Masak Takoyaki Sendiri di Osaka

Pada suatu malam ketika habis pulang dari Universal Studio Japan (USJ), saya melewati sebuah warung kecil yang bertuliskan Self Tacoyaki. Karena Takoyaki merupakan salah satu makanan khas Kansai, maka saya pun mampir.

Awalnya saya gak sadar kalau ini self made takoyaki, pas bayar 800 yen agak mikir, kok mahal juga ya takoyakinya hahahaha. Eh ternyataaaa di sini tuh bikin takoyakinya sendiri (bikin sendiri malah lebih mahal, karena experiencenya dan pastinya gak secepat mas-mas yang bikinin).

Dikasihlah saya adonan sama piring isian takoyaki (yang ini lupa saya foto). Maka saya tuangkan itu adonan, kemudian taburkan isian ke atas adonan. Saya memilih isian daging gurita, krispi-krispi, sama jamur. Gak pake sayur hahaha.

Suasana di warung takoyaki

Ternyata masaknya cukup lama lho, karena nunggu matang di tiap sisi, lalu dibalik hingga sisi lainnya matang. Ngebalik ini bisa 4 kali karena ngebaliknya 90 derajat sampai akhirnya dibalik 360 derajat. Nah tiap ngebalik ini bisa memakan waktu 3-5 menit tergantung tingkat kematangannya. Kalau saya lihat-lihat dari waktu saya merekam video, durasi masak ini bisa setengah jam hahahaha…

Lama juga ya, sementara kalau yang dijual-jual gitu kan biasanya masak langsung banyak, makanya beli langsung dari abang-abangnya lebih murah. Kalau masak sendiri udah waktunya lama, pakai tempatnya cuma 1 loyang sendiri, dan nunggunya gantian. Saya beruntung pas mau bikin ini gak ada antrean, jadi bisa langsung masak.

Dibalik biar matangnya merata

Sembari menunggu matang saya ngobrol-ngobrol aja sama orang lokal pakai bahasa seadanya. Ternyata salah seorang bapak-bapak di sana pernah ke Indonesia dan mengaku bekerja di Kalimantan. Cuma beliau udah lupa bahasa Indonesia tapi masih bisa bilang terima kasih.

Tadaaaaaa~

Setelah matang, Takoyaki bisa dipindahkan ke wadah piring berbentuk perahu (yang sekali pakai langsung buang). Lalu dituangkan mayonaise, saus takoyaki, dan katsuobushi (cakalang serut). Total Takoyaki yang saya masak ada 16 buah. BANYAK YAAA!

Surprisingly takoyaki-nya enak karena matangnya pas dan lebih renyah. Kalau yang biasanya dibikinin abang-abang pada umumnya agak basah gitu kecuali kalau dibiarin agak lamaan dimakan baru kering. Saya sendiri cuma makan 8 biji. Sisanya saya berikan ke sepasang ibu dan anak dari Malaysia yang tadinya mengantre ingin makan ini tapi gak jadi karena udah saya kasih. Ada gunanya juga bahasa persatuan ini, no language barrier. Hidup Melayu! :)))

Selesai makan, saya kembali kembali ke hotel. Sebelumnya jajan dulu di Lawson karena besoknya bakal ada Topan Trami. Udah baca belum pengalaman saya menghadapi Topan Trami? Klik di sini deh~

Nyaaaaam!

Demikian pengalaman saya memasak takoyaki sendiri. Ternyata gak susah, namun butuh kesabaran. Buat yang nyari tempatnya, nama tempat ini adalah Self Tacoyaki Bar IDUCO. Gak cuma jual takoyaki, tapi juga jual beer sama sewa kimono. Warungnya kecil gitu sih, tapi justru ini yang bikin akrab dengan para pengunjung.

Satu hal yang saya suka dari Jepang ini, para pengunjung dan host-nya ramah-ramah dan bisa ngobrol satu sama lain. Gak berasa kayak lagi liburan.

Untuk lihat selengkapnya, bisa tonton video YouTube saya!

***

Self Tacoyaki bar IDUCO
1-chōme-3-20 Taishi, Nishinari-ku, Osaka, 557-0002, Japan
Dekat Stasiun Shin-Imamiya

Iklan

12 respons untuk ‘Masak Takoyaki Sendiri di Osaka

  1. kresnoadi DH berkata:

    Hmmm sekarang emang lagi ngetren gitu sih ya kak. Konsep restoran dulu: “Kamu punya uang? Biar saya masakin!” Konsep restoran mssa kini: “Kamu punya uang banyak? Gih, masak sendiri!” :p

    Iyaa bener sekilas diliat malah kayak warung-warung gitu. Tinggal tambahin nescafe aja digantung2. :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s