Heboh Dress Blue-Black atau White-Gold

That DressPada suatu hari yang damai, tiba-tiba di Twitter ramai dengan pembahasan baju yang berasal dari sebuah postingan di Swiked Tumblr. Postingan di Tumblr tersebut menanyakan mengenai apa warna yang terdapat pada dress di gambar.

Kedamaian ini terusik dikarenakan ada dua jawaban yang berbeda. Kubu pertama menjawab gaun pada gambar adalah warna Blue-Black (Biru-Hitam), sedangkan kubu kedua menjawab White-Gold (Putih-Emas).

Sebagai orang yang pernah mengikuti tes buta warna, maka saya dengan yakin menjawab biru-hitam. Teman saya yang merupakan anak desain komunikasi visual juga menjawab biru-hitam. Namun teman lain yang juga bekerja sebagai desain grafis menjawab putih-emas.

Keributan pun muncul dan menciptakan Perang Dunia III. Apakah kamu #TeamBlueBlack atau #TeamWhiteGold.

Sampai para artis mancanegara juga membahas perkara #TheDress dan menjadi trending topics.

Heboh sekali seharian membahas #ThatDress yang merambah ke Twitter, Facebook, Instagram, hingga Path. Berbagai artikel mulai membahas dalam sisi ilmiah mengenai perbedaan warna tersebut.

Daaaaaan sang model dari #TheDress  tersebut memberikan jawaban yang benar yaitu…

Okay so I was the first to wear this dress and just to confirm it's definitely black and blue! #thedress

A photo posted by L A U R A C (@misslauracoleman) on

Blue-Black!

Yap, jawaban yang benar adalah BlueBlack alias Biru-Hitam! *sisiran*

Baju yang dijual oleh brand Roman ini langsung sold out karena menjadi trending topic di internet. Bahkan Roman berjanji akan membuatkan versi White-Gold untuk memuaskan kedua belah pihak.😆

#ThatDress

Jadi intinya memang Blue-Black. Namun yang melihat warna itu sebagai White-Gold dan warna-warna di lainnya disebabkan oleh mekanisme penglihatan manusia dan pengaruh cahaya matahari pada siang hari terhadap penentuan warna (sumber: Kompas). Karena itulah terjadi perbedaan warna. Karena saya sendiri sempat sekilas menangkap warna baju itu sebagai White-Gold ketika melihat gambar baju tersebut dari sudut kemiringan sekitar 35º dari handphone.

Ini bukan soal menang atau kalah dalam menjawab warna yang benar, namun ini adalah mengenai persepsi warna dari masing-masing orang. Ada juga yang menjawab BlueGold atau Broken White-Gold kok.😀

Kalau kamu, lihatnya warna apa?

65 thoughts on “Heboh Dress Blue-Black atau White-Gold

  1. Gabriela Sarah (@gabysarahs) berkata:

    Dari awal sampai sekarang tetap BIRU-HITAM. Nggak ngerti kenapa sahabatku ngotot banget itu PUTIH-EMAS. Sampai agak mikir juga, mungkin nggak yah perbedaan persepsi warna ini dipengaruhi oleh kepribadian? Jadi misalnya kalau orang yang talk-active cenderung lihat itu PUTIH-EMAS, sedangkan yang kalem lebih lihatnya BIRU-HITAM.

    • cK berkata:

      Kalau menurut ilmiah sih daya tangkap warna orang berbeda-beda tergantung cahaya yang diterima. Misalnya ada yang bilang biru muda, ada yang bilang ijo toska, ada yang bilang biru aja.

      Kemarin sempat ngotot-ngototan juga sama teman-teman yang semobil dan pendapat mereka berbeda semua.😆

  2. libertymeivert berkata:

    Hallo mbak, salam kenal. Mata dan otak saya belum bisa melihat kemungkinan sekecil apapun yang menegaskan itu biru dan hitam😦 saya lihatnya putih dan emas. Gimana caranya bisa jadi biru hitam ya ?

  3. niee berkata:

    Pertama kali lihatnya biru muda sama emas.. Tapi gambarnya bukan ini loh (gambar pertama) kalau gambar di postingan ini semuanya jelas biru hitam.. Gak tahu juga kalau orang yang melihat dari satu sumber tapi beda warna 😁

  4. Haya Aliya Zaki berkata:

    Aku lihat bolak-balik atas bawah kiri kanan: putih dan emas. Waktu suami aku lihat: dia langsung jawab biru dan hitam. Aku baca penjelasan pakar waktu itu, ini ada hubungannya dengan dominasi otak kiri dan otak kanan. Yang dominasi otak kiri akan melihatnya putih dan emas. Yang dominasi otak kanan melihatnya biru dan hitam.

  5. ummuumar18 berkata:

    Pas pertama lihat warnanya putih-gold. Pas tengok lagi, eh, berubah warnanya jadi biru-hitam! Padahal dari gambar yg sama dari akun yg sama, dilihat dari henpon yg sama. Hmm…

  6. warm berkata:

    Lha masih mau diperpanjang masalahnya ini. Lha saya jg ga butawarna, tp bbrp kali liat dari sudut manapun ya tetep aja putih emas toh hahaha

  7. khuzairi berkata:

    Kalo gua putihnya kayak kebiruan dikit dan sisiran lainnya gua yakin emas yang agak pudar. Tapi ketika gua slide ato geser gak sengaja jadi blue and black. kalo fokus jadi white and gold, kalo nggk jadi blue and black.

  8. ndop berkata:

    Kalau aku eyedropper pakai fotoshop sih, putih kebiru2an dan emas. ENtahlah aku gak ngerti kenapa kak chika dan lain lain bisa bilang hitam dan biru hahaa. ah biarlah ini menjadi misteri.

  9. mysearu berkata:

    Menurut lo brp banyak yg blue-black dan berapa banyak yang white-gold?
    Gue pilih yang lebih sedikit dipilih dah, biar ga menstrim :)))

  10. bayupraharaa berkata:

    Wah klo aku liat di hp emang warnanya white-gold tp pas diliat di laptop warnanya jadi black-blue bener sih kayanya emang gara2 kontras cahaya dalam gambar jadi beda

  11. azhim berkata:

    oke.. saya akui klo saya telat info mengenai ini..

    2 malam lalu aku sama adekku ngetawain abis2an sepupu yang bilang klo ini warnanya biru-hitam..
    hari ini temen satu kantor semuanya bilang klo ini biru-hitam, termasuk atasan juga, gantian aku yang diketawain..

    1. menurut saya jelas ini putih satin dengan renda emas yang terlhiat jelas detilnya.
    2. saya lihat dari media berbeda, handphone dan komputer, tetep hasilnya sama dan gak berubah..

    3. kenapa saya baru tau sekarang tentang ini ?????

    btw, nice case🙂

Tinggalkan Balasan

