Keliling Jakarta dengan All New Mazda2

mobilMenyetir mobil merupakan kegiatan yang saya suka. Kalau lagi gak ada kerjaan, saya suka mengendarai mobil ke tempat-tempat yang belum pernah saya datangi. Bahkan terkadang saya menyetir tanpa arah karena saya suka menyetir.

Beruntung saya dipinjamkan All New Mazda2 selama weekend kemarin. Maka kesempatan ini tentunya tidak saya lewatkan. Pas banget saya dipinjamkan All New Mazda2 yang warna merah. Yay! All New Mazda2 yang dipinjamkan ke saya adalah yang tipe Grade R. Maka saya memberi nama mobil ini Romeo.

all new mazda2

Hi Romeo~

Dengan mengunakan teknologi keyless sistem, All New Mazda2 tidak menggunakan kunci untuk membuka dan menyalakan mobil melainkan dengan kunci khusus. Sedangkan untuk menyalakan mobil hanya perlu meletakkan kunci khusus tersebut di dekat tombol untuk menyalakan mobil. Saya biasanya ditaruh di tas aja. Praktis, gak perlu bongkar-bongkar tas untuk mencari kunci.

Keyless sistem ini sungguh membantu saya karena gak perlu takut kelupaan mengunci pintu mobil. Hanya dengan menjauhkan kunci dari mobil, maka mobil sudah otomatis terkunci. Dan untuk membuka mobil hanya dengan menekan tombol hitam kecil di dekat pegangan pintu.

Mazda2

Tombol hitam untuk membuka pintu

Ketika sudah didalam mobil, masa bersiaplah untuk menyalakan mobil yang dapat dimulai dengan menginjak rem beberapa saat, lalu tekan tombol “Start Stop Engine” karena tombol itulah yang berfungi untuk menyalakan mobil.

start engine

Ketika akan berangkat menggunakan All New Mazda2, tiba-tiba keponakan berdatangan karena melihat mobil baru di garasi. Disangkanya saya punya mobil lain (dan mobil ini mereka anggap sebagai mainan). Berhubung saya memang belum mau berangkat, saya membiarkan keponakan-keponakan saya bermain di dalam mobil bahkan memutar film kesukaan mereka, Minions.

keponakan

Muka happy naik mobil bagus

Di All New Mazda2 ini ada LED di tengah dashboard yang berisi menu-menu penting untuk menemani nyetir, mulai dari Maintenance, Entertainment, Communication, Navigation, sampai dengan Setting. Dengan fitur MZD Connect, saya bisa menyambungkan smartphone saya untuk fitur Entertainment dan Commmunication.

Untuk Entertainment, selain bisa memainkan lagu melalui CD dan Radio, juga bisa memutar lagu dari flashdisk yang dicolok ke USB (bahkan bisa ngecharge handphone juga!) dan connect ke smartphone melalui fitur bluetooth. Saya sendiri menyambungkan iPhone saya ke mobil sehingga bisa memutar lagu-lagu kesukaan saya.

Selain itu juga bisa memutar DVD lho! Namun film DVD ini hanya menyala saat berhenti, jadi kalau mobilnya jalan, otomatis filmnya akan terhenti demi keselamatan. Siapa tahu yang nyetir jadi ikut nonton dan gak fokus dengan pandangan ke depan.

nonton minions

Nonton Minion dengan keadaan mobil berhenti

Untung ada Console Floor di dekat persneling sehingga memudahkan saya untuk mengatur menu-menu yang ada di LED saat menyetir, gak perlu pencet-pencet tombol di LED.

console floor

Console floor untuk mengatur fitur entertainment

Tombol gede itu untuk memilih menu-menu yang ada di LED, sedangkan tombol kecil di bawahnya untuk volume. Selain itu ada tombol shortcut untuk Entertainment, Navigation, dan kembali ke menu awal.

Di menu Communication, dengan menyambungkan smartphone dengan MZD Connect, maka bisa dan melakukan panggilan dan menerima panggilan. Fitur voice command yang ada juga membantu untuk menjawab atau melakukan panggilan telpon.

stir

Menelpon pun jadi handsfree karena suara panggilan bisa terdengar di speaker mobil. Kalau ada panggilan juga akan terdeteksi di layar sehingga bisa langsung mengangkat panggilan dengan tombol-tombol pengendali yang ada di lingkar stir.

