Kaleidoskop Chika Jalan-jalan 2018

Sudah sebulan ini saya tidak update blog. Selain karena sibuk bekerja, saat ini saya juga rajin mencari hiburan, seperti nonton, jalan-jalan, dan makan. Berhubung tahun lalu gak sempat bikin kaleidoskop jalan-jalan, maka tahun ini saya coba bikin mumpung lagi ada waktu.

Tahun ini bisa dibilang penuh dengan kesibukan. Pekerjaan cukup padat, begitupun dengan jadwal mengajar yang tidak bersahabat dengan tanggal merah. Tahun ini saya tidak banyak jalan-jalan, tapi lumayan ada beberapa acara dan kerjaan yang mengharuskan saya untuk meninggalkan Jakarta beberapa saat. Berikut adalah kaleidoskop Chika jalan-jalan di tahun 2018.

Tahun Baru di Malang

Sehubungan dua hari sebelum tahun baru diadakan pernikahan Depe di Malang, maka saya sekalian aja melewatkan tahun baru di Malang. Namun tahun baru kali ini saya lewatkan dengan… tidur. Yap, saya tidur dan bangun-bangun udah tahun 2018 aja. Sungguh mudah melewatkan tahun baru.

Kampung Jodipan

Selama di Malang, saya pergi ke Kampung Jodipan dan sibuk wisata kuliner. Selebihnya adalah belanja. Udah itu aja.

Musim Dingin di Jepang

Di bulan Februari, saya bersama dua teman saya jalan-jalan ke Jepang untuk menikmati musim dingin. Ini kedua kalinya saya mencicipi salju di Jepang. Jalan-jalan ke sini cukup terorganisir dengan baik. Dimulai dari Tokyo, lanjut ke Toyama, lalu ke Shirakawa-Go, lalu ke Kyoto dan kembali lagi ke Tokyo. Perjalanan selama 9 hari ini cukup menyenangkan. Bisa dibilang ini termasuk perjalanan yang cukup pendek di Jepang, mengingat saya biasanya menghabiskan dua minggu di Jepang, kali ini dengan waktu lebih singkat.

Main salju di Gala Yuzawa

shirakawa go

Di Shirakawa-Go

Yang menjadi highlight dalam perjalanan ini adalah Shirakawa-Go dan Kanazawa, karena keduanya adalah tempat yang baru saya datangi di Jepang. Sisanya saya sudah beberapa kali ke sana seperti Tokyo dan Kyoto.

Satu Hari Satu Malam Di Surabaya

Perjalanan saya ke Surabaya bisa dibilang sangat kilat. Berangkat tanggal 7 Maret pagi dan pulang tanggal 8 Maret pagi karena saya harus ke kantor. Sebenarnya itu adalah hari ulang tahun saya yang kebetulan juga adalah hari ulang tahun Popon, Dan di hari itulah Popon menyelenggarakan pernikahannya. Sebagai sahabat yang baik tentunya wajib hadir apalagi udah ditunjuk jadi bridesmaid.

Saya sendiri gak ke mana-mana selama di Surabaya ini. Cuma dari hotel, ke Gereja, terus ke hotel lagi. Lalu ke bandara.

Resepsi Di Yogyakarta

Kalau pemberkatan Popon dilaksanakan di Sidoarjo, maka untuk resepsinya diadakan di Yogyakarta. Saat itu bisa dibilang saya tengah sakit sehingga banyak tidur ketika di Jogja.

Durasi di Jogja pun sungguh pendek karena Sabtu saya tiba, hari Minggu sudah balik ke Jakarta. Sungguh pendek ya waktunya. Maklum anak agency, besoknya udah harus kerja.

Mendadak Manila

Perjalanan ke Manila bisa dibilang impulsif. Karena salah satu kolega kantor ada yang dikirim ke Manila, maka saya pun memutuskan untuk ke Manila sekalian jalan-jalan. Manila menjadi negara baru di tahun 2018 yang saya kunjungi.

Walau kunjungannya cuma 2 hari 2 malam (Senin pagi-nya langsung balik ke Jakarta), saya cukup senang karena bisa mengunjungi The Dessert Museum yang warna-warni itu.

