Bikin Visa Jepang Dengan e-Paspor

PassportSiapa yang sudah punya e-paspor? Tahukah kamu kalau punya e-paspor berarti bisa mendapatkan visa Jepang dengan gratis?

Jadi saya berencana melewatkan ulang tahun ke Jepang karena ada suatu urusan. Berhubung saya sudah memiliki e-paspor, berarti saya bisa mendapatkan visa Jepang dengan gratis! Horeeeee!

Untuk bikin visa waiver (bebas visa) Jepang dengan modal e-paspor, ternyata cuma membutuhkan 2 hari dan gak bayar sama sekali! Keterangan lengkapnya bisa dibaca di sini. Berikut adalah ketentuan membuat visa waiver Jepang.

  1. Datang ke Kedutaan Jepang yang terletak persis di sebelah Plaza Indonesia. Saya kemarin parkir di Plaza Indonesia dan jalan kaki ke Kedutaan. Dekat banget kok, keluarnya dari pintu yang dekat Bistro Baron.
  2. Untuk mengajukan visa waiver datang ke Kedutaan Jepang pada jam 8:30 – 12:00. Lewat dari itu tidak bisa mendaftar. Kalau bisa sih datang dari pagi karena antriannya cukup panjang.
  3. Pas saya datang ke sana sudah jam 9:30 sehingga mendapatkan nomor antrian 80. Saya menunggu sekitar 1 jam baru deh akhirnya ke loket. Gak terlalu lama khan menunggunya?
  4. Sebelum menuju loket sebaiknya sudah mengisi formulir sehingga saat dipanggil semua dokumen sudah siap. Khusus yang bikin visa dengan e-paspor cukup mengisi visa application waiver yang cuma selembar (bisa didownload di sini dengan format PDF atau DOC). Saya sendiri kemarin lupa ngeprint, untungnya ada mas-mas yang berbaik hati memberikan saya formulir aplikasi visa waiver. form
  5. Saat nomor sudah dipanggil, harus langsung cepat-cepat ke loket supaya gak dilewati. Saat di loket pun cuma sebentar, cukup menyerahkan e-paspor dan formulir visa waiver yang telah diisi. Sudah, gitu aja. Sebentar banget!
  6. Setelah menyerahkan e-paspor dan formulir, nantinya akan diberikan slip pengambilan paspor. Untuk pengambilan e-paspor ternyata bisa diwakilkan.😀
  7. Besoknya tinggal mengambil visa waiver yang sudah tertempel di e-paspor. Kalau kita bikin hari Selasa, hari Rabu sudah bisa diambil. Kalau bikin hari Jumat, hari Senin sudah bisa diambil. Cepat ya!
  8. Jam pengambilan e-paspor dan visa waiver hanya bisa dilakukan pada jam 13:30-15:00. Sebaiknya datang lebih cepat biar antriannya gak mengular.
    Selesai deh, tinggal berangkat ke Jepang!😀

Saya kemarin sempat mengalami kejadian yang sungguh drama saat akan mengambil e-paspor. Saya kena macet karena sebelumnya menyetir dari Kelapa Gading yang macetnya wassalam. Beruntung ada @lisadepe yang mau bantu ngantriin nomor dan saat saya datang, nomor saya belum dipanggil sehingga saya bisa langsung memberikan slip pengambilan e-paspor ke Depe. Saya sempat panik banget karena macet di seputaran Bundaran HI. Saya bahkan meninggalkan mobil saya di hotel Mandarin Oriental dan lari hingga ke Kedutaan Jepang. Sungguh drama…

visa

Visa siap dipakai!

Namun setelah memegang e-paspor dengan visa Jepang yang tertempel, perasaan was-was tersebut langsung hilang dan sudah terbayang besoknya saya berangkat ke Jepang. Saya akan melewatkan ulang tahun di Jepang! Pastinya saya akan mendapatkan pengalaman baru karena setiap pergi traveling, saya selalu pulang dengan cerita-cerita baru. Namun kapan ditulis di blog? Mungkin kapan-kapan, karena cerita jalan-jalan ke Eropa aja masih belum tuntas.😆

Jadi yang mau ke Jepang, sebaiknya punya e-paspor karena membuat visa Jepang jadi lebih mudah. Sayangnya visa waiver ini hanya berlaku 15 hari di Jepang. Kalau ingin mendatangi Jepang lebih dari 15 hari harus tetap mengikuti cara pembuatan visa biasa yang bisa ditemukan di sini.

Yuk pergi ke Jepang!😀

96 thoughts on “Bikin Visa Jepang Dengan e-Paspor

    • cK berkata:

      Bedanya e-paspor itu ada chip-nya. Cara bikinnya ke imigrasi dan lebih mahal daripada paspor biasa. Kalau udah punya paspor biasa bisa langsung bikin kok, gak perlu nunggu paspor basi. Selengkapnya coba cari aja di google.😀

    • cK berkata:

      Bentuknya sama kayak paspor biasa, bedanya untuk bikinnya lebih mahal dan ada chip di kanan bawah (ada di gambar paling atas di postingan ini).

