Cara Bikin Visa Korea Selatan

Semenjak suka solo traveling, hal ini membuat saya mau gak mau mengurus semuanya sendirian, mulai dari pembelian tiket, pemesanan hotel atau airbnb, sampai dengan mengurus pembuatan visa. Kalau dulu jalan-jalan biasanya keperluannya diurusin orang lain, sekarang lebih suka mengurus semuanya sendirian, walau perginya kadang gak sendirian. Kalau dulu jalan-jalan biasanya ke negara yang gak perlu visa, sekarang lebih banyak ke negara-negara yang membutuhkan visa.

Beruntung saya punya visa Jepang yang berlaku selama 3 tahun, hal inilah yang menjadi alasan kenapa saya rajin mengunjungi Jepang. Namun demi variasi traveling ke negara yang berbeda, dalam kunjungan trip ke Jepang kali ini diwarnai dengan trip ke Korea Selatan.

Untuk memasuki Korea Selatan diwajibkan memiliki visa. Karena banyak teman-teman yang bilang visa Korea Selatan tidak sulit, maka saya pun mencoba mengajukan sendiri dengan bermodalkan googling dari internet. Inilah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat visa Korea Selatan.

1. Passport

Yes, passport asli adalah barang wajib untuk aplikasi. Gak ada passport, ya gak bisa bikin visa. Gimana sih? 😛

2. Photo 3.5×4.5 cm

Serahkan pas photo yang paling keren. Jangan foto pas lagi ngantuk atau muka lagi gak enak gitu. Karena foto yang kece adalah koentji! Eh tapi ntar pas visa udah jadi, fotonya gak bakal dipajang sih, jadi jangan khawatir juga soal beginian.

3. MENGISI Formulir visa Korea

Formulir ini bisa didownload di website Kedutaan Korea DI SINI yang nantinya diisi dengan tulisan tangan dan ditulis menggunakan huruf kapital. Boleh juga diisi dengan mesin tik jika mampu.

Penampakan Visa Korea Selatan

4. Surat Keterangan Kerja (jika ada)

Bagi yang bekerja di kantor, harap lampirkan surat keterangan kerja. Surat Keterangan Kerja bisa minta ke HRD. Kalau gak punya kantor mungkin bisa coba nebeng kantor teman untuk dibuatkan surat keterangan kerja (maap sarannya agak ngaco).

5. SIUP Kantor (jika ada)

Ini gak wajib sih kalau kamu gak punya kantor. Namun agar memperlancar pembuatan visa, sebaiknya dilampirkan juga ya. Kalau gak punya SIUP kantor, mohon maaf saya gak bisa bantu. Mungkin bisa coba konsultasi terlebih dahulu ke Kedutaan Korea Selatan.

6. Kartu Keluarga

Fotocopy Kartu keluarga ini sebenarnya dibutuhkan bagi yang bepergian bersama keluarga (sebagai bukti kalau mau jalan-jalan sekeluarga). Kalau yang solo traveler kayak saya sih gak perlu ya. Eh tapi saya kemarin masukin juga sih biar afdol hahahaha~

7. Rekening koran (catatan tabungan selama 3 bulan)

Rekening koran adalah catatan keuangan kamu. Hal ini diperlukan untuk membuktikan bahwa kamu memang benar memiliki tabungan dan jumlah uang yang memungkinkan untuk jalan-jalan ke Korea Selatan. Sebagai contoh, apabila ingin jalan-jalan ke Korea selama 7 hari, siapkan 7 juta di tabungan dengan hitungan kasar 1 juta per hari untuk akomodasi selama di Korea.

Duit Korea

Kalau kamu traveling ke Korea selama 14 hari, maka siapkanlah uang 14 juta di tabungan supaya rekam tabungan kamu terlihat baik dan meyakinkan bahkan kamu memiliki uang cukup untuk jalan-jalan ke Korea Selatan sehingga memuluskan pembuatan visa Korea Selatan.

8. Surat keterangan bank

Surat keterangan bank ini bisa dibilang wajib sebagai bukti bahwa kamu benar-benar warga negara Indonesia yang memiliki rekening bank di Indonesia. Selain itu semacam jaminan kalau kamu akan balik ke Indonesia, gak ngendon kelamaan di Korea Selatan atau berusaha nyari kerjaan di sana.

