Tempat-tempat Yang Dikunjungi Selama di Belitung

laut-belitungSaat Gerhana Matahari Total (GMT) melewati Indonesia, saya berkunjung ke Belitung untuk bisa menyaksikan GMT lebih jelas. Saya bersama Dimas dan Iphan dapat berkeliling Belitung dengan Volare Tour and Travel.

Saya menggunakan pesawat Sriwijaya Air menuju Belitung. Pesawatnya cukup enak dan memberikan snack serta air putih. Lumayan buat ganjal perut yang lapar karena pesawatnya terbilang pagi. Kami berkumpul di bandara sekitar jam 5 pagi karena pesawatnya berangkat jam 7. Sesampai di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, cuaca cerah dan suhu cenderung panas. Setelah kendaraan yang menjemput tiba, dimulailah perjalanan menjelajah Belitung.

Mie Atep Belitung

Pemberhentian pertama ketika sampai di Belitung adalah makan di Mie Belitung Atep. Katanya ini adalah salah satu kuliner fenomenal di Belitung yang telah berdiri hingga puluhan tahun. Saya suka sekali dengan Mie Atep ini, bahkan tanpa malu-malu saya meminta nambah hahahaha~

Sepiring Mie Atep ini harganya 15ribu. Harganya hampir sama dengan mie tek-tek yang dijual di seputaran jalan Sabang. Mie Atep Belitung ini merupakan mie kuning yang disiram kuah gurih dan manis yang ditaburi udang rebus, kentang rebus, irisan timun, taoge, dan keripik emping.

Ketika memakan ini, saya tidak tahu ternyata mie ini berbahan dasar kuah udang. Pantas saja punggung terasa panas ketika memakan mie ini, karena pada dasarnya saya alergi udang. Namun karena mie ini enak, saya tetap menyantapnya.

Rasa Mie Atep ini terbilang gurih dan manis. Mie-nya enak, kuahnya nendang. Kalau ke Belitung kayaknya wajib ke sini. Oh tapi di BSD ada cabang Mie Atep juga.

Klenteng Dewi Kwan Im

Salah satu tempat yang wajin dikunjungi di Belitung adalah Klenteng Dewi Kwan Im. Waktu saya ke sana bersama rombongan, tempatnya cukup sepi. Saya bersama Dimas dan Iphan naik hingga ke atas dan melihat orang-orang berdoa. Hanya melihat sih, saya gak memotret mereka berdoa.

klenteng-dewi-kwan-im

Letak Klenteng yang berada di atas cukup bikin saya berolahraga. Lumayan buang kalori sebelum makan enak setelah ini.

Pantai Burung Mandi

Lucu yah nama pantainya, Pantai Burung Mandi. Konon di sini banyak burung-burung yang suka mandi, makanya dinamai dengan nama tersebut. Pantainya cukup sepi, sama seperti ketika saya pergi ke Sumba. Berasa kayak pantai milik pribadi.

santai-di-pantai

Sayangnya pas ke sini saya gak bawa baju renang dan gak ada niat berenang juga. Cuaca di sini sungguh terik. Kalau berenang bisa-bisa saya jadi telur setengah matang.😆

Danau Kaolin

Ketika mengunjungi Danau Kaolin, cuaca saat itu sangat terik dan panas, apalagi di sekitar Danau Kaolin lingkungannya cukup gersang. Danau Kaolin ini merupakan sisa-sisa penambangan timah dan kaolin yang telah ditinggalkan.

danau-kaolin

Cantiknya Danau Kaolin

Danau Kaolin cukup mudah diakses dengan jarak 10 menit dari bandara Tanjung Pandan dan tertelak di pinggir jalan Murai. Dengan disuguhkan pemandangan yang cantik, para wisatawan yang mampir ke sini pastilah akan berfoto-foto. Di balik keindahan foto tersebut, terdapat sisa-sisa dari pengrusakan alam yang ironisnya justru jadi salah satu tempat kunjungan wisata di Belitung.

