Cara Bikin Visa Rusia

Pergi ke Rusia sudah menjadi cita-cita saya sejak rajin nonton film. Kenapa karena nonton film? Soalnya banyak banget film-film yang memperlihatkan indahnya Rusia, apalagi film-film Hollywood. Oleh karena itu pergi ke Rusia merupakan salah satu cita-cita saya.

Cita-cita tersebut sempat pupus dikarenakan tiket Rusia yang cukup mahal dan konon membuat Visa Rusia cukup sulit, apalagi mewajibkan rekening koran minimal 75 juta. Namun siapa yang menyangka, akhirnya bisa mewujudkan cita-cita tersebut dan mengunjungi negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin.

Sebagai orang yang berhasil apply Visa Rusia sendirian tanpa meminta bantuan travel agent, maka saya akan menjabarkan secara detail apa saja yang diperlukan untuk membuat Visa Rusia. Selamat menyimak!

1. PASSPORT

Hal terpenting ketika mau traveling ke luar negeri adalah memiliki passport. Gak ada passport, gak bisa ke luar negeri. Untuk membuat Visa Rusia, maka diperlukan passport aktif yang memiliki masa berlaku minimal 6 bulan dari tanggal expired. Kalau passport sudah menjelang basi alias expired, segeralah perbaharui passport terlebih dahulu sebelum mengajukan visa. Jangan sampai visa ditolak karena passport sudah mau basi.

Selain passport, dibutuhkan juga fotocopy passport, jadi harus disiapkan juga ya. Jangan lupa karena tempat fotocopy tidak ada di Kedutaan Rusia.

2. Punya Tiket Pesawat

Ini bisa dibilang hal terpenting. Sebelum membuat Visa Rusia, beli dulu tiketnya. Jangan pernah mengirim aplikasi Visa Rusia sebelum membeli tiket. Lagipula dengan memiliki tiket pesawat otomatis sudah memulai konsistensi untuk menabung, mencari tempat menginap, sampai dengan budget jalan-jalan. Jadi memiliki tiket pesawat PP (pergi dan pulang ya, bukan one way ticket) Rusia adalah hal pertama yang harus dimiliki.

3. Punya Visa Support/Invitation

Apaan tuh visa support/invitation? Kok ribet banget harus punya? Nah Rusia tuh mewajibkan pengunjung harus memiliki visa support/invitation untuk meyakinkan bahwa calon pengunjung akan benar-benar mengunjungi Rusia. Visa ini sangat penting untuk penunjang bikin Visa Rusia. Gak ada visa support berarti gak ada visa Russia.

Bentuk visa invitation

Visa support/invitation ini bisa didapatkan secara online. Banyak agen travel yang menjual visa jenis ini. Saya sendiri menggunakan jasa ivisaonline.com untuk mendapatkan visa support/invitation. Biayanya $50.52 per orang yang dapat dibayarkan dengan menggunakan kartu kredit. Kalau gak punya kartu kredit, coba deh bayar dengan m-card dari Jenius.

4. Memiliki Bukti Pembayaran Akomodasi Perjalanan

Untuk bikin Visa Rusia wajib untuk melampirkan dokumen-dokumen penting perjalanan seperti bukti pembayaran penginapan, tiket pesawat, sampai dengan tiket kereta (bila melakukan perjalanan lintas kota). Salah satu yang paling penting adalah bukti pembayaran penginapan.

Dokumen berupa tanda bukti pembayaran penginapan adalah dokumen penting dalam membuat Visa Rusia. Selain itu lampirkan juga tiket pesawat, kereta, maupun bus apabila melakukan perjalanan lintas kota agar lebih mendukung pembuatan visa. Semakin lengkap dokumen, maka semakin kecil kemungkinan dipanggil untuk pembetulan visa.

Salah satu teman yang saya temui di perjalanan memberitahu saat membuat Visa Rusia, dia dipanggil karena tidak ada bukti pemesanan hotel. Untungnya saya sudah melengkapi semua dokumen sehingga pembuatan Visa Rusia cukup lancar tanpa ada hambatan.

5. Memiliki Asuransi Perjalanan

Rusia adalah yang negara yang aman, namun akan lebih baik apabila traveling ke luar negeri kita memiliki asuransi perjalanan. Pergi ke manapun usahakan untuk membeli asuransi perjalanan, karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi selama traveling. Saya sendiri membeli asuransi perjalanan AXA Mandiri kelas Gold yang terbilang murah yaitu Rp 327.845. Dokumen asuransi perjalanan ini jangan lupa dilampirkan saat membuat visa. Semakin lengkap dokumen, semakin mulus jalan untuk mendapatkan visa Rusia.