Ketika mobil dinyalakan, maka perjalanan dimulai! Dan saya baru tahu ternyata di belakang mobil All New Mazda2 ada kamera yang memperlihatkan kondisi di belakang mobil, jadi begitu mobil mundur, saya bisa melihat keadaan di belakang. Waaaah, gak perlu nengok-nengok belakang untuk tahu apakah ada mobil atau tidak!

mundur

Keponakan asyik melihat proses mundurin mobil

Selain itu yang kuning-kuning itu memperlihatkan zona aman mobil ketika mundur, jadi bisa tahu aman atau tidak ketika memundurkan mobil pada arah tersebut. Fitur ini sungguh membantu terutama yang malas nengok-nengok belakang untuk memastikan mobil dari arah samping belakang.

Setelah berhasil mengeluarkan mobil dengan aman dari dalam rumah, maka dimulailah perjalanan! Dashboard All New Mazda2 cukup kece dan entah kenapa menurut saya sungguh instagramable. :)))]

dashboard

Maka berangkatlah saya dari rumah menuju tempat saya workshop di daerah Senopati. Sepanjang menyetir, saya merasa nyaman dengan kursinya. Selain itu tombol-tombol di stir membantu saya untuk skip-skip lagu yang tidak ingin saya dengar tanpa perlu mengutak-atik smartphone. Senang!

Sesampai di tempat workshop, saya ternyata kelewatan satu bangunan. Karena untuk putar balik cukup jauh, maka saya memundurkan mobil dan sangat terbantu karena saya bisa melihat kondisi di belakang mobil dengan jelas melalui LED. YAY!

Dan sampailah saya di tempat workshop Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau. Kebetulan saya menjadi relawan untuk dokumenter. Kegiatan-kegiatan #KIJP Batch 5 bisa dilihat di Twitter, Instagram, dan Steller chikastuff.😀

interior

Interior All New Mazda2

Siangnya saya makan di Loobie Lobster dan memesan Blue Cheese Cream Mussels yang rasanya enaaaak banget. Saya orangnya mudah senang, kasih makan enak aja udah bahagia. Tak lupa foto-foto makanan demi konten untuk Instagram.

Workshop KiJP Batch 5 sungguh menyenangkan. Saya jadi mendapat ilmu baru untuk memotret. Selesai workshop saya menuju tempat ngajar di daerah Gunung Sahari. Cukup jauh dari tempat workshop, namun saya tidak bosan menyetir apalagi ditemani fitur Entertainment dari All New Mazda2.

screen

MZD Connect ke smartphone

Cukup menyalakan bluetooth, karena sebelumnya setting sudah tersimpan di mobil, jadi otomatis langsung connect ke smartphone. Gak perlu repot-repot setting ulang lagi. Untuk mengganti-ganti lagu cukup tekan tombol-tombol yang ada di stir. Mau atur volume juga bisa.

Perjalanan menuju tempat ngajar jadi tak terasa membosankan. Sesampai di sana saya juga kembali dimudahkan dengan fitur kamera di belakang mobil yang memudahkan untuk memarkir mobil. Suka!

atret

Selesai mengajar saya langsung pulang ke rumah karena keesokannya saya kembali ada workshop untuk KIJP Batch 5. Weekend saya kali ini full workshop tapi saya senang karena bisa merasakan All New Mazda2 walau hanya untuk akhir pekan.

Dari tiga hari memakai All New Mazda2, kesan saya adalah mobil ini cukup luas untuk ukuran city car. Fitur-fitur yang ada sangat membantu dan sungguh masa kini. Saya senang dengan kehadiran LED dan semua fitur-fitur yang ada.

Dan tibalah saat harus mengembalikan All New Mazda2. Berat rasanya melepaskan mobil ini, apalagi saya sudah kadung suka dengan fitur-fitur yang ada. Namun saya harus melepaskan Romeo. Bye bye Romeo, semoga kita bisa berjumpa lagi.

bye romeo

Bagi yang ingin mencoba test drive All New Mazda2, coba cek website mereka aja di www.mazda.co.id. Coba rasakan kemudahan dan kenyamanan menggunakan All New Mazda2.😀

10 thoughts on “Keliling Jakarta dengan All New Mazda2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s