllu brantem !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! jgan pernah lupakan ceorng sahabat yg special???????????????????/

  299. dadang efendi berkata:

    punya sahabat itu sebenarnya enak,kita bisa trhibur oleh dia,tapi kenapa cari sahabat yg sejati itu sangat susah ya??????

  300. gagak berkata:

    seperti apa teman kita, yang namanya temen apalagi sosok sahabat, bila tidak sekarang mungkin suatu saat, pasti kita akan membutuhkan nya, , ,

  301. aini berkata:

    sahabat itu kadang ngeselin ,, kadang juga ngangenin .
    sahabat yg baek itu harus bisa ngebahagiain sahabatnya begitu sebaliknya .
    sahabat itu gak harusnya nyakitin hati sahabatnya ,
    kaRna tanpa sahabat hidup kita seakan gak ada artinya .
    maka jagalah sahabat kalian baek baek jangan sampe kehilangan sesosok orang yg bisa ngertiin kita .

  302. aini berkata:

    temen ak butuh sahabat yg bisa ngrtiin ak .
    klo kalian pngen sahabatan sma ak .
    hubungi numb nich ya 083849884391 .
    jngn di teror lho .
    ak anti teror !!!!!!!!! .
    makasi sblmnya

  303. aini berkata:

    sorry klo ak komen lebih dari 1 ya ?
    cz ak lgi butuh temen buat ngertiin isi hatiku skrng .
    ak mw crita nich ( di bilang crita iya ,, tpi lbih dari crita dech ,, curhat ajjah biar enk )
    ak kan punya tmen dri sd smpe kls 1 smp ,, selama ak knal dya orngnya baek ech ,, gak taunya dya itu tmen makan tmen ..
    sakit bngt hatiku wktu ngrti klo dya itu tmen makan tmen .
    dya uda ngrebut sseorng yg prnh singgah di hatiku .
    gara gara dya ak pisah sma orng itu ,, setelah ak pisah dya mlah milikin orng yg ak sayang itu .
    N dya brhasil membuat orng yg ak sayang itu benci sma ak .
    ak bngung apa yg hrus ak lakukan ???
    ksi solusi donk .
    klo mw ksi solusi hbngin ak di numb ini ya 083849884391 .
    mksi sblmnya .

  304. handa novianti berkata:

    kenapa ea akhir dari seorang sahabat slalu add cinta ????????
    ak pernah memulai pertemanan dgn seseorang trus jadi sahabat sampe aku dan dia itt bisa saling mengerti bgt , aku tau apa pun perasaan dia tnpa dia nyebutin , begitupun sebaliknya , … . mungkin karena udh kenall bgt dia mau ak jd pcrnya dia , adduh bingung bgt …. .tapi ak mencoba sampe akhirny kita jadian , tapiiii rasany itu gak nyaman bgt enakan jadui shabat … . ea ak bilang k dia lebihh baik jadi shabat kaya dulu , tapi apayg terjdi dia malah membenci ak . memang mungkin sahabat bisa berakhir dgn cinta , v cinta jarang yg berakhir dgn sahabat …… . hmmmmmm

  305. nora berkata:

    seorang sahabat adalah orang yang menaruh kasih dsetiap waktu dan mau menegur walaupun nanti di benci karena dia ingin sahabatnya maju. selamat bersahabat ya…….

  306. nizya berkata:

    nizya bilang :
    (kta RMS)sahabat bagaikan mata kita senduri eank tak pernah terpisah wlo_pun terbelah,,
    mata itu selalu hidup berdampingan,tak pernah melihat satu sama lain,tak pernah bertemu,tak pernah saling mengejek……..
    sahabat mengapa kau begitu,..
    meninggalkan diriku sendiri,tak pernah ada disaat aku butuh atau tidak,kau selalu pergi tanpa alasan,MEMUTUSKAN hubungan persahabatan dengan begitu gampangnya,,,,,,,,,,

    DIMANA SAHABAT SEJATIKUUUUUUUUUUUUUUUUU????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    KKKKKKKKKKKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAUUUUUUUUUUUUUU JJJJJJJJJJJJAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTTTTTTTT

