Tips Pergi Ke Dunia Fantasi (Dufan)

dufanSiapa yang di sini suka pergi ke theme park? Kalau saya suka banget. Bahkan kalau traveling ke luar negeri, saya usahakan untuk mengunjungi theme park lokal seperti Universal Studio Singapore, Hong Kong Disneyland, atau Legoland Malaysia.

Karena sudah lama gak pergi ke Dunia Fantasi (Dufan), maka saya mencoba mengunjungi taman hiburan di Ancol tersebut. Harga tiket masuk Dufan adalah Rp 300.000 dan tak ada beda harga di akhir pekan. Jadi mau datang pas hari biasa atau hari libur, harganya sama.

Berhubung harga tiket masuk ke Dufan yang harian dan annual pass gak beda jauh, maka saya memutuskan membuat annual pass seharga Rp 350.000. Annual pass ini berarti kamu bisa masuk Dufan selama setahun GRATIS hanya dengan menunjukkan kartu annual pass. Lumayan kan kalau lagi penat terus pengen lihat sunset dari ketinggan, tinggal ke Dufan dan naik Bianglala.

Ternyata bikin annual pass saat weekday cukup sepi dan saya hanya membutuhkan waktu gak sampai 5 menit untuk membuatnya. Sangat cepat!

dufan2

Turangga-Rangga

Memasuki Dufan, wahana pertama yang saya naiki adalah Turangga-Rangga alias komedi putar. Ini adalah wahana favorite sejak kecil. Karena masih pagi antrian masih sepi, saya cuma perlu menunggu satu putaran, lalu setelahnya bisa langsung naik. Ya ampun, mengenang masa kecil banget!

Setelah naik komedi putar, wahana selanjutnya adalah yang menjadi tujuan saya datang ke sini, yaitu Hello Kitty! Hello Kitty terletak di dalam gedung Ice Age. Jadi kalau lihat antrian panjang di Ice Age, itu bukan antrian Hello Kitty ya. Lagian Hello Kitty masih sepi. Tuh, ini pas ke sana sekitar jam 12. SEPI BANGET!

Hello Kitty 2

Buka jam 12 siang…

Hello Kitty 1

Wahana Hello Kitty tampak depan~

Dari depan, wahana Hello Kitty masih sepi dan tidak ada antrian. Saat masuk ke dalam, terlihat area seperti laboratorium dan terowongan untuk memasuki arena Hello Kitty yang serba pink.

Hello Kitty 3

Tampak dalam

Hello Kitty 5

Terowongan menuju Hello Kitty

Hello Kitty 6

Serba piiiiiink~

Bahkan studio untuk nonton Hello Kitty juga masih sepi sehingga saya bisa foto-foto seperti ini. Di wahana Hello Kitty ada mini games seperti tekan-tekan tombol yang nantinya akan keluar gambar, suara, dan lain-lain. Setelah itu pengunjung akan menemukan studio yang memutar film Hello Kitty.

studio Hello Kitty

 Sepi yaaaa~

Filmnya sendiri bercerita mengenai Hello Kitty yang berkeliling dunia. Sayangnya tidak ada substitle di film ini sehingga turis asing pasti akan bertanya-tanya apa yang diucapkan oleh Hello Kitty dan teman-temannya.

pintu keluar

Pintu keluarnya lucuuuuu! 

Keluar dari studio film, ada patung-patung Hello Kitty yang berkeliling dunia. Pas banget lah buat foto-foto. Mana Hello Kitty-nya lucu bangeeet!

Hello Kitty 8

Pesawat Hello Kitty yang membawanya keliling dunia

Hello Kitty 8

Patung-patung Hello Kitty dan teman-temannya

Di depan wahana Hello Kitty juga ada gerai makanan yang menjual makanan-makanan lucu. Saya mencoba membeli strawberry crepe yang bentuknya kayak Hello Kitty. Es krimnya enak, tapi crepe-nya biasa aja. Di sini juga ada games Hello Kitty yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Ada juga souvenir-souvenir Hello Kitty yang lucu.

