Mencoba Aplikasi MyIdol dari China

apps myidolBermula dari Dimas yang share video anehnya lagi nyanyi di Instagram, terus saya jadi tergerak untuk mencoba juga. Ternyata aplikasi yang dipakai Dimas adalah aplikasi MyIdol dari negeri Panda.

Aplikasi MyIdol merupakan aplikasi untuk membuat video animasi dengan menggunakan wajah sendiri (bisa wajah orang lain juga). Aplikasi MyIdol bisa didownload di Apple Store. Saya pun mencoba download dan ketika buka aplikasinya, jeng jeng jeng… bahasa China! Akhirnya saya mencoba membuat sambil meraba-raba saja tapi berhasil!

Namun setelah itu Nath memberi tahu bahwa ada petunjuk berbahasa Inggris untuk mempermudah penggunaan aplikasi di en.faceii.com/g.html. Baiklah, kalau gitu saya akan menjelaskan lagi dalam bahasa Indonesia agar semakin mempermudah untuk kalian yang ingin menggunakannya.😆

Memulai Penggunaan

start

Tap tombol tersebut untuk memulai membuat avatar pertama. Ah, gampang!

Ambil atau upload foto

Ambil foto untuk membuat avatar. Foto wajah disesuaikan dengan garis tersebut. Usahakan mata berada di garis. Bagi yang punya poni, disingkirkan dulu dengan memakai jepit rambut atau bando. Oh iya, ini gak mesti foto langsung kok, ngambil dari album foto juga bisa.😀

step pindai muka

Tekan tombol confirm (warna hijau) apabila sudah mantap dengan wajah foto pilihan. Lalu setelah itu foto akan dipindai.

mukachika

 Foto yang sudah dipindai lalu disesuaikan

Selesai dipindai, sesuaikan titik-titik mata, hidung, dan bibir. Kalau diklik pada foto bisa dizoom dan dibetulkan letaknya. Kemudian pilih jenis kelamin yang diinginkan. Kamu bisa jadi laki-laki maupun perempuan. Bebas!😆

Homepage aplikasi

Setelah pengaturan avatar selesai, akan muncul halaman homepage alias beranda. Di sini bisa mengatur background avatar, melihat list avatar yang telah dibuat, masuk ke menu, hingga screenshot avatar buat dishare.

homepage

Nah dari sini tinggal pilih mau DressUp, Stage, Portrait, atau Gif/Emoji. DressUp itu untuk ganti baju. Yuk coba pilih baju yang cocok!

DressUp

Menu di DressUp ada banyak. Kamu bisa pilih gender (kalau ternyata tadi salah pilih jenis kelamin). Time machine itu untuk mengubah muka, mau jadi anak-anak, remaja, dewasa, atau tua. Mau tampil berkeriput juga bisa lhooo!

dressing

MakeUp untuk mengubah warna muka, warna kulit, memutihkan muka, mancungin hidung, dan lain-lain. Hair untuk mengubah bentuk rambut, lalu Face Decoration itu untuk menambahkan tato atau tahi lalat di muka. Bebas!

Glasses tentu saja untuk kacamata, Eyes untuk warna mata, dan Moustache untuk kumis sampai jenggot. Untuk pakaian, pilihannya ada di Pants, Top, Shoes, Girl Suit, sampai Suits. Terserah mau memakai baju yang sudah dipadupadankan atau mau pilih sendiri atasan dan bawahannya.

avatar

Berbagai jenis rambut dan pakaian😀

Gambar di atas adalah muka saya yang sudah dicoba dengan berbagai jenis rambut dan pakaian. Lucu gak lucu gak lucu gaaaaaak?:mrgreen:

Stage

Stage ini semacam buat aksi. Apa mau naik motor, jalan bak peragawati, atau malah mau nyanyi. Pilihannya banyak dan bisa dibuat seperti video. Lucu khan bisa bikin video pendek yang ngegemesin.😛

stage

Oh iya, kalau mau di-dubbing jadi suara sendiri juga bisa. Tinggal pilih tombol yang warna putih itu. Sedangkan tombol hijau untuk dishare di akun social media yang kebanyakan produk kepunyaaan China. Gak ada tuh share di Twitter, Facebook, maupun Instagram. Jadinya mending simpan di album (camera roll), supaya nantinya bisa dishare di akun-akun social media lainnya. Seperti yang saya lakukan di Twitter dan Instagram.

Hasilnya jadi seperti ini.😛

Hahahaha #myidol apps is sooo funny! 😂😂😂

A video posted by Chika Nadya (@chikanadya) on

*bagi-bagi kantong muntah*

Portrait

Kalau portrait ini bikin foto-foto dengan avatar kamu. Oke juga untuk dishare di Instagram buat lucu-lucuan.

portrait

Ini mukanya agak menjijikkan🙄

Untuk menyimpannya tinggal klik gambar terus pilih mau disimpan di camera roll apa dibagiin ke aplikasi-aplikasi social media (yang sayangnya hanya khusus social media bikinan negara China).

Gif/Emoji

Khusus gif dan emoji, ini untuk dipakai di aplikasi chatting keluaran China seperti WeChat. Jadi gak bisa disimpan dalam bentuk gif atau dipakai di aplikasi chatting lainnya.

gif dan emoji

Emoji-nya aneh-aneh…

Sayangnya aplikasi ini baru tersedia di Apple Store saja. Berbahagialah kalian wahai pengguna produk Apple. Kalau sudah tersedia di Android atau Windows Store, bisa share link di komen ya!

Sebagai bonus, nih saya kasih video saya lagi joged-joged. Lucu ya! :3

[UPDATE] Aplikasi MyIdol sekarang sudah ada English version. Selamat bermain!

42 thoughts on “Mencoba Aplikasi MyIdol dari China

  1. Tiara berkata:

    Pagi kak.. aku udah berhasil download tapi pas mau bikin video gak ada reaksi apa apa, malah muncul tulisan china. Harus gimana ya?

  2. ade berkata:

    Keren banget aplikasix,, buat yg android ternyata udah za cuman masih beta.. belom bs masukkan suara ndiri di video..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s