Jiplak Menjiplak Lagu di Kalangan Internasional

KPKalau kemarin-kemarin saya membicarakan Antik yang lagunya mirip banget sama Jonas Brothers, nah sekarang hal tersebut juga terjadi di kancah musik internasional lho! *cieee bahasanyaaaa*

Penjiplakan lagu menjadi hal yang biasa. Ada yang ngejiplak tok, ada yang terinpirasi, ada juga yang mau beli lagunya tapi karena gak boleh, terus dijiplak aja gitu.🙄

Para pelakunya juga bisa dari kalangan siapa saja. Artis nasional, artis kurang terkenal, sampai artis internasional.

Betul, artis internasional juga sering kok. Salah satu yang sedang ramai adalah lagu terbaru Katy Perry berjudul “Roar” yang terinspirasi dari lagu milik Sara Bareilles yang berjudul “Brave.”

Ini video versi liriknya sih, tapi lucu. Jadi saya taruh yang ini aja.😛

Lalu coba dengarkan lagu Sara Bareilles di sini.

Menurut saya cara memainkan pianonya mirip sih, walaupun liriknya beda total. Tapi karena Katy Perry sendiri mengakui kalau dia ngefans dengan Sara Bareilles sehingga lagu tersebut memberikan inspirasi padanya, si Sara juga kalem aja.

Malah menurut saya orang jadi tahu lagu Sara Bareilles karena lagunya ditiru oleh Katy Perry. Blessing in disguise?🙄

Gak cuma Katy Perry, Bruno Mars juga tersandung masalah jiplak lagu. Lagu “Treasure” yang banyak digemari orang ternyata niru-niru lagu kepunyaan Breakbot.

Coba dengarkan lagu Breakbot berjudul “Baby I’m Yours” ini:

Dan bandingkan dengan lagu Bruno Mars yang berjudul “Treasure.”

Jiplak-jiplakan gak cuma di Indonesia aja kok. Di luar negeri juga banyak, bahkan sampai artis internasional.

Ini hanya sebagian kecil saja dari penjiplakan yang ada. Masih banyak yang lain dan yang tidak terekspose karena hal ini sudah dianggap biasa (?).

Kalau kalian, lebih suka yang versi siapa? Katy Perry atau Sara Bareilles? Breakbot atau Bruno Mars?

.

Gambar Katy Perry diambil dari sini.

13 thoughts on “Jiplak Menjiplak Lagu di Kalangan Internasional

  1. lindaleenk berkata:

    Aku juga lebih suka yg versi Katy Perry..
    sebenernya jangan sampai merugikan orang lain aja sih..
    kalau malah bikin video yang dijiplak ikut terkenal kan bagus:/
    *ya ga sih? *sotoy

  2. ndop berkata:

    Di yutub sekarang juga ketat tentang hak cipta, aku khan sering ngecover lagu, eh diblock loh sama yutub, mungkin aku nyanyinya gak pakek impruvisasi. Nadanya aku buat sama persis sama penyanyi aslinya haha. Padahal suaraku ancur haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s