Menimbun Lemak di Pontianak

Awal Juli tahun ini saya bertolak ke Pontianak untuk menghadiri pernikahan kolega kantor. Ini adalah kedua kalinya saya menginjak tanah Pontianak. Kunjungan pertama yaitu tahun lalu, saya kurang menikmati karena saat itu sedang dinas luar kota. Naaah, baru di kunjungan kedua ini saya lebih selo sehingga bisa lebih banyak melakukan wisata kuliner. Yeay! Saya sendiri tidak menuliskan list tempat-tempat mana yang akan saya kunjungi, namun saya mendapatkan bantuan info dari Kiki yang tinggal di Pontianak.

Selama di Pontianak, tentu saja saya puas-puasin makan di sini. Walau di sini banyak menjual makanan tidak halal, bukan berarti pilihan makanan untuk saya sedikit, karena di sini juga banyak restaurant yang menjual makanan halal. Dan inilah kuliner yang saya coba selama tiga hari di Pontianak.

Es Krim Angi a.k.a Es Krim Petrus

Tempat ini menjadi kunjungan pertama saat menginjakkan kaki di Pontianak. Kiki yang sigap menjemput saya di hotel langsung membawa saya ke sini. Tempat ini sungguh ramai, namun saya masih tetap bisa mendapatkan kursi di sini. Mungkin karena tempatnya memang fokus menjual camilan, sehingga tidak ada yang duduk-duduk lama di sini. Begitu makanan habis, pengunjung langsung pulang dan berganti dengan pengunjung lain yang baru datang.

Walau namanya Es Krim Angi, namun tempat ini juga dikenal dengan nama Es Krim Petrus karena mereka berjualan di depan Sekolah Petrus. Uniknya di sini, saat memesan menu, penjualnya tidak mencatat lho. Entah gimana, mereka hafal dengan pesanan dan siapa yang memesan. Luar biasa ya! Rasa es krim yang disajikan di sini bermacam-macam, mulai dari vanilla, stroberi, coklat, durian, cempedak, nangka, dan lain-lain. Semua es krim ini homemade! Pengunjung bisa memilih es krim mau disajikan di gelas atau di batok kelapa.

Rasa es krimnya memang enak. Namun yang menjadi ciri khas di Es Krim Angi adalah karena es krim ini di sajikan dengan batok kelapa muda sebagai piringnya. Campuran es krim dengan kelapa muda semakin menambah kenikmatan mengunyah. Saya aja sampai nambah dua kali.

Oh iya, es krim ini ternyata bisa jadi oleh-oleh lho. Pengunjung bisa membeli yang ukuran 1 liter yang nantinya akan dibungkus sedemikian rupa sehingga bisa tahan dibawa sekitar 8 jam. Cobain deh.

Es Krim Angie
Jam buka: Setiap hari dari jam 8:00 – 17:00
Jln. Karel Satsuit Tubun No. 8, Pontianak, Kalimantan Barat 78121
HP: 0813-4514-8282

ChoiPan D’Bamboo

Sewaktu ke Pontianak tahun lalu, saya juga ke tempat ini untuk makan choipan. Tempat ini menjual choipan enak dan murah. Kalau di Jakarta 1 choi pan bisa seharga 5.000, maka di Pontianak harganya cuma 1.200 saja. Benar-benar murah meriah dan enak.

Rasa krenyes-krenyes dari bengkuang di dalam choipan ini juara deh. Kalau makan ini, saya bisa mengunyah lebih dari 10 hahahaha. Tapi emang ini bentuknya kecil-kecil sehingga gak gampang bikin kenyang. Biasanya kalau memesan choipan ini beramai-ramai, saya bisa memesan sampai 30 biji.

Choipan enak

Choipan yang saya makan ada yang kukus dan ada yang goreng. Pokoknya wajib makan choipan kalau ke Pontianak. Bagi yang muslim, pastikan makan di tempat yang halal ya karena ada juga beberapa tempat yang memasak choi pan dengan menggunakan minyak babi.

