Tips Jalan-jalan dan Dapat Hotel Murah

hotelSiapa yang suka jalan-jalan? Pastinya saat jalan-jalan pengennya menginap di hotel dong. Tapi gimana caranya untuk mendapatkan hotel murah?

Dua minggu yang lalu saya diundang untuk hadir ke acara launching website berbau travel, yaitu Travelio. Travelio ini merupakan website untuk memesan hotel dengan harga murah dan bisa nawar! Iya, nawar harga hotel. Jadi kayak pasar ya!😆

Sambil disajikan makanan dan snack enak yaitu berupa tiramisu dan red velvet yang terkenal enak milik Convivium, saya terhibur dengan presentasi yang diberikan oleh Kenny Santana, the man behind Twitter @kartupos. Kenny menerangkan hal-hal yang perlu diperhatikan apabila mau travelling alias jalan-jalan.

  1. Menabung. Sebelum memulai rencana jalan-jalan tentunya faktor terpenting adalah PUNYA DUIT. Kalau gak ada duit, bisa jalan-jalan itu cuma mimpi. Kecuali kalau menang kuis atau bisa jalan-jalan gratis karena ngeblog. *bhihik*
  2. Hindari destinasi yang sama. Gak bosen apa ke Singapore terus? Coba pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya supaya mendapatkan pacar pengalaman baru.
  3. Buy memories. Not things. Ini semacam peringatan buat yang doyan belanja. Daripada duit habis buat belanja, mending pergi ke tempat-tempat yang emang layak untuk dieksplor. Fokuslah pada travelling, jangan malah repot beli oleh-oleh untuk orang lain.😛
  4. Cari destinasi yang murah. Murah yang dimaksud di sini gak cuma murah di tiket, tapi juga akomodasi. Misalnya tiket ke Singapore cukup murah, tapi biaya hidup di sana cukup mahal. Beruntung kalau punya teman yang bisa ditumpangi sehingga bisa mengurangi biaya menginap. Biaya makan juga perlu diperhitungkan, misalnya makan kenyang di Korea bisa menghabiskan duit sekitar 100 ribu, sementara di Jogja kamu bisa kenyang dengan modal 25 ribu saja.
  5. Beli tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Tiket pesawat memang mahal, namun bisa diakali dengan membeli tiket dari jauh-jauh hari. Misalnya pengen melewatkan pergantian tahun di luar negeri, nah beli tiketnya dari awal-awal tahun. Ada juga yang namanya travel fair atau promo airlines yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan tiket murah. Harus jeli aja sih untuk hal-hal kayak gini. Bisa follow @kartupos untuk mengetahui info-info menarik soal travel dan tiket murah.
  6. Cari teman jalan alias travel mate. Travel sendirian lebih mahal lho, karena untuk biaya menginap gak bisa sharing, beli makanan juga gak bisa berbagi (apalagi kalau porsinya gede), kalau mau road trip juga mahal karena gak bisa sharing mobil. Kalau pun kamu berangkat sendirian, cobalah mencari teman baru, siapa tau cocok dan bisa patungan untuk ke tempat tujuan yang sama.
  7. Membayar semua biaya sebelum trip. Lunasi kartu kredit, lunasi pembayaran hotel, booking via online tempat-tempat yang ingin dikunjungi supaya memudahkan saat pergi. Gak mau kan ngantri beli tiket ke tempat yang ingin dikunjungi?😛
  8. Menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit diperbolehkan, asal segera dilunasi begitu tagihan datang. Jangan sampai hutang menumpuk dan tidak bisa dilunasi. Yang ada kamu gak bisa jalan-jalan lagi deh.
  9. Hemat tapi jangan pelit. Hahahaha, ini bener banget. Hemat boleh (misalnya memesan hostel yang murah atau membeli makanan pinggiran), tapi jangan lantas kamu malah susah tidur lantaran kamarnya tak nyaman atau jadi masuk angin karena salah makan. Jangan sampai kamu juga gak ke mana-mana karena gak mau keluar duit untuk mengunjungi tempat-tempat pariwisata keren tapi mahal. Misalnya kalau ke Jepang, kamu wajib nyobain tuh yang namanya kereta Shinkansen.
  10. Make money from traveling. Misalnya kamu bawa kain batik untuk dijual di negara yang kamu akan kunjungi, atau menawarkan diri untuk dititipi melalui bistip dan mendapatkan fee dari sana. Atau bisa juga buka lapak jual tumbler Starbucks oleh-oleh dari luar negeri saat pulang. Lumayan bisa ditabung untuk travelling berikutnya.

Memang tips dari Kenny sungguh luar biasa. Tampaknya memang harus dicoba ke depannya supaya bisa jalan-jalan enak kayak Kenny. Untuk menghemat traveling salah satunya dengan memilih tempat menginap yang ramah di kantong.

