10 Hal Yang Bisa Dilakukan di Sydney

sydneySaya masih ingat ketika pertama kali menginjakkan kaki di Sydney. Cuaca saat itu sekitar 18 derajat dengan angin yang sungguh sejuk.

Sydney yang merupakan ibu kota negara bagian New South Wales adalah kota terbesar di Australia dengan populasi lebih dari 4 juta jiwa. Tapi masih kalah banyak sih dengan penduduk Jakarta yang mencapai 10 juta jiwa. *kompetitif*

Saat itu saya pergi ke Sydney karena menang kontes desain poster yang berhadiah jalan-jalan ke Sydney selama 4 hari. Lumayan banget khan! Selama 4 hari itu saya melakukan banyak kegiatan mulai dari berkunjung ke pameran Harry Potter, menikmati pemandangan Sydney dari atas, sampai dengan berbelanja.

Bagi yang ingin berkunjung ke Sydney, berikut saya sortir 10 hal yang bisa dilakukan di Sydney, mulai dari foto-foto di tempat wajib sampai dengan menikmati kuliner lokal yang nikmat.

  1. Foto Dengan Latar Belakang Sydney Opera House

Sydney Opera House bisa dibilang sebagai ikon Sydney. Coba aja cari magnet kulkas Sydney, pasti kebanyakan ada gambar Sydney Opera House. Foto dengan latar belakang gedung Sydney Opera House ini bisa dibilang kegiatan wajib kalau ke Sydney. Belum ke Sydney kalau belum foto dengan latar belakang ini. Sama kayak belum ke Jakarta kalau belum foto di Monas. Padahal saya yakin belum tentu semua orang Jakarta sudah pernah ke Monas. Tapi karena hal ini merupakan hal wajib, maka saya pun melakukan hal tersebut. Walau dari jauh sih…

sydney opera house

File fotonya entah di mana, jadi comot foto dari postingan lama😛

Selain Sydney Opera House, salah satu ikon lainnya dari Sydney adalah Sydney Harbour Bridge. Jembatan besar dekat Sydney Opera House ini juga merupakan tempat wajib foto kalau ke Sydney.

  1. Menikmati Pemandangan Dari Atas

Saya senang sekali melihat pemandangan, apalagi dari ketinggian. Beruntung saya tidak phobia dengan ketinggian sehingga saya begitu menikmati pemandangan dari atas. Di Sydney, kita bisa menikmati pemandangan secara 360 derajat dengan pergi ke Sydney Tower Eye.

pemandangan sydney dari atas

Pas banget waktu saya lagi di sana sedang ada promo voucher Sydney Tower Eye di koran dan dengan membawa potongan koran tersebut bisa masuk Sydney tower secara gratis. Padahal kalau masuk seperti biasa harus membayar AUD$30. Lumayan kan!

  1. Melihat Pameran

Bagi yang suka dengan seni dan menikmati pameran, di Sydney banyak sekali pameran yang sering diadakan. Waktu saya ke sana, kebetulan lagi ada pameran Harry Potter. Coba mampir ke information center di info booth The Rocks Markets atau Darling Harbour untuk mengetahui jadwal-jadwal pameran atau atraksi yang sedang berlangsung.

pameran harpot

Di Pameran Harry Potter

Di info booth ini juga sering ada kupon diskon untuk masuk tempat atraksi tertentu. Pokoknya kalau clueless mau ke mana di Sydney, mampirlah ke info booth ini. Kalau ingin melihat koleksi seni bisa ke Art Gallery of New South Wales. Di sini ada koleksi lukisan Eropa, Australia, Asia, sampai dengan Aborijin. Untuk masuk ke galeri ini gratis kecuali apabila ada pameran khusus yang mengharuskan pengunjung untuk bayar.

  1. Shopping!

Belanja tentu saja menjadi tujuan para traveler. Gak cuma membeli souvenir untuk oleh-oleh, tapi juga mencari barang-barang yang lebih murah daripada di negara sendiri. Sydney memiliki butik fashion dengan merk-merk lokal maupun internasional. Tempat-tempat untuk berbelanja yang lengkap bisa ditemui di Pitt Street Mall, Westfield Sydney dan Queen Victoria Building yang terkenal dengan bangunannya yang bersejarah.

Queen victoria building

Queen Victoria Building

Bagi yang ingin berbelanja barang-barang unik, vintage, atau beli oleh-oleh bisa ke Paddy’s Market, The Rocks Markets, The Rocks Foodies Market atau Paddington Markets. Yang pasti cek jam buka dan tutup tempat ini karena sebagian tempat berbelanja tutup lebih cepat.

  1. Mencicipi Aneka Jajanan di Sydney

Para pecinta manis pasti akan bahagia sekali di kota ini. Sepanjang saya menelusuri The Rocks Markets, saya mendapatkan aneka jajanan manis mulai dari cupcake, muffin, hingga macarons. Untuk tempat makan yang direkomendasikan bisa dilihat di blog ini.

Aneka jajanan yang bisa dinikmati antara lain Strawberry Watermelon Cake dari Black Star Pastry, Gelato dari Gelato Messina, Macarons dari Adriano Zumba yang terkenal, dan The Grounds of Alexandria untuk menikmati segelas kopi dan burger. Di Sydney ada banyak sekali café-café lucu dan restaurant. Pastinya akan pusing memilih tempat mana yang ingin didatangi apabila melihat etalase-etalase café. Penataannya ciamik!

