Ada Apa di Luxembourg?

LuxembourgSewaktu ke Eropa, saya bersama rombongan menyempatkan diri melewati Luxembourg sebelum menuju Paris. Senang rasanya bisa menclok-menclok negara Eropa walaupun cuma sebentar.

Kadang merasa Eropa ini enak banget ya, dalam satu benua banyak negara-negara keren. Luxembourg merupakan salah satu negara terkecil di Eropa yang terletak di antara Jerman, Prancis, dan Belgia.

Kalau kata sang tour guide, Luxembourg ini termasuk negara kaya di Eropa. Walaupun kecil, namun pendapatan orang-orang di sini tinggi, memiliki perekonomian yang stabil dan tingkat pengangguran yang rendah.

Jadi jangan heran kalau banyak tante-tante yang membawa anjing sambil menenteng Prada, LV, Longchamps, dll. Membawa anjing juga bisa dibilang sebagai status sosial kayaknya. Soalnya saya lihat yang bawa anjing-anjing ini justru para pemiliknya yang tampil gaya dan memakai aksesoris mahal.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Di sini juga ada H&M yang harganya masih termasuk ramah di kantong. Selain itu toko-toko mahal yang ada di Indonesia juga banyak di sini.

Harga barang-barang maupun makanan di sini lumayan mahal. Mungkin karena negara ini memiliki pendapatan perkapita tertinggi, jadi kalau pun harga di sini mahal, gak mempengaruhi isi dompet mereka. Bahagia ya jadi warga Luxembourg.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Prancis, saya dan rombongan menginap di Hotel Melia Luxembourg. Hotel dengan arsitektur modern ternyata di bagian belakangnya ada taman yang berhamparan domba. Tak jauh dari sana juga ada sekumpulan orang-orang gipsy yang mendirikan tenda di sana.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saya sendiri diberitahu untuk tidak mendekati mereka, jadi saya hanya bisa memandang dari kejauhan. Suhu di sini dingin banget. Bahkan kalau ngomong sampai berasap. Saya suka pemandangan di pagi hari yang penuh dengan kabut.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Yang pasti pada hari Minggu, negara ini sepiiiii karena toko-toko pada tutup. Apalagi waktu pagi hari. Waktu saya berangkat hari Minggu pagi untuk menuju ke Paris, ya ampun ini kota sepiiii banget, kayak kota mati.

Kalau di Jakarta, minggu pagi pasti sudah ramai dengan orang berlari-lari di sepanjang jalan. Di sini, bahkan pejalan kaki saja tak terlihat!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kayak kota zombie…

Sayangnya saya di sini gak sampai 24 jam dan tidak sempat berkeliling. Pasti menyenangkan kalau bisa berkeliling Luxembourg yang memiliki bangunan-bangunan indah dan tata ruang kota yang menyenangkan.

25 thoughts on “Ada Apa di Luxembourg?

  1. Swastika Nohara berkata:

    Dalam salah satu backpacking trip melintas Eropa dulu, aku sempat berencana menginap semalam di Luxembourg. Keluar stasiun masih tengah hari, keliling kota, lalu memutuskan negara ini nggak menarik untuk diinapi. Akhirnya beli tiket kereta sore itu juga, lanjut ke Perancis. Hahahaha…

  2. ndop berkata:

    Masih sulit dipercaya kalu ngelihat slaid show paling akhir. Mereka pada ke mana ya? Jangan jangan khusus hari minggu mereka berubah bentuk menjadi…. Domba?????????

    *petir menyambar*

  3. chemistryofray berkata:

    Ini yang unik dari Eropa. Udah hampir 2 bulan stay di sini, setiap menclok ke negara lain pada hari Minggu agak sedikit kesel karena toko – toko tutup. Mereka buka misalnya di Antwerp, tapi Minggu pertama di awal bulan. Pffft.. Tapi kalo di Belanda masih banyak buka tapipipi.. biasalah cuma sampe jam 17 atau 18, jam tutup mereka larut jam 21 tapi Kamis.
    Nah Luxemburg ini penasaran banget, kok kayaknya kecil – kecil cabe rawit ya. Sayang ya dirimu ngga ada waktu buat explore. Dari sini aku jadi belajar juga kayaknya enak inap di sini ambil di Jumat dan Sabtu buat explore instead of Minggu yang pasti useless karena pada tutup🙂

    • cK berkata:

      Iyaaaa, Eropa memang unik. Mungkin karena mereka punya ketentuan yang berbeda mengenai jam kerja. Di sana orang-orang lebih besar kesempatannya untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s