  307. suhardin sanz berkata:

    seandainya ku di suruh memilih
    Di antara 100 tmn
    Dan 1 sahabat
    Ku akan memilih sahabat
    Karna teman tu mudah
    Di cari
    Sedangkan sahabat sejati
    Yg mau menerima kita ap
    Adanya sangat sulit
    Di cari

    Maka beruntung lah
    Orang’ yang memiliki
    Sahabat yg mau menerimanya
    Ap adanya :))

  308. yogy berkata:

    shabaT iTu smua sma bGi sya
    karna klo shbaT d jDikAn spErti sauDra ataU biasa’y d sbuT shbaT dkaT,iTu mnuruT ku slaH,
    shbaT adlaH shabaT yG tdaK haruZ qTa puJi” dGn brlebihaN
    suaTu hari saYa prNah mmPunYai sbaT yG sngT dkaT dnGn sayA,tP ktiKa saYa brada dlM msaLah yG sNgt sliT unTk aq lwati sndriaN,dia mlaH prgi daN lpa sma sya
    ITU KAH YG D NAMAKAN SAHABAT!!!!!

  309. ranicibicelalucayangqm berkata:

    rani berkata ;

    sahabat itu adalah yang paling berharga di hidup w,dalam suka dan duka itu adalah sahabat yang terbaik yang w punya…I LOVE YOU SAHABAT Q

  310. ranicibicelalucayangqm berkata:

    rani berkata ;

    ” I LOVE YOU SAHABAT Q ”

    w akan selalu cayang calian cemua…………………………….

  311. ranicibicelalucayangqm berkata:

    rani berkata ;

    w ingin memiliki sahabat yang selalu bisa saling

    menghargai,saling menyayangi dalam

    suka dan duka<dan bisa saling mempercayai

    satu sama lain sampai hal terkecil..,

    itu adalah sahabat yang terbaik bagi w..

  312. radira laras sati berkata:

    radira berkata:

    sahabat adalah yg benar benar dekat sampai

    tau hal kecil tentang kita dan sahabad jg yg

    yg membut kta bahagi sahabad selalu setia kawan

    klau kita sedih pasti dia ikut sedih 😦

    jika kita senang dia jg senang 🙂 namun kta harus menjadi

    sahabad yg baik hati kta tidak boleh meniya nyiakan sahabat kita

    yg selalu membuat kita bahagi dan kita harus

    menjaga hati dia agar sahabad kita itu bisa bahagia selalu

    bersama kita dan kita harus sopan dihadapan orang tua sahabad

    kta agar kta tidak dilarang bertemanan denganya contoh nya saya

    selalu bertiga dengan sahabad saya maka kita harus membantu dia

    agar dia tetap senang ……….. I LOVE SAHABAD QU ❤

    DAN TERIMA KASI KAU MEMBUAT KU BAHAGIA

  313. Hanna Oktavia berkata:

    sahabat tuh adalah orang yg mengerti tentang kita.sahabat juga temen kita duka dan seneng .saya puya sahabat yg baik .tetapi dia sekarang penghianat…………………………………….

  314. waty cyang km cllalu berkata:

    sahabt itu orang yg mengerti tentang kta ,
    n oprang yg ingin sekali mendengerkan cerita kita , lgi kta senang maupun sedihhhhhh

    aq pnya sahabat yg sya sayangin , tetapi sekarang diy penghianat ?

    tpi kga pa”
    wlwpun dy bkn shabt ku lgi ,,,,,
    tpi aq ttp anggap dy sebagai sahabt ,,,,,

    wlwpun aq sedhhhhhhh bangetzzzz di hianatin ,,, !!!!!!!!

