Saya Memang #TravelerPemula

selfieBeberapa hari ini di social media ramai membicarakan artikel #TravelerPemula yang ditulis di media Reader Digest. Isi artikel tersebut mengulas kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh traveler pemula. Tampaknya artikel tersebut berusaha lucu dan sarkastik ala-ala BuzzFeed, namun entah kenapa jadi terkesan nyinyir.

Disebutkan beberapa poin yang menunjukkan ciri-ciri traveler pemula dengan bahasa yang cukup greget. Apakah salah menjadi traveler pemula? Tentu tidak, kan minum combantrin semua pasti pernah menjadi pemula. Gak ada tuh yang langsung jadi pro. Ed Sheeran aja dulu jadi pengamen dulu sebelum bisa jadi penyanyi kondang kayak sekarang.

Nah, kebetulan saya sudah melakukan semua hal yang ada di artikel tersebut. Ya, saya memang #TravelerPemula, karena saya…

#1 Memotret sayap pesawat terbang

Yah namanya juga mau pamer mengabadikan foto jalan-jalan, jadi motret sayap pesawat terbang itu kayak makan indomie pakai sambel. Ada yang ngerasa wajib, ada yang ngerasa gak perlu. Kalau saya sih tergantung maskapai mood aja. Kalau pemandangan lagi bagus ya saya potret. Kalau cuma hitam kelam pemandangan malam ya ngapain? Gak kelihatan juga…

atas Arab

Pemandangan Arab Saudi dari atas

atas Sumba

Pemandangan Sumba dari atas. Cantik ya!

Tuuuuh, bagus-bagus khan fotonya!? Jangankan memotret sayap pesawat, selfie di toilet pesawat aja saya pernah! Jackpot banget kan!😆

selfie toilet

Cahayanya jelek nih, muka jadi kayak kena kunyit ಠ_ಠ

#2 Mengunggah foto “temperatur saat ini”

Mungkin ini maksudnya pakai aplikasi Instaweather kali ya? Saya sering sih kayak gini. Biar pada tahu aja betapa kedinginannya saya di Seoul atau merasakan hangat-hangat panas dengan pemandangan cantik di Toraja. Norak? Biarin. Saya senang menjadi norak. *pakai sepatu pink gonjreng*

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pengen bikin kayak gini juga? Install aja apps InstaWeather (iOS | Android)

#3 Mencari wine dari daerah spesifik

Kalau ke Eropa saya memang mencari wine sih, biasanya buat oleh-oleh. Bayangin, dengan 7-10 Euro aja udah bisa bawa wine enak. Lebih murah ketimbang beliin kaos bertuliskan I❤ Paris yang harganya bisa sampai 20 Euro. Ini perkara hemat, bung!

Dan tentu saya waktu ke Perancis kemarin wine bertebaran di mana-mana. Saya sendiri gak suka rasa wine, tapi demi foto-foto biar kayak #TravelerPemula, pose kayak gini jadi menu wajib.

wine

Red wine

#4 Mengabadikan kamar hotel

Sebagai seorang blogger yang menulis apa saja, mengabadikan kamar hotel merupakan menu wajib biar ada bahan tulisan. Jangankan kamar hotel, toilet hotel juga saya potret kok. Ya siapa tahu ada hotel yang suka hasil foto atau tulisan saya terus diajak nginep gratis.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Gapapa jadi #TravelerPemula kalau bisa nginep di hotel mahal apalagi gratis.😎

#5 Menolak transportasi publik di mana pun

Kalau yang ini sih saya jarang banget menolak transportasi publik. Saya pernah naik tram di Eropa, naik taksi hitam di London yang khas itu, sampai dengan naik MRT di negara-negara yang memiliki transportasi tersebut. WAH BERARTI SAYA BUKAN #TRAVELERPEMULA. HOREEEE!

taksi UK

Taksi hitam London yang khas itu~

#6 Mengambil gambar dengan iPad

Saya pernah mengambil gambar dengan iPad. Tapi itu karena semua batere gadget yang saya miliki semuanya habis akibat dipakai untuk foto-foto terus.

pakai ipad

Pas di Jepang nih. Epoy bersama Uta-chan dan Lucy😀

#7 Memotret setiap makanan

Di artikel tertulis, “Kami akan bingung. Apakah Anda ahli nutrisi, fotografer kuliner, kritikus restoran, atau Anda hanya tak bisa menahan selera makan.”

Pertama, saya memang sedang mendalami food photography. Jangankan pas jalan-jalan, di Jakarta aja tiap mau makan kayaknya selalu saya potret kecuali kalau lagi kelaparan.

Dinner #KoreanFood #schoolfood #food #foodie #foodies #instafood #foodporn #foodgasm #foodstagram

A photo posted by Chika Nadya (@chikanadya) on

Kedua, justru saya bisa menahan selera makan, makanya motret makanan dulu. Kalau gak bisa ditahan ya pasti langsung nggragas nyomotin makanan begitu makanan tiba di meja.