Sebenarnya asuransi perjalanan ini tidak wajib, tapi bagi saya ini hal penting dalam melakukan perjalanan, apalagi kalau perjalanan jauh. Jadi sebaiknya siapkan asuransi perjalanan supaya merasa lebih aman. ๐Ÿ˜€

6. Isi Formulir Visa Rusia Secara Online

Mengisi formulir aplikasi Visa Rusia hanya bisa dilakukan via online diย https://visa.kdmid.ru. Cara mengisinya cukup mudah dan sangat jelas dengan apa yang dijabarkan di website. Untuk nomor 11 yaitu pertanyaan mengenai “Host organisation you intend to visit,” harap diisi dengan alamat agen travel yang mengeluarkan visa support/invitation.

Apabila mengunjungi beberapa kota, bisa ditulis kota mana saja yang dikunjungi dan alamat tempat menginapnya di mana. Semakin detail maka semakin baik (menurut saya). Saya sendiri mengisi kota Moscow dan St. Petersburg di dalam formulir.

Formulir visa yang sudah diisi dan diprint

Oh iya, dalam mengisi formulir visa ini, apabila ternyata masih ada kolom yang belum diisi, data bisa disimpan dan dilanjutkan di hari lain. Tapi mohon disimpan nomor registrasi yang diberikan supaya bisa melanjutkan mengisi apabila ingin melengkapi data di kemudian hari. Jadi jangan takut data yang sudah diisi hilang begitu saja. ๐Ÿ˜€

7. Pas Photo 3X4 sebanyak 2 lembar

Pas photo adalah salah satu syarat wajib membuat visa. Untuk membuat Visa Rusia dibutuhkan pas photo terbaru ukuran 3X4 dengan background warna putih sebanyak 2 lembar. Tapi FYI aja, yang ditempel di form Visa Rusia cuma satu, yang satu lagi dibalikin.

8. Menyiapkan uang $70

Uang pendaftaran aplikasi Visa Rusia terbilang mahal di antara negara-negara lainnya. Kalau Korea sekitar Rp 544.000, Visa Rusia mengharuskan membayar sebesar $70. Uang tidak kembali kalau visa ditolak. Tapi kalau memenuhi semua yang saya sebutkan di atas, Insya Allah visa akan tembus.

Sebaiknya siapkan uang dalam bentuk dollar, karena kalau membayar dengan rupiah, akan dikenakan nilai tukar sebesar Rp 14.000 (sementara nilai tukar rupiah di money changer sekitar 13.000). Jadi usahakan membayar dengan dollar ya, jangan rupiah.

9. Lengkapi Dokumen Yang Diperlukan

Visa Rusia saat ini bagi saya adalah salah satu negara dengan proses visa yang cukup mudah proses aplikasinya karena dokumen yang diperlukan cukup sederhana, kecuali di bagian visa support hahahaha! Untuk apply Visa Rusia tidak memerlukan print rekening koran, tidak perlu surat keterangan dari bank, tidak perlu surat keterangan kerja, atau dokumen-dokumen lainnya yang membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya. Jadi bagi saya, bikin Visa Rusia tidaklah sulit.

Yang terpenting adalah mengisi formulir Visa Rusia yang sudah diisi online dan diprint, paspor, pas photo ukuran 3×4 (saya kemarin ngasih ukuran 3.5×4.5 masih diterima sih) sebanyak 2 lembar yang akan ditempelkan di formulir, bookingan tiket pesawat dan hotel, tiket kereta (apabila ada rencana pergi ke kota lain, dan visa support/invitation. Untuk detail lebih jelasnya bisa dilihat di website Kedutaan Rusia.

Kurang lebih, hal-hal yang diperlukan untuk aplikasi Visa Rusia antara lain:

  • Passport dan fotocopy passport
  • Tiket Pesawat
  • Visa Support/Invitation
  • Dokumen bukti pemesanan hotel
  • Tiket kereta (jika ke luar kota)
  • Dokumen asuransi perjalanan
  • Pas photo ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dengan background putih
  • Uang pendaftaran $70

10. Datang Tepat Waktu

Waktu untuk apply Visa Rusia antara lain dari jam 9:00-12:00, sementara pengambilan visa yang sudah selesai bisa diambil dari jam 9:00-13:00. Bagi yang ingin mengajukan aplikasi visa, datang lebih cepat ya, karena ada nomor antrian dan kuota harian untuk apply visa dibatasi.

