Pengalaman Menonton di Studio 4DX

4dxBioskop di Indonesia baru-baru ini diramaikan oleh Studio 4DX, studio yang memutar film dengan format 4D.

Kalau film 3D kita harus pakai kacamata dan gambarnya seakan keluar dari kayar, sedangkan 4D ini lebih seru. Kita bisa merasakan seakan-akan berada dalam film.

Guncangan, angin, semprotan air hingga aroma bisa dirasakan di film 4D. Sebelumnya saya pernah menonton film Shrek 4D di Universal Studio Singapore. Seru dan menyegarkan (karena disemprot air).

Sedangkan waktu di Hong Kong Disneyland ada pertunjukan Mickey Mouse 4D juga (tapi kursinya gak getar-getar). Di Mickey Mouse 4D ada adegan Donald menabrak lemon dan mendadak ruangan bau lemon. Seru!

Teknologi 4D ini (disebut 4DX, 4D eXperience) dibuat di Korea Selatan pada tahun 2011 dan terus berkembang. Teknologi 4DX meluas hingga 16 negara termasuk Korea Selatan, China, Mexico, Thailand, Brazil, Israel, Russia, Peru, Hungaria, Jepang, Polandia, Czech, Bulgaria, Taiwan, Colombia, Chili dan terakhir Indonesia.

Tak lama lagi teknologi ini juga bakal hadir di Inggris dan Amerika. BOK, KITA KEREN BANGET LHO NGEDAHULUIN AMRIK DAN INGGRIS!!

bioskop 4dx

Suasana di dalam studio 4DX

Nah, teknologi 4DX ini akhirnya ada di Indonesia, tepatnya di Blitzmegaplex Grand Indonesia Studio 5. Film pertama yang diputar di studio 4DX ini adalah Percy Jackson: Sea of Monster.

Sepanjang film saya terhibur dengan guncangan-guncangan kursi selama menonton (gak sampe bikin eneg kok), tiupan-tiupan angin, hingga semprotan air (penasaran ini airnya pakai apa ya?).

Berikut saya kutip peraturan menonton di studio 4DX dari sini, hal-hal yang tidak diperkenankan nonton di Studio 4DX adalah:

  1. Anak dibawah usia 4 tahun ( anak dalam batas usia 4–7 tahun harus ditemani oleh orang dewasa)
  2. Anak dengan tinggi badan di bawah 100 cm
  3. Wanita hamil
  4. Manula dan penonton dengan kebutuhan khusus yang membutuhkan bantuan special.
  5. Penonton yang menderita sakit serius (contoh : sakit jantung, patah tulang, sakit pinggang, ketakutan yang berlebihan, dan lain lain).
  6. Penonton yang memiliki berat badan lebih dari 120 kg.
  7. Makanan dan minuman panas serta ice cream tidak diperkenankan di bawa ke dalam auditorium 4DX.

Beberapa tips yang dapat membuat pengalaman menonton film 4DX lebih menyenangkan :

  1. Disarankan untuk ke toilet sebelum film dimulai
  2. Pegang baik-baik barang bawaan anda karena pergerakan kursi dapat membuatnya jatuh
  3. Gunakan pakaian yang nyaman dan siap siap untuk menjadi sedikit basah karena percikan air akan membuat suasana menjadi lebih seru !

Sementara itu tips nonton dari saya adalah:

  1. Bawa jaket. Anginnya bakal dingin booook. Bawa selimut juga boleh.
  2. Bawa tisu atau syal untuk ngelap muka yang kecipratan air. Numpang ngelap orang di sebelah juga gapapa (tapi habis itu hati-hati ditabok).
  3. Nontonnya mingkem, jangan mangap. Kita gak tahu kapan ada adegan yang ada air-airnya. Males juga kan nelen air yang disemprot dari kursi.
  4. Tas ditaruh di bawah aja. Gak usah takut hilang. Kalau ada yang mau ngambil, sepak!
  5. Gak usah makan pas nonton. Kursinya bukan bahan kulit. Sayang kalau ketumpahan makanan/minuman.
  6. Jangan nonton sambil pangku-pangkuan. Beresiko jatuh dari kursi. Gak mau kan? Lagian situ mau nonton apa making out? Mending nonton di Velvet Class aja sekalian.
  7. Mandi dulu sebelum nonton. Jangan bikin penonton sebelah gak konsen nonton karena bau kamu gak sedap.

