Jenius, Aplikasi Perbankan Hasil Ko-Kreasi

Saya adalah pengguna Jenius sejak aplikasi ini belum launching. Saya dan beberapa teman lainnya yang disebut dengan Gen.1.0 (Generasi One) adalah orang-orang beruntung yang bisa merasakan aplikasi Jenius akhirnya launching di tanggal 11 Agustus 2016. Gen.1.0 sendiri adalah sebutan untuk aplikasi Jenius sebelum diluncurkan ke publik.

Kami adalah beta tester yang kemudian memberikan masukan-masukan untuk Jenius mengenai apa saja yang harus dikembangkan dari aplikasi ini. Masukan-masukan inilah yang diberikan nama Co-Create. Kalau diterjemahkan jadi Ko-Kreasi.

Jenius adalah aplikasi perbankan dari Bank BTPN yang memudahkan life finance. Jenius tidak hanya sekadar rekening bank saja, tapi lebih dari itu. Jenius membantu mengelola keuangan dan memudahkan segala transaksi keuangan baik online maupun offline.

Sebelum diluncurkan, Jenius sering mengadakan FGD (Focus Group Discussion) untuk menampung masukan-masukan dari para pengguna Jenius agar dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan masing-masing para ko-kreator. Jadi bisa dibilang Jenius itu adalah aplikasi perbankan hasil keroyokan dengan para penggunanya.

Fitur-fitur yang ada di Jenius

Apa sih keuntungan ko-kreasi dengan Jenius? Oh ada pastinya. Bayangkan kamu memakai aplikasi yang idenya berasal dari kamu. Tentu bangga rasanya apabila ide yang dikeluarkan dapat diwujudkan. Seperti saya menginginkan aplikasi yang bisa mentransfer uang tanpa hassle, Jenius mengakomodasikan dengan adanya $cashtag yang merupakan pengganti nomer rekening yang memudahkan transaksi. Bayangkan, ketika minta transfer ke teman, tinggal minta mereka transfer pakai Jenius ke cashtag $chika. Canggih banget khan!

Salah satu ide yang saya berikan adalah perbanyak promo merchant dengan Jenius dan itu dikabulkan dengan adanya diskon belanja di The Goods Dept, sampai promo diskon 50% untuk Chatime. Benar-benar Bank yang mendengarkan suara nasabah.

Pakai Jenius untuk promo 50% pembayaran via Split Bill di acara Brightspot

Ketika Jenius meluncurkan aplikasi ini, banyak sekali fitur-fitur yang tidak ada di bank lain, ternyata ada di Jenius. Beberapa fitur yang sangat berguna dalam kehidupan saya di aplikasi Jenius adalah sebagai berikut:

Dream Saver

Saya memiliki banyak sekali mimpi. Mimpi yang kemudian saya tuangkan ke dalam bucket list. Dan saya bisa dibilang memiliki tujuan hidup untuk mencontreng semua yang ada dalam bucket list.

Dan karena sebuah tweet adalah doa, maka saya bisa bilang tweet yang saya posting setahun yang lalu, akhirnya bisa kesampaian di tahun ini, berkat Dream Saver.

Ini adalah tweet setahun kemarin. ALHAMDULILLAH TERCAPAI YHA!

Terus terang, saya merasa merasa sangat terbantu dengan adanya Dream Saver. Berkat Dream Saver ini saya pelan-pelan bisa meraih satu per satu mimpi saya. Berkunjung ke Rusia yang menjadi mimpi saya, dapat tercapaikan dengan bantuan menabung di Jenius.

Tidak hanya menabung untuk traveling, saya juga menabung untuk membeli barang, seperti camera Canon G7X Mark II ini. Saya akhirnya bisa membeli kamera ini seminggu sebelum berangkat ke Jepang.

Tercapai nih akhirnyaaaa~

Karena sudah memiliki kamera ini, sekarang akun Youtube saya jadi lebih update hohoho. Terbukti fitur Dream Saver sangat berguna dalam kehidupan saya! Sudah beberapa mimpi terwujudkan dengan adanya fitur ini. ❤

Pay Me

FItur Pay Me adalah fitur meminta uang ke teman-teman yang memiliki $cashtag. Buat saya, fitur ini sangat membantu saya karena memudahkah saya dalam menagih hutang teman HAHAHAHAHAHA.

Sekarang gak perlu sungkan lagi nagih-nagih hutang, tinggal request lewat Pay Me. Beres. Alhamdulillah teman-teman saya adalah orang-orang yang taat membayar hutang.

Split Bill

Saya menggunakan fitur ini kalau sedang nongkrong bareng teman. Agar memudahkan pembagian pembayaran, saya memilih memakai Split Bill untuk menghitung dan menagih pembayaran. Mudah dan to the point. Gak perlu nagih-nagih ampe kelupaan.

Send It

Fitur Send It ini bisa untuk mengirim uang ke sesama pengguna Jenius mau pun antar bank. Selain itu juga bisa untuk beli pulsa, bayar tagihan internet, sampai dengan isi Go-Pay untuk akun Gojek. Sangat memudahkan karena tidak perlu memakai token.

x-Card

Kartu dari Jenius ini sangat berguna untuk saya karena seperti management by amplop. x-Card membagi kartu sesuai pos-pos kebutuhan. x-Card yang saya miliki ada 3. Satu untuk hore-hore, satu untuk traveling, dan satu untuk belanja bulanan. Tapi yang paling sering saya bawa sih yang buat hore-hore.

Itulah 5 fitur Jenius yang jadi favorit saya selain $cashtag. Kalau merasa bisa menyumbang ide untuk fitur yang lebih baik, cuusss ikutan #JeniusCoCreate. Berkat ikutan #JeniusCoCreate, saya diundang ke acara launching Jenius dan di sana saya berhasil mendapatkan doorprize berupa GoPro, alhamdulillah yaaaaa walau nyaris ketinggalan kereta.

Nyobain Split Bill, dikasih bantal pizza

Saya juga senang bisa bekerja sama dengan orang-orang hebat di balik Jenius seperti kak Dimas, kak Iphan, kak Jonte, sampai kak Mac. Teman-teman saya juga bertambah banyak berkat #JeniusCoCreate. :’)

Memang aplikasi Jenius masih belum sempurna, namun di dunia ini tidak ada kesempurnaan bukan? Kesempurnaan itu hanya milik Tuhan dan bunda Dorce. Semoga dengan bertambahnya para pengguna Jenius yang ingin ikutan #JeniusCoCreate, diharapkan akan ada inovasi-inovasi lainnya dari Jenius.

Bagi kalian yang pengen ikutan menyumbang ide untuk Jenius, ayo ikutan #JeniusCoCreate dengan cukup meninggalkan $cashtag kamu di kolom komen. Nantinya tim Jenius akan menghubungi kamu untuk mengajak #JeniusCoCreate.

Iklan

19 thoughts on “Jenius, Aplikasi Perbankan Hasil Ko-Kreasi

  1. Leo berkata:

    Kemarin udah ngasih identitas jenius, aku pikir diajakin co-create nya, gada invitation ternyata udah happened yah 😦 huhu i was thinking #JeniusCoCreate is like… Jenius’ friends buat R&D ke temen-temen langsung terkait Jenius App dengan melibatkan teman2 yang ikutan #JeniusCoCreate btw bagi credit Jenius dong kak Ck! :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s