Kebiasaan Belanja Online

online shoppingJumat kemarin saya ngobrol-ngobrol dengan orang dari e-commerce. Teringat 2 tahun yang lalu saya sempat berkecimpung di e-commerce yang kurang lebih membuat saya jadi tahu seluk-beluk dunia belanja online.

Kalau ditanya situs belanja online mana yang paling sering saya tengok dan melakukan transaksi, beberapa di antaranya adalah UP milik Diana Rikasari, Cotton Ink, Groupon dan Living Social. Sedangkan untuk situs luar negeri yang pernah saya coba untuk berbelanja antara lain iTunes store, Gmarket, Luxola, dan Etsy.

Sisanya saya berbelanja online melalui Facebook, Twitter, atau Kaskus yang transaksinya dilakukan melalui SMS, DM, atau email.

Membahas soal belanja online ini, biasanya barang yang paling sering saya beli adalah SEPATU. Mungkin karena ukuran sepatu cukup jelas. Saya jarang kecewa kalau beli sepatu secara online.

Selain sepatu, barang-barang lain yang dibelanjakan biasanya barang-barang yang kebetulan didiskon. Memang situs belanja online itu racun! Apalagi bakal ada Online Revolution yang katanya ngasih diskon sampai 80%

Pembayaran yang dilakukan untuk berbelanja online ini biasanya saya menggunakan kartu kredit, transfer ATM, KlikBCA atau COD. Berhubung saya punya token bank, saya lebih memilih membayar menggunakan transfer ATM atau KlikBCA. Kalau COD berarti saya harus ke ATM dulu untuk mengambil duit.😛

Namun ternyata beberapa orang memilih pembayaran menggunakan COD (cash on delivery) yaitu pembayaran langsung di tempat ketika barang diantarkan. Tipe pembayaran di tempat dirasa lebih aman dan lebih puas, ketika barang sudah di tangan baru deh bayar. Sistem pembayaran ini berguna untuk menghindari kekecewaan pembeli, apalagi yang abis bayar terus ternyata barang gak dikirim-kirim.

Kalau barangnya sudah datang dan ternyata gak suka barangnya? Bisa aja gak jadi beli terus barang dikembalikan. Enak bener ya hahahahaha…😆

Sejauh ini situs belanja online yang memiliki layanan pembayaran COD yang saya tahu adalah Bhinneka dan Lazada. Keduanya merupakan situs belanja online dengan konsep B2C (Business to Consumer) yang berarti barang-barangnya yang dijual berasal dari pemasok gede atau brand besar.

Sedangkan situs belanja C2C (Consumer to Consumer) jarang banget yang COD, karena biasanya rekening bersama supaya transaksi penjualan lebih aman. Kayaknya masih dikit situs belanja C2C yang bisa COD.

Yang saya tahu sih Lamido.co.id. Lamido Indonesia ini masih satu grup sama Lazada dan Lamido memiliki keunggulan di sistem pembayaran yang cukup lengkap. Tapi Lamido ini sepertinya ingin menonjolkan sistem pembayaran COD deh karena katanya opsi COD ini bisa jadi penentu di pasar.

C2C sendiri merupakan model penjualan dari konsumen ke konsumen. Biasanya C2C ini merangkul para UKM. Saya pun bisa berjualan di situs model C2C ini. *berpikir menjual sepatu-sepatu yang tidak terpakai lagi*

Di Indonesia sendiri belanja online sudah semakin diminati karena variasi barang yang semakin beragam, harga yang cukup menyenangkan, hemat waktu, dan metode pembayaran semakin dipermudah.

Kalau kalian belanja online, lebih suka dengan metode pembayaran seperti apa? Kartu kredit, transfer ATM, pembayaran elektronik (KlikBCA dll), atau COD? Dan kenapa memilih metode pembayaran tersebut?😀

.

Gambar diambil dari sini.

16 thoughts on “Kebiasaan Belanja Online

  1. chemud berkata:

    Kalo COD biasanya beli barang dihital gitu dari kaskus, buat liat barangnya mulus atau engga, sisanya ya transfer. Dan semenjak ada zalora itu daku pun jadi sering menghabiskan pengeluaran di sanah (pengeluaran kredit limit cc nyokap tepatnya) hahaha..

  2. ndop berkata:

    klikbca kak. Soalnya hampir seratus persen toko online punya rekening BCA huwhehehee…

    Iya bener banget, Buang duit lebih gampang kalau belanja online soalnya kalau barang yg kita mau ada, ya nggak tunggu lama langsung beli.

Tinggalkan Balasan

