Kode Buat yang Bau

bauPernah gak kamu punya teman yang bau badan atau bau mulut, tapi bingung bagaimana untuk menyampaikan ke yang bersangkutan? Saya sering!

Kadang untuk menyampaikan dengan jujur itu tidak enak, alhasil kita membiarkan teman kita dengan keadaan tersebut tanpa memberi tahu. Padahal akan lebih baik kalau disampaikan jadi bisa segera diatasi masalah tersebut.

Bagaimana cara menyampaikan namun tidak menyinggung perasaan orang itu?

Dengan kode.

Saya membuat kode ini dengan beberapa teman dekat. Kalau saya mengalami bau badan, bau mulut, atau bau rambut (eh ada kan bau rambut? Kalo gak keramas seminggu?), maka saya meminta teman saya untuk menyampaikannya dengan cara yang lebih asyik.

Misalnya jika mengalami bau badan, maka pertanyaan atau pernyataan yang disampaikan adalah, “Pakai parfum gih”, “Eh tadi lupa pakai deodorant ya?” atau, “Udah mandi belom?”

Dari kode tersebut menandakan bahwa bau badan sudah tak sedap. Hal ini kadang jauh lebih baik ketimbang bilang langsung, “eh kamu bau ketek deh.”

Hayo, berapa orang yang kira-kira akan tersinggung kalau diberi komentar seperti itu?

basket

“Cuy, ganti baju gih!” (Gambar diambil dari sini)

Sedangkan untuk bau mulut, beberapa kalimat yang enak menyampaikannya adalah seperti ini: “Coba gosok gigi deh” atau “Kayaknya sebaiknya kamu makan permen.”

Kalimat-kalimat tersebut jauh lebih ampuh tanpa menyinggung perasaan seseorang. Jangan sampai kayak teman saya, ketika diputusin pacarnya, dia mencoba nanya alasannya. Lalu pacarnya menjawab, “Habis kamu selalu ngatain aku bau, harusnya ngomonginnya baik-baik.”

Padahal teman saya berusaha berkata jujur sih, mungkin cara penyampaiannya kurang baik. Yah, alasan putusnya bukan karena itu juga sih, mungkin si mantan hanya mencari-cari alasan saja.

Terkadang bau tak sedap tidak dapat dihindari, apalagi kalau habis mengkonsumsi makanan tertentu. Katakanlah habis makan telur, biasanya dapat memicu bau ketek. Habis makan duren, siap-siap bau mulut kamu diprotes orang sekitar.

Atau kamu adalah perokok berat? Well, nafas perokok bisa sangat bau lho. Saya pernah bersebelahan dengan teman yang perokok berat saat nonton di bioskop, jalan terbaik adalah memberikan permen mint atau tutup hidung jika tidak ingin menyinggung mereka.

Bagaimana, mau mencoba kode-kode ini? Atau sudah ada kode lain untuk menyampaikannya?😀

.

Gambar di atas diambil dari sini.

18 thoughts on “Kode Buat yang Bau

  1. lazione budy berkata:

    haha.., betul betul.
    saya sih tergantung lawan bicara. kalau teman akrab kayak barusan ya saya tembak langsung. lu bajunya bau banget sih, keringat.
    kalau lawannya lebih terhormat bisa jadi tutup mulut dan hidung.😀

  2. Goiq berkata:

    kalo temenku kalo ada yang bau mulut atau bau ketek langsung kipas-kipas heboh didepan orangnya sambil bilang gerah yaah.. padahal di ruang ber AC. hahahahaa

  3. ummu umar berkata:

    Kalo buat supir taxi yg bau gimana, mbak? Kan gak lucu kalo kita terjebak dalam penjara bau sepanjang perjalanan…
    Lain kali posting “Kode Buat yg Merokok” juga ya, mbak. Kan sering tuh pada ngerokok gak tau tempat, dan gak tau malu… *ups*

    • cK berkata:

      Kalau itu biasanya aku tutup hidung atau semprot parfum sih. :rollL

      Kalau kode buat yang merokok kayaknya susah ya. Paling harus batuk-batuk.😛

  4. devieriana berkata:

    Di ruangan aku ada kok yang bau badannya sudah bukan lagi jadi masalah dia doang, tapi udah jadi masalah satu biro😆
    Udah diomongin mulai alus sampai frontal tetep aja nggak ada perubahan. Dari cara/gaya hidupnya dia juga kayanya ‘salah’. Makan sembarangan, minum kopi melulu, ngerokok udah kaya kereta api, jarang pakai deodorant, entah mandi/enggak (katanya sih mandi), dll.

    Akhirnya kami pun pasrah…😐 *semprotin desinfektan seruangan*

  5. ndop berkata:

    Tetangga saya Kak Chik. Bauuuu… Udah badannya segedhe gaban (keknya dia 110 kilo lebih deh), komplit dah tuh bau bisa menyebar leluasa setiap dia bergerak.

    Dan selama ini diriku diam saja. Hahaha..

    Oke deh, saatnya ngasih kode ke dia deh. Atau dengan pura-pura pamer parfum kali ya.. Trus disemprotin ke badan dia dengan “paksa” hahaha…

    • cK berkata:

      Mungkin bisa dengan cara ini:

      “Nyium bau gak enak ga?” (sambil coba-coba ngendus sekitar)

      Terus pas mendekat…

      “Ya ampun, kamu abis makan kambing ya? Baunya pindah ke kamu!”

      (abis itu lari sekencang mungkin)

  6. Urip Kalteng berkata:

    Kalau tutup hidung berharap teman yg mau itu ngerasa yah? Kalau ndak ngerasa coba saja belikan parfum terus suruh dia coba, kalau dia cocok kasihkan, kalau ndak belikan yg lain yang dia suka😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s