Aplikasi Jenius Untuk Mengelola Keuangan

apps-jeniusMasih ingatkan kisah saya yang nyaris ketinggalan kereta karena GoPro? Kalau belum baca dulu ceritanya di sini. Saat itu saya menghadiri acara launching aplikasi Jenius dan berhasil memenangkan doorprize GoPro Hero 4 Black.

Gilaaaaa, bahagia banget bisa menang beginian. Kayaknya seumur hidup saya gak pernah menang doorprize. Biasanya sih menang kuis atau perlombaan. Gak pernah doorprize. Misalnya ada acara yang dihadiri 11 orang lalu doorprizenya ada 10, saya pasti jadi 1 orang yang gak dapat hadiah itu. Selalu. *lebay*

Karena saya berhasil memenangkan doorprize untuk pertama kalinya dalam hidup ini, maka saya ingin mempersembahkan tulisan ini khusus untuk Jenius, aplikasi tabungan bank terkeren yang pernah saya coba.

Jenius sendiri merupakan aplikasi perbankan yang diusung oleh BTPN, Bank Tabungan Pensiunan Nasional. Ketika saya menyebutkan BTPN, biasanya orang-orang mengetahui bank tersebut sebagai bank untuk orang tua atau yang ingin menyiapkan pensiun. Namun sekarang BTPN tampaknya ingin memperluas market untuk remaja maupun dewasa yang merupakan digital savvy.

jenius

Tentunya saya termasuk dalam target market mereka khan saya masih remaja. Saya sangat suka memanfaatkan aplikasi smartphone untuk berbelanja, melihat peta, mengecek tempat nongkrong asik, promo liburan, cek harga tiket, transportasi, sampai hal-hal yang menunjang kegiatan sehari-hari.

Untuk membuka akun di aplikasi Jenius tidaklah sulit. Saya coba jabarkan satu per satu ya!

  1. Download aplikasi Jenius. Telah tersedia di Android dan iOS.
  2. Siapkan KTP, NPWP (opsional), dan tanda tangan yang sudah ditulis di kertas.
  3. Pastikan koneksi stabil saat akan register. Proses pembukaan akun ini kurang lebih akan berlangsung sekitar 10 menit. Lebih cepat daripada harus datang ke cabang bank, ngantri, dan isi formulir.😛
  4. Setelah selesain download, buka aplikasi Jenius. Klik REGISTER, setelah itu pilih bahasa yang diinginkan.
  5. Isi email dan nomor handphone yang biasa digunakan. Jangan email yang jarang dibuka atau nomer handphone orang lain.
  6. Setelah submit email dan nomor handphone, akan ada SMS kode verifikasi ke nomor handphone yang didaftarkan. Masukan kode verifikasi, setelah diterima, lanjutkan pengisian.
  7. Upload data yang diminta yaitu KTP yang difoto, NPWP (opsional), foto tanda tangan, dan foto selfie dengan KTP. Pastikan foto yang diupload sudah benar dan jelas. Jangan sampai ngeblur atau gelap.
  8. Setelah submit semua foto, aplikasi Jenius akan memroses data yang masuk. Tunggulah dengan sabar dan jangan menekan-nekan layar.
  9. Sambil menunggu proses pembuatan akun, isi form yang diberikan. Isi nama, cashtag, nickname, nama untuk kartu, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, dan masih banyak lagi. Isi yang jujur ya!
  10. Selesai mengisi form yang ada, tentukan password dan nomor PIN untuk akun Jenius kamu. Perlu diketahui, password dan PIN adalah dua hal yang berbeda. Password untuk melakukan transaksi, sedangkan PIN untuk login akun. Jadi dibedakan ya!
  11. Setelah mengisi password dan PIN, nanti diminta mengisi kelengkapan data diri mengenai pekerjaan, pendapatan per bulan, dan pengeluaran.
  12. Terakhir adalah membaca syarat dan ketentuan. Apabila setuju dengan semua syarat dan ketentuan yang ada, jadilah akun Jenius. YAAAY!

Untuk lebih jelasnya bisa melihat video pembuatan Jenius yang ini. Kira-kira dibutuhkan waktu selama 10 menit untuk pembuatan akun Jenius.

Jenius memiliki banyak fitur-fitur menarik. Bagi saya, Jenius merupakan cara mudah mengelola uang. Saya gak perlu ke bank dan mengantri untuk membuat tabungan. Cukup mendaftar di aplikasi Jenius dan jadilah rekening bank di BTPN.

Saya sangat terbantu dengan adanya Jenius. Tak hanya berguna sebagai tabungan, namun banyak sekali gunanya untuk membantu transaksi perbankan. Berikut adalah fitur favorite saya di Jenius yang saya gunakan dalam sehari-hari.

Flexi Saver

Di dashboard Jenius, Active Balance merupakan uang yang bisa dipakai untuk transaksi perbankan seperti berbelanja, beli pulsa, transfer uang ke teman, bayar split bill, sampai dengan tagihan kartu kredit. Sedangkan Flexi Saver merupakan uang yang disimpan sebagai tabungan dan bisa diambil kapan saja.

Cara menabung di Flexi Saver adalah dengan memindahkan uang di Active Balance ke Flexi Saver. Bunga untuk Flexi Saver adalah 5% per tahun.

