Nostalgia Lagu Film Jadul

Film serial jadul (jaman dulu) entah kenapa memiliki magnet yang cukup kuat bagi saya. Entah bagaimana, tapi menurut saya bisa mencuci otak sampai akhirnya suka dan hafal lagu tersebut.

Di suatu malam yang indah, sembari menyelesaikan pekerjaan, saya iseng cari-cari di Youtube lagu-lagu soundtrack dari film-film serial jadul, mulai dari anime sampai drama dari negara Asia lainnya. Lalu entah kenapa rasanya rindu dan saat itulah mulai bernostalgia. Ajaibnya, ketika lagu-lagu tersebut diputar, saya bisa menyanyikan liriknya dan masih hafal lho. Padahal lagu tersebut rasanya sudah bertahun-tahun tidak pernah saya dengar. Entah kenapa menurut saya lagu-lagu lama lebih mudah dimengerti dan terekam di otak ketimbang lagu jaman sekarang.

Berikut beberapa lagu-lagu dari film jadul yang menguak rasa rindu.

White Snake Legend a.k.a Legenda Ular Putih

Sebelum jaman drama Korea ngetrend seperti sekarang, film serial Mandarin ini sudah lebih dahulu mengisi hati para penonton Indonesia baik tua maupun muda. Pai Su Chen, itulah nama si siluman ular putih dengan Han Wen yang menjadi suaminya (dan ternyata diperankan oleh perempuan). Hayo, siapa yang dulu juga nonton film ini? Ngaku!

Belenggu Pintu Cinta

Drama seri ini saya sempat ngikutin sampai habis, tapi sekarang lupa total sih ceritanya tentang apa. Tapi yang pasti ceritanya macam sinetron Indonesia yang banyak konflik dan bikin gemes pas nonton. Dulu naksir banget sama Kenny Bee. Ternyata doski umurnya lebih tua dari Mama saya. :)))))

Pendekar Rajawali (Return of the Condor Heroes)

Saya yakin dulu pasti banyak yang nonton film Pendekar Rajawali yang diperankan oleh Andy Lau. Menurut saya film inilah yang membuat Andy Lau sampai terkenal ke pelosok Asia, sebelum akhirnya dia berhasil menembus Hollywood. Filmnya sendiri produksi di tahun 1983, tapi kalau gak salah masuk ke Indonesia di tahun 90an.

Pedang Pembunuh Naga (To Liong To)

Serial inilah yang bikin Tony Leung naik daun di Indonesia. Ketika saya tahu Andy Lau dari serial Pendekar Rajawali, maka saya tahu Tony Leung dari Pedang Pembunuh Naga. Ceritanya pelik banget pokoknya, saya sampai bingung karena kelewat beberapa episode walau akhirnya menonton sampai tamat.

Tokyo Love Story

Tokyo Love Story bisa dibilang awal-awal dorama Jepang yang saya tonton. Dulu ada 101 Proposals dan Ordinary People juga. Saya sebel banget sama drama ini karena ceritanya terlalu rumit hahahaha. *baper*

Wiro Sableng

Jangan menganggap remeh flm Indonesia jaman dulu. Entah kenapa menurut saya lirik-lirik film seri jaman dulu membekas di otak. Walau saya gak hafal sepenuhnya lirik ini, tapi setiap mendengar lagunya saya masih bergoyang-goyang menikmati. Oh iya, film Wiro Sableng lagi dibikin versi layar lebar-nya. Yang main katanya Vino Bastian.

Kera Sakti

Saya yakin generasi 90an pasti hafal lagu ini, minimal bagian refrain. Serial Kera Sakti kalau gak salah tayang tiap hari (CMIIW). Saya sendiri dulu lumayan mengikuti serial ini, ceritanya emang gak jauh-jauh, mirip kayak Songoku nyari Dragon Ball. Namun lagu serial ini sungguh jempolan. Rap yang dinyanyikan bikin nyuci otak, begitu saya ketik di Twitter bait lirik pertama, pasti ada yang ngelanjutin dan menyanyikannya.

Doraemon

Menurut saya Doraemon adalah salah satu anime Jepang yang gak ada matinya. Dari jaman dulu sampai sekarang masih tayang dan gak ada habis-habisnya. Saya sendiri juga gak bosan menonton episode-episode film Doraemon karena seperti nostalgia yang tak ada hentinya.

Sailor Moon

Bagi yang kenal saya sejak lama, pasti tahu betapa besar rasa kecintaan saya terhadap Sailor Moon. Saya punya kumpulan komik Sailor Moon lengkap, mulai dari komik hitam putih sampai yang berwarna. Saya mengoleksi kartu Sailor Moon, bahkan waktu di Jepang berburu barang-barang Sailor Moon, walau sekarang sadar sih, udah gede, buat apa coba hahahaha.

Sampai sekarang saya masih hafal lagu ini. Maklum, beberapa tahun dicuci otak dengan lagu ini, rasanya wajar kalau saya masih hafal hingga saat ini.

Candy Candy

Anime yang satu ini saya tonton ketika saya masih kecil banget. Dulu pas baca komik Candy Candy, saya mengidolakan Anthony yang kisahnya gak jelas apakah masih hidup atau tidak. Walau film Candy Candy sudah tamat, namun sampai saat ini saya masih hafal lirik lagunya.

