Kenapa Saya Suka Film Divergent?

divergentSaya suka film Harry Potter. Saya juga tergila-gila dengan film The Hunger Games. Dua film tersebut merupakan film yang diadaptasi dari novel.

Yang satu tentang sihir, yang satu tentang petualangan di dunia yang sungguh berbeda dengan realita. Keunikan inilah yang saya suka.

Kedua film ini saya tonton berkali-kali di bioskop. Namun untuk The Hunger Games, saya terobsesi menonton film ini berkali-kali justru di sekuelnya, The Hunger Games: Catching Fire.

Setelah film Harry Potter tamat, saya merasa seperti ada yang kosong. Untungnya ada film Hobbit dan The Hunger Games, jadi hasrat saya untuk menonton film berbau fantasi dan sci-fi terpenuhi.

Lalu tahun ini keluarlah Divergent, film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan Veronica Roth. Reviewnya simpang siur, ada yang bilang bagus, ada yang bilang jelek. Namun karena saya hobby nonton, maka saya mencoba menonton dan ternyata BAGUS!

Bercerita tentang kehidupan distopia di Chicago di masa depan. Penduduk di sini dibagi dalam 5 jenis faksi menurut kepribadian masing-masing. Faksi ini gunanya untuk menyeimbangkan dan menjaga perdamaian.

Lima faksi tersebut adalah

  1. Abnegation: orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa pamrih (selfless)
  2. Amity: orang-orang yang cinta perdamaian
  3. Candor: orang-orang jujur dan terus terang
  4. Dauntless: orang-orang pemberani
  5. Erudite: orang-orang cerdas.

Setiap tahun, semua penduduk yang menginjak usia enam belas tahun harus mengikuti tes bakat yang akan menentukan faksi mana yang paling cocok bagi mereka.

Setelah menerima hasil tes, mereka harus memutuskan apakah akan tetap tinggal bersama keluarga (dan mengikuti faksi asalnya) atau bergabung dengan faksi baru.

Adalah seorang gadis bernama Beatrice Prior (Shailene Woodley) yang berasal dari faksi Abnegation. Tahun ini ia dan kakaknya, Caleb Prior, harus mengikuti tes penentuan faksi.

Caleb dan Tris

Caleb dan Beatrice

Faksi Abnegation merupakan kumpulan orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri, karena itulah mereka dijadikan sebagai yang memerintah tempat ini. Abnegation dianggap sebagai public service karena kerap membantu orang lain tanpa mengharapkan apa-apa.

Faksi ini terbiasa hidup sederhana, selalu membantu orang lain, dan makan-makanan yang sama kayak orang diet. Kayaknya saya cocok masuk faksi ini deh. *eh*

Trailer Divergent. Maafkan gambarnya ya.😆

Ketika tes bakat, entah kenapa hasil tes menunjukkan Beatrice memiliki kepribadian yang unik di mana ia tidak hanya cocok masuk dalam 1 faksi, namun 3 faksi, yaitu Abnegation, Erudite, dan Dauntless. Kelainan tersebut dinamakan Divergent.

You’re different. You don’t fit into a category. They can’t control you. They call it Divergent. You can’t let them find out about you. — Tori

Konon orang-orang Divergent ini tidak boleh hidup karena mengancam sistem dan (katanya) dapat merusak perdamaian. Kaum Divergent ini biasanya diburu dan dibunuh. Serem ya.😐

Maka Beatrice harus menutupi fakta bahwa dirinya termasuk kalangan Divergent. Di sisi lain, ia harus memutuskan faksi mana yang cocok untuknya.

Beatrice akhirnya memilih untuk meninggalkan faksi keluarganya setelah melihat si kakak memilih Erudite. Dauntless menjadi faksi pilihan Beatrice.

Ternyata menjadi Dauntless tidak mudah. Walaupun sudah memilih Dauntless, bukan berarti mereka sudah memiliki faksi, karena ternyata ada peraturan baru yaitu apabila tidak lolos ujian yang diberikan maka siap-siap untuk tidak memiliki faksi.

Orang yang tidak memiliki faksi berarti tidak punya tempat tinggal. Di sini para homeless merupakan orang-orang yang terbuang dari faksinya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Beatrice pun berganti nama menjadi Tris setelah masuk Dauntless. Ia berusaha beradaptasi dengan kerasnya pelatihan di Dauntless. Di sana ia bertemu dengan teman-teman senasib (yang beda faksi tapi memutuskan pindah ke Dauntless) dan menjadi perhatian seorang senior, yaitu Four (Theo James).

Four inilah yang membuat saya menonton film Divergent berkali-kali. Gak ganteng-ganteng banget sih, tapi laki banget. *elap iler*

Bahkan saya sekarang suka googling foto-fotonya Theo James. Walau sulit membuatnya menjadi the next Robert Pattinson, tapi perannya sebagai Four sudah mengangkat namanya dan menjadikannya idola para wanita dan pria.

Kalau kata Depe, kemungkinan saya suka Theo James adalah karena dia sempat main jadi vampir di Underworld: Awakening. FYI aja, saya memang suka film-film yang berbau vampir.:mrgreen:

Ending filmnya kayak apa? Tonton sendiri aja! Tapi sekarang udah banyak turun di bioskop sih. Maklum, film ini dirilis pas akhir Maret.

Ada tes lucu-lucuan nih di BuzzFeed. Menurut hasil tes, saya cocoknya masuk Amity.

Amity

Gak mau nilai diri sendiri sih, tapi dari hasil ngobrol ke beberapa teman katanya saya ini memang cinta damai dan cenderung menghindari masalah (yang sebenarnya gak bagus juga sih). Yayaya, saya ini memang lebih senang dengan kedamaian dan world peace. *pose ala Miss World* 

Sedangkan dari hasil tes di website resminya, saya cocok di Abnegation dan Amity. Tuh kan, gak jauh-jauh. Ketemunya Amity lagi. Kayaknya saya memang cinta damai dan pengen hidup tenang, makanya cocok di Amity.😆

divergent test

Agak mirip sama hasil tesnya Tris

 

Kalau kamu, cocoknya di faksi apa?😀

.

Semua gambar semena-mena diambil dari IMDB.

35 thoughts on “Kenapa Saya Suka Film Divergent?

  1. warm berkata:

    dan hasil tes buzzfeed masuk factionless:mrgreen:
    yg web resminya katanya : YOUR CHOICES DEMONSTRATE THE VIRTUES OF MORE THAN ONE FACTION,
    SCORING HIGHEST IN AMITY AND CANDOR TRAITS😀

  2. niee berkata:

    Aaahhh semenjak melahirkan gak update tentang film.. Tapi ini bgs bgt pasti.. Aku juga suka fantasi scifi Giitu juga soalnya

  3. Tian Zega berkata:

    aku juga demen sama Harry Potter dan Hunger Games, kok sama ya Chik? OOT. Jadi penasaran buat nonton Divergent, dan ternyata aku Divergent juga, dominan di Candor dan Dauntless🙂

  4. Mila Junianti berkata:

    selera film kita sama😀 , Gue suka film film yg lo sebutin,favorit dah, kecuali yg lo blg film vampir, hihi😀. The mortal insrument juga keren tu, the maze runner juga fav gue..:D

    btw, gue dapat Dauntless❤😀

  5. Slazzo berkata:

    Wow candor and dauntless
    Sudah coba dua kali yang website pertama candor dan yang resmi dapat candor and dauntless 💁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s