Ada Apa di Changi Airport?

ChangiMenurut artikel 10 best airport to spend a long layover, Changi Airport berada di urutan nomor satu sebagai bandara yang memiliki fasilitas lengkap dan menyenangkan untuk orang-orang yang menunggu di bandara dalam waktu yang panjang.

Terdiri dari 3 terminal, setiap terminal di Changi Airport memiliki keunggulan masing-masing. Kali ini saya ingin mengupas tuntas soal Changi Airport dan kenapa bandara ini menjadi bandara yang asyik untuk menghabiskan waktu.

changi1

Hall Changi Airport

Changi Airport melayani lebih dari 100 maskapai penerbangan. Dengan hall airport yang luas, bandara ini menjadi salah satu bandara teraktif di dunia. Apa aja sih fasilitas yang dimiliki Changi Airport?

Tempat Duduk yang Banyak!

Penumpang yang transit di Singapura jangan takut gak kebagian kursi karena di sini berlimpah ruah. Mulai dari yang cuma duduk biasa sampai yang selonjoran, sehingga kita pun dapat beristirahat hingga waktu penerbangan selanjutnya.

Changi3

Tempat Makan Bervariasi

Terdampar di Changi Airport beberapa jam? Jangan takut kelaparan karena aneka makanan ada di sini, mulai dari makanan cepat saji sampai pancake durian! Saya sendiri kadang bingung mau makan apa saking banyak pilihan. Huft.

makanan

Untuk pilihan tempat makan, bisa cek selengkapnya di sini.

Taman Tematik

Salah satu keunggulan Changi Airport adalah memiliki taman tematik yang tersebar di 3 terminal. Cactus Garden di Terminal 1; Enchanted Garden, Orchid Garden, Sunflower Garden di Terminal 2; dan Butterfly Garden di Terminal 3.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Senang rasanya banyak taman tematik ini. Sebagai pecinta bunga, saya suka sekali mengunjungi satu-satu terminal di Changi Airport demi melihat semua taman tematik yang ada. Oh iya, tahukah kamu di Butterfly Garden ini terdapat 1000 kupu-kupu? Padahal kalau dilihat-lihat tamannya gak gede-gede banget, tapi sungguh fungsional.😀

Kolam Renang

Kolam renang ini terletak dekat Transit Hotel di bagian Departure Transit Lounge East, lantai 3. Ketika suhu panas atau memang sakaw berenang, bisa nyemplung enak di sini. Tapi pakai baju renang ya, jangan telenji.:mrgreen:

pool

Memang Changi Airport ini lengkap banget yaaaaa~

Movie Theater

Buat yang waktu transitnya cukup panjang, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati film-film yang diputar di mini theatre Changi Airport. Bisa nonton gratis dan filmnya seru-seru!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Lumayan banget ini, kali-kali aja pas lagi nonton, eh yang duduk di sebelah adalah Zac Efron. *ngayal*

Pojok Hiburan

Bosan menunggu pesawat transit? Di sini tersedia XBoX Kinect Room, Playstation 3, hingga MTv booth buat bermain dan mendengarkan musik. Gak bakalan bosan deh kalau kamu sudah ke sini. Tempat ini terletak di Departure Transit Lounge Terminal 2 lantai 3 (sebelah Sunflower Garden).

entertainment

Tempat Bermain Anak-anak

Nah, untuk mahmud alias mamah muda pasti senang dengan fasilitas yang satu ini, yaitu tempat bermain anak-anak! Anak-anak khan cepat bosan tuh kalau disuruh nunggu, apalagi nunggu pesawat untuk transit.

playground

Biar gak bosan, ajak aja ke tempat bermain anak-anak yang terletak di:

  1. Terminal 1: Departure Transit Lounge West, lantai 3
  2. Terminal 2: Sebelah Family Zone di Departure Transit Lounge North, Level 2 (lagi ditutup sementara).
  3. Terminal 3: Sebelah SATS Special Service Lounge di Departure Transit Lounge Central lantai 2 dan di luar gate A16 – A20 di Departure Transit Lounge South, lantai 2.

Banyak alat-alat bermain anak-anak yang kadang bikin mupeng orang dewasa (saya aja jadi pengen ikutan main). Oh iya, ada perosotan panjang yang kayak di fX itu lho di Terminal 3. Mau yang merosotnya lama atau lebih cepat, ada 2 pilihan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tempat Olahraga

Bosan menunggu dan ingin badan lebih banyak bergerak? Selain shopping (ini termasuk olahraga, olahraga kantong…), ngegym bisa jadi pilihan di Changi Airport. Eits, di sini juga ada fasilitas fitness lho. Kece kan!?