Pas nonton film Percy Jackson ini saya kira ada adegan yang ngasih bau-bauan. Sekilas saya mencium bau apek kaos kaki (yang saya kira adalah bagian dari efek 4DX). Pas nanya ke Depe, katanya dia gak nyium bau itu pas nonton. Asem!

Harga tiket studio 4DX ini untuk film format 2D Senin-Kamis Rp 125ribu sedangkan Jumat-Minggu (dan hari libur) Rp 140ribu. Kalau untuk format 3D Senin-Kamis Rp 130ribu sedangkan Jumat-Minggu (dan hari libur) Rp 150ribu.

Kira-kira film apa yang kamu tunggu-tunggu dalam format 4DX? The Hobbit: The Desolation of Smaug? Cloudy with a Chance of Meatballs 2? Atau 50 Shades of Grey?🙄

45 thoughts on “Pengalaman Menonton di Studio 4DX

  1. -=«GoenRock®»=- berkata:

    Yang menurutku berasa pas dengan adegan di film:
    1. Efek asap. Walau cuma keluar dari depan layar, yang duduk agak belakang mungkin kurang berasa.
    2. Efek kilatan cahaya.
    3. Goncangan-goncangannya.
    4. Efek hembusan angin. Saat ada sesuatu yang keluar dengan cepat dari belakang di film, ada efek tiupan angin dari belakang penonton juga. Itu keren.
    5. Efek cipratan air.

    Yang masih berasa belum pas atau agak mengganggu kenikmatan menonton:
    1. Efek getarannya kurang sync euy, suka keduluan. Misalnya pas monster jalan, getarannya suka ngeduluin langkah kaki & sound FX-nya.
    2. Nggak keluar hawa hangat pas ada efek ledakan di film (yakali).
    3. Yang duduk di pinggir, siap-siap agak terganggu suara kipas yang lumayan kenceng saat efek hembusan angin.

    *masih urut-urut pinggang*

  2. ndop berkata:

    Hahaha.. Asepnya gak seextrim kabut gitu ya? soalnya kalo lama gak ilang2 malah filmnya gak kelihatan tertutup kabut. Eh mungkin ada penyedotnya.

    Kayaknya yg tridi lebih muantab ya. Udah gambarnya keluar keluar, eee ditambah kursi goyang2. Btw kalo pas adegan gituan, kursinya ikut goyang gak ya? #dijewer

  3. sabaiX berkata:

    Aduh, saat ini nggak ada film lain selain Percy Jackson ya di teater 4DX? Pengin banget nyoba tapi kalo filmnya itu pasti gue ketiduran deh…

  4. Nadia berkata:

    huaaaaa…. pengeeeeenn…… jadi IMAX udah kalah nih ya sama 4DX? tapi saya udah gak tinggal di Jakarta lagi nih…. Dulu lumayan sering ke blitz Grand Indonesia soalnya paling deket kosan, nih blitzcard-nya juga masih ada. Yah apa boleh bulat, nunggu udah ada di Palembang aja😀

  5. Angga berkata:

    Enaknya sih yg 4D x 3D yaa.. yg pake kacamata.. biar gak setengah2 ngerasainnya.

    Tapi jujur, kalo ttg goncangan2nya emang ngeganggu, gak enak rasanya..
    Yg assik kalo kameranya pas melayang ke atas anglenya, dan kursi ikut bergerak (dlm 3D tentunya yg paling asik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s