crepes

Beli crepes Hello Kitty

arena bermain

Arena bermain game dan souvenir

Selesai dari Hello Kitty saya melewati Simulator yang antriannya cukup sepi. Asyik! Gak sampai 10 menit udah bisa masuk dan menikmati wahana simulator. Kali ini tema-nya adalah Happy Feet. Sayangnya film Happy Feet yang diputar di simulator ini adalah potongan dari film Happy Feet 2, sehingga tidak ada cerita baru. Sisanya saya naik wahana yang sudah lama ada di sini seperti Istana Boneka, Gajah Beledug, dan lain-lain. Oh iya, wahana Perang Bintang kalau sore hari sepi banget. Mungkin karena hari biasa juga, jadinya sangat sepi.

dufan1

Sepi yaaaa~

Selain Hello Kitty, wahana yang cukup baru adalah Ice Age Adventure. Ice Age ini wahana seperti Rama Shinta yang jaman dahulu. Terdapat cerita mengenai petualangan para tokoh Ice Age yang diwarnai dengan semprotan-semprotan air, udara nan dingin, dan seluncuran. Saya yang gak kuat naik thrill ride merasa terjebak di wahana ini karena di akhir perjalanan, ada seluncuran seperti Niagara-gara. Lumayan tinggi, jadi yang jantungnya gak kuat, pikir dua kali ya kalau mau naik wahana ini.

Ice Age

Gambar diambil dari website Dufan

Sedangkan Kontiki juga salah satu wahana yang lumayan baru. Saya sih gak mau naik ini, takut kumat hahahaha. Wahana ini semacam Kora-Kora versi pusing karena muter-muter.

kontiki

Kontiki

Bagi yang mau membeli souvenir, jangan khawatir, toko souvenir banyak tersebar di mana-mana, begitu juga dengan gerai camilan. Sayangnya saya kurang tertarik membeli souvenir karena Dunia Fantasi ini berada di Jakarta. Kan masih bisa balik lagi ke sini.😛

souvenir

Aneka souvenir

souvenir2

Silakaaaaan~

Berdasarkan jalan-jalan ke Dufan hari ini, maka ada beberapa tips ke Dufan dari saya.

  • Pergilah pada hari kerja (Senin-Jumat) karena lebih sepi. Kalau gak bisa, hari libur juga gapapa, tapi datangnya harus pagi banget, misalnya harus udah stand by dari sebelum jam buka (jam 10). Yang pasti harus siap-siap dengan keramaian ya.
  • Menurut hemat saya, beli tiket annual pass aja lebih untung untuk kamu yang bisa kembali lagi ke Dufan dalam kurun waktu setahun, karena cuma beda 50 ribu sama tiket yang biasa. Kecuali kalau gak ada rencana untuk balik lagi ke Dufan dalam waktu dekat, tiket biasa bisa menjadi pilihan.
  • Datangi wahana yang kira-kira tidak ramai, karena orang-orang cenderung datang ke wahana yang ramai saat memasuki Dufan seperti Halilintar, Kora-Kora, Tornado, dan Ice Age. Daripada waktu habis untuk mengantri, mendingan naik ke wahana yang antriannya lebih sepi.
  • Cek jadwal apakah ada wahana yang memiliki waktu tertentu seperti Treasure Temple of Fire atau Kalila Adventure.
  • Biasanya sore hari orang mulai lelah, jadi antrian wahana yang ramai sudah mulai sepi. Nah, saat itulah waktu yang baik untuk mengantri wahana yang ramai.
  • Kalau mau naik wahana basah-basahan seperti Niagara-Gara atau Arung Jeram mendingan pas udah mau pulang, jadi habis itu bisa langsung ganti baju deh.
  • Kalau mau naik Bianglala naiklah pada siang hari karena sepi. Mungkin malas karena panas. Kalau sore, wuih ramai banget. Mungkin pada mau lihat sunset kali yaaaa~
  • Pakai baju yang nyaman dan adem. Jangan pakai kebaya atau baju kurung, dijamin bakal kegerahan.
  • Bawa baju ganti biar bisa naik wahana yang basah-basahan.
  • Kalau bawa tas besar, jangan khawatir karena ada area loker untuk menyimpan barang. Bayar sih…
  • Musholla tersedia di beberapa titik, seperti dekat area Ice Age dan Kalila Adventure. Ada mukena juga, jadi buat yang Muslim jangan takut gak menemukan musholla.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri. Harga makanan di sini rata-rata lebih mahal dari harga biasa. Tapi kalau gak mau repot bawa makanan, banyak pilihan kok. Saya sih kemarin makan Yoshinoya karena emang lagi lapar aja.
  • Bawa topi atau payung. Siap-siap dengan segala cuaca yang ada.