Gym

Kinetic Rain

Saya merupakan salah satu saksi dipasangnya Kinetic Rain ini. Pas lagi dipasang (sekitar tahun 2012) kebetulan saya lagi nunggu dijemput di bandara. Selesai dipasang, orang-orang langsung mengerumuni dan merekam gerakan Kinetic Rain ini.

kinetic rain

Keren buat kontemplasi dan menghilangkan stress. Simple but powerful for some people, I guess.

Free Wi-Fi

Changi Airport punya free Wi-Fi sepanjang bandara, jadi gak ada deh yang namanya gak bisa internetan di sini. Dan yang penting adalah internet di sini GRATIS! Bergembiralah para fakir bandwidth!

free wifi

Untuk fakir listrik juga jangan khawatir, ada 856 stop kontak buat ngecharge gadget yang tersebar di tiga terminal dan GRATIS. Curiga ada yang sering ke sini cuma buat ngecharge gadget, hmmm…

colokan

Aneka Toko Ritel dan Duty Free

Merasa kelebihan duit? Saatnya berbelanja di Changi Airport karena di sini tersedia barang-barang duty free alias bebas pajak. Mulai dari tas branded, baju, sampai minuman beralkohol. Nyari coklat-coklat unik juga ada lho di sini.

duty free

Jadi kalau gak sempat beli oleh-oleh, bisa cari-cari di sini karena banyak pilihan. Mau beli oleh-oleh untuk kantor atau boneka untuk keponakan, bisa!

Transportasi antar terminal di Changi Airport juga sangat mudah, karena ada SkyTrain yang menghubungkan terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 Changi Airport. Gampang pokoknya!

skytrain

Oh iya, tempat sholat atau prayer room tersedia di tiap terminal ada lho. Terminal 1 ada di bawah Gate Holdroom C1 di Arrival Hall West. Terminal 2 ada di Departure Transit Lounge North lantai 2, dekat Gate E (di belakang Aldo). Sedangkan di Terminal 3, prayer room terletak di Departure Transit Lounge South lantai 2.

Untuk penumpang yang transit lebih dari 5 jam di Changi Airport bisa mendaftar untuk ikutan Free Singapore Tour. Tour ini berlangsung selama 2 jam di mana penumpang bisa menikmati icon-icon Singapore seperti Merlion, Marina Bay Waterfront Promenade, Chinatown, dan Little India.

Gimana? Gak bakal bosan kan kalau menunggu transit di Changi Airport. Sayangnya selama ini saya gak pernah transit dengan durasi yang panjang di sini. Semoga aja ke depannya bisa naik pesawat yang transit lama di sini.😛

Buat yang mau panduan Changi Airport bisa download langsung di bawah ini:

ENGLISH (LOW RES | HIGH RES)
INDONESIA (LOW RES| HIGH RES)

 

Changi  Airport
Singapore Changi Airport
PO Box 168
Singapore 918146
Tel: (65) 6595 6868
Twitter | Facebook | Instagram

20 thoughts on “Ada Apa di Changi Airport?

  1. ummuumar18 berkata:

    Yes, playground anak itu penting banget ada di bandara, terutama di ruang tunggu. Menunggu soetta & halim bikin beginian nih…

    Btw, ngitungin colokan stop kontaknya, mbak?

  2. ndop berkata:

    Sudah kayak wahana aja nih yaaaaa… Seandainya di terminal bis, angkot atau kereta api juga kayak begini, pastinya bakalan pada seneng naik kendaraan umum. Hihihih..

  3. Billy Koesoemadinata berkata:

    starbak di T3 yg di basement deket food mall, bagus deh. deket kolam air mancur gitu.

    jadi duduknya bisa ngadep ke sana, atau bisa ngadep ke meja buat main2 anak kecil.

    sayangnya, kemaren pas ke sana shopkeeper-nya rada tulalit. pesennya apaan, dikasihnya apaan. lama pula dibikininnya.

    • cK berkata:

      Kebanyakan taman ada di dalam area sesudah melewati imigrasi. Emang dikhususkan untuk yang nunggu jadwal terbang atau transit di Changi sih.😀

  4. Victor berkata:

    Mbak,kalo sebelum keluar imigrasi T1, kita langsung ke T2 dulu, utk ke taman yg ada di T2 ,gitu bisa tdk ya? Nanti langsung keluar imigrasi nya di T2, ato harus balik lagi keluar tetap lewat imigrasi T1. Kalo gitu bisa tdk ya,?
    Maaf mbak banyak nanya

    • cK berkata:

      Sepertinya bisa. Saya sendiri belum pernah nyoba sih. Kalau pengen jawaban pasti coba kamu tanya ke customer service Changi di websitenya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s