  315. Pandu Rian berkata:

    aku kangen ma teman q…….tetapi q lgi di jawa sdangkn dya di sorong……… sya binggung pinggin ketemu ma dya………..tetapi sya msh sklah…….

    dya sahabat q adalah sesosok rang yang paling dekat dengan q

    dya itu dlu yang membuat hidup q lebih baik

    I LOVE YOU MY FRIENDS IN SORO
    NG(MUHAMMAD GIFARI)

  316. Jeti Ardellia Syafiiqah berkata:

    dulu aku senang sekali…….mempunyai sahabat” yg bisa nemani hri” ku penuh warna,,!!
    tapi…………..semuanya berubah selesai ulangan die bilang ndk mau lagi berteman dgn aku krna nilai rapot ku yg rendah..apakah itu yg nmanya sahabat.bukan memotivasi kita malah ninggalin kita gitu aja….
    padahal waktu pembagian rapot aku benar” ..ngak nyangka al_a nilai ku lbih tinggi dari mereka.,,,,,,,,,,,!!
    dan semester 2 ini aku akan tunjukkan k mereka kalau aku bukan orang yg bodoh untuk di jauhi.aku akan tunjukkan kalau aku bisa!!

  317. Tumpak sitrs berkata:

    Saya pkir sahabat adalah teman yang mana betul2 selalu kita ingat dimanpn kita berada,, semua itu mungkin karna perbuatan yg indah selalu kita rasakan dari dia,sehingga kita selalu merindukan dia..

  318. Rosita Dwi Aryani berkata:

    sahabat
    shbat q0e thu rankxa egois,cerewet,pinter
    yg q0e ska dri shabat q0e thu
    karena dya clalu mngerti q0e
    dkala klw q0e galau dya yg clalu mmbuat q0e bahagia,dan bisa trtawa lagi
    bagi q0e shabat adalach segalaxa
    guagh perlu pcar qta jujha bsa mengungkapkan rasa yg daha di dlam dri qta
    kbetulan shabat q0e thu buaxak jadi klw q0e mrasa sedih tnggal nlfn/zmz
    HE HE HE HE HE HE HE

  319. mia berkata:

    ya betul memang sahabat adalah anugerah yang terindah dalam hidup ku 🙂
    kta tak bisa pisah dari sahabat walau itu sakit atau pergi aku mempunyai teman yang bernama sinta,rika, sama wanda kita sering bertengkar tapi enggak pernah lama mesti kembali
    misalnya jam 08.00 kembali jam 10.00

  320. rikha berkata:

    aq tdk mnrti arti sbuah prshbtn
    aq mncba ,tp tk smdh yg aq ktkn
    andaikn klian mw mnjlaskn arti sbuah prshbtn it sbnrny?
    aq akn mndngrkn

  321. RASHINTA berkata:

    MENGAPA JIKA ADA TEMAN DIA DATANG KE RUMAHNYA PASTI DIA TIDAK MEMPERHATIKAN KU ?
    APAKAH AKU CEREWET ?
    APAKAH DIA MERASA AKU HANYA SEORANG PATUNG YANG HANYA DIAM SAJA ?

  322. Phuput berkata:

    Rendy…..??
    Kalo dia baik disaat dia susah, itu bkn sahabat. tp itu teman akrab.
    Paling tidak di antaranya spesifikasi dr sahabat, ialah saling tidak menyakiti, saling menolong, antara kedua belah pihak.
    Berarti kamu blm mndapatkan yg benar2 sahabat.

  323. Rezi berkata:

    Gw punya sahabat..sebenarnya sih awal sahabatan kita ini karena gw bantuin dia dalam hal privacy karena dia yang minta gw bantuin ok gw bantuin akhirnya dia bilang ke gw “kita sahabatan aja ya” ok gw bilang…tapi ternyata gw merasa hanya dimanfaatkan setelah masalah2 itu selesai dia kayak gk nganggap gw sama sekali.its sucks.Hit and run.

  324. Joko Tingkir berkata:

    jadi ingat kata2 nya ibu naruto,pesan pertama yang diberikan untuk anaknya pada pertemuan pertama dan terakirnya. ” carilah teman sebanyak yang kamu inginkan,tapi lebih penting sahabat yang mengerti dan memahami kondisi mu”.
    menurut pendapat ku,sahabat itu adalah orang yang harus mengerti dengan kondisi kita dan mau menerima kekurangan diri kita,supaya kita juga bisa memberikan hal terbaik dari yang kita punya untuk membantu sahabat kita.