Santai di Bali

Penat dengan rutinitas, saya memutuskan ke Bali bersama Hanny untuk sekadar beristirahat dan quality time. Saya udah lama banget gak ketemu Hanny, makanya ketika bertemu, hal yang kami lakukan adalah ngobrol, makan, ngobrol, dan makan. Dan tidur.

Dash Hotel

Di Bali kami menginap di Dash Hotel Seminyak yang hotelnya lucu banget. Selain lokasinya strategis, di sini saya juga wisata kuliner enak. Yang bikin happy juga adalah ketika jalan kaki sepanjang jalan dan berbelanja. Hal-hal seperti ini udah bikin saya bahagia.

Menimbun Lemak di Pontianak

Ini kali kedua saya kembali ke Pontianak. Kalau tahun lalu saya ke Pontianak dikarenakan ada tugas negara, kali ini saya berkunjung untuk menghadiri pernikahan kolega kantor saya yaitu Ucy. Ke Pontianak berarti wisata kuliner. Maka saya kembali ditemani oleh Kiki untuk berkeliling Pontianak dan mencoba aneka makanan di sana.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Aneka makanan yang dicicipi

Highlight dalam perjalanan ini adalah Choi Pan D’Bamboo, Es Krim Angi, dan Pisang Goreng Sarikaya. Kalau ke sini emang bawaannya mau makan terus.

Ke Jepang Karena Sailor Moon

Gak disangka, di tahun ini saya dua kali pergi ke Jepang. Perjalanan di bulan September ini bisa dibilang impulsif karena saya ke Jepang dengan tujuan ke Universal Studio untuk melihat Sailor Moon. Kebetulan di USJ sedang ada wahana Sailor Moon dan saya tidak ingin melewatkannya.

Selain ke USJ, saya juga merasakan kedapatan angin topan saat di Jepang. Untungnya negara ini cukup waspada dan melakukan berbagai pencegahan sehingga tidak terjadi hal-hal yang fatal saat angin topan. Saya pun melakukan persiapan dengan menimbun makanan di kamar hotel dan nonton Meteor Garden di Netflix sepanjang malam.

Remote Working di Malaysia

Perjalanan ke Malaysia kali ini sebenarnya menghabiskan replacement leave, jatah cuti yang berasal dari lembur di kala weekend atau hari libur. Di kantor kalau ada kerjaan di luar hari kerja, bisa diklaim gantinya. Berhubung saya cukup banyak jatah replacement leave, saya memutuskan ke Malaysia untuk mengunjungi sepupu saya. Pokoknya kalau udah ke Kuala Lumpur, itu hitungannya bukan jalan-jalan, tapi ke rumah saudara.

Sempet makan di luar

Tiga hari di Kuala Lumpur ternyata saya cuma ke Pavillion untuk berbelanja karena siangnya saya masih harus remote working sampai malam. Hari pertama sampai gak bisa ke mana-mana karena sudah malam. Hari kedua saya ke Pavillion, dan hari ketiga juga ke Pavillion. Benar-benar gak ke tempat lebih jauh dari tempat saya tinggal di Kuala Lumpur. Jadi perjalanan ke Malaysia ini sebenarnya gak bisa dihitung jalan-jalan ya. Anggap aja ini menginap di rumah saudara.

Demikian tempat-tempat yang saya kunjungi sepanjang tahun 2018. Totalnya ada 3 negara dan 5 kota di Indonesia yang menjadi destinasi perjalanan di tahun ini, walau beberapa ada yang tidak jalan-jalan karena durasinya terlalu sebentar. Tahun ini memang gak terlalu banyak jalan-jalan, tapi saya cukup puas. Karena menurut saya bukan seberapa seringnya traveling, tapi kualitas traveling-nya yang bisa bikin saya bahagia.

Selamat Tahun Baru 2019! Ada rencana jalan-jalan ke mana aja tahun 2019 ini? 😀

17 respons untuk ‘Kaleidoskop Chika Jalan-jalan 2018

1. oreocheesecake berkata:

Akuuuuuuu tahun ini nonton dua konser dan nggak ada yang di Indonesia heheheeheheheheheheu (terima kasih kak Chika atas pinjaman kopernya yang sampai detik ini masih parkir cantik di kamarku XD)