Bagaimana, ada yang mau ke Dufan dalam waktu dekat? Siapin sunblock ya karena sekarang Jakarta lagi panas-panasnyaaa~

 

Dunia Fantasi

Jalan Lodan Timur No. 7
Ancol, Jakarta Utara 14430
Indonesia

Buka:
Senin-Jumat: 10.00-18.00 WIB
Sabtu/Minggu/Libur: 10.00-20.00 WIB

21 thoughts on “Tips Pergi Ke Dunia Fantasi (Dufan)

  1. Dita berkata:

    terakhir ke Dufan kayaknya tiketnya masih dibawah 100k hahaha itu tahun kapan ya x))))) duuhh pengeeeen tapi masak harus ngajuin cuti ya demi ke Dufan? tapi kalo weekend gak kuat sama ramenya😀

  2. ummuumar18 berkata:

    Terakhir ke sana udah jaman dulu banget sebelum nikah😄
    Btw, annual pass kita bisa dipake sama orang lain gak, mbak? Kira-kira kalo bawa balita ke sana sepadan sama harganya gak ya? Kan udah banyak wahana baru nih ya…

    • cK berkata:

      Annual pass kayaknya cuma bisa dipakai sendiri. Katanya sih harus menunjukkan kartu identitas pas masuk (belum nyoba balik lagi setelah punya annual pass).

      Kalau bawa balita, ada beberapa wahana yang bisa didatangi sih seperti Istana Boneka, Kalila Adveture, Gajah Beledug, Bianglala, Turangga-Rangga, sampai Hello Kitty. Lumayan banyak sih…

  3. Cichaz berkata:

    Aku semenjak punya anak malah belom pernah ke dufan. Udah ancer2 sih pengen kesana, stlh baca postingan ini makin kepengen. Aah harus cuti kali ya untuk menikmati dufan yang kosong kayak gituu.. Weekend pasti masih rame banget. Btw salam kenal yaaa🙂

    • cK berkata:

      Salam kenal Cichaz!😀

      Iyaaa, hari biasa beda jauh sama weekend. Makanya disarankan untuk ke Dufan pas weekday aja. Semoga bisa kesampean ke sana yaaaa.😀

    • cK berkata:

      Berubah banget dari yang duluuuu, tapi banyak mainan yang itu-itu aja sih. Wahana Hello Kitty biasa aja sih cuma lucu aja nonton-nonton gitu…

  4. adellenetanuri berkata:

    Percaya apa nggak, saya seumur hidup belum pernah ke dufan, baru ke ancolnya doang. Kenapa? rumah saya jauh banget di citra raya abisnya, dan disini udah ada tempat wisata yang mirip namanya world of wonders, coba cek deh kali2 udah bosen ke dufan.

    • cK berkata:

      Enggak kok. Kalau punya annual pass bisa gratis masuk Dufan selama setahun. Untuk wahana juga gak perlu bayar, karena tiap beli tiket Dufan (annual pass maupun yang biasa) bisa masuk ke semua wahana.🙂

    • cK berkata:

      Tentunya untuk Dufan aja. Kalau mau ke Seaworld ada harga tiket masuk sendiri (dan saya gak tahu sekarang harganya berapa).

  5. Arif Wicaksono berkata:

    kalau tanggal 13 an desmbr 2016 kira2 ramai gk y? ,, kan hbs uas, sklahnya lg bebas tuh.

    masa pgn k dufan lg pke acra bolos sklh wktu 18,19 juli 2016.lumayan sepi sh. tp kalau ice age pas siang ramai banget. sbnrnya sh k dufan lg pgn liat fantastique. tp tkutnya hujan lg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s