  325. nopi paiker berkata:

    seandainya ada seseorang yang tau isi hati orang laen //// apakah kalian akan legah dn tidak tersakiti … .. siap yang tau isi hati ku sekarang dan selamany …. kwand …. jngan memncari teman yang hanya baik d depan dan busuk d belakang ,,,,, MUNAFIIK

    • Phuput berkata:

      Sahabat dikatakan jika saling mengerti dan saling membantu,saling menerima.
      Selain dari itu bukan sahabat.
      Tapi teman biasa.
      Kalo kalian punya teman yang hanya baik dihadapan jahat di belakangan, otomatis itu bukan sahabat.
      Makanya cari sahabat itu susah, Q aja baru satu sahabat yang punya.

      Ringkas kan ?

  326. EL NOVELIA berkata:

    pemahamnya begitu lugas namun tidak akan pernah jelas dalam hati yang terpenjara dalam kebencian yang ada rasa kecewa dan kecewa. andai saya di beri kesempatan sekali lagi untuk mengulang semuanya, saya tidak akan mau dan tidak akan..tidak akan .. tidak akan mau mengenal arti kata ITU

  327. Yuuno berkata:

    Saya punya sahabat dekat tapi hingga suatu saat masalah datang , saya pun harus memilih antara pacar dan teman saya ..
    Saya memilih teman tapi ada 1 teman saya yg masih jauhin saya , saya bingung saya putus asa hingga saya memutuskan tuk kembali pada pacar saya , tapi lama kelamaan saya di jauhin semua teman saya . Apakah itu sahabat yg bisa menerima saya???
    Sahabat yg membicarakan saya dari belakang ..
    Sekarang saya sudah tidak mau punya sahabat !!!

  328. martha berkata:

    sahabat adalah segalanya untukku,,
    sering kali aku berkorban demi sahabatku,, namun tiba* dia pergi entah dimana,,

  329. martha berkata:

    aq tau xlo persahabatan itu pasti ada cobaannya.,
    tpi ak blum tau cara menghindari perpecahan dari sebuah cobaan dari TUHAN..

  330. Firha syafira berkata:

    Sahabat adl seorg yg berharga dlam hidup saya sahabat yg sllu ada di saat suka maupun duka gga prnah memandang yg kaya atau miskin sahabt adl seseorg yg sangat berarti dlm hidup ku mereka sllu membuaat saya tertawa disaat saya sedang sedih ataupun senang meraka jga yg sllu memberi jlan keluarmya utk menyelesaikan masalah mereka yg memberi ku semangat ketika ku terjatuh dan mereka pula yg memberi ku INSPIRASI dlm mnjalani hidup ku ini,, dan disaat mereka sdang asik brcanda & bermain brsama yg terucap dri mulut sahabat saya adlh “GGA ADA LOE GGA RAME HAHA” itulah yg sering saya dengar mka jka kalian tdk mempunyai sahabat cbalah kalian mncari temn yg bnar” tulus berteman dgn kalian jgn cma hnya di dpan saja tpi di belakang jga jadi hidup kita selalu ada utk sahabat okee… 😀 🙂

  331. Elsa always for Vetty berkata:

    aku punya sahabat….
    dya jadi sahabatku mulai klas 1 sd-6 sd.
    dya tuh orgnya sombong,pelit,egois, huffttzz 😦

    aku jga gk tau mengapa dya bisa menjadi sahabat ku, aku hanya merasa dya tuh selalu nyamperin aku waktu sedih, kadang juga ngundang kemarahanku pdhal tu cman tantangan buat ku…., kita adalah genk iseng2, hahahahaha

    akhirnya, dya menjadi shabatku……^^
    nan dya kadang2 egois jga ma aku, hehehehehe^^

    “hargailah sahabatmu, walaupun tidak seperti yang kau inginkan…”(pepatah iseng)^^

    nan “jadikanlah sahabatmu sebagai saudaramu” (pepatah iseng)

