Resep Easy Banana Cake

banana cakeDi Minggu pagi yang cerah, saya terbangun dengan santai. Mata masih mengerjap sembari berusaha mengumpulkan nyawa. Tadi malam saya mimpi traveling dan makan enak. Lalu entah kenapa hari ini saya ingin membuat kue.

Ketika keluar kamar saya melihat meja makan dan ada telor balado serta sayur bayam. Saya mengecek kulkas, masih ada sedikit kue ulang tahun kakak ipar serta kue bolu yang dihias keponakan di acara arisan keluarga kemarin. Lalu di meja makan di ruang tengah ada seonggok pisang yang belum dimakan. Teringat masih ada bahan-bahan untuk membuat kue, maka saya mencoba untuk membuat Banana Cake.

Sebelumnya saya sudah mencoba membuat Banana Cake dua kali dan alhamdulillah keduanya berhasil. Maka di percobaan memasak ketiga kali ini, saya kembali membuat Banana Cake yang resepnya saya dapatkan dari All Recipes.

Easy Banana Cake

  • Sajian: 10 potong
  • Waktu: 45 menit
  • Kerumitan: easy
  • Cetak

bahan banana cake

Bahan

  • 125 gr unsalted butter
  • 150 gr caster sugar (gula halus)
  • 1 sdt vanilla extract
  • 1 butir telur
  • 2 pisang matang
  • 190 gr self raising flour (tepung yang sudah ada pengembangnya)
  • 60 ml susu cair
  • 100 gr chocolate chip (tentatif)

Cara membuat

  1. Siapkan loyang berukuran 2lb (900g) yaitu sekitar 21cm x 11cm x 7 cm.
  2. Lumatkan pisang dengan garpu. Jangan sampai terlalu cair agar ada tekstur pada kue.
  3. Lelehkan mentega dengan api sedang. Setelah itu masukan gula halus perlahan-lahan dan vanilla extract. Aduk hingga semua tercampur rata.
  4. Masukkan campuran mentega ke dalam wadah berisi pisang yang sudah lumat. Tambahkan telur dan aduk hingga rata.
  5. Tuang tepung perlahan-lahan sampai semua tercampur lalu tambahkan susu. Aduk sampai tercampur rata dan bentuknya seperti adonan kental.
  6. Masukan seluruh adonan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi mentega dan diberi tepung agar kue mudah dikeluarkan dari loyang. Kalau saya menggunakan baking paper agar mudah mengeluarkan kuenya.
  7. Saya menambahkan chocolate chip di atas adonan. Bisa juga ditambahkan keju. Bebas!
  8. Panggang dalam oven dengan suhu 170 C selama 35 menit.

Tadaaaaaa! Banana Cake sudah jadi! Mudah dan rasanya enak. Gak kalah sama Banana Cake yang dijual di toko-toko. Papa saya sampai kaget karena ternyata saya bisa bikin Banana Cake dan rasanya enak! Hohoho~

banana cake chika

Penampakan Banana Cake

Ketika membuat Banana Cake ini saya sempat-sempatnya memotret dan mengolah hasil foto menjadi video dengan menggunakan Flipagram.

Silakan difollow Instagram @chikanadya <3

Saya bersyukur karena punya oven di rumah yang bisa membuat saya belajar untuk membuat kue. Sebagai pemula yang baru mencoba memasak kue, saya berhasil membuat kue ini. Kalau saya aja bisa, kalian pasti juga bisa. Selamat mencoba!

36 thoughts on “Resep Easy Banana Cake

  1. OREOCHEESECAKE berkata:

    Wah, Kak Chika, saya juga baru kemarin share resep cemilan gampang di blog😀
    Kalau mau, kapan-kapan dicoba dong. Enak lho :3
    Sebagai anak kosan yang nggak punya oven (dan cuma bisa memanfaatkan dapur serta kulkas bersama), dengan amat disayangkan saya belum bisa baking-baking beginiii… >__<

  2. denaldd berkata:

    Looks yummmyy! Banana Cake ini kue yang anti gagal ya. Aku awal2 belajar bikin kue ya banana cake ini. Sampai Mama mertua nambah2 makannya haha. Hari ini aku bikin klepon, pertama kalinya haha berasa bangga gitu 😅

Tinggalkan Balasan