Dream Saver

Ini fitur kesayangan! Dream Saver merupakan “tabungan khusus” untuk meraih mimpi, seperti menabung untuk membeli barang yang diinginkan, jalan-jalan ke luar negeri, atau tiket konser artis kesayangan. Tidak seperti Flexi Saver yang uangnya dipindahkan secara manual, fitur Dream Saver otomatis akan menarik uang dalam Active Balance setiap hari untuk ditabung.

dreamsaver

Nabung di Dream Saver untuk beli kamera

Saat ini saya sedang menabung untuk membeli kamera Canon G7X Mark II yang menurut Dream Saver akan terwujud di bulan Oktober. Doakan agar saya berhasil mewujudkan mimpi saya!

Split Bill

Sebagai orang yang senang bersosialisasi, saya suka berkumpul dengan teman-teman saya, entah itu nongkrong gak jelas, ngobrolin kerjaan, atau mencoba mencicipi restaurant baru di ibukota.

Fitur Split Bill ini membantu memecahkan permasalahan ketika ingin membayar makanan. Daripada repot-repot menghitung berapa total makanan yang dikonsumsi, gunakan split bill yang membantu menghitung pembagian uang. Praktis!

Send It

Fitur ini berguna untuk mengirim uang kepada teman-teman sesama pengguna Jenius maupun yang memiliki rekening bank lain. Selain itu pengiriman uang ke rekening bank lain adalah real time. Jadi kalau saya kirim uang ke rekening bank yang berbeda di hari Minggu, selesai transfer maka uang tersebut sudah kekirim ke rekening tujuan. Terbukti saat saya mencoba mengirim ke rekening sendiri saat hari libur. Gak perlu menunggu sampai hari kerja. Jenius sungguh memudahkan saya dalam mengirim uang.

Saat ini sedang ada promo bagi pemegang akun baru Jenius adalah transfer antar bank tidak kena biaya alias gratis! Promo ini berlangsung selama dua bulan dengan ketentuan 50x transaksi pengiriman uang antar bank tiap bulan. Karena promonya ada dua bulan berarti total 100x transaksi. Tak hanya beguna untuk transfer uang, Send It ini bisa untuk membayar tagihan air, membeli pulsa, hingga membayar tagihan telpon.

Pay Me

Saya suka yang satu ini. Fitur Pay Me adalah fitur minta duit HAHAHAHAHAHA. Jadi kalau ada teman yang berhutang pada kamu, kamu bisa tagih melaluk Pay Me. Kalau lagi gak ada duit juga bisa minta semena-mena untuk dikirimkan uang. Saya pernah minta ke Dimas dan dikirimin beneran. HOREEEE!

Cashtag

Sebenarnya cashtag ini bukanlah fitur, melainkan nomor rekening bank. Kalau di bank-bank lain saya harus menghafalkan nomor rekening yang digitnya banyak itu. Sedangkan di BTPN, dengan menggunakan Jenius saya hanya perlu menghafalkan Cashtag saja. Oh iya, Cashtag saya adalah $chika. Kalau kamu pengguna Jenius, kamu bisa mengirim uang ke saya dengan memasukkan cashtag tersebut. *usaha*

Ngomong-ngomong soal cashtag, kebetulan Jenius lagi mengadakan kompetisi Cash In Your $Cashtag Challenge dengan hadiah total 100 juta! Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi Jenius Live yang ada di beberapa mall dan semua Goods Dept.
  2. Aktifkan akun Jenius di sana.
  3. Ciptakan $Cashtag yang keren. Misalnya $justinbieber, $akusayangzayn, $chikacantikcekayi, atau bisa juga yang menjadi ciri khas kamu, seperti username akun Twitter atau Instagram kamu.
  4. Daftarkan langsung untuk menangkan Challenge. Kalau kamu sudah punya akun Jenius sebelumnya, bisa langsung mendaftar.
  5. Pemenang akan mendapatkan undangan ke private opening night #BrightspotxJeniusLive dan juga mendapatkan hadiah masing-masing 1 juta untuk 100 pemenang. WOW, 100 PEMENANG LHO! KESEMPATAN MENANG BESAAAAR!!
  6. $Cashtag Challenge ini akan berlangsung hanya sampai tanggal 26 September 2016. AYO BURUAN BIKIN AKUN JENIUS SEKARAAAANG!

cash-in-your-cashtag

Acara #BrightspotxJeniusLive akan berlangsung pada tanggal 29 September – 2 Oktober 2016 di Senayan City. Untuk bisa masuk ke event ini GRATIS kok, tapi kamu udah harus download Jenius dan bikin akun yaaaa. 👀

Buruan bikin akun Jenius sekarang biar bisa datang ke #BrightspotxJeniusLive. Download dulu aplikasi Jenius di Android dan iOS atau cek website Jenius di www.jenius.com.

Sampai ketemu di #BrightspotxJeniusLive!😀

35 thoughts on “Aplikasi Jenius Untuk Mengelola Keuangan

  1. dirga berkata:

    ciye mbak chika asli pengen kamera g7x haha, tp kemarin ada kamera g7x mark II dibuat giveaway sama chandra liow kalo gak salah mbak hahaha

    harusnya aplikasi kayak gini bisa diperbanyak, mungkin bank lain juga bisa bikin kayak gini, aplikasi pengelola keuangan, cocok buat yg pacaran biar gak boros. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s