    “sahabat itu ttidah mememandang kecantikan,kesempurnaan, dan kekayaan, tapi. memandang::

    1.kekompakan
    2.kesetiaan
    3.kejujuran
    4.keyakinan
    5.kebersamaan

    jadi, jika sahabat kmu tidak mempunyai kategori itu, mungkin kurang menjadi sahabat sejati…….” (pepatah iseng dan kepanjangan tp, punya makna) 😀

    hanya 3 sahabatku:::
    1.(yang paling deket, tapi diluar kota) Vetty *****
    2.Huriyah/ uri*****
    3.Tanzilal/ Sella*****

    SEKIAN

    • Haykal berkata:

      kalau sahabatku sama dengan mu hanya 3 tetapi mereka selalu ingat denganku walau sekarang berjauhan shabatku yg bernama kalvin ada di australia,sahabatku yg bernama raafi ada di jawa ,sahabatku yg paling deket walau rumahnya deket di jakarta tapi sekarang aku lagi berlibur ke lampung kita memang saling berpisah tetapi satu ikatan yg tak akan pernah putus selamanya walau dimensi yg berbeda

  332. pick berkata:

    mengapa orang yang aku anggap itu sahbat qw,, ternyata dia malah kaya gx suka sma q, pdhal aku sdah berusaha menjadi yang trbaik untuk_nya,
    v_ kdang dia itu baik bnget ma q.. kdang juga dia bikin aku sbel”

    ataukah itu karena sifat ku yang gx kalian suka,,??

    aku suka berfikir . apakah sifat kbaikan.a itu hnyalah ingin memanfaat kan q jha,, atau gmn sichh,,?

    aku ingin sekali mempunyai sahabat sejati..
    karena shbat sejati gx khan prnah trlpakan sampai kpan pun juga’

    v_ mnrut aku mmpunyai shabat sejati sangat susah. . . .

    • Ku Amir Putera berkata:

      Begini cukup pendek aja ulasannya buat PICK.
      No bacot, no bocah.
      Sahabat mesti satu hati satu rasa ( artinya satu tingkah laku, satu sifat, satu watak )
      Yg gk satu hati satu rasa itu gk bakalan kekal sahabatnya.
      100%

  333. Novi berkata:

    sahabat adalah seseorang yang tahu banyak hal tentang kita, baik dan buruknya, tapi tetap menyukai kita..
    sahabat adalah seseorang yang meski terpisah jarak, tetap memberikan waktunya menemani kita melewati saat-saat yang sulit, ketika mulut tak sanggup lagi berbicara; seseorang menelpon dan berkata “it’s ok, no need to say anything, I am here with you”
    sahabat adalah seseorang yang selalu membawa kita di dalam doa-doanya dan berharap yang terbaik bagi kita..
    Thanks GOD, Tuhan sudah kirimkan seorang sahabat itu kepadaku, kami melakukan setidaknya tiga hal di atas satu sama lain.

  334. RAHMA berkata:

    gmn sih caranya untuk menyadari sahbt,aq itu slalu salh paham sama sahbtku,jadinya aq itu skrg lgi diam” man,aq ingin kita kita kembali seperti dulu 😥 I LOVE YOU MY BEST FRIEND FOREVER/AQ SAYANG KMU UUT…..

  335. dwi nofita satyawati berkata:

    APA aku salah jika tidak mengerti apa itu persahabatan??? saya ingin memiliki sahabat, dunia ini terlalu kaya untuk aku nikmati sendiri…. tapi ternya memang aku sendiri…. aku tidak butuh sahabat yg hanya memerlukan KU…. cerita ini sama persis seperti apa yang aku alami…. tp aku masih berharap dan terus berdoa suatu hari nanti ada orang yang ikhlas bersama ku dan menikmati kekayaan dunia bersama KU…. bersyukurlah kamu yang saat ini telah memilikinya. 🙂