Pose di acara launching Travelio

Nah, supaya bisa mendapatkan hotel murah bisa dengan memesan hotel di Travelio.com. Di Travelio, saya bisa melakukan pemesanan hotel dengan harga yang saya inginkan. Harga yang ditawarkan Travelio sudah termasuk paket all in, jadi tidak ada lagi biaya lain, seperti biaya pajak hotel, service fee, ataupun biaya kartu kredit.

cara kerja

Beginilah cara untuk memesan hotel di Travelio.com.

halaman pemesanan

Halaman depan Travelio.com

Tentukan tempat yang akan kamu kunjungi atau lokasi tempat hotel kamu menginap. Saat mencoba memesan hotel di website Travelio, saya mencoba memilih hotel berlokasi di Jakarta karena saya cinta Jakarta!

milih area

Mari cari hotel murah di Jakarta!

Dari daftar hotel yang ada, muncul harga yang biasa diberikan di berbagai website pemesanan hotel maupun travel. Untuk menawar harga kamar, pilih TAWAR SEKARANG.

pilih hotel di travelio

Setelah itu tawar deh dari harga rata-rata hotel. Kalau menurut gambar di atas, harga hotel yang biasa ditawarkan adalah Rp 634.308. Tapi di Travelio bisa nawar sesuai harga yang kita pengen. Saya coba tawar Rp 550.000 ah, siapa tahu berhasil.😀

tawar hotel

Nawar segini ah…

Beberapa menit setelah submit harga, muncul pemberitahuan bahwa harga kamar yang ditawar disetujui. HOREEEEE! Akhirnya dapat hotel dengan harga murah di Jakarta!

disetujui

Awalnya saya sempat menawar kemurahan, terus gagal dan muncul gambar Lio yang sedang menangis. Aduh lucu banget! Oh iya, maskot Lio ini dibuat oleh Heimlo yang punya desain-desain keren! Pantes si Lio jadi lucu gini.😆

ditolak

Kalau harganya tidak disetujui, bisa mengubah penawaran dan menawar dengan harga yang lebih masuk akal. Setelah harga sudah disetujui, tinggal bayar deh. Pilih mau bayar pakai kartu kredit, transfer bank, atau yang lainnya.

compare

Dan ini perbandingan hotel yang sama dengan memesan di website lain. Lumayaaan, tetap lebih murah pesan di Travelio!😀

kenapa

Mengapa booking hotel dengan menggunakan Travelio? Berikut adalah jawaban dari saya.

  1. Biaya flexible karena bisa menawar harga kamar lebih murah dari biasanya. Tapi nawarnya jangan Afgan alias sadis, ntar gak disetujui, nangis…
  2. Mekanisme mudah. Nah yang ini saya udah nyobain sendiri, dan emang mudah sih. Gak lama udah langsung bayar terus dikirimin voucher untuk ditunjukkan ketika akan check-in. Mudah lah yau…
  3. Bebas biaya tambahan. Jadi apa yang kita bayar udah termasuk biaya pemesanan, pajak, service, dan biaya kartu kredit (kalau bayar pakai CC). Jadi buat yang pengen plus-plus, sorry sorry jek. Gak bisa.😆
  4. Pelayanan cepat dan tepat. Yang ini saya akui benar karena kemaren cepat dalam pemesanan dan gak ada masalah.

Dan inilah hotel yang saya pesan di Travelio. Check-in gak susah dan dapat kamar yang oke punya. Tolong abaikan @lisadepe yang menganggu pemandangan kamar.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Buat kamu yang pengen mencoba memesan hotel di Travelio, nih ada potongan harga Rp 100.000 bagi kamu yang memasukkan kata “chikastuff” pada kode kupon saat akan membayar. Lumayan kan, udah bisa nawar hotel, diskon pula Rp 100.000.

Voucher Code chikastuff

Tuh tuh potongan harga Rp 100.000! Dipakai ya!😀

Oh iya, potongan harga Rp 100.000 hanya berlaku pada pemesanan sampai tanggal 28 Februari 2015. Sedangkan periode menginapnya bisa sampai tanggal 31 Desember 2015. Buruan pesan hotel sekarang biar dapat diskon!

Jadi, udah ada rencana jalan-jalan ke mana? Pesan hotelnya di Travelio.com aja, Your Trip, Your Price. :3

lio
Travelio.com
Facebook | Twitter | Instagram

20 thoughts on “Tips Jalan-jalan dan Dapat Hotel Murah

  1. ndop berkata:

    Tipsnya keren! Aku pernah tuh pas di Semarang agak pelit gitu sama penginapan, eh pas ditawari nginep di kosan temen, aku iya iyain aja, ternyata aku menginap di kamar temennya! Bukan kamar temenku. Beuuuh merasa gak nyaman. Apalagi aku tidur sendiri di kamar orang asing. Hahahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s