Gaya Hidup dan Pengaturan Finansial

chika-jalan-jalanSeringkali ada yang bertanya kepada saya, bagaimana caranya bisa sering jalan-jalan. Banyak yang mengira duit saya banyak banget sampai saya bisa rutin jalan-jalan. Ada juga yang berpikiran apabila saya jalan-jalan pasti disponsorin.

Begitu pun dengan kegiatan menonton. Saya termasuk penonton rutin di bioskop. Dalam sebulan setidaknya ada 5x saya nonton film di bioskop. Seandainya semua dugaan tersebut jadi kenyataan (amin amin amin!). Namun bagaimana cara saya agar bisa mengatur gaya hidup tersebut? Caranya adalah BEKERJA dan MENABUNG.

Bekerja tentu saja untuk mendapatkan uang. Ingin dapat uang tapi gak mau kerja? Ya babay aja. Ketika uang sudah di tangan, maka saatnya menabung. Saya sendiri biasanya membagi tabungan ke dalam pos-pos, semacam management by amplop tapi gak pakai amplop. Begitu ada uang masuk, saya langsung membagi ke dalam 3 tabungan yang saya miliki. Tujuan pembagian tersebut adalah agar memudahkan pengeluaran sekaligus diberikan batasan sampai mana mau mengeluarkan duit. Dengan begini mengurangi pengeluaran tak terduga.

Tabungan saya bagi menjadi tiga, yaitu tabungan mati (yang gak bakal diambil-ambil duitnya), tabungan jalan-jalan, sama tabungan yang dipakai untuk belanja sehari-hari seperti membeli kebutuhan, nonton di bioskop, sampai dengan belanja online. Semua sudah dijatahkan biar pengeluaran lebih teratur.

duit-baru

Mari menabung~

Terus terang dengan memiliki rekening tabungan yang berbeda, tentunya saya selalu kena potongan ketika transfer antar bank. Namun setelah punya tabungan di Jenius, saya mengalihkan pendapatan saya ke sana. Selain lebih mudah untuk melakukan transaksi keuangan, di Jenius ada jatah transfer antar bank hingga 50x dalam sebulan. Lumayan kan gak kena transaction fee saat transfer ke rekening lain.

Jenius sendiri merupakan rekening bank BTPN yang dapat dikelola dengan aplikasi. Dengan menggunakan Jenius, saya bisa menabung dengan bunga 5% setahun, bisa membeli pulsa, melakukan transaksi online, dan tentunya mengatur keuangan. Pas banget Jenius juga baru aja mengeluarkan Jenius x-Card, yaitu kartu debit yang dapat dibagi sesuai dengan kategori yang diinginkan dan diisi saldo sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Cara memesan Jenius x-Card ini adalah dengan login ke akun Jenius dan cari menu Card Center. Lalu pesan x-Card dan diberi nama sesuai yang diinginkan.

chika-x-card

 

Step by step memesan Jenius x-Card

Setiap akun dapat memesan sebanyak 3 (tiga) x-Card. Saya menghabiskan semua jatah x-Card saya dan membagi kategorinya sebagai berikut:

1. Jenius x-Card Lifestyle

Saya memasukkan saldo 2 juta untuk keperluan belanja bulanan. Sengaja dibatasi segitu supaya gak bablas belanja macam-macam. Kartu x-Card yang ini saya gunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, beli bensin, sampai dengan kebutuhan tertier lainnya.

2. Jenius x-Card Entertainment

Nah yang ini saya rutin memasukkan 1 juta setiap bulan supaya untuk keperluan entertainment seperti nonton, makan, sampai dengan main game. Oh iya beli mainan juga bisa menggunakan kartu ini. Gini-gini saya suka beli mainan walau kebanyakan sih untuk keponakan.

3. Jenius Glow In The Dark x-Card

Jenius Glow In The Dark x-Card adalah kartu debit limited edition yang dikeluarkan saat Valentine kemarin. Sama seperti x-Card pada umumnya, Jenius Glow In The Dark x-Card ini cocok diberikan ke orang tersayang, misalnya orang tua. Jaman sekarang ngasih duit ke orang tua udah gak perlu cash. Kasih aja kartu Jenius x-Card yang sudah diisi dengan saldo. Selain lebih aman gak perlu bawa cash banyak-banyak, Jenius Glow In The Dark x-Card bisa digunakan untuk transaksi online juga. Bentuknya lucu dan bisa menyala dalam gelap ketika lampu dimatikan. Pemilik akun Jenius wajib punya kartu ini karena terbatas!

Kalau sudah memesan Jenius Glow In The Dark x-Card, kebetulan lagi ada promo Split Bill nih, yaitu cashback sebesar 50% dari total belanjaan apabila menggunakan Jenius debit card. Promo ini khusus untuk yang sudah memesan Jenius Glow In The Dark x-Card ya (walaupun kartunya belum sampai, kamu bisa menggunakan Split Bill ini dengan kartu debit Jenius). Jadi kalau mau dapat promo ini buruan deh pesan Jenius Glow In The Dark x-Card.