  336. muhammad hasan berkata:

    sahabat menurut aku sih hanya sebuah istilah yang membuat orang merasa dibeda bedakan, karna apa,, istilah yang pada umunya sebuah lingkaran hidup dimana didalamnya hanya orng yg penting dan akan memicu kecemburuan sosial ketika yang gx masuk dalam lingkaran tersebut walaupun dia sudah knl dekat

  337. feni srimulyani berkata:

    gak selamanya sahabat itu bisa ngertiin kitaaa… mungkin karna dia belum mengenal kita lebih dalam

    seharusnya sahabat itu dapat memahami kita apa adanya
    dan menerima segala kekurangan kita

    • Haykal berkata:

      sahabatku gk begitu sahabatku itu menerima apa kekurangan ku seperti kekuranggan ku yg satu ini orangnya gk jelas gk, tapi dia selalu menggerti apa kekuranganku itu itulah sahabatku yg bernama izzan sehabatku dari TK sampaiku SD munggkin sampai akhir hayat

  338. Rhia kama pf berkata:

    Persahabatan itu unik, kenapa saya katakan unik? karena sebuah ikatan persahabatn itu mempunyai makna yang lain daripada lain dan tidak pernah sama dengan yang lain…
    Aku mempunyai empat orang sahabat dan aku sangat menyayangi mereka…
    pernah aku dimarahin sama mereka karna dengan ketertutupan aku, aku tidak pernah mengatakan setiap masalah yang aku alami… mereka selalu berkata “.untuk apa kami ada di sisimu tetapi kamu tidak mau curah apa masalahmu, Please Rhia jang kau tutupi masalah yang membuatmu terpuruk”…
    dengan mendengar pernyataan mereka, aku sadar bahwa aku tidak sendirian…
    mereka selalu mendengar apa yang ku katakan… dan ikut merasakan setiap kesedihanku… sangat beruntungnya aku punya sahabat seperti mereka… dan yang membuat aku terharu, kadang sampai aku nangis dalam hati. itu karna, kebersamaan kita. “makan bersama, jalan bersama, bahkan Sering nangis bersama di setiap penyelesaian masalah dan slalu ada di setiap suka dan duka, slalu memberi dan menerima apa adanya. namun kini kebersamaan kita terhalang oleh jarak tapi aku walaupun kami tidak bersama-sama lagi seperti di SMA. persahabatan kami selalu utuh untuk selamanya karna kami slalu saling ingat di setiap doa kami… I LOVE PRINCESS FIVE… we are friends Forever.

    • Haykal berkata:

      aku punya sahabat tpi dia telah pergi ke australia tetapi dia selalu menggiatku saat membuka facebook aku juga selalu menggiatnya saat aku melihat aku menanggis karna aku menggenang masa masa bersamanya

  339. idha yanti berkata:

    menurut kalian ..
    selama ini kta udah anggap dia sahabat kita ..
    tp suatu saat dia menjauhi terus dri kita …
    apa it2 bisa dikatakan sahabat ??
    kta udh mntk mf mungkn ada salah ..
    dia bilang “iya”
    tp ke esokan hri nya &seterusnya dia gk ada perubahan ..
    apakah ini msih bisa dikatakan sahabat ???
    setiap que ketemu dia selalu lari menjauhi que ..
    pdhal udh diajak ngomong baik2 n’ qu udh mntk mf brapa kali ..
    tp dia selalu menjauh menjauh trus ..

    menurut kalian apa yg hrus qu lakukan skrg ??

    apakah persahatan itu masih ada

  340. Nada SNEP R berkata:

    Sahabat itu brarti banget bwat aq ,.
    Tpi byk yang bilang aq lbih mentingin pacar .
    Jadi bingung hrs gimana ?
    Aq punya 4 sahabat ( SNEP ) tapi ada 2 orang sahabat ku yang belum ngerti arti persaahabatan jadi haruz gmana !?
    Dulu aq dijauhin ma 3 sahabat ku , katanya aq nyebelin lah itu lah inilah , aku dulu takut jika sahabatku ninggalin aku dan ngk ada yg ngerti perasaanku , Tapi ada satu sahabat ku yang bilang klau aq di benci , dan aku bersyukur karna sahabat ku ada yg ngerti perasaanku walau cuma satu .

