Apa Pet Peeves Kamu?

Pada suatu pagi saya iseng membahas mengenai Pet Peeves di IG Story. Bukan, ini bukan mahluk hantu yang ada di film Harry Potter, tapi ini adalah suatu hal atau kegiatan yang membuat orang lain terganggu.

Kalau menurut kamus, pet peeves adalah sesuatu yang menurut (beberapa) orang sangat mengganggu. Pet peeves ini bisa bermacam-macam, misalnya orang yang kalau makan suka ngecap (ngunyahnya berisik), orang yang suka goyang-goyang kaki, artikel yang typo, atau lukisan yang miring. Walau menurut kebanyakan orang itu biasa aja, namun untuk beberapa orang hal tersebut sangat mengganggu.


Saya iseng bertanya ke netizen, apa pet peeves mereka, dan saya mendapatkan jawaban yang bermacam-macam dengan keunikannya tersendiri.

Misalnya dari Pricil, pet peeves dia adalah kalau ada orang kasih tanda baca pake spasi, kayak begini . Atau begini ? Atau, begini ! ! Sungguh pet peeves yang unik. Tapi ini bisa dibilang ini salah satu pet peeves saya yang masuk kategori typo. Atau menurut teman kantor saya Shara, salah satu pet peeves dia adalah orang yang makan di kasur.

Pet peeves terbanyak menurut teman-teman Instagram saya adalah main HP di bioskop, yang mepet-mepet pas ngantre atau berdiri di tempat umum, nyelak antrean, dan yang kalau ngomong kenceng banget.

Saya sendiri memiliki pet peeves mulai dari yang cukup umum sampai cukup jarang. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Orang yang nendang-nendang kursi bioskop. Untuk yang satu ini saya sebeeeel banget, tapi biasanya kalau mereka nendang-nendang gini saya memilih pindah kursi, kecuali kalau emang bioskopnya penuh dan gak ada pilihan, saya biasanya negur langsung yang di belakang supaya gak nendang-nendang. Namun pelaku tendang-tendang kursi ini seringnya laki-laki atau anak kecil.
  2. Orang yang kakinya suka goyang-goyang dan bikin meja atau kursi bergetar. Asli ganggu hahahaha~
  3. Orang yang main HP pas lagi nonton. Toleransi saya cukup tinggi sih biasanya saya jarang negur kecuali kalau emang keganggu banget, biasanya saya kasih tau aja untuk nurunin brightness LCD karena silau.
  4. Tabel yang gak rapi. Saya sering banget berkutat dengan tabel-tabel googlesheet atau excel. Kalau tabel tersebut gak rapi seperti tulisan yang biasanya center terus tiba-tiba ada satu yang di sisi kiri sendiri, itu saya suka gatel banget lihatnya.
  5. Typo. Saya suka gatal kalau lihat ada tulisan yang typo (makanya saya jarang sekali typo karena biasanya double check, kecuali kalau lagi buru-buru sering typo). Bahkan kalau ada yang spasi-nya kelebihan, saya bisa nyadar dan gatel untuk benerin hahahaha~
  6. Orang yang kalau ngomong keras banget. Saya sendiri kadang suka berisik sih, tapi itu biasanya kalau ada maksud aja. Selebihnya saya ngomong dengan volume sedang yaitu sekitar 7-8 (kalau pakai TV Sharp ya), apalagi kalau malam-malam, volume saya turun hingga antar 3-4 aja. 
  7. Orang yang nyelak antrean (terutama di toilet). Kesel banget lihatnya. Biasanya sih saya lihatin aja sampe orangnya ngerasa gak enak. Tapi kalau toleransi saya lagi pendek, saya langsung tegur untuk mengantre dari tempat seharusnya. Ini juga sering kejadian pas mengantre beli makanan, keluar dari bandara, dll.
  8. Orang yang nyetirnya lambat. Entah kenapa itu agak mengganggu buat saya. Apalagi kalau nyetirnya lambar di jalur kanan (jalur cepat). Uuuuggh bawaannya pengen nglaksonin tapi akhirnya memilih mendahului pakai jalur kiri. Huh.