9. Fotokopi bagian depan buku rekening bank

Dokumen ini sebenarnya untuk kelengkapan aja sih, tapi termasuk wajib ada saat mengajukan aplikasi. Jadi jangan lupa foto kopi bagian depan buku rekening tabungan kamu saat mengajukan aplikasi ya!

10. Fotokopi passport

Walau passport asli diserahkan saat mengajukan aplikasi visa namun fotokopi passport tetap diperlukan. Siapkan fotokopi passport saat mengajukan aplikasi visa.

11. Print tiket pesawat

Ini juga barang wajib karena membuktikan bahwa kamu memang benar akan pergi ke Korea Selatan dan akan kembali ke Indonesia. Selama kamu ada tiket pulang, maka Korea Selatan gak perlu khawatir akan menampung kamu apabila kamu berniat tidak ingin pulang. Jangan nekat overstay ya, nanti yang ada kamu dideportasi dan gak boleh balik lagi ke Korea Selatan!

12. Print bukti keterangan menginap

Ini untuk membuktikan bahwa kamu memang ada tempat menginap, gak luntang lantung selama di Korea Selatan. Kalau kamu numpang di rumah teman, cantumkan saja alamat yang lengkap. Tapi saya sendiri belum pernah coba sih. Untuk bagian ini mungkin bisa konsultasi terlebih dahulu ke Kedubes Korea Selatan.

13. Menyerahkan SPT

SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) alias laporan pajak menjadi dokumen wajib kalau mau bikin visa Korea Selatan. Kalau gak salah sejak tahun lalu sudah diberlakukan hal ini. Makanya kemaren pas mau bikin visa, saya melakukan laporan pajak terlebih dahulu, supaya mempermudah persetujuan visa. Alhamdulillah dengan adanya tanda bukti lapor pajak, visa saya terbilang mulus.

***

BANYAK JUGA YAAAA HAHAHAHAHA! Saya menyiapkan dokumennya perlahan-lahan dan akhirnya berhasil melengkapi semua tepat waktu. Ketika semua dokumen sudah lengkap, saatnya mengajukan aplikasi visa Korea Selatan di Kedutaan Korea yang terletak di daerah Gatot Subroto, tepatnya di sebelah Rumah Sakit Medistra.

Kalau ke sini bawa mobil bisa parkir di Medistra atau di K-Link Tower. Saya ke sini bisa dibilang datang mepet dengan waktu tutup (tinggal 10 menit lagi hahahaha), tapi alhamdulillah masih boleh masuk dan menunggu sekitar 30 menit sampai akhirnya nomor saya dipanggil. Memang sebaiknya datang pas mau tutup aja biar gak kelamaan nunggu gyahahaha tapi gak perlu ditiru ya. Namun saat menyerahkan dokumen di loket juga gak lama sih, terbilang lancar. Jadi datang pagi juga gapapa (saran yang sungguh labil).

Siapa yang menolak ke Korea kalau diajak oleh Song Kong Ki?

Visa Korea saya selesai dalam seminggu. Sebenarnya kalau gak salah 5 hari, tapi pas ngecek di website kok nama saya gak ada? Akhirnya saya datang langsung aja ke sana dan nanya apakah visa saya sudah kelar, dan ternyata udah! Kayaknya mereka lupa input data saya di website jadi tiap saya cari gak ada melulu hahaha~

Jadi, kapan mau mengunjungi Korea Selatan?

***

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950
Tel: 62-21-2967-2555
Jam beroperasi: 08:30-12:00 dan 13:30-16:30

Iklan

22 thoughts on “Cara Bikin Visa Korea Selatan

  1. Rina berkata:

    Buat bukti keuangan, berarti milih antara SPT atau rekening koran kah? Pengen ke korea lagi tapi males apply visa gara2 kemaren sempet ada info kalo SPT wajib hukumnya dilampirin.

  2. Anna Liwun berkata:

    Hallo,

    Saya sudah pergi ke Korsel 2012. Coba Wonderland, DMZ tour juga seru… beberapa artikel saya tulis di blog. Jika ini pergi pertama kali, boleh nanya2 ke saya apabila perlu hehehe.. Have fun😁

    Salam,
    Anna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s