  1. Benakribo berkata:

    kalo cara bikin e-paspornya gimana chiikkkkkkk, ribet nggak?
    *ngeliat comment di atas*

    ke imigrasi sesuai tempat tinggal ya?
    ribet nggak? lama nggak sih?
    btw kalo udah pake e-passpor, yang lama dikasih ke dia nggak? sayang itu soalnya stampel2nya lagi bagus-bagus di passpor yg sekarang :’))

    • cK berkata:

      Waktu aku bikin sih gak ribet sama sekali. Imigrasinya sesuai tempat tinggal sih, kalau kamu tinggal di Selatan bisa ke Imigrasi Jakarta Selatan. Tapi katanya cuma dikasih quota 100 orang jadi harus dari pagi datengnya. Kalau mau cepat kelar bisa lewat travel agent (atau calo?) tapi pastinya lebih mahal. =))

      Kalau udah punya e-paspor, yang lama dikembaliin kok. Soalnya kadang pas mau bikin visa diminta passpor lamanya. Terus bikin e-paspor itu bisa kapan aja gak perlu nunggu passpor lama basi.😀

  2. Novi berkata:

    Hi Chika, mau tanya donk kalo sudah punya e-paspor yang lama masih berlaku dan bisa dipakai ga? Dan tiap kali keluar bawa dua2nya gitu (just in case)? Thanks🙂

    • cK berkata:

      Kalau udah ada e-paspor, paspor yang lama gak perlu dibawa-bawa kecuali ada visa yang masih berlaku di paspor lama (misalnya kayak Amerika kan visa-nya 5 tahun, nah itu harus dibawa kalau mau ke Amerika).

  3. yuchan berkata:

    Halo ka Chika salam kenal,
    Aku mau tanya ya. Buat apply free visa ke Jepang pake e-passport perlu nyerahin itinerary sama pass photo juga ga? Soale temen-temen lagi pada riweuh sama itinerary nih 😑

  4. anggie berkata:

    Selamat pagi Mba, mau tanya Mba untuk mendapatkan Visa Waiver kita kan harus ngisi Aplikasi yang di download dari Embasy Jepang, yang mau saya tanyakan adalah misal nama saya cuma satu kata,dihalaman depan Pasport juga tertulis satu kata, tapi untuk keperluan Umroh saya buat nama saya tiga suku kata di lembar tambahan,nah nama yang kita tuliskan di Aplikasi Visa Waiver itu yang satu kata atau tiga suku kata ya mba.
    Terima Kasih sebelumnya.

    • cK berkata:

      Kalau untuk bikin visa sesuai dengan yang tertulis di passport aja, berarti yang satu kata aja. Tapi kalau ditulis yang tiga kata juga bisa, nanti kalau ditanya tinggal menunjukkan lembar tambahan aja.🙂

      • ANGGIE berkata:

        Satu lagi Mba Chika untuk keperluan pembuatan Visa Waiver selain E-PASPORT sama form Aplikasi nya perlu foto tidak ya Mba,kalau misalnya perlu foto ukuran berapa ya?

        Terima Kasih sebelumnya.

  5. Suci Borland berkata:

    Chikaa salam kenaall..
    Masa berlaku visa jepang itu selama 3 tahun (sampe e-paspor habis masa berlakunya) bener gak sih? Atau masa berlakunya cuma 3 bulan? Kayak Visa Jepang dengan paspor biasa?
    Terus, kalo misalnya masa berlaku Visa-nya dengan e-paspor selama 3 tahunan, berarti aku bisa ngurus Visa dari sekarang ya walopun keberangkatan bulan Oktober 2015 nanti?
    Bener gak Chik? hehe
    Thanks yaahh..

    – Suci

    • cK berkata:

      Itu bener kok tapi dalam catatan belum dipakai ya. Kalau udah dipakai, pas mau ke Jepang lagi otomatis harus bikin visa waiver lagi.

  6. ryan berkata:

    Kak, mau nannya dong, saya ada rencana mau kejepang beberapa bulan kedepan. udah apply visa waiver yang ada stikernya itu juga. dokumen yang harus disiapin pas boarding di Naritanya nanti apa ya? pusing banget dapet pesawat beda airport transitnya di jepangnya

  7. anggie berkata:

    Mba Chika mau tanya lagi untuk pengisian aplikasi Visa Waiver nya itu untuk nama perlu disesuaikan dengan nama dipemesanan tiket tidak ya ?

    Terima Kasih

  8. anggie berkata:

    Misalnya seperti contoh saya sebelumnya nama saya hanya satu kata namun ditiket bookingnya dengan yang 3 suku kata. nah untuk buat visa waiver nya sebaiknya nama yang saya cantumkan yang satu kata atau yang 3 suku kata ya ?

