Ketika Putus Hubungan Dengan Internet

quote signalManusia pada umumnya berusaha memenuhi 3 kebutuhan primer dalam kehidupan, yaitu pandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal). Namun di era teknologi jaman sekarang yang semakin canggih, ada 1 kebutuhan lainnya yang menjadi penting dalam kehidupan, yaitu internet.

Sekarang internet menjadi bagian penting dalam hidup saya. Bangun tidur, ngecek akun social media dan email. Makan sambil ngecek internet. Mau tidur, juga gak lupa mengecek internet, bahkan sambil nongkrong di kamar mandi pun tak lepas dari internet.

Segitunya internet memiliki pengaruh besar dalam hidup saya. Walaupun saya (mengaku) bisa hidup tanpa internet, namun tak bisa dipungkiri kalau internet memiliki andil dalam kehidupan saya.

Pada suatu hari dalam kehidupan yang damai nan sejahtera, mendadak terusik dengan koneksi internet putus! Aaaaaakkkk, sakitnya tuh di sini di dalam hatiku ketika internet putus. Saya pun menelpon provider internet untuk melaporkan bahwa koneksi internet tidak dapat digunakan, namun yang saya dapatkan hanya minta maaf dan kesediaan untuk menunggu hingga jaringan sembuh. Padahal saat itu saya harus menyelesaikan report. Duh kalau bisa minta maaf buat apa ada polisi?

A Tse

Kamu mau diho-oh sama abang ini?

Sambil bersimbah air mata, mau gak mau saya meneruskan report tanpa internet. Lalu teringat saya masih menyimpan modem SpeedUp SU 8900U gratisan yang sering saya pakai! Oke, mari mencoba internetan dengan modem SpeedUp ini!*joged landak*

Kebetulan saya punya router baru yaitu D-Link Wireless N300 Multi-WAN tipe DWR-116 yang gak hanya bisa digunakan untuk kabel LAN, namun juga bisa digunakan untuk modem 3G. Jadi sekalian mau nyobain fungsinya sebagai router untuk modem.

D-Link DWR 116

D-Link DWR-116

Untuk setup modem 3G ke router cukup dengan menancapkan ke USB port yang terdapat di atas router, lalu sambungkan ke laptop. Bisa juga disambungkan dengan menggunakan wireless yang sudah dapat terdeteksi pada jaringan. Gak cuma untuk 3G aja, tapi bisa buat 4G juga, semua tergantung dari simcard modem yang digunakan.

router

Setelah buka browser, ketik http://192.168.0.1 kemudian masukan nama Admin dan mengosongkan kolom password. Setelah itu koneksi tersambung dan modem dapat digunakan sebagai hotspot. Jadi ketika koneksi LAN tidak bisa digunakan, internet dapat diakses dengan menggunakan modem. Hubungan saya dengan internet kembali tersambung. HORE!

Kalau modem saya bisa 4G, mungkin kecepatan internet yang saya dapat lebih oke lagi. Tampaknya setelah ini saya akan mencoba upgrade kecepatan internet menjadi LTE supaya koneksi makin wush wush!

Mau tahu produk-produk D-Link lainnya, cek Facebook D-Link Indonesia aja atau ke website D-Link.

multiwan router

Memang di jaman sekarang itu rasanya sulit hidup tanpa internet. Seperti halnya ketika melakukan #TorajaTrip, akses internet sangat terbatas dan mau gak mau saya pasrah ketika harus putus hubungan dengan internet.

Kalau kamu sendiri, berapa lama kamu pernah putus hubungan dengan internet? Lalu hal apa yang kamu lakukan saat tidak terkoneksi dengan internet? Share ceritamu dong.😀

9 thoughts on “Ketika Putus Hubungan Dengan Internet

Tinggalkan Balasan