Ternyata banyak juga ya pet peeves saya. Kalau kalian, pet peeves-nya apa aja tuh? Coba sharing di komen, siapa tahu kita ada yang samaan. :))

Iklan

27 respons untuk ‘Apa Pet Peeves Kamu?

  1. Rina berkata:

    Kayaknya yang disebut di postingan udah mewakiliku, kecuali yang no 8 karna ga bisa nyetir 😀 Kalo diselak antrian, kebanyakan sih reaksinya sebodo amat walau udah ditatap dengan pandangan penuh kebencian. Bikin pengen nabok.

    Sebel juga sama orang yang ga baca dengan teliti atau ga fokus. Nanya sesuatu yang sebenernya jawabannya udah ada.

  2. nisa berkata:

    Ealau nggak sengaja ngunyah kulit telur yang nggak sengaja masuk ke makanan, Kak. Entah kenapa kok rasanya kesel banget.

  3. oreocheesecake berkata:

    Ada beberapa yang udah disebutin di atas, tapi ada yang belum. Nambahin aja yang belum, dari sudut pandang pengguna transportasi umum:

    (Akan ALL CAPS karena pet peeve selalu membuat emosik)

    – MBAK-MBAK YANG SUKA NYISIR DAN NGURAI-NGURAI-SEPARO-NGIBAS RAMBUT PANJANGNYA DI DALEM TRANSPORTASI UMUM (KRL, BUS) YANG LAGI PENUH SAMPAI KENA-KENA ORANG DI SEBELAHNYA. KU TIDAK PEDULI SEMAHAL APA SAMPONYA, TETEP JIJIK KALAU RAMBUTNYA NYENGGOL-NYENGGOL MUKAKU HIH PENGIN BOTAKIN DI TEMPATTTTTTT

    – ORANG YANG MONOPOLI PILAR DI TRANSPORTASI UMUM BUAT DIPAKE NYENDER BIAR KEDUA TANGANNYA BISA MAIN HAPE!!!! ADUUUUH ITU KAN PILAR FUNGSINYA BISA DIPAKE RAME-RAME BAGI YANG GAK NYAMPE KE PEGANGAN DI ATAS ATAU GAK KEDAPETAN!!!!

    (Mendengus puas.)

    Sekian, Kak.
    *Turun mimbar.*

  4. Susleni berkata:

    Sebenarnya aku gak suka dengan orang yang kalo ngomong lambaaat banget.
    Eh, gak suka apa gak sabar ya?!
    Hahaha
    Baru tau yang kayak gituan istilahnya pet peeves

  5. ummuumar18 berkata:

    1. Denger suara orang gemeretakin gigi. Yang keretek-keretek gitu lho bunyinya…
    2. Liat orang nyelak antrian. Terutama kalo di supermarket. Apalagi kalo belanjaan kita cuma seimprit, sementara yg nyelak belanjaannya segudang.
    3. Motor-motor jalan nyalip di lajur arah berlawanan padahal kondisi lagi macet banget, sementara kita ada di lajur itu dan jalannya sempit. Kuesel maksimal.
    4. Angkot ngetem tengah jalan.
    5. Kendaraan sign kiri belok kanan. Atau kendaraan yg lampu sign nyala muluk tapi gak belok-belok. Kayaknya sih lupa matiin, cuma tetep aja kesel nungguin dia gak belok-belok, mau nyalip jadi ragu.
    6. Traffic light masih merah/kuning tapi udah diklaksonin.

    Kebanyakan kekeselan di jalan ya… :))

  6. snydez berkata:

    gue ga suka sama orang yang sudah melanggar rambu (dengan berhenti melewati lampu merah), eh pas hijau juga ga langsung jalan, malah kebalap sama yang tertib.
    dan banyak lainnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s