D’Bamboo
Jam Buka: Senin – Sabtu jam 10:00 – 21:00
Jln. Veteran No.4, Pontianak, Kalimantan Barat 78113
HP: (0561) 575990

Kwetiaw Appolo

Saya mencoba makan kwetiaw ini atats rekomendasi Kiki. Tempatnya memang bukan restoran melainkan lebih ke warung makan gitu. Tempatnya sederhana, namun banyak yang makan di sini. Saya ke sini saat sudah larut malam, jadi tidak seramai saat jam makan malam.

Kwetiaw Appolo

Kwetiawnya sendiri menurut saya rasanya enak. Bumbunya tercampur dengan baik dan yang pastinya bikin kenyang. Bagi yang pengen makan kenyang, bisa datang ke sini untuk menikmati kwetiaw sapi yang endeus.

Kwetiaw Appolo
Jam Buka: Setiap hari jam 14:30 – 01:00
Jln. Patimura No.63, Pontianak, Kalimantan Barat 78243
HP: (0561) 738741

Pisang Goreng Sarikaya Warung Suka Hati

Ketika ke Pontianak, cobalah pisang goreng sarikaya (bisa juga disebut srikaya). Ini adalah salah satu camilan khas di Pontianak. Pilihan jatuh ke Warung Suka Hati yang merupakan rekomendasi dari Kiki. Tempatnya tidak begitu besar, namun ramai sekali. Orang-orang mengantri untuk mendapatkan duduk dan banyak juga Gojek yang mengantri di sini untuk membelikan pesanan orang-orang.

Sebenarnya bentuknya seperti pisang goreng biasa, namun pisang goreng ini dilumuri dengan srikaya enak. Manisnya pisang goreng dan srikaya beradu membuat mulut saya tidak berhenti mengunyah hahahaha.

Di sini saya juga ketemu sama Asoka yang juga lagi wisata kuliner di Pontianak. Selain pisang goreng srikaya, roti panggang-nya juga enak lho. Untuk teman makan pisang goreng atau roti panggang, dijual juga kopi yang tak kalah enak. Saya gak heran tempat ini terus ramai didatangi para turis maupun orang lokal.

Warung Suka Hati
Jam Buka: Setiap hari jam 5:30 – 17:00
Jl. Tanjung Pura No.17, Pontianak, Kalimantan Barat 78117
HP: (0561) 735583

Bakso Ikan Telur Asin Ahan

Tempat ini adalah rekomendasi dari Kiki. Katanya bakso ikan di sini enak banget, apalagi yang isinya telur asin. Baiklah mari dicoba.

Di sini saya bisa memilih isian dalam semangkok bakso. Saya memutuskan memilih bakso ikan, bakso ikan isi telur asin, rumput laut, sampai dengan tahu. Untuk kuahnya saya memilih kuah bening.

Wuaaah, baksonya enak parah. Kaldu kuahnya juga bikin hati hangat saat memakan. Sayangnya pas ke sini saya udah agak kenyang, jadi gak bisa makan banyak-banyak.

Bakso Ikan Telur Asin Ahan
Jam Buka: 8:00 – 21:00
Jl. Gusti Johan Idrus, Akcaya, Pontianak, Kalimantan Barat 78113

***

Itulah tempat-tempat makan yang saya kunjungi selama tiga hari di Pontianak. Memang gak begitu banyak karena keterbatasan waktu. Namun saya cukup puas bisa mencicipi makanan di tempat-tempat ini.

Bersama @kikiiirizki

Terima kasih untuk Kiki yang sudah mau repot menjemput dan menemani saya ke mana-mana selama di Pontianak. 😀

Kalau kalian, tempat makan mana yang kalian ingin kunjungi kalau ke Pontianak dan kenapa?

Iklan

18 respons untuk ‘Menimbun Lemak di Pontianak’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s