Pulau Leebong

Pulau Leebong ini merupakan pulau kecil yang terletak di pantai Barat pulau Belitung. Pulau ini masih tengah dibangun namun saat saya ke sana sudah ada fasilitas restaurant, perkemahan yang berjumlah cukup banyak, dan tempat penginapan berupa cottages yang masih dalam renovasi.

di-pulau-leebong

I feel freeeeee~

Selain itu pulau Leebong dilengkapi dengan sarana untuk aktivitas olah raga air jet ski, banana boat, dan lain-lain. Kalau sudah selesai, pastinya tempat ini dapat menjadi tujuan wisata bagi yang ingin menjauh dari keramaian dan menikmati aktivitas di air.

rumah-pohon-di-pulau-leebong

Model: Iphan

Salah satu tempat favorit saya di Pulau Leebong adalah rumah pohon. Di sini saya bisa menikmati semilir angin angin laut sembari menikmati pemandangan sekitar.

Kampoeng Ahok

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jakarta, Ahok adalah Bupati dari Bangka Belitung. Karena kesuksesan Ahok memimpin, apalagi sekarang menjadi Gubernur DKI Jakarta, rumah Ahok menjadi salah satu tujuan wisata di Belitung.

kampung-ahok

Pose di depan plang Kampoeng Ahok

Penampakan Rumah Ahok cukup besar dibandingkan rumah-rumah di sekitar. Di depan rumah ada tempat parkir yang luasnya bisa main bulu tangkis. Sayangnya pas saya ke sana sudah sore dan tidak bisa masuk ke dalam. Selain itu rumah ini hanya bisa dimasuki apabila pemiliknya ada di rumah.

rumah-ahok

Rumahnya gede. Dan ada yang tinggal di sini lho.

Oh iya, di sini menjual pempek Belitung yang enak banget. Agak berminyak, namun rasanya nikmat dinikmati selagi panas. Apalagi ketika dicocol ke sambalnya.

Rumah Kata Andrea Hirata

Letak Rumah Kata Andrea Hirata ini tak jauh dari Rumah Ahok. Memasuki rumah ini rasanya seperti memasuki ke alam lain. Desain rumah ini terlihat old-school tapi seakan-akan membawa ke masa lalu.

museum-kata

Museum Kata Andrea Hirata

Setiap sudut tempat ini sungguh instagramable. Saya tak heran apabila banyak yang berfoto-foto di setiap ruangan yang ada. Warna-warna Rumah Kata ini sungguh cantik dengan pencahayaan remang-remang yang berkesan misterius.

sudut-museum-kata

Cantik ya warna-warnanya!

Sayangnya saya ke sini pas sedang hujan sehingga agak gelap. Namun keadaan tersebut malah semakin memberikan kesan nostalgia. Di belakang Rumah Kata ini ada replika sekolah Laskar Pelangi.

kupi-kuli

Kupi Kuli, cafe kecil di dalam Rumah Kata Andrea Hirata

Sembari menunggu hujan, saya dan yang lainnya memesan kopi dan teh di Kupi Kuli. Rasa kopinya cukup enak. Ditemani hujan, rasanya seperti mengawang-awang. Tempat ini sungguh menyenangkan bagi mereka yang ingin ketenangan. Hanya saja datang ke sini sebaiknya pas hari biasa supaya tidak terlalu ramai.

Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, saya juga mampir ke sekolah tempat syuting Laskar Pelangi. Bangunan sekolah tersebut masih berdiri dengan kokoh dikelilingi pasir putih di atas bukit.

Saya tidak menyangka banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di Belitung ini. Saya juga merasa film Laskar Pelangi cukup mengangkat daerah ini sehingga sekarang Belitung menjadi salah satu tujuan liburan bagi mereka yang ingin ke pantai.

Beruntung saya ke sini bersama Volare Tour and Travel yang mengantarkan saya ke tempat-tempat ini, karena untuk mengelilingi Belitung memang sebaiknya menggunakan kendaraan mobil atau motor karena kendaraan umum masih belum terintegrasi dengan tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Indonesia memang sungguh luas. Selalu ada tempat-tempat bagus yang bisa diexplore. Masih banyak sekali tempat di Belitung yang belum saya kunjungi. Saya pasti akan balik lagi ke sini. Pasti!

21 thoughts on “Tempat-tempat Yang Dikunjungi Selama di Belitung

Tinggalkan Balasan