    Terima Kasih

    • cK berkata:

      Hmmm… kalau soal itu saya sendiri kurang tahu ya. Seingatku nama passport dan nama di tiket harus sama. Mungkin bisa dicoba langsung tanya pas ke kedutaan aja. Kan ngisi formulirnya di sana.🙂

  9. Aprilia berkata:

    Hi! Make sure aja, kalo bikin visa sekitar beberapa bulan sebelum keberangkatan gapapa kan ya? Valid until 3 years kan? *liat di foto* makasih

  10. joe berkata:

    Chik mau tanya.saya blm beli tiket jpn.boleh ajuin dulu visa waiver ga?atau hrs sdh punya tiket baru ajuin.makasih info bermanfaatnya.

  11. dini berkata:

    hi kak, semisal kita berangkat mei, udah ada e-passport juga, apply visa jepangnya dari januari/februari bisa ngga ya? thanks ya kak

  12. Nikee berkata:

    Haii ka chikaaa.. tanya donk.. kalo sudah jadi visanya untuk pengambilannya boleh diwakilkan ya? Apakah perlu surat kuasa?
    Tenkyuu infonya

  13. moko berkata:

    Kalau mau ganti dari paspor biasa ke e paspor itu syaratnya apa saja ya? Soalnya udah browsing banyak yg beda beda syaratnya. Trs kalau udah ganti masa berlakunya jadi baru atau tdk mbak? Terima kasih.

    • cK berkata:

      Kalau mau bikin e-paspor tinggal bikin aja kok gak perlu nunggu paspor lama basi. Syaratnya coba kamu cari di website imigrasi aja, saya gak ingat semuanya.🙂

  14. diki22 berkata:

    Halo Mba chika,

    mau tanya untuk visa waiver ke jepang ini, pada saat pendaftaran apakah bisa diwakilkan? sama seperti pada saat pengambilan?

    thx infonya..🙂

  15. yanti berkata:

    halo mbak chika saya mau tnya dong
    kan saya udh punya e pasport
    nah krna saya gbs k kedutaan jepang langsung jd ngurus visa waiver y pke agen travell gt
    yg mw sya tnyain untuk pengisian visa waiver itu tulisannya harus jelas bgt ap gmn?(kmren pas k travel ngisinya buru2 Cz datengnya ksiangan and sm ptugas travell jg g dcek ulang)
    baiknya gmn y mbak saya kirim ulang formulir visa waiver y atau gmn?
    tkut ntrnya jd msalah😥
    mhon penjelasannya mksih

  16. Sayuti Gazali berkata:

    Saya pergi ke Jepang pada bulan Juli 2015 dengan menggunakan visa waiver (e-passport) dan kalau saya mau pergi lagi pada bulan Desember ini, apakah saya harus registrasi ulang dengan mengisi formulir Visa waiver lagi ?
    Bagaimana cara mendapatkan blanko (formulir) Visa waiver melalui website ini ?
    Terima kasih

  17. chintya berkata:

    Dear mbak Chika,

    Mau tanya mbak soal visa Jepang, buatnya boleh diwakilkan atau tidak ya? Saya hanya tau kalo bisa diwakilkan saat pengambilan tapi tidak tahu apakah bisa diwakilkan saat registrasi? Terimakasih sebelumnya mbak.

    Salam Kenal,
    Chintya

  18. hery berkata:

    mau nanya donk, kalo saya mau berangkat bareng istri dan anak masih 1 thn (sdh epaspor), pas ngurus visa viewer ke kedutaan jepang, formulirnya cukup saya aja apa ketiganya?

  19. Esra berkata:

    Halo. Kalau bikin visa Jepang pakai e paspor bisa kah visa kemungkinan ditolak? Lalu harus isi berapa rekening kita? Trims ya🙂

    • cK berkata:

      Hi Esra, saya gak tahu mengenai kemungkinan ditolak ya soalnya gak pernah. Dan rekening koran tidak diperlukan, sudah saya jelaskan di dalam blogpost. Terima kasih.🙂

  20. Ronny berkata:

    Hai, mf mw nanya nih kan aku rencana mw jalan2 kejepang.Tapi aku pernah ajukan ke travel yg dekat dgn tempatku.Dia bilang kalau kejepang pakai visa waiver harus yg sudah pernah keluar masuk jepang sebanyak tiga kali,Wah,..pikir aku kalau pengen jalan2 ke jepang kayaknya cuma khayalan nih,karena aku sama sekali belum pernah ke luar negeri.Tolomg infonya ya. mksh

      • yanti berkata:

        makasih sis alhamdulillah juli kmren sya udh ke jepang tanpa kendala…
        mau bantu jawab, kemarin pas saya kesana juga posisi pasport masih bersih (belum pernah kesana sama sekali) tapi alhamdulillah bisa dan lancar🙂
        paling nanti pas mau keluar pemeriksaan polisi bandara ditanyain keperluan disana apa dan rencana mau kemana saja😀

        • cK berkata:

          Waaaa senangnya habis jalan-jalan ke Jepang! Pasti menyenangkan banget di sana. ^^

          Ayo Ronny coba dulu buat visanya pakai e-passport.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s