Mengunjungi Tempat Pembuatan Wine di Reims

di ReimsSaat ke Eropa, saya mengunjungi beberapa negara dalam 2 minggu. Mulai dari Belanda, Jerman, Luxembourg, kemudian Perancis. Salah satunya adalah ke Reims.

Ketika melihat itinerary bertuliskan Reims, saya hanya bisa bertanya-tanya, di manakah Reims itu?

Sebelum menuju Reims, saya mampir ke pom bensin yang tampaknya khusus untuk tempat pemberhentian sesaat. Namun menu makanan yang dijual di sini persis seperti cafe-cafe mahal di Jakarta. Bedanya di sini lebih variatif dan terlihat enak!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selesai ngopi-ngopi di pom bensin, habis itu langsung berangkat ke Reims. Ternyata Reims adalah sebuah kota di Perancis. Setelah mampir ke Luxembourg, rombongan akan dibawa menuju Paris. Namun sebelum ke Paris, saya dan rombongan melewati Reims untuk makan siang.

Di sini banyak cafe-cafe lucu dan bangunan-bangunan yang keren. Bahkan ada pub Sherlock di sini! Luar biasa.😆

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah perut kenyang, rombongan dibawa untuk mengunjungi tempat pembuatan anggur (champagne) di Mumm. Saya kurang tahu berapa biaya tour ke tempat ini, yang pasti dari sini saya jadi lumayan tahu bagaimana proses pembuatan hingga penyimpanan anggur.

Berhubung sekarang saya sudah lupa prosesnya lalu merasa sungguh tak berguna menulis postingan ini, tapi yang pasti gudang penyimpanan anggur-nya terletak jauuuuuh di bawah tanah. Untuk menuju gudang penyimpanan anggur, pengunjung harus melalui tangga yang ada. Dan suhu di bawah lumayan dingin. Bawa jaket ya kalau ke sini…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Suasana di bawah pabrik ini agak suram. Anggur yang sudah jadi (wine) ditaruh di bawah tanah dengan suhu tertentu. Semua diletakkan dengan rapi. Di sini ada juga wine yang telah disimpan bertahun-tahun dan pastinya memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Di tempat penyimpanan anggur ini juga ada cerita menarik. Karena terletak jauh di bawah tanah, tempat ini ada “penunggunya.”

Para pekerja di sini juga gak mau malam-malam bekerja di sini. Pada jam 7, ruang penyimpanan anggur pastinya sudah sepi. Selain itu di sini juga tidak boleh berisik karena takut mempengaruhi penyimpanan anggur dan tentunya “penunggu” di sana bisa marah kalau berisik🙄.

Lalu tempat penyimpanan anggur khusus penyimpanan (bukan yang dilewati turis) ini kalau gak salah panjangnya sekitar 2 km. Bahkan tempat penyimpanan ini juga ada yang terletak di bawah istana di Rheims. Luar biasa ya luasnya. Sayangnya gak boleh masuk dan cuma boleh motret dari luarnya saja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Yang pasti kalau terkunci di sini pada hari Jumat malam, ya wassalam. Pintu gudang ini hanya akan dibuka lagi pada hari Senin.

Selesai tour, para peserta diberi kesempatan untuk mencicipi wine. Saya lupa ini yang tahun berapa. Dengan ijin dari Mama saya, maka saya mencoba wine yang rasanya… asam.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saya bukan konsumen wine dan dari dulu kurang suka wine karena katanya haram asam. Saya lebih suka milkshake vanilla. Namun karena yang menyajikan lumayan kece, jadi saya tahan-tahan deh asamnya pas minum.

Begitu pun yang jualan, mukanya mirip Bradley Cooper ya Allah! Terima kasih atas pencerahan mata di siang hari ini. Pengen mencoba membeli wine di sini, TAPI KOK MAHAL-MAHAL YA! Rata-rata harganya sekitar 500ribu. Lalu kata teman saya itu termasuk murah. Haduh, tahu gitu saya beli banyak terus dijualin di sini.😆 #Padang

Reims

Mirip Bradley Cooper ga?

Yang pasti saya sudah sempat membeli wine buat oleh-oleh di pom bensin dengan harga €7 saja. Murah ya!:mrgreen:

Gak berasa tour selesai. Saya pulang dengan tangan kosong karena gak belanja wine. Ya gapapa sih, hemat. Lagian saya juga gak minum wine. Mubazir.

Inilah foto-foto yang saya ambil selama mampir di Reims. Bagi saya, bangunan-bangunan di Reims ini keren-keren. Kayaknya bangunan di Eropa gak ada yang gak keren deh.🙄

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jadi sekarang tahu dong ada kota di Perancis yang namanya Reims. Gimana, tertarik untuk mampir ke sini?😛

24 thoughts on “Mengunjungi Tempat Pembuatan Wine di Reims

  1. ndop berkata:

    Kerasa banget angkernya ya. Di situu.. yg di kepsyen “salah satu alatnya”, aku bisa merasakan ada “sesuatu” di situ..

    – menjelma menjadi ndop Panca –

  2. ivanprakasa berkata:

    Wua… mau ke Reims juga… karna di Perancis… soalnya aku pengin bgt ke Perancis terutama Paris… xD *komennya apa bet…
    Anyway dalam tanah ruangnya luas ya… kayaknya seru kalo main pertak umpet… xD

Tinggalkan Balasan

