Cara Konsisten Dalam Menulis Blog

ngeblogSebagai seorang blogger, saya terbilang cukup aktif dalam mengupdate blog. Biasanya minimal ada 1 tulisan dalam seminggu. Kalau lagi rajin, bisa seminggu 2 kali ngeblog, bahkan 3 kali. Semua tergantung waktu.

Untuk konten blog, saya percaya banyak hal yang bisa ditulis ke dalam blog jadi saya tidak khawatir soal itu. Apalagi saya membuat list hal-hal apa saja yang perlu saya tulis ke dalam blog, mulai dari review makanan, review film, jalan-jalan, sampai pengalaman yang saya hadapi.

Karena kerajinan saya dalam mengupdate blog, saya akan membagi sedikit cara yang saya lakukan agar tetap konsisten dalam menulis blog. Berikut tips bagaimana agar konsisten dalam menulis blog.

  1. Bikin list apa aja yang ingin ditulis ke blog. Gak ada? Cari bahan yang bisa ditulis! Bahan tulisan bisa ditemukan di mana aja. Teman sebelah, buku yang dibaca, film terbaru, makanan yang dicoba, hobby dan lain-lain. Biasanya aku sendiri bikin list apa aja yang mau dijadikan blogpost. Listnya panjang banget karena banyak sekali kegiatan yang udah dilakukan tapi belum ditulis ke blog.
  2. Atur jadwal untuk menulis. Supaya konsisten, biasakan untuk mengatur jadwal menulis. Bisa pagi hari, malam hari, atau weekend. Saya sendiri biasanya menulis di hari Minggu pagi atau pagi hari tidak lama setelah bangun tidur karena otak masih fresh. Bisa juga menulis blog ketika menunggu teman yang datang telat.
  3. Pilih jadwal untuk publish blog. Kalau ingin konsisten, pilih hari untuk posting blog, misalnya setiap hari Minggu. Kalau ingin rutin ngeblog bisa juga dijadwalkan Senin dan Kamis, seperti puasa.
  4. Bikin jadwal hari apa mau ngeblog tentang apa. Kalau perlu bikin list bahan tulisan ngeblog untuk sebulan ke depan.
  5. Upayakan untuk konsisten ngeblog 1 minggu 1 postingan. Hal ini supaya rajin dan disiplin dalam menulis blog.
  6. Tulis dulu apa yang ingin ditulis, apalagi ketika ide sedang muncul di kepala. Saya ada banyak sekali ide untuk ngeblog di kepala. Biasanya kalau menulis blog langsung ditulis ala kadarnya dan kadang nulis gak sampai selesai. Terus ditinggalin dan lupa. Tapi di hari lain balik lagi dan ngelanjutin.
  7. Pilih waktu yang pas. Ketika akan menulis blog, pilih waktu yang kira-kira tidak akan nonton TV, gak jalan-jalan, atau gak ada kegiatan lainnya. Malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menulis blog di kala semua kegiatan telah selesai.
  8. Gak tahu mau nulis apa? Cari ide! Kalau ide buntu, coba baca-baca #TipsChika mengenai cara mendapatkan inspirasi untuk menulis blog.
  9. Rajin-rajinlah bikin reminder untuk menulis blog. Jangan lupa blogwalking ke blog teman-teman untuk mencari bahan inspirasi menulis.
  10. Jangan lupa yang paling penting adalah: NIAT UNTUK NGEBLOG. Kalau gak ada niat nulis ya percuma. :)))

Saya sendiri di sela-sela traveling masih menyempatkan diri untuk ngeblog, entah itu di kereta, di pesawat, atau ketika akan tidur. Semua ini karena niat untuk konsisten ngeblog. Kalau hal ini diterapkan dalam keseharian, nantinya ngeblog menjadi suatu kebutuhan.

gunung-fuji

Dapet salam dari Gunung Fuji

Bagaimana? Apakah dengan membaca tulisan ini membuat kamu ingin mencoba untuk konsisten ngeblog? Semoga tips ini berguna ya!😀

47 thoughts on “Cara Konsisten Dalam Menulis Blog

  1. Paskalis Damar AK berkata:

    Tips-nya ntaps! Tambahin satu tips lagi ya:

    Coba nulis draft di Google Docs atau sejenisnya dulu biar bisa dilanjut di mana aja, kapan aja dan di device apa aja.

    Buat gw itu efektif bgt, soalnya kan bisa sambil istirahat makan siang or nunggu apa gitu.

  2. denaldd berkata:

    Mantab Chika tipsnya. Yg publish senin kamis itu aku haha (seringnya). Tapi minimal seminggu sekali pasti ada tulisan di blog. Kalau ga aku yg nulis, ya suami yg tulis.

  3. mbita berkata:

    daku lagi balikin lg mood buat ngeblog, utk sekarang sebulan 1-2 kali aja dulu deh chik…ntar kl udah back to normal lagi dua minggu sekali trus sminggu sekali, yg jadi masalahnya adalah materi ngeblognya…kl kayak chika mah sering travelling jd pnya bahan ngeblog lha daku? bahan ngeblognya mahasiswa? hehehehehe

    • cK berkata:

      Bahan ngeblog gak mesti dari traveling kok. Bisa juga kehidupan sehari-hari yang dihadapi, orang-orang di sekitar, sampai makanan yang kita makan. Blogku yang dulu dikit banget soal traveling. Lebih banyak bahas soal kehidupan, makanan, atau musik. Bahan ngeblog mah bisa dicari di sekitar. :))

Tinggalkan Balasan