Penampakan bagian depan gerbang Kedutaan Rusia

Saya pernah datang sekitar jam 11 siang, ternyata kuota untuk apply visa sudah habis jadi saya harus kembali keesokannya. Maka besoknya saya datang jam 8:30 dan mendapatkan antrian nomor 5. Namun loket pembuatan visa baru dibuka sekitar jam 9:40, sedangkan tas harus dititipkan dan handphone harus ditinggalkan di tas. Sebaiknya bawa bahan bacaan seperti komik atau majalah untuk membunuh waktu selama menunggu. Atau bisa juga ngayal babu selagi menunggu. Bebas!

Setelah semua formulir diberikan dan membayar uang aplikasi visa, akan diberikan tanda terima yang nantinya harus dibawa saat pengambilan visa. Durasi pembuatan visa kurang lebih 15-20 hari. Saya sendiri mengambil visa sehari setelah tanggal yang tertera di bukti tanda terima aplikasi visa.Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada petugas visa di kedutaan. Dan inilah Visa Rusia yang sudah tertempel manis di passport.

Banyak yang disensor demi kemashlatan umat

Beberapa teman ada yang cerita kalau mereka harus balik ke kedutaan karena ada dokumen yang tidak lengkap. Saya sendiri cukup lancar karena ketika datang untuk mengambil visa di tanggal yang diminta, visa saya sudah selesai. Dengan mengikuti tips-tips di atas, semoga dapat memperlancar bagi yang ingin apply Visa Rusia.

Good luck!

Iklan

56 respons untuk โ€˜Cara Bikin Visa Rusiaโ€™

    • cK berkata:

      Bisa jadii. Tapi emang Rusia lagi pengen ningkatin turis Indonesia sih (hasil ngobrol sama teman yang kerja di KBRI Rusia)

  1. Desfortin berkata:

    Trmksih buat tipsnya, wlau sngat jauh bg sy utk urusan ke Rusia, tp stidaknya klo ada tman yg mau ksna, minimal bs dshare. So, artikel ini is very useful.

    • cK berkata:

      Waah makasih mas. Semoga blogpost ini bisa membantu yang berencana mengunjungi Rusia. Siapa tau suatu hari mas juga bisa ke sana. ๐Ÿ˜€

  2. Dita berkata:

    visa invitation-nya mahal juga ya huhuhu
    eh kak kalo bukti penginapannya kayak biasa kita buat di booking.com gitu bisa gak? apa harus yang bener2 udah dibayar kayak agoda atau situs hotel langsung?

    • cK berkata:

      Iyaaaa, emang ribetnya sih kayak gitu. Cuma kalau tanda bukti booking dll udah ada, insya Allah aman. Rata-rata pada diterima kok visanya. Rusia juga emang lagi mau narik banyak turis karena tahun depan mereka bakal ada Piala Dunia. ๐Ÿ˜€

  3. simbok berkata:

    ooooooo bisa ngurus invitation di situ toh? taun kmrn aku nyari ke beberapa agency tapi gak ada Indonesia. udah nyoba ke salah satu hotel (lupa nama hotelnya) tapi emailku dijawab dengan permintaan maaf karena mereka ga bisa keluarin undangan untuk orang Indonesia ๐Ÿ˜ฆ

    • cK berkata:

      Iya Mbooook. Itu aja dibantuin Kenny sih nyarinya. Agak susah memang nyari visa invitation Rusia ini. Tapi untungnya berhasil ketemu.

  4. Avi berkata:

    Kamu booking hotelnya dari website apa yah (yang bisa memberikan bukti pembayaran), krn aku denger kalo booking dari booking.com or Agoda ngga diakui bukti pembayarannya

    • cK berkata:

      Aku dibookingin sama Kenny @kartupos, jadi dokumen-dokumen hotel diurusin sama Kenny. Cuma Kenny pake hotels.com sih untuk mesennya.

  5. Yiddra berkata:

    Kalo kita berencana tinggal di 4 kota, apakah visa supportnya 4 buah juga.. ?Karna informasi yang saya dapat visa support yang kita dpt dari hotel hanya berlaku untuk daerah tersebut.. Apakah itu benar?? Mohon pencerahannya gan..

    • cK berkata:

      Kalau memang beli Visa Support kayak saya, itu cuma perlu satu aja. Tapi kalau emang gak mau bayar, harus minta ke hotelnya dan semua hotel harus provide Visa Support.

