Tips Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis Blog

ngeblogDari kemarin-kemarin banyak yang mencolek saya di Twitter dan bertanya mengenai bagaimana mendapatkan inspirasi untuk menulis blog. Hal itu dikarenakan saya termasuk blogger yang aktif mengupdate blog.

Buat saya, ngeblog itu kayak nonton TV. Saya bisa hidup tanpa TV, tapi rasanya seperti ada yang kurang. Sama seperti ngeblog, kalau gak ngeblog rasanya seperti ada sesuatu yang hilang. *ceileh*

Karena pengalaman saya ngeblog yang cukup lama (dari tahun 2007), anggap saja tips yang saya berikan cukup valid. Sebelum saya tulis dengan detail di blog, saya telah membagikan tips tersebut di Twitter dan telah saya rangkum dalam Chirpstory tentang tips mendapatkan inspirasi ngeblog.

Untuk versi lengkapnya, saya sudah tuliskan dengan detail di postingan ini. Berikut adalah tips-tips mendapatkan inspirasi untuk menulis blog. Mari disimak!

Mendengarkan radio

Siaran radio yang dibawakan oleh penyiar biasanya memiliki topik berbeda setiap harinya, entah itu siaran radio pagi, siang, sore, atau malam. Saat menyetir, saya suka mendengarkan radio dan menyimak topik-topik yang dibahas. Salah satu pembahasan radio yang akhirnya menjadi tulisan di blog adalah perihal pria membawakan tas perempuan.

Membaca

Bacalah majalah, koran, novel, buku cerita, artikel di internet, blog orang lain atau teman-teman sendiri. Biasanya saya cepat mendapatkan inspirasi dari sini. Salah satu conton ketika saya blogwalking ke blognya Didut dan membaca postingan dia mengenai film bulan Juli, entah kenapa postingan tersebut menginspirasi saya untuk membuat postingan bulanan mengenai film-film yang saya tonton selama sebulan. Gampang khan?!

membaca

Difoto oleh @poeticpicture

Kalau membaca buku, reviewlah buku tersebut. Kalau membaca artikel, coba bahas isi artikel tersebut dan berilah sudut pandang kamu. Banyak sekali yang bisa dibahas setelah membaca. Percayalah!

Menonton film

Tentunya ini hal yang mudah. Tontonlah film apa saja. Di bioskop, di rumah, di internet, atau di DVD. Kemudian tulis review atau sinopsis film tersebut maka jadilah satu blogpost. Bisa juga membahas tentang isu di film, efek yang canggih, jalan cerita yang menginspirasi, atau tokoh-tokoh favorit. Membahas pengalaman nonton di studio terbaru juga bisa. Bahkan saya menuliskan pengalaman salah masuk studio.

Kalau kamu menonton berita gosip, maka berita di televisi bisa kamu bahas dan dijadikan blogpost. Berikan opini atau tanggapan setelah membaca berita gosip tersebut. Gak pengen bahas gosip? Tonton aja berita terkini dan bahas isi berita tersebut di blog.

Aktivitas di rumah

Apa sih aktivitas kamu di rumah? Tentunya banyak sekali! Misalnya memasak, menonton televisi, bermain bersama anak atau keponakan, merakit mainan, membaca buku, membersihkan perabotan, bermain dengan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

Hal-hal di atas bisa dituangkan menjadi tulisan blog, sepert bermain seharian dengan si kucing, cara membuat chocolate chip cookies, iseng membuat lip scrub sendiri, acara yang suka ditonton anak-anak, dan masih banyak lagi.

Bermain dengan anak atau keponakan bisa melahirkan cerita mengenai parenting atau baby sitting. Bahkan apabila kegiatan kamu hanyalah tidur dan makan, kamu bisa menuliskan tips apa saja hal yang bisa dilakukan di atas kasur. Mudah bukan?

Makan di luar

Jajan di pinggir jalan, makan di restaurant, ngopi di cafe, atau ngemil ice cream, semuanya bisa dituangkan menjadi sebuah tulisan di blog. Cobalah review makanan yang kamu konsumsi, foto makanan tersebut, catat berapa harganya, maka semua itu dapat menjadi sebuah blogpost review makanan.

foto makanan

Sempatkanlah memotret makanan agar bisa ditampilkan di blog

Ketika mereview makanan dan mendapatkan makanan favorit, cobalah mencari resepnya dan membuat sendiri di rumah. Hasil dari masak tersebut bisa dituangkan ke dalam blogpost.

Berbelanja

Proses belanja, melihat-melihat arena belanja, sampai hasil belanja bisa menjadi suatu postingan blog yang utuh. Bahkan apabila ada info diskon, kamu bisa membagikannya di social media maupun blog.