#8 Selfie

Saya sadar bahwa teman-teman saya lebih suka melihat foto pemandangan ketika saya sedang travel. Tapi saya justru melakukan selfie supaya pada sebel dan iri kalau saya lagi jalan-jalan saya punya dokumentasi pribadi. Lagipula saya yakin yang nulis artikel ini juga suka selfie kalau lagi jalan-jalan.🙄

Do I look cute? *giving vomit bag* #selfie #clozetteID #cute #face #CCJapanTrip #throwback

A photo posted by Chika Nadya (@chikanadya) on

Kesimpulannya, saya memang #TravelerPemula karena melakukan semua hal yang disebutkan di artikel. Tapi saya gak masalah sih kalau dikasih label tersebut. Saya sendiri bisa dibilang lebih banyak jalan-jalan karena rejeki, entah itu menang kuis, menang kontes desain poster, menang lomba blog, diajak Mama, kerjaan kantor, maupun secret project. Saya sendiri gak melabeli diri saya sebagai traveler. Saya cuma seseorang yang suka jalan-jalan, seperti yang Rahne tulis di blognya.

Walaupun tulisan soal #TravelerPemula ini mengundang cibiran sana-sini, tapi berhasil jadi viral dan membuat beberapa blogger akhirnya mencoba menuangkan opini mereka ke dalam postingan blog. Berikut adalah postingan soal #TravelerPemula yang ditulis oleh teman-teman saya:

  1. Rahne Putri – Saya Gak Malu Jadi #TravelerPemula
  2. Fahmi @catperkuJadi #TravelerPemula Enggak Ada Salahnya
  3. Chicko @gembrit – Syarat Sah Jadi Traveler Pemula
  4. @WiraNurmansyah8 Tips Menjadi Traveler Pemula Yang Baik dan Benar

Banyak juga ya yang menulis blog sebagai respon dari artikel Reader Digest ini. Kayaknya artikelnya sukses mendulang traffic deh.😆

tripit

Sebagai #TravelerPemula, menurut TripIt setidaknya saya sudah menginjakkan kaki di 20 negara termasuk Indonesia. Lumayanlah untuk ukuran #TravelerPemula, ya gak?

57 thoughts on “Saya Memang #TravelerPemula

  1. alrisblog berkata:

    Nambahin ciri-ciri #TravelerPemula : sampai di bandara kota tujuan selfie dan ditampangin di medsos, wuahaha… Saya pernah melakukannya.

    Penulis artikel di RDI itu saya yakin 100% dia melakukan apa yang dia tulis. Munafik tuh orang…

  2. niee berkata:

    Bahkan temen aku yang udah menjelajahi setiap jengkal eropa dan asia masih melakukan beberapa kegiatan di atas.

    Dan bahkan aku yang baru ke 4 negara jarang melakukan hal di atas karena emang kurang hobi. Males biasanya di dalam pesawat udah sibuk tidur atau ngurus bayi. Hahahahaha.

    Jadi intinya gak bisa digeneralisir juga travel pemula itu dengan kebiasaan kebiasaan di atas ya. 😁

    Mungkin yang expert menurut dia sejenis nicsap yang foto di Ignya pemandangan doang 😆

  3. Swastika Nohara berkata:

    Apa gue bikin juga ya tulisan ttg Traveler Pemula ini?
    Biar dimasukin ke blognya chika juga gitu…

  4. tuanjuan_ berkata:

    nais info..🙂

    cukup nyimak dan semoga info2 selanjutnya juga bermanfaat.

    #savetheenvironment
    #takenothingbutpicture
    #leavenothingbutfootprint
    #traveltillyoudie

  5. Chic berkata:

    aku ngga pernah photo suhu, jarang selfie, tapi selalu motret sayap pesawat terutama karena ntah kenapa selalu duduk deket sayap (#teamkursisebelahjendela) dan terutama karena pemandangannya bagus.

    Oh, aku memang traveler pemula. Oh wait. Aku bahkan bukan traveler. Wong jalan-jalan masih mesti nunggu cuti kok. Jadi ya emang suka jalan-jalan aja sih. Bukan traveler.
    Udah gitu aja.
    😛

  6. Goiq berkata:

    kalo aku sih selalu request seat samping jendela kalo naik pesawat supaya bisa foto sayap pesawat, foto temperatur sesekali aja, kalo foto wine sih ngga pernah tapi foto sama vodka sih sering.. hahahaha, mengabadikan kamar hotel buat gw wajib hukumnya karena terbukti sering diajak nginep gratisan karena tulisan-tulisan review tsb, menolak transportasi publik sih kalau lagi traveling karena diundang yang mana urusan transport udah diatur semua, ambil gambar dengan iPad ini gak pernah karena emang ngga punya iPad, potret tiap makanan dan selfie juga wajib hukumnya dalam kamus gw. Jadi gpp jugalah dibilang traveler pemula, udah dibilang traveler aja walau pemula udah seneng kok. wong aslinya cuma orang yang suka jalan-jalan doang kok. hahahahaa

  7. Anita Dwi Mulyati berkata:

    Wahh malah gw telat banget ya menyadari tulisan traveler pemula, cuma pernah lihat beberapa meme di FB aja tentang traveler pemula ini. Traveler pemula sama dengan newbie kah? Dulu waktu pertama kali ngetrip backpacker di bawa sama temen yang udah sering jalan dan dya klo kasi briefing nyebut gw newbie..yasud trima ajah..trus tmn senior ini bilang klo newbie jjs nya rush banget semua tempat pengen disambangin, dipotret, narsis nanti klo klean dah lama jalan bakalan santai. Ehh itu dah 6 tahun yang lalu, sampe sekarang setiap ngetrip mau ke tempat baru mau ke tempat yang udah 4x didatengin, 7 dari 8 point di atas (soalnya demen pake publik transport bisa liat orang lokal) masi gw lakukan dengan happy, norak2 bergembira hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s