Masak Rösti Ala Marche Bersama #ChefChika

rosti marchePada suatu hari yang mendung, saya lapar dan ingin sarapan. Namun apa daya saya sedang dilanda gak nafsu makan. Iseng buka-buka Instagram lalu menemukan akun @anakjajan yang sangat informatif soal makanan, saya iseng mendownload e-magz mereka.

Ternyata di e-magz tersebut ada resep membuat rösti. WAH SAYA SUKA BANGET RÖSTI! Apalagi yang dijual di Marché. Namun karena posisi sedang di rumah dan lagi kere maka saya memutuskan untuk memasak rösti sendiri. Yippiekayyey!

Bahannya gampang banget.

  • 1 buah kentang (kalau maruk boleh 2 buah kentang)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica merica
  • 1 sendok makan mentega (bisa disesuaikan dengan selera

Pertama, rebus atau kukus kentang sampai matang. Jangan sampai lembek ya. Durasi untuk merebus kira-kira 15-20 menit sedangkan mengkukus 10-15 menit. Setelah matang, kentang didinginkan dan setelah itu ditaruh di kulkas kira-kira 4 jam. Kalau saya sendiri didiamkan semalaman jadi paginya bisa langsung dimasak.

kentang

Parut kentang yang sudah didinginkan di kulkas. Taburi merica dan garam lalu diaduk pelan-pelan. Jangan sampai kentangnya hancur ya!

bahan

Kentang parut yang sudah ditaburi garam dan merica

Panaskan wajan dengan api kecil lalu masukkan mentega. Tuangkan kentang yang sudah diparut dan coba dibentuk bulat dan digepengin. Selama memasak, saya menuangkan mentega beberapa kali supaya cepat matang dan ternyata hasilnya malah bikin pinggiran jadi crunchy!

masak

Dibentuk jadi bulat gepeng

Untuk memasak rösti ini memang harus bersabar karena untuk memasak satu sisi sampai matang aja bisa sampai 10 menit (apalagi pakai api kecil), setelah dirasa bagian bawah sudah matang dan kuning kecoklatan, baru dibalik dan tunggu sampai sisi yang satu lagi berwarna sama.

mateng

Ini yang sudah kuning kecoklatan

Oh iya, hati-hati ketika membalikan rösti. Kalau di Marché, biasanya chef yang memasak memakai wajan lain untuk membalikan rösti jadi lebih rapi dan kentangnya gak rusak. Akan lebih baik kalau wajan untuk memasak sesuai dengan ukuran rösti yang diinginkan. Wajan di rumah saya kegedean euy. Tambahkan telur mata sapi untuk topping. Bisa juga ditambahkan keju, mayonnaise, saus barbeque, daging asap, atau apapun sesuai selera kamu.

rosti

Taraaaa, jadilah rösti ala #ChefChika! Rasanya pun gak kalah dengan rösti yang dijual di Marché!

Selamat mencoba! ^^

26 thoughts on “Masak Rösti Ala Marche Bersama #ChefChika

  1. mr jahe berkata:

    Bagian rebus dan kukus lumayan menghabiskan gas. Tumisnya juga lama. Hiks.

    Tapi kelihatannya enak. Layak dicoba. Kalau ke tempat saudara dipraktekin deh.😀

  2. Elia Bintang berkata:

    Kemampuan masak gue sebenernya nyaris gak ada, tapi gue lagi belajar dan kayaknya ini gak susah. Masalahnya, kalo dimasukin kulkas dan nunggu semaleman, besoknya gue udah gak mood lagi😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s