Apabila berbelanja baju, maka bisa diceritakan di blog apa saja hasil belanjaannya dan cobalah foto mengenakan baju yang baru dibeli. Bisa ngeblog ala-ala fashion blogger khan! Apabila habis membeli sepatu, cobalah mencari mix-match baju untuk sepatu tersebut dan tulislah di blog. Kalau habis membeli gadget, buatlah video unboxing dan review gadget tersebut di blog.

Jalan-jalan

Ini adalah bagian yang paling saya sukai, jalan-jalan! Dengan jalan-jalan, akan tercipta segudang cerita yang bisa dibagikan di blog. Entah itu hal yang dilakukan di dalam pesawat, makanan yang dikonsumsi di pesawat, bandara ketika mendarat, toilet di bandara, event yang ada di bandara, interaksi dengan penduduk lokal, dan masih banyak lagi.

Selain itu kalau pergi ke tempat-tempat tertentu maka banyak sekali hal yang bisa ditulis. Saya sendiri sampai sekarang masih punya list tempat-tempat yang pernah saya datangin dan akan saya tuliskan ke dalam blog.

chika di jepang

Di Jepang

Jadi kalau misalnya benar-benar buntu menulis blog, belilah tiket, entah itu tiket bus, kereta, kapal, atau pesawat. Proses membeli tiket tersebut bahkan bisa dituliskan dalam blog. Setelah punya tiket maka kamu bisa jalan-jalan dan mendapatkan banyak pengalaman yang bisa dituangkan ke blog.

Percayalah. Saya sendiri bela-belain keluar kocek untuk jalan-jalan demi mendapatkan konten untuk blog ini.

***

Demikian tips mendapatkan inspirasi untuk menulis blog versi Chika. Kamu juga bisa menuliskan tips ini versi kamu sendiri. Bebas. Lumayan khan bisa jadi satu blogpost baru.

Buat yang lagi buntu dan sudah membaca postingan ini, apakah setelah ini kamu mendapat inspirasi? Cobalah salah satu tips di atas dan tuangkan dalam blog. Kalau sudah, setor tulisan kamu di komen ini ya.😀

53 thoughts on “Tips Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis Blog

  1. warm berkata:

    aku liat tulisanmu yg selalu apdet aja sudah kagum, apalagi tetep rapi sedari jaman dahulu kala😀 salut pokoknya..

    dan rasanya yg paling konsisten skarang nulis dibanding yg lain2 ya dirimu aja je, keren, ngikutin jejak chika ah😀

  2. oreocheesecake berkata:

    Halo Kak Chika.
    Saya juga ada blog yang jauh lebih sepi komennya daripada punya Kak Chika, hahaha. Mumpung sedang nulis komen dan space-nya jelas jauh lebih bebas daripada reply tweet yang cuma 140 karakter, saya sekalian mau curhat colongan sedikit mengenai #KomenDiBlog.

    Saya terus terang agak serba salah kalau meninggalkan komentar di blog teman sendiri. Beberapa dari mereka maunya ditinggalin komen, tapi nggak mau ngomen balik >_< *sigh
    Mungkin semacam comments hoarder begitu, huhuhu. Tapi hal-hal yang begini susah bringing up to that particular person, karena kesannya kok ya sungguh petty… nanti kalau dibilang, "Halah elo masalah #KomenDiBlog aja sensi amat sih" saya bingung mau menimpali apa?

    • cK berkata:

      Ya ampun username kamu bikin aku lapar! :))

      Hal yang kamu ceritakan seriiiing banget terjadi di aku. Teman-teman minta diberikan komen tapi mereka pun jarang sekali memberikan komentar balik. Kalau aku sih gak bosen-bosennya ngingetin mereka untuk baca blogku dan ngasih komen, walau pasti ada yang bosan dan sebel juga. Namanya juga usaha. :)))

      Tapi yang lebih penting sih kamu gak patah semangat dan tetap mau menulis blog walaupun sepi komen. Kalau konsisten dan rajin silaturahmi, nanti biasanya akan ada teman-teman yang berdatangan.

      Mungkin kamu harus coba memberikan komen di blog-blog baru yang belum kamu kenal. Hitung-hitung perkenalan dan cek ombak. Siapa tahu karakter mereka suka berkunjung balik ke blog orang lain.😀

  3. Dirga berkata:

    ini bukan mbak chika bandung kan? hauahahahaha

    ide sih gampang mbak, apalagi untuk yg blog gado” pasti banyak, nah yg agak susah itu yg blog berniche atau 1 topik, tp kebanyakan orang mungkin gampang karena udah hobby atau udah keahliannya di bidang itu. . kalo buat aku sih agak susah, meski aku seneng di bidang itu tp untuk membuat sebuah keunikan yg bikin menarik perhatian orang itu yg masih belum diperdalam jadinya mau nulis soal A pasti kalah sama blog lain, nulis soal B pasti banyak yg sudah paham. . .

    kalah sebelum mulai hahahaa masalah banget dah tuh, lagi coba keluar dari masalah itu, maklum sering main di “blackhat”. . hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s