Tips Memilih Pakaian Saat Traveling

Traveling alias jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang paling saya sukai selain makan. Menurut saya, traveling bisa menjadi penyeimbang dari rutinitas yang saya lakukan sehari-hari. Dengan traveling, saya merasa hidup saja menjadi lebih hidup dan berwarna.

Ketika traveling, hal-hal yang biasa saya siapkan antara lain itinerary dan tempat-tempat yang ingin didatangi, perhitungan budget, sampai dengan list pakaian yang akan dibawa. Saya belajar hal ini dari Popon yang selalu menginspirasi. Biasanya saya membuat google sheet berisi itinerary yang dilengkapi dengan tab khusus list pakaian. Kenapa soal pakaian untuk traveling penting, ini jawabannya menurut saya.

Menyesuaikan isi koper. Kadang rasanya ingin membawa bawa semua pakaian namun koper tak cukup. Saran saya, buatlah tabel seperti ini supaya gak kebingungan mau pakai baju apa saat traveling.

Jadwal pakaian sewaktu di Rusia

Bagi saya, tabel ini justru memudahkan saya menentukan baju apa yang mau dipakai karena sudah ditentukan sejak di tanah air. Paling beberapa hal yang berubah adalah coat atau sepatu. Waktu ke Rusia kemarin, saya hanya membawa 2 coat, jadi jangan heran kalau coat yang saya pakai itu-itu aja hahahaha.

Tadinya mau beli coat pas di Rusia, sayangnya waktu tak memungkinkan karena gak sempat blas. Saya dan Mama sudah terlalu sibuk jalan kaki dan mengejar tempat yang dituju.

Biar foto lebih kece. Benar! Biar foto liburan jadi lebih kece. Siapa sih yang gak mau foto jalan-jalannya terlihat menarik? Karena foto dengan pakaian yang itu-itu aja pastinya kurang menarik ya. Jadi memang harusnya membawa pakaian sedikit lebih banyak for the sake of photo-photo.

Paling sulit sih kalau ke tempat yang dingin, karena berarti harus membawa beberapa coat supaya gak bosen fotonya itu-itu saja. Waktu pertama kali ke Jepang, saya tuker-tukeran coat sama Clara Devi demi foto-foto. XD

Demi konten Instagram. Ini jawaban buat anak Instagram sih HAHAHAHA alias saya sendiri. *eh*

Pernah ya, demi biar konten di Instagram bajunya gak itu-itu terus, saya beli coat. Untungnya bahannya enak dan saya suka desainnya, persis kayak yang dipakai Eun-Tak di film Goblin. Kadang saya juga bawa pakaian terbatas, biar ada alasan belanja di negara tujuan.

Mirip khaaaaan?

Jadi usahakan membawa pakaian yang berbeda, kalau perlu ketika pergi ke satu tujuan, bawa pakaian cadangan, supaya bisa ganti baju kalau ternyata spot foto di tempat liburan tersebut ada banyak.

Dari alasan-alasan di atas, maka TIPS MEMILIH PAKAIAN SAAT TRAVELING ALA CHIKA adalah sebagai berikut.

Pilih pakaian yang nyaman saat jalan-jalan

Buat saya, kenyamanan berpakaian menjadi hal wajib saat jalan-jalan. Jangan sampai salah pilih pakaian, misalnya ke daerah dingin cuma bawa kaos dan celana bahan yang tipis. Eits, jangan cari penyakit. Walau saya termasuk kulit badak orang yang tahan dengan udara dingin, namun kesehatan itu penting dan udara dingin bisa bikin suhu tubuh drop yang menyebabkan mudah sakit.

Seperti saat musim gugur atau musim dingin, saya selalu membawa coat. Selain bisa terlihat kece di foto, coat ini melindungi dari udara dingin, jadi memang termasuk pakaian wajib dibawa.