Saat akan melakukan Split Bill, masukan cashtag $kadojenius dengan maksimum belanja sebesar Rp 500.000, nantinya Jenius akan memberikan cashback sebesar RP 250.000. Buruan deh cari barang yang harganya seputaran itu, lumayan kan setengahnya ditanggung sama Jenius! Info lengkapnya bisa dilihat di jeni.us/kadojenius.

Oh iya, sebentar lagi bulan Maret yang berarti yours truly bakal berulang tahun. Kalian bisa beli kado dengan menggunakan promo Split Bill biar lebih hemat. Atau pesan Jenius Glow In The Dark x-Card lalu kasih ke saya HAHAHAHAHAHA. *digetok*

Bagi yang sudah menggunakan Jenius, saya mau bagi-bagi duit sebesar Rp 200.000 untuk 5 orang yang beruntung. Caranya gampang banget, cukup jawab pertanyaan berikut ini:

Kalau punya Jenius Glow In The Dark x-Card kira-kira mau dikasih ke siapa dan sebutkan alasannya. 

Jawab pertanyaan tersebut di akun sosial media kamu dan mention akun saya di Twitter @chikastuff atau di Instagram @chikanadya disertai hashtag #KadoJenius dan cashtag kamu (yang belum punya akun Jenius, bikin dulu dong!). Pastikan kamu juga sudah follow kedua akun tersebut yaaaa! Kuis ini cuma sampai tanggal 28 Februari 2017 ya! Buat yang mau jawab di Instagram tapi gak punya gambar Jenius Glow In The Dark x-Card, bisa menggunakan gambar di bawah ini dan diupload ke Instagram. 😛

kado-jenius

Klik gambarnya untuk yang hi-res

Nantinya pemenang akan saya umumkan di postingan ini jadi stay tune! Buat yang belum punya Jenius, buruan deh download di jeni.us/get supaya bisa ikutan kuisnya. Jangan lupa masukan cashtag $chika ya kalau kalian mau dapat bonus Rp 50.000.

Selamat Hari Minggu. Yang mau rejeki, ikutan yuk kuisnya!

35 thoughts on “Gaya Hidup dan Pengaturan Finansial

  1. shiq4 berkata:

    Saya pernah baca2 jenius deh kayaknya. Tapi lupa dimana. Maaf mbak chika belum bisa ikutan, belum punya ha ha ha… Lagian masih hidup di kota kecil jadi semua masih serba tradisional.

  2. d' berkata:

    Semacam e-wallet ya.. Cara makenya gimana? Bisa dipake transaksi dmn aja? *Mslh di kota kecil.. dulu punya flazz bca aja jd nggak kepake 🙈

  3. oreocheesecake berkata:

    Saya ingin mengatur keuangan seperti Kak Chika, tapi saya tidak punya wang ~~~~

    BAGI TEMAN-TEMAN YANG TIDAK PUNYA UANG TAPI INGIN BERSENANG-SENANG, BISA TEMUKAN TIPSNYA DI BLOG SAYA LHO, MAMPIR YAAAAA 😀
    #ShamelessPromotion #KemudianKenaBlock

  4. arievrahman berkata:

    Jadi apa yang membuat si x-card ini beda dari kartu perbankan lain kak? Itu kalau dipakai online berarti cukup masukin cashtag doang ya? Dan kalau dipakai offline bisa digesekin?

    • cK berkata:

      Pertanyaannya banyak yaaa :))))

      Jadi apa yang membuat si x-card ini beda dari kartu perbankan lain kak?

      Kartunya selain bisa diisi saldo dan jadi kartu debit, bisa juga digunakan untuk belanja online (tapi ini bukan kartu kredit). Dan bisa dikasih ke orang lain. 😛

      Itu kalau dipakai online berarti cukup masukin cashtag doang ya?

      Enggak, ini masukin nomer sama cvv yang ada di belakang (eh ini untuk belanja online khan?). Cashtag itu untuk memudahkan transfer uang ke sesama Jenius.

      Dan kalau dipakai offline bisa digesekin?

      Bisaaa, tapi gak semua mesin EDC bisa sih. Kalau gak bisa digesek, coba dicolok. #ehgimana

  5. Fahmi (catperku) berkata:

    Ini kartu debit bisa kayak cc dong ya? Berarti bisa jadi alternatif pembayaran online seperti hosting atau ebay gak? *biar bisa nutup kartu kredit kalau emang bisa* xixixi lumayan menarik buat jatahin belanjaan yang suka over kalau pake kartu biasa~

  6. Jen berkata:

    Kak chika, maaf masih kurang paham. Berarti kalo mau nabung ke bank BPTN nya ya, nanti aku daftar registrasi di aplikasinya dan harus punya account bank BPTN kah.. dan setelah jadi dapat kartunya dr BPTN atau dikirim gitu ya kak.

    Hehehe maaf masih kurang paham. Aku tertarik kalo bisa ada 3kartu tp bisa dibagi2

    • cK berkata:

      Hai Jen, untuk daftar ke Jenius ini tinggal download aplikasi dan register. Nanti kalau udah terdaftar berarti udah punya rekening di BTPN dan kartunya akan dikirim ke rumah. 😀

      Lebih lengkapnya bisa baca di sini yaaa

Tinggalkan Balasan

