image the walk

Tegang Nonton Film The Walk

poster the walkApakah kamu punya mimpi? Bukan, saya bukanlah agen yang akan menawarkan MLM, namun pertanyaan ini ada dalam film The Walk.

Philippe Petit, seorang seniman Perancis yang memiliki mimpi berjalan di atas tali di tempat-tempat yang tinggi. Bermula dari Philippe (Joseph Gordon-Levitt a.k.a JGL) menonton atraksi sebuah sirkus yaitu berjalan di atas tali. Sejak melihat aksi itulah dia mencoba belajar berjalan di atas tali.

Philippe kemudian menjadi ahli akrobat, dia dapat bermain lempar bola dengan lihai, naik sepeda roda satu, dan tentu saja, berjalan di atas tali yang diikat pada kedua tiang lampu. Ketika sudah dewasa, ia diusir dari rumah karena papa-nya menganggap pekerjaan tersebut tidak dapat menghidupinya di masa depan.

philippe

Sehari-hari Philippe Petit

Philippe pun keluar dari rumah dan hidup dari jalan ke jalan dengan menjadikan keahliannya tersebut sebagai mata pencaharian. Ia pun berguru pada Papa Rudy (Ben Kingsley), seorang seniman senior yang memiliki keahlian berjalan di atas tali.

Kemudian ketika sedang beraksi jalanan, dia bertemu dengan seorang penyanyi jalanan, Annie (Charlotte Le Bon). Saya suka sekali bagaimana Philippe mencoba mendekati Annie tanpa flirting yang berlebihan. Singkat kata, mereka pun akhirnya bersama. Annie pun mendapatkan tempat untuk Philippe berlatih jalan di atas tali setiap hari yaitu di pohon sebuah sekolah. Philippe bahkan akhirnya mengajari Annie untuk bisa berjalan di atas tali. 

PhilppeAnnie

So sweet!

Saat sedang asyik berlatih di atas tali, muncul seorang fotografer bernama Jean-Louis Blondeau (Clément Sibony). Mereka berkenalan dan Philippe langsung merekrut Jean-Louis sebagai team le coup. Mereka pun menjadi teman baik. Bahkan Jean-Louis membantu Philippe agar bisa berjalan di atas tali di antara menara Notre Dame. Bukan main!

Suatu hari ia sakit gigi akibat menerima permen dari penonton aksinya di jalan. Ketika sedang mengantri di dokter gigi, ia membuka majalah dan di saat itulah ia mendapatkan artikel mengenai rencana pembuatan World Trade Center alias Twin Towers di New York yang diklaim akan menjadi gedung tertinggi di dunia (pada saat itu). Maka sejak umur 18 tahun, dia sudah mempersiapkan bagaimana ia akan melalukan le coup (kudeta) yaitu menyeberangi Twin Towers dengan ilegal.

philippe anni

Dalam usaha mempersiapkan aksinya, Philippe terus mengasah bahasa Inggris-nya agar di New York nanti bisa berkomunikasi dengan lancar. Philippe melibatkan Annie dan Jean-Louis sebagai tim le coup.Jean-Louis kemudian memperkenalkan Philippe dengan Jean-François (César Domboy) alias Jeff yang merupakan ahli matematika. Jeff bersedia membantu Philippe untuk mencapai mimpinya. Lucunya, Jeff merupakan seorang acrophobia yaitu takut akan ketinggian.

Enam tahun kemudian, Annie menunjukkan kepada Philippe artikel mengenai Twin Towers akan segera selesai. Melihat hal tersebut Philippe segera menentukan tanggal kapan ia akan menyeberangi Twin Towers. Rencana demi rencana disusun. Philippe konsultasi dengan Papa Rudy bagaimana memasang kabel (untuk aksi di Twin Towers ini Philippe akan menggunakan kabel) yang memungkinkan di Twin Towers. Dia juga harus mengantisipasi semuanya dan mempersiapkan rencana sebaik mungkin.

Philippe bersama Annie pergi duluan ke New York untuk survey Twin Towers. Di New York ini Philippe berkenalan dengan seorang pekerja di Twin Towers yang memudahkan dirinya untuk mendapatkan akses ke dalam. Semua rencana Philippe terlihat begitu lancar, walau ada beberapa hambatan.

team

Team Le Coup

Tiba saatnya Philippe akan menyeberangi Twin Towers, di sinilah ketegangan dimulai. Beberapa teman saya yang sudah menonton film ini mengatakan film ini terasa bosan di awal namun seru di belakang. Tetapi saya memiliki opini yang berbeda. Cerita yang dinarasikan oleh JGL selaku Philippe Petit sangat menarik dan kocak. Saya menikmati cerita demi cerita. Ketegangan pun terasa ketika Philippe memulai menyeberangi Twin Towers dengan kabel tanpa pengaman sama sekali. Luar biasa!

that walk

“The Walk”

syuting the walk

Aslinya sih gini pas syuting

Selesai menonton film ini, ada rasa lega, terharu, dan bangga akan apa yang dilakukan Philippe Petit. Saya suka sekali film ini, selain bisa melihat keindahan kota Paris (walau tidak banyak), saya suka mendengar aksen-aksen mereka saat berdialog. JGL di sini culun banget tapi saya suka dengan bagaimana dia berbicara. Aaaaah makin cinta JGL.❤

the walk

Sayangnya film ini tampaknya tidak bertahan lama di bioskop Indonesia karena di minggu kedua film ini ditayangkan di  Indonesia, sudah sedikit layar bioskop yang memutarnya. Entah karena promosinya yang kurang, durasinya yang cukup lama, filmnya dianggap tidak bagus, atau karena bersaing dengan film-film lainnya di bioskop. Yang pasti saya suka dengan film ini walau orang lain mungkin akan berpendapat berbeda.

Twelve people have walked on the moon, but only one man has ever, or will ever, walk in the immense void between the World Trade Center towers.

Philippe Petit merupakan orang satu-satunya yang berjalan di atas tali di antara Twin Towers. Gak akan ada lagi orang yang bisa, karena sekarang Twin Towers sudah menjadi kenangan.

real philippe

Philippe Petit yang asli saat menyeberangi Twin Towers

Skor untuk film ini saya berikan 8/10. Satu hal yang dapat saya petik dari film ini adalah sebagaimana tingginya mimpi itu, cobalah untuk meraihnya karena tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini. Seperti slogan Adidas, Impossible is nothing.

31 thoughts on “Tegang Nonton Film The Walk

  1. Kresnoadi DH berkata:

    INI KOK GAK BERTAHAN LAMA? INI JGL LHO JGL?!! *ngamuk*
    Awal banget baca judulnya keinget tulisannya si pungky tentang nyebrangin tebing apa gitu pake tali. Dari atas kayaknya seru, sampe bawah dikasih tahu kalo filmnya udah gak ada. Sedih. Dan. Ternyata. Ada. Beneran ya si Petit Petit itu nyebrang Twin Tower? Sadis ._.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s