Kalau malas bawa coat, bisa coba bawa kemeja atau outter dengan bahan flannel. Selain bikin lebih hangat, flannel ini menjadi penyelamat saya di kala kedinginan. Oh iya, gak semua baju berbahan flannel itu panas lho, ada juga yang adem dan enak dipakai seperti milik UNIQLO ini namun tetap menghangatkan tubuh. UNIQLO Flannel bisa dikenakan kapan aja dan di mana aja, termasuk saat traveling dan kegiatan sehari-hari. Tuh lihat gaya saya pakai UNIQLO Flannel saat hadir ke Social Media Week.

Kalau mau pergi pada musim gugur atau musim dingin, UNIQLO Flannel ini cocok banget! Saya sendiri waktu musim gugur tahun lalu pakai UNIQLO Flannel kerah turtle. Saya punya banyak dengan aneka warna. 😀

Bawa aksesoris

Menurut saya membawa aksesoris itu cukup penting, seperti kalung, gelang, cincin, syal sampai topi. Biar saat traveling gak terlalu plain gitu, jadi biasanya saya pakai aksesoris. Biasanya aksesoris yang saya bawa antara lain kalung dan anting. Kalung biasanya saya pakai saat tidak membutuhkan syal. Sedangkan apabila musimnya cukup dingin, memakai syal seperti kewajiban. Selain bisa menghangatkan badan, jadi makin gaya dengan adanya syal.

Kalau topi, saya sendiri adalah penggemar topi. Saya memiliki topi mulai dari topi pantai, topi untuk musim panas, topi kupluk, sampai topi tebal yang bisa menghangatkan kepala. Pokoknya buat saya kehadiran topi itu penting.

Chika si penggemar topi

Tas juga penting! Kalau pengen tas matching dengan baju, cobalah bawa warna yang masuk dengan pakaian. Saya sih jarang ya bawa tas cuma buat foto-foto, biasanya bawa emang karena fungsinya. Supaya tas bisa berfungsi dan tentunya lucu untuk difoto, tentukan saja tas yang mau dibawa. Atau beli baru. Haha.

Sesuaikan warna dengan musim

Kalau traveling saat musim panas atau musim semi, pilihlah pakaian dengan warna-warna terang dan lucu seperti hijau, kuning, biru, atau pink. Kalau musim dingin atau musim gugur, pakaian dengan warna gelap membantu agar tidak cepat kotor. Beberapa coat saya rata-rata warna gelap atau musim gugur dikarenakan saya lebih sering berpergian pada Q3-Q4.

Musim gugur biasanya identik dengan warna gelap

Demikian tips memilih pakaian untuk traveling versi Chika. Semoga berguna bagi kalian yang ingin traveling. Jangan lupa share juga tips ini biar nambah pahala karena sudah bikin saya senang plus berbagi informasi buat teman-teman kalian. :’))))

40 thoughts on “Tips Memilih Pakaian Saat Traveling

    • Adiitoo berkata:

      Aku itu termasuk anak yang ribet untuk urusan beginian.

      Mau yang kece-kece, tapi bahannya lumayan berat dan penuh-penuhin tas doang. Hahaha… Nanti kalau aku liburannya ke LN, pengen juga bisa memadumadankan pakaian yang kupunya.

      omong-omong, suka sama gaya kak Chika yang di Papparich. Terlihat agak lebih tinggi dan langsing. Semua unsur amat mendukung. *digeplak

  1. Ata berkata:

    Aku juga tipe yang kudu banget bikin tabel pakaian, mau liburan, diklat, pokonya wajib. Tapi entah kenapa koper tetep aja penuh yhaaa hahaha

    Btw kemeja flannel uniqlo itu banyak biyangeeeet pilihan motif dan warnanya deh Chik ku gemassss 😍

  2. Ajeng Lembayung berkata:

    Harusnya postingan ini terbit sebelum aku travel kemarin. Eh tapi kemarin aku juga ada bawa dress sama flannel sgala sih. Cuma gak sempat jalan2 ke mana2 karena selesai workshop malem banget. Hahaha

  3. Dita berkata:

    aku juga suka bikin jadwal pakaian, tapi biasanya bawa bajunya gak banyak sih cuma di mix & match aja, soalnya lebih sering travel light ga pake bagasi. Cuma masalahnya aku ga tahan dingin nih, kena AC pesawat aja udah kedinginan, ndeso 😦

Tinggalkan Balasan

