Halloween ala Chika

halloweenApa sih Halloween itu? Kalau menurut Wikipedia, Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat.

Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut adalah semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami (permen) atau kami jahili.”

Di Amerika sendiri, Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin, dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

Di Indonesia sendiri, Halloween dianggap tradisi orang barat, sama seperti Valentine. Namun meluasnya tradisi tersebut, maka diadaptasi menjadi perayaan musiman yang sebenarnya gak semua orang akan merayakannya.

Bagi anak-anak di Amerika, Halloween berarti kesempatan memakai kostum Halloween dan mendapatkan permen, namun untuk orang dewasa adalah kesempatan berpesta kostum. Nah, saya lebih suka menjadikan Halloween sebagai pesta kostum. Khan keren!

halloweeen

Jack O’Lantern

Saya sendiri pernah ikut Halloween party saat masa kuliah. Dandanan gak gitu niat yaitu dengan baju hitam, bedak pucat, dan lipstick merah. Ngakunya sih jadi vampire kece. Beres.

Setelah itu saya gak pernah merayakan maupun ikut-ikutan Halloween Party, sampai kemarin di kantor ada yang berinisiatif mengadakan Halloween costume. Tapi kostum yang dipakai juga bebas, asal bukan setan lokal (kuntilanak, pocong, genderuwo, suster ngesot dll).

Karena saya punya beberapa kostum, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi siswi SMP Jepang. Dengan sedikit make up dan aksesoris, jadilah saya seorang murid sekolah tingkat pertama di Jepang.

Halloooo, nama saya Chika!

Mirip gak? Banyak yang bilang malah saya mirip Sailor Moon. Padahal ini kan seragam sekolah di Jepang dan memang umum banget. Kalau jadi Sailor Moon mungkin saya pakai wig kuning dan cepol.

Lalu karena ada yang membawa wig, maka saya coba pakai dan entah kenapa katanya malah mirip Sailor Mercury.😆

Mirip sama Sailor Mercury ga?

Oh iya, ini video Halloween yang dirayakan di Jepang kemarin. Rame banget ya! Emang keren cara Jepang adaptasi budaya barat.

Jadi, pas Halloween kemarin ada yang dandan total ga?

13 thoughts on “Halloween ala Chika

Tinggalkan Balasan