  341. dianita anggi tama berkata:

    menurutku sahabat adalah segalanya dia hadir disaat saya bersedih dan disaat aku tertawa ,tetapi aku tlah kehilangan dia setelah dia bertemu dengan teman baru dia meninggalkan aku .

  342. taylor Guitar berkata:

    I have been surfing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. Personally, if all site owners
    and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.

  343. Masna berkata:

    sahabatku begitu mengerti akk, dy selalu setia dgn ku, walau semua orang membenciku namun dy tak pernah membenciku, itulah sahabat ku, selalu membantuku, dan selalu ad di saat akk galau…. I love you friend (sela risky utami)

  344. Zhalni Ramadhani berkata:

    Sahabat???
    menurutqu, di dunia ini gk ada yang pantas di sebut sahabat,
    Kenapa?
    karna mereka hanya ada di saat kita senang doang,
    Tapi.
    pada saat kita membutuhkan mereka, meraka menghilang gak tau kemana,
    Mungkin.
    udah menemukan teman yang baru yang lebih bak dari teman lamanya..

  345. Haykal berkata:

    kalo kata gue sih teman sama sahabat itu beda,kalo teman tidak sebaik sahabat,kalau sahabat mengaggap kita seperti saudara atau keluarga sahabat mau berbagi saat kita kesulitan,walau jarak berjauhan tetap merasa sahabat dekat pada kita,sahabat mewarnai kehidupan kita,sahabat tidak merasa benci walau kita berbuat sala padanya,sahabat tidak akan melupakan kita walau abad yg lain,sahabat bisa menyembukan sakit hati kalau kita diputusi pacar,sahabat mengerti perasaan kita saat menanggis,sahabat tidak pernah meninggalkan kita selalu bersamaan,sahabat tidak pernah berkata kasar dengan kita,sahabat adalah sehati dengan kita kalau kita suka sahabat juga kalau kita duka maka sahabat juga duka,maka itu sahabat adalah segalanya begi kita ^_^

  346. fitriyatun nafsi berkata:

    punya sahabat itu enank… ypi klw berantem jg g’ enak,, aq galaw klw sahabat q cuekin aq,, 😉 …..

    ,,, aq punya sahabt yg ku pikir,, dialah,, my best friend ,, tpi syangx kta gk sering bersama,,;)

    #PIAN:)

  347. Irrawati berkata:

    Sahabatku ..
    kebersamaan kita,
    entah mengapa harus terputus di tengah perjalanan yang justru baru kita mulai ..
    Yaa, aku sepenuhnya sadar, awal keretakan persahabatan ini adalah keegoisanku, yang seharusnya mampu aku tolak job itu demi kelangsungan persahabatan kita ..
    Kau memang egois, tak mengerti perasaanku .
    meskipun begitu, tak sedikitpun aku menginginkan hal itu terjadi, bagaimanapun kau tetap sahabatku, dan aku sangat merindukan saat-saat konyol, berseda gurau, gila-gilaan bersamamu, kau satu-satunya sahabat yang membuatku tertawa saat bersamamu :’)

  348. Christine Iriane berkata:

    aku punya 3 org teman yg dekat banget sama aku, bahkan aku udah anggap mrk sahabat aku,. wkt kls 11 kemana” kita berempat selalu bersama-sama, sampai” kalau kita ber4 lewat ke ruang guru banyak guru” yg bilang kita itu 4 serangka. lalu setelah naik ke kls 12 kita berempat masih sekelas, dan suatu hari ada siswa baru di kls kami, awalnya kami tdk terlalu dekat dengan siswa baru itu, tpi lama kelamaan siswa baru itu jdi bagian dri kita berempat. dan pada suatu hari 2 sahabatku cuek dan diamin aku, aku gk tau knp mrk gitu sama aku,. skrg mrk lebih dekat dengan anak baru itu,.,

    menurut aku, mungkin sampai disini sja persahabatan kita.,.

Tinggalkan komentar