Wedding Peach

Bercerita tentang 3 perempuan yang membela kebenaran seperti Sailor Moon. Hanya saja pakaian โ€˜perangโ€™ mereka sangat unik, yaitu baju pengantin, walau setelah itu mereka berubah lagi menjadi pakaian yang lebih minim. Saya heran kenapa anime ini bisa jadi tontonan anak-anak khan pakaian-nya seksi banget. Ide yang sungguh aneh memang, tapi saya mengikuti terus anime ini. Bhahak.

Dragon Ball

Kayaknya dari sekian banyak anime, cuma Doraemon dan Dragon Ball yang berhasil survive dari jaman dulu sampai sekarang. Selain itu ada Detective Conan sih, tapi sayangnya saya gak hafal lirik lagunya.

Hamtaro

Tukutuk, Hamtaro berlari, Apa yang paling dia senangi? Biji bunga matahari. Saya yakin banyak yang hafal lirik lagu film ini. Hamtaro bercerita tentang Hamster kecil yang memiliki banyak teman. Gara-gara film ini saya sempat suka ngemil biji bunga matahari gyahahahahaha~

Ninja Hattori

Lirik lagu Ninja Hattori sampai sekarang masih sering saya nyanyikan apalagi saat traveling. Rasanya sulit melupakan lirik lagunya yang begitu catchy. Mendaki gunung, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman bertualang~

Saint Seiya

Pas lagi googling lagu ini, saya baru sadar ternyata ada lagu yang versi panjang karena pas ditayangin di televisi gak sepanjang ini. Mungkin ini yang versi kaset dan saya gak punya (karena dulu gak punya duit buat beli kaset kecuali minta dibeliin ortu). Saya masih hafal bagian reffrainnya karena menurut saya lagu ini asyik banget.

***

Entah kenapa lirik lagu anime maupun drama yang didubbing menjadi bahasa Indonesia banyak yang melekat di otak sehingga ketika lagu ini diputar, saya refleks menyanyikannya. Rasanya sudah menempel banget dan tak bisa dilupakan. ๐Ÿ˜›

Apakah kalian juga merasakan hal yang sama? Lagu apa sih yang paling mencuci otak kalian sampai saat ini dan masih hafal ketika dinyanyikan?

Iklan

29 thoughts on “Nostalgia Lagu Film Jadul

  1. ummuumar18 berkata:

    Mojacko mana mojacko?

    Itu sailormoon juga bajunya minim. Jaman dulu kenapa gak ada yang protes sih ya? :p

    Kalo dorama, yg paling nyantel di aku itu La La La Love Song. Mawaremaaa…

    Kalo Full House udah jadul belum?

    • cK berkata:

      Mojacko tadinya mau dimasukin tapi udah kebanyakan :)))

      Jaman dulu beda ya ama jaman sekarang. Full House masih belum jadul karena udah masuk jaman drama Korea. :)))

  2. Ira berkata:

    aku kayaknya hapal banget sama lagu sailormoon deh!! sama sama di cuci otaknya nih. bahkan dulu sempet bela-belain pinjem laser disc-nya *buseeett jaman kapaan itu x_x*
    aku juga suka nonton wedding peach dan kalo ga salah versi tv tuh ga sampai tamat ya mbak? ๐Ÿ˜•
    sayang nih ga ada lagu kobochan, mojacko, ufo baby, atau card captor sakura.

    buat dorama kayaknya paling melekat tuh lagu soundtracknya long vacation atau beach boy mbakk

    • cK berkata:

      Eh iya, Wedding Peach tayangnya gak sampe tamat sih, cuma di Youtube ada tuh. xD

      Kobochan itu yang Nippon Nippon chachacha ya? Aku lupa liriknya ahahaha kalau Mojacko kayaknya ada sih di Youtube. Cardcaptor Sakura udah dicari tapi gak ada yang versi Indonesia-nya. Kalau UFO Baby aku lupa lagunya kayak gimana.

  3. delinarahayu berkata:

    Samaaa, yang paling sering dinyanyiin mendaki gunung lewati lembah ๐Ÿ˜€ Kalau yang lain inget-inget tapi intensitasnya agak jarang. Btw jadi rindu serial kera sakti. Kok kayaknya dulu pas aku nonton kayak gak tamat-tamat gitu ya ><

  4. d' berkata:

    Hahaha suka banget sama postingan ini ๐Ÿ˜‚

    Kalo aku sampai sekarang paling ingat soundtrack digimon yg pertama. Karena dulu tiap mati lampu suka duet sama adik nyanyiin lagu itu ๐Ÿ˜‚

  5. Desfortin berkata:

    Wah, masa kecil sya juga nonton film Siluman Ular Putih, tp jujur soundtrack nya lupa, hee..

    Pdang pmbunuh naga jg, klo pndkar rajawali jrang sih.

    Nah, klo Wiro Sableng sama Kera Sakti msh ingat lagunya, sering nonton soalnya, wlau trkesan konyol tp sy sering bnget ngikuti critanya, ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Film2 slebihnya sy kurang mngikuti, jd no comment.

    Kita satu generasi dech kyaknya, mbak cK, wkwk..
    ..

    Oya, sya kira td mah ada lgu pndkar ulat sutera dan wong mogei (Drunken Fist), trnyta gak msuk ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s