Di Sydney sendiri makanan lokalnya berupa fish and chips. Kalau pengen mencicipi ikan-ikan segar, coba mampir ke Sydney Fish Market. Dijamin ikan-ikan dan aneka makanan laut yang dijual di sini masih segar.

Sydney Fish Market

  1. Berkeliling Sydney Naik Cruise

Salah satu kegiatan yang asyik untuk dilakukan saat di Sydney adalah mengelilingi Sydney naik Cruise. Saya pernah naik Cruise dari Sydney Harbour Bridge dan melewati Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge, sampai dengan The Rocks Markets.

Menyenangkan sekali naik Cruise, menikmati pemandangan, sembari menghirup udara yang bersih. Suatu hal yang patut disyukuri.

  1. Menikmati Alam di the Blue Mountains

The Blue Mountains merupakan salah satu UNESCO World Heritage region. Pegunungan ini dinamakan the Blue Mountains dikarenakan banyaknya terdapat pohon eukaliptus yang memantulkan cahaya matahari sehingga gunung tersebut jadi berwarna biru. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di the Blue Mountains, mulai dari trekking, naik gunung, jalan kaki, menikmati pemandangan, hingga bersepeda.

blue mountains

the Blue Mountains

Kalau ke the Blue Mountains, mampirlah ke Katoomba Falls yang tersohor itu. Selain itu ada Scenic World dan Three Stone Sisters, tiga batu lonjong yang berjejer di Jamison Loire. Terletak dua jam dari tengah kota Sydney, untuk mencapai the Blue Mountains  bisa menggunakan mobil, kereta, atau bus.

The Three Sister

The Three Stone Sisters

  1. Port Stephens

Suka dengan olah raga menantang? Berarti harus berkunjung ke Port Stephens. Port Stephens adalah pelabuhan alam besar di Hunter Region, New South Wales. Terletak sekitar dua setengah jam ke utara Sydney, Port Stephens memiliki pasir berwarna keemasan dengan teluk yang ukurannya melebihi dua kali Sydney Harbour Bridge.

Tempat ini dapat menjadi tempat tujuan berlibur yang sempurna. Di sini kamu dapat mengemudikan kendaraan berpengerak 4 roda di bukit-bukit pasir, berenang bersama lumba-lumba, berselancar dan menyelam, atau sekadar menjelajahi alam di taman nasional.

parasail boat

Bagi yang suka olah raga ekstrim, pasti akan berbahagia bila berkunjung ke tempat ini karena banyak sekali kegiatan ekskrim yang bisa dilakukan.

  1. Menonton Vivid Sydney, Festival Lampu Warna-Warni

Vivid Sydney adalah event cahaya, music, dan ide terbesar di Sydney yang diadakan setiap tahun. Biasanya Vivid Sydney ini berlangsung dari bulan 27 Mei – 18 Juni 2016.

Aneka instalasi lampu akan menyala dengan indah. Selain itu juga akan ada video-mapping yang pastinya akan cantik sekali ketika difoto. Lihat saja foto-foto ini, cantik banget khan!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain Vivid Sydney, ada acara tahunan lagi di Sydney yaitu Sydney Royal Easter Show, event kedua terbesar di Sydney. Kegiatan yang ada di sini antara lain permainan rodeo, kompetisi memotong kayu, sampai dengan atraksi karnaval. Sesuai dengan nama acaranya, Sydney Royal Easter Show berlangsung sekitar Hari Paskah

  1. Jalan kaki dan menikmati kembang api di Darling Harbour

Hal sederhana yang bisa dilakukan di Sydney adalah berjalan kaki sembari menikmati kembang api di Darling Harbour. Waktu ke Sydney, tak sengaja saya dan teman-teman melewati Darling Harbour ketika ingin pulang ke hotel. Tak disangka ketika melewati jembatan, tiba-tiba ada kembang api yang cukup lama.

kembang api

Kembang api ini hanya muncul setiap malam Minggu, antara jam 20.30 – 21.00. Lumayan banget khan, hiburan gratis di malam Minggu. Untuk jadwal kembang api di Darling Harbour bisa dicek schedulenya di sini.

Itulah 10 hal yang bisa dilakukan di Sydney. Sebenarnya masih ada banyak lagi kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, cuma saya mempersempit jadi 10 saja dan ditulis sesuai dengan kegiatan yang saya minati.

Kalau ada rencana ingin pergi ke Sydney, maskapai penerbangan Qantas sedang ada promo dari Jakarta ke Sydney. Promo penjualan ini cuma sampai tanggal 29 Februari 2016 (bisa lebih cepat kalau tiketnya habis terjual terlebih dahulu).

SDNSW

Pembelian tiket promo ini untuk penerbangan dari tanggal 2 Maret – 31 May 2016, 1 Agustus sampai 19 September 2016, dan 17 Oktober sampai dengan 30 November 2016. Untuk detailnya bisa cek website Qantas.com atau hubungi travel agent terdekat.

Bagaimana, pengen ke Sydney? Buruan cek website Qantas!

19 thoughts on “10 Hal Yang Bisa Dilakukan di Sydney

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s