Art Exhibition For BTS di Plaza Indonesia

Tanggal 13-22 September 2019 kemarin diadakan #ARTEXHIBITIONFORBTS yang dibuat oleh Selly Wilson, seorang artis Indonesia yang ngefans berat dengan BTS. Buat yang belum tau, BTS ini adalah Kpop idol group yang kepanjangan namanya adalah Bangtan Sonyeondan.

Awalnya pas dikasih tau info ini dari Dimas, saya gak tertarik datang. Mikirnya paling cuma pameran foto-foto atau gambar-gambar karya ARMY (sebutan untuk fandom BTS). Eh pas lihat IG Storynya Atri, saya jadi tertarik untuk datang karena ternyata ini lebih dari sekadar foto atau gambar. Akhirnya bersama Chika (teman bernama sama yang sama-sama suka BTS juga), kami datang ke Plaza Indonesia pas jam makan siang di hari Jumat. Wah lumayan sepi, alhamdulillah gak perlu antre hahahaha. Untuk bisa masuk ke tempat ini diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp 250,000.

Mungkin buat yang lihat harga tiket masuknya akan bilang mahal, namun ketika memasuki area pameran, saya berpikir wajar dengan harga segitu, karena instalasi yang dipasang benar-benar menyerupai video klip BTS. #ARTEXHIBITIONFORBTS karya Selly Wilson ini mengambil tema dari album BTS yang berjudul Love Yourself. Rata-rata instalasinya terinspirasi dari MV (music video) BTS di album tersebut. Karya yang ditampilkan Selly Wilson benar-benar digarap secara serius. Saya bisa melihat bahwa karya ini dibuat benar-benar dari hati.

Instalasi pertama yang saya lihat terinspirasi dari video klip Jimin yang Serendipity. Ada adegan di mana Jimin bobok-bobok di kamar dengan selimut dan bola gede berwarna kuning. Di sini pengunjung bisa re-create foto seperti adegan di MV.

Jimin – Serendipity

Instalasi kedua mengusung konsep di MV DNA. Pencahayaannya bagus namun gelap. Terdapat lirik lagu DNA di area dinding.

At first sight, I could recognize you
As if we were calling for each other
The DNA in my blood vessels tell me
That it’s you I was looking all over for

DNA

Di tengah-tengah area, ada instalasi bertema Dimple (lesung pipi). Di sini Selly Wilson mengumpulkan foto-foto ARMY yang memiliki lesung pipi. Saya gak foto dari dekat sih, tapi seperti ini penampakannya.

Dimple

Ada instalasi balok yang berisi nama-nama personel BTS. Pas baca ini, saya langsung otomatis pengen fanchant HAHAHAHAHA!

Fanchant BTS

Persis di sebelah balok ini juga ada instalasi dengan tema Pied Paper. Cantik banget instalasinya. ❤

Pied Paper

Kelar foto-foto di area itu, eh nemu ruangan yang didesain seperti MV Mic Drop. Saya dan Chika mencoba berbagai gaya di sini. Beberapa saya bikin slow-motion (tapi terlalu malas diupload. Maap).

Mic Drop

Di balik ruangan Mic Drop, terdapat instalasi dari MV Singularity. Instalasi ini bisa dibilang favorit saya, karena selain ini diambil dari MV kepunyaan Taehyung (bias saya), saya juga suka background bunga-bunga-nya. Ini mah Chika banget huahuahua. Untungnya saya bawa properti, jadi bisa foto dengan penampilan yang berbeda.

Taehyung – Singularity

Instalasi Singularity

Beberapa instalasi lainnya antara lain Magic Shop, Airplane Pt. 2, Fake Love, Epiphany, Seesaw, dan Idol. Sayangnya yang Seesaw saya lupa untuk difoto. Padahal lucu banget ada enjot-enjotan di tengah pameran.

Epiphany

Magic Shop

Saya bersyukur menyempatkan diri untuk ke #ARTEXHIBITIONFORBTS karena ini pertama kalinya saya datang ke pameran berbau BTS. Ambience BTS yang saya rasakan saat memasuki pameran ini sungguh menenangkan. Saya memang baru-baru ini suka dengan BTS, namun dateng ke pameran ini makin bikin saya ngefans dengan BTS karena karya-karya BTS mampu mempengaruhi orang banyak. BTS bisa membuat orang-orang sangat mencintai group mereka. Bahkan rela mengeluarkan kocek sendiri untuk membuat pameran sebagus ini.

Airplane Pt.2

Saya sendiri merasakan hal positif saat mendengarkan lagu-lagu BTS. Lagu mereka bisa menggerakkan hati orang lain. Bahkan banyak cerita teman-teman yang merasa BTS telah membantu dalam hidup mereka (terutama lirik-liriknya mereka yang mampu memberikan semangat). Rasanya seperti lebay, tapi cerita-cerita itulah yang saya dapat dari teman-teman saya. Saya sendiri suka dengan banyak lagu BTS yang liriknya tidak seperti lagu-lagu Kpop kebanyakan. Rasanya seperti benar-benar ditulis dari hati.

Terima kasih Selly Wilson yang telah mewujudkan pameran #ARTEXHIBITIONFORBTS. Semoga karya ini bisa dipamerkan di kota-kota lain atau bahkan negara lain.

***

ART EXHIBITION FOR BTS
Plaza Indonesia Function Hall Level 2
13 – 22 September 2019
10AM – 3PM & 4PM – 9PM

7 respons untuk ‘Art Exhibition For BTS di Plaza Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s