Teman Tanpa Pamrih

teman-murniApakah itu teman tanpa pamrih? Menurut saya, teman tanpa pamrih adalah seseorang yang ingin berteman tanpa ada alasan khusus. Seseorang yang berteman karena ingin memiliki hubungan pertemanan.

Seiring bertambahnya umur biasanya semakin banyak teman, baik teman-teman lama maupun teman baru. Namun entah kenapa bagi saya justru semakin berkurang, karena teman yang benar-benar teman bukan dilihat dari berapa jumlah teman yang dimiliki, tapi seberapa kualitas pertemanan tersebut.

Saya punya sahabat yang memiliki networking bagus. Dia banyak sekali mengenal orang dan orang-orang pun mengenalnya. Dia juga memiliki banyak teman baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Rasanya stock temannya tidak pernah habis. Namun ketika ditanya siapa sahabat terdekatnya, dia tidak menjawab. Bahkan mungkin nama saya tidak terbesit dalam pikirannya.

cah-koplak

Teman nongkrong dan curhat-curhat geje

Dalam pertemanan pun seperti hukum alam, hanya yang mampu bertahan yang masih berteman sampai sekarang. Berkurangnya teman tersebut bukan hanya karena tidak akur, tidak cocok, atau bertengkar, tetapi bisa juga karena masing-masing sudah memiliki prioritas yang berbeda sehingga sulit untuk berkumpul bersama ataupun berkomunikasi.

Dari sini maka mulailah tereliminasi mana yang benar-benar teman murni dan mana yang bukan. Teman murni biasanya yang hadir dan membantu di kala kesulitan. Teman murni adalah orang yang memberikan suport penuh dan tidak segan menegur apabila saya melakukan kesalahan. Teman murni adalah teman tanpa pamrih yang bersedia berbuat banyak tanpa meminta balik atas apa yang telah dilakukannya, seperti dalam video ini.

Melihat video Teman Murni ini, saya sadar bahwa orang-orang yang mau berkorban seperti ini ada dalam hidup saya. Saya bisa bilang salah satu Teman Murni saya adalah kakak saya. Kakak saya adalah teman murni yang mau membantu saya di kala keadaan saya terpuruk.

Kakak saya juga yang membantu menggantikan pekerjaan saya mengajar ketika saya cuti untuk jalan-jalan. Saya masih ingat ketika tengah malam saya kesakitan, kakak saya rela malam-malam ke apotek untuk membeli obat (saat itu belum ada Gojek ya).

Kakak tersayang

Sedangkan Teman Murni yang tidak memiliki hubungan darah, saya dengan bangga bisa mengatakan saya memilikinya, walau tidak banyak.

Teman murni yang mau mendengarkan keluh kesah saya kapan saja
Teman murni yang bersedia membantu tanpa diminta
Teman murni yang senantiasa mengingatkan kesalahan saya
Teman murni yang selalu berkata jujur walau kadang pahit rasanya
Teman murni yang memberikan energi positif dalam hidup
Teman murni yang mau menolong tanpa pamrih

Setelah melewati banyak babak dalam kehidupan, saya mulai bisa menilai mana orang-orang yang murni dalam pertemanan. Maka ketika menemukan teman murni, saya amat menjaga hubungan pertemanan tersebut. Karena teman murni sangat sulit dicari. Apalagi bagi orang-orang yang punya trust issue, memiliki teman murni adalah suatu harta yang berharga.

Kalian sendiri, ada berapa banyak teman murni dalam hidup kalian?

Iklan

48 thoughts on “Teman Tanpa Pamrih

  1. shiq4 berkata:

    Saya sih paling cuma dekat sama anggota keluarga lainnya (adik saya 5). Klo diluar itu cuma tinggal satu aja teman dalam hidup saya ha ga ha…. Udah biasa sendirian saya.

  2. Natalia berkata:

    Setuju bahwa makin bertambah umur, teman dekat itu justru makin sedikit.
    Duh filmnya agak gak make sense buatku tapi ya messagenya ngerti..

    (membandingkan diriku dengan kakak adek ngga segitunya.. tapi yah beda sikon sihh)
    Yang pertama-tama paling akrab buatku (di luar suami) ya kakak adikku lahh 🙂

  3. gea berkata:

    dulu aku juga pnya sahabat deket dari SMP. terus begitu kuliah jadi jarang ketemu pun curhat atau sekedar ngobrol. aku sempat marah karena itu. ternyata emang semakin dewasa, pnya temen deket itu jarang yaa. heheee. prioritasnya udh beda. aku baru paham sekarang. hal ini gak bisa dipaksain. mungkin memang hanya ditakdirkan sahabat untk satu waktu :’) *jadi keinget cerita ko Alex di blognya.

  4. Rry Rivano berkata:

    KlasifIkasi teman murni ini… hiks.

    Semua teman yang bertahan sampai saat ini semuanya teman murni saya 😌😌.

    Jadi mau bikin group wa dgn nama teman murni 😅

  5. ramdhaniar berkata:

    Gaya bercanda dan kenyamanan yang nggak berubah kalo ketemu padahal jarang banget kontak bisa jadi kategori temen murni juga kan ya? Wah udah sedikit kalo itu..
    Tapi yang sedih sih, ada yg kuanggap temen murni tapi ternyata dia ngga anggap aku temen murninya. :’)))

  6. Nadia berkata:

    Benar kak, setelah kuhitung-hitung, teman dekatku yg benar benar dekat bisa dihitung dengan sebelah tangan. Ini pencapaian atau kasihan ya?

    eh SELAMAT TAHUN BARU! :-*

  7. Rizki berkata:

    Memang hanya keluarga lah teman sejati saya..
    Karna apapun kondisi saya dan seburuk apapu saya hanya keluarga yg selalu menerima membuka hati tanpa tanya..
    Apa lg ayah saya
    Belio bisa jd ayah.sahabat. penasehat tanpa memojokan saya ..
    Dan peasan saya..
    Berubah lah jd baik dan lebih sukses buat diri sendiri keluarga
    Bkn karna dia dan mereka yg blom tentu tulus tanpa minta timbal balik…

  8. Puputs berkata:

    Ahaaay.. Bener ternyata.. Susu beruang.. Dari kata “murni”, otak gw udah mengarah ke susu beruang.. Gile keyword murni udah melekat banget nie..

  9. oreocheesecake berkata:

    …saya teman murni…
    …murni diberdayakan untuk belajar nihongo XD’
    etapi kalau saya sih justru seneng ya kalau bisa bermanfaat buat temen, soalnya anaknya insekyur jadi suka butuh afirmasi kalau emang dibutuhin :”(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s