  6. Aliya berkata:

    halo kak chika! penjelasan di atas sangat menarik dan bikin saya tambah pengen pergi ke Rusia (saya juga suka travelling hehe). mau tanya kak, pengajuan visa dan lain-lain tersebut, lebih baik berapa lama sebelum tanggal keberangkatan ya? karena tadi saya lihat pembuatannya visanya saja sudah memakan waktu 20 hari dan belum lagi kalau (amit2) ditolak. mohon feedback nya kak ๐Ÿ˜€

    • cK berkata:

      Hai Aliya! Aku sendiri bikin visa sekitar sebulan sebelum berangkat sih. Pastiin aja semua dokumen sudah lengkap supaya gak bolak-balik. ๐Ÿ˜€

  7. styven berkata:

    hallioww kak….

    mau nanya …

    sy berencana ke rusia juli 2018…perjalanan sy dari jakarta ke moscow trs ke st.peter lalu balik lg ke moscow dan kembali ke jakarta…

    nah klo sperti ini itenirarynya bgaiman ya kak..??

    terus untuk visa supportnya apakah bisa dicantumkan moscow -st.peter- moscow dan dgn notel yg sama di moscow saat pertama x tiba disana.?? mohon penjelasannya ya kak… makasi y

    • cK berkata:

      Di itinerary tulis aja tanggal berapa ke St Petersburg dan tanggal berapa balik ke Moscow. Kamu visa supportnya dapet dari hotel apa beli kayak aku?

      • steven kefi berkata:

        visa supportnya blm sy bli kak…soalnya blm dpt hostel di moscow… klo di st.peter sdh dpt hostelnya…. moscow yg blm… rencananya klo dpt hotel nnti mau bli visa supportnya di bronevik.com…

        oia kak…. ada saran kah utk penginapan di moscow..?? atw klo boleh tau kmarin kak Chika nginap di hotel apa waktu di moscow….???
        mohon bantuannya ya… thank you

          • steven kefi berkata:

            Hallooo Mba Chika… mau nanya lagi ni…

            kmarin waktu pemesanan hotel itu, temannya Mba yg pesan pake kartu kreditnya ya..?? terus di invoice hotelnya itu atas namanya atau atas nama Mba Chika.
            ???

  8. omkit berkata:

    Kurang dari satu bulan lagi aku juga mau ke Moscow. Kemarin visa baru jadi. Tapi sempat kaget, di bagian fotonya tertulis โ€œะ”ะ•ะ™ะกะขะ’ะ˜ะขะ•ะ›ะฌะะ ะ‘ะ•ะ— ะคะžะขะžะ“ะ ะะคะ˜ะ˜” yang artinya “VALID WITHOUT PHOTOGRAPH”. Kalo gitu ngapain ngasih foto yak? :))

    Anyway, di bandara ada counter Beeline ndak sih, Mbak Chika?

  9. citra berkata:

    aku mau ke Rusia untuk meliput Piala Dunia 2018. mau tny soal bukti pembayaran akomodasi yg sudah dibayar gmn ya? biasanya aku ke negara-negara Eropa lainnya cukup lewat booking.com bisa lolos dapat visa, klo Rusia harus benar sudah dibayar? ditunggu ya balasannya Chikaa. thanks

    • cK berkata:

      Hai Citraaa. Wah enak ya bisa ngeliput Piala Dunia (aku juga ingiiiin hahahahaha).

      Kemaren sih aku bener-bener udah bayar penginapannya. Harusnya pake booking.com juga bisa sih. Tapi aku gak pernah coba.

    • steven kefi berkata:

      halloo kak Citra… mau ke russia jg.??
      mau nanya ni…
      kak Citra ke russia buat nonton pertandingan piala dunia ka.?? sdh punya tiket pertandingan..??

  10. Laras S. berkata:

    Hi kak chika

    Saya Laras mau tanya, kan saya rencananya tinggal hampir sebulan terlebih dahulu di eropa, kemudian ke st. petersburg, tapi saya dapat pesawat yang transit misal AMS-HEL-LED dan sebaliknya, itu apakah kira kira diperbolehkan oleh kedutaan gak ya? terus apa harus dilampirkan semua tiket dari jakarta? Mohon bantuannya kak chika

    Terimakasihh

    • cK berkata:

      Hmmm terus terang saya kurang tahu sih soal itu, gimana kalau coba tanya langsung ke kedutaan? Atau tanya